Udang Hias

Mengenal Caridina glaubrechti, Si Cantik dari Danau Towuti

By fish

Jelajahi keindahan Caridina glaubrechti, udang air tawar endemik dari Danau Towuti. Pelajari fakta menarik, perawatan, dan konservasi spesies langka ini.

Pengantar Caridina glaubrechti

<##> Penampilan Fisik

Caridina glaubrechti, atau yang lebih dikenal dengan nama Red Orchid atau Brown Camo, adalah spesies udang air tawar endemik yang menghuni Danau Towuti di Sulawesi Selatan, Indonesia. Spesies ini dinamai untuk menghormati Mattias Glaubrecht, seorang ahli malakologi. Dengan warna yang menawan dan pola unik, Caridina glaubrechti menjadi primadona di kalangan pecinta akuarium.

Penampilan Fisik

Caridina glaubrechti memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, dengan panjang sekitar 2-3 cm. Warna tubuhnya bervariasi dari merah kecokelatan hingga cokelat tua dengan pola unik yang menyerupai kamuflase. Pola ini membantu udang ini berbaur dengan lingkungan alaminya di dasar danau.

Habitat Alami

<##> Habitat Alami

Danau Towuti merupakan habitat alami Caridina glaubrechti. Danau ini terletak di Sulawesi Selatan, Indonesia, dan merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia dengan kedalaman mencapai 203 meter.

Perawatan di Akuarium

<##> Perawatan di Akuarium

Untuk memelihara Caridina glaubrechti di akuarium, diperlukan beberapa persyaratan khusus:

  • Air dengan parameter yang stabil (pH 6,5-7,5, KH 2-6, GH 4-8)
  • Suhu air antara 24-28°C
  • Substrat berlumpur atau berpasir
  • Tanaman air sebagai tempat berlindung
  • Pemberian pakan berupa sayuran hijau, tablet, atau pelet khusus udang

Reproduksi dan Siklus Hidup

<##> Reproduksi dan Siklus Hidup

Caridina glaubrechti adalah spesies berumah dua (dioecious), yang berarti terdapat individu jantan dan betina yang terpisah. Betina mengerami telur di bawah ekornya hingga menetas menjadi larva. Larva kemudian mengalami beberapa kali pergantian kulit sebelum menjadi udang dewasa.

Konservasi dan Ancaman

Caridina glaubrechti termasuk spesies endemik yang rentan terhadap ancaman kepunahan. Habitat alaminya di Danau Towuti menghadapi ancaman seperti pencemaran, penangkapan berlebihan, dan introduksi spesies asing. Upaya konservasi dan perlindungan habitat sangat penting untuk menjaga kelestarian spesies ini.

Perdagangan dan Hobi Akuarium

<##> Perdagangan dan Hobi Akuarium

Caridina glaubrechti menjadi populer di kalangan pecinta akuarium karena keindahan dan keunikannya. Spesies ini diperdagangkan secara legal dengan nama Red Orchid atau Brown Camo. Namun, perdagangan ilegal juga menjadi ancaman bagi populasi alaminya.

Fakta Menarik

<##> Fakta Menarik
  • Caridina glaubrechti adalah salah satu spesies udang air tawar endemik yang paling populer di kalangan pecinta akuarium.
  • Spesies ini memiliki kemampuan untuk mengubah warna tubuhnya sesuai dengan lingkungan sekitarnya.
  • Udang ini memiliki peran penting dalam ekosistem Danau Towuti sebagai pemakan detritus dan sumber makanan bagi ikan-ikan predator.

Tabel Perawatan Caridina glaubrechti

ParameterNilai
pH6,5-7,5
KH2-6 dKH
GH4-8 dGH
Suhu24-28°C
SubstratBerlumpur atau berpasir
TanamanDiperlukan sebagai tempat berlindung
PakanSayuran hijau, tablet, atau pelet khusus udang

Q&A 🤔

Q: Apakah Caridina glaubrechti mudah dibudidayakan? A: Caridina glaubrechti cukup mudah dibudidayakan di akuarium dengan memperhatikan parameter air yang tepat dan memberikan pakan yang sesuai. Namun, reproduksinya membutuhkan keahlian khusus.

Q: Berapa lama Caridina glaubrechti dapat hidup? A: Dalam kondisi yang optimal, Caridina glaubrechti dapat hidup hingga 2-3 tahun. 🐚

🔑

🔖

#CaridinaGlaubrechti #DanauTowuti #SulawesiSelatan #Indonesia #UdangAirTawar #Endemik #Konservasi #HobiAkuarium #RedOrchid #BrownCamo

Referensi 📚

  • von Rintelen, K., & Cai, Y. (2009). Radiation of endemic species flocks in ancient lakes: systematic revision of the freshwater shrimp Caridina H. Milne Edwards, 1837 (Crustacea: Decapoda: Atyidae) from the ancient lakes of Sulawesi, Indonesia, with the description of eight new species. The Raffles Bulletin of Zoology, 57(2), 343-452.
  • Wowor, D., Cai, Y., & Ng, P. K. (2004). Crustacea: Decapoda: Caridea. In Freshwater Invertebrates of the Malaysian Region (pp. 337-357). Akademi Sains Malaysia.