29 Umpan Mancing Ikan Lele Jitu Dengan Teknik Lengkap

Wednesday, August 16th, 2017 - IKAN
Umpan Mancing Ikan Lele

Sumber: google.com

Umpan Ikan Lele – Anda sedang mencari referensi umpan mancing ikan lele terbaik? Anda berada pada tempat yang tepat. Karena di sini akan dijelaskan umpan lele harian lengkap dengan teknik memancingnya. Umpan di bawah ini dapat anda gunakan sebagai umpan mancing ikan lele malam hari, umpan mancing lele siang hari, dan umpan mancing lele musim hujan sekalipun.

Umpan ikan lele di bawah ini juga membahas tentang contoh umpan ikan lele galatama. Umpan yang satu ini biasanya digunakan sebagai umpan jitu ikan lele babon. Dimana ikan lele babon ini banyak menjadi incaran para pemancing.

Ikan lele banyak diminati karena ikan lele memiliki tenaga yang kuat. Sehingga banyak pemancing yang tergugah semangatnya untuk mengikuti mancing ikan lele ini. Tetapi untuk sukses memancing ikan lele anda harus memperhatikan teknik dan umpan ikan lele dahulu. Berikut ulasan lengkap tentang teknik memancing ikan lele dan umpan memancing ikan lele yang jitu.

Teknik Lengkap Memancing Ikan Lele yang Jitu

Teknik Memancing Ikan Lele

Teknik Memancing Ikan Lele

Bila anda ingin memperoleh ikan yang maksimal, alangkah baiknya jika anda paham dengan teknik memancing. Karena bila anda paham dengan teknik ini, kemungkinan besar kegagalan anda akan kecil. Berikut teknik memancing ikan lele yang layak anda coba.

  1. Gunakan Benang, Mata Pancing, dan Pelampung Terbaik

Teknik yang pertama yaitu gunakan benang yang dapat menahan berat 3 kilogram. Mata pancing berukuran 8-10 (dapat disesuaikan dengan target). Dan pelampung dipasang sedikit lebih tinggi untuk mempermudah mata pancing sudah mengenai ikan atau belum (sesuaikan dengan kedalaman air).

  1. Tempat yang Tepat

Lokasi yang disukai ikan lele adalah lokasi yang memiliki galian tanah yang dalam. Meskipun terkadang ikan lele terlihat di tepi kolam atau tepi sungai, tetapi ikan ini akan kembali mencari perairan yang dalam.

Jika anda memancing di kolam yang terdapat kerambanya, anda dapat menempatkan umpan anda di dekat sana. Karena ikan lele sering berada di keramba itu.

Selain kedalaman air, anda juga harus memperhatikan PH air. Meskipun dalam satu kolam, tetapi sampah dan tumpukan makanan dapat merubah PH dalam air. Untuk menangani masalah ini anda dapat memainkan umpan anda sampai dimana umpan anda akan ditarik oleh ikan.

Bila umpan anda sudah ditarik, maka ingatlah posisi tersebut dengan benar. Kemungkinan besar di sanalah tempat ikan lele berada. Anda dapat menempatkan umpan anda lagi di sana.

  1. Bawalah Lebih dari Satu Macam Umpan

Mengapa anda harus membawa umpan yang lebih dari satu macam? Hal ini disebabkan selera ikan lele yang cepat berubah. Oleh karena itu bila anda ingin memperoleh ikan yang maksimal anda dapat membawa lebih dari satu macam umpan.

Bila anda menggunakan jenis cacing lur (laut), anda dapat memakai teknik nitik (diam) dalam memancing ikan lele. Pasang cacing yang banyak hingga pada dasar kolam dan menjadi gumpalan yang bergerak yang nantinya akan menarik perhatian ikan.

Teknik nitik ini juga berlaku pada umpan yang mudah rontok seperti daging dan pelet. Tetapi karena umpan anda mudah rontok maka hal awal yang harus anda lakukan adalah merelakan 3-4 lemparan awal anda dengan langsung menarik umpan agar rontok dan ikan lele dapat berkumpul di titik tersebut.

Sedangkan jika memakai umpan anakan ikan mas, anda dapat mengikat anakan ikan mas langsung pada benang pancing. Dan pelampung dapat anda maksimalkan sampai ke dasar air. Hal ini bertujuan agar umpan dapat bergerak bebas dan menarik perhatian ikan lele.

  1. Nafsu Makan Ikan Hilang

Ketika nafsu makan ikan lele sudah hilang, biasanya ikan hanya akan melewati umpan atau sesekali menabrak benang pancing anda. Sehingga pelampung anda akan terlihat bergoyang-goyang.

Bila hal ini terjadi kepada anda, usahakan anda sesegera mungkin menarik pancing anda. Karena jika anda beruntung, mata pancing anda akan mengenai tubuh dari ikan lele tersebut.

  1. Jangan Gunakan Umpan Dengan Bau Menyengat

Gunakan umpan yang masih segar atau yang tidak berbau menyengat (busuk). Karena ikan lele kurang menyukai umpan yang berbau sangat menyengat.

  1. Kenali Momentum Tarikan Ikan Lele

Terlalu cepat atau terlalu lambat menarik mata pancing, biasanya membuat ikan terlepas lagi. Ikan lele biasanya dapat kita tangkap setelah 2 atau 3 detik pelampung tenggelam atau bergerak. Jadi anda jangan terlalu cepat atau lambat menarik pancing anda.

Jenis Hewan Untuk Umpan Memancing Ikan Lele

Jenis Hewan untuk Umpan Ikan Lele

Sumber: google.com

Teknik memancing ikan lele telah diulas di atas. Selanjutnya adalah jenis-jenis hewan yang dapat digunakan sebagai umpan memancing ikan lele. Berikut jenis hewan untuk umpan memancing ikan lele.

  1. Cacing

Semua jenis cacing dapat anda gunakan sebagai umpan ikan lele ini. Tetapi jenis cacing yang disukai oleh ikan lele adalah jenis cacing lur (laut).

Seperti yang sudah disinggung sedikit di teknik memancing di atas, bahwa memasang ikan lur ini sebaiknya dibentuk hingga bergerombol (bulat). Ketika sudah bergerombol cacing ini akan bergerak dengan sendirinya. Hal inilah yang akan menarik perhatian ikan lele.

  1. Jangkrik

Hewan yang sering mengeluarkan suara pada malam hari ini juga dapat digunakan sebagai umpan ikan lele. Tubuhnya yang pas untuk ukuran ikan lele membuat umpan ini disukai oleh ikan lele. Jika anda memakai umpan ini, tekan sedikit perut jangkrik hingga cairan perut keluar. Karena cairan ini akan mengeluarkan bau yang dapat menarik ikan lele.

  1. Orong-orong

Hewan yang biasa hidup dalam tanah ini dapat diandalkan oleh para pemancing ikan lele. Anda dapat langsung memasang ikan lele pada mata pancing anda. Orong-orong yang masih utuh dan akan bergerak-gerak di atas air ini dapat mencuri perhatian bagi para ikan lele. Sehingga ikan lele akan datang dan kemudian melahapnya.

  1. Katak Kecil atau Kecebong

Hewan Amfibi yang masih kecil ini merupakan menu utama ikan lele. Dimana ukuran katak kecil yang pas untuk sekali lahapan membuat ikan lele mudah terkena mata pancing.

Bentuk yang aneh dan unik dari katak kecil ini membuat ikan lele tertarik untuk menyambarnya. Jenis umpan ini cocok untuk menggoda ikan lele jumbo.

  1. Udang Kecil (Air Tawar)

Udang yang sudah diambil bagian kepala dan ekornya dapat anda gunakan langsung sebagai umpan ikan lele. Anda dapat menggunakan lebih dari satu udang pada mata pancing.

  1. Ulat Hongkong/Jerman

Rendamkan ulat hongkong dengan satu butir telur. Tambahkan 1 sachet royco rasa sapi kemudian biarkan minimal 3 jam sebelum anda memancing.

  1. Telur Ikan Sapu-sapu

Sebelum menggunakan telur ikan ini, anda dapat mengkukusnya terlebih dahulu. Setelah matang anda dapat menggunakan telur ini sebagai umpan.

  1. Laron

Anda dapat memakai langsung laron ini pada mata pancing anda. Lebih bagus jika laron tersebut masih memiliki sayap. Anda dapat memasukkan bebrapa ekor laron sekaligus pada satu mata pancing anda.

  1. Anak Ikan

Anak ikan atau ikan kecil akan menjadi santapan yang pas untuk ikan lele. Ikan kanibal ini jika lapar akan memakan sesama ikan yang mempunyai ukuran lebih kecil. Termasuk anak ikan lele sendiri.

  1. Kalomang Atau Umang-umang

Anda dapat menggunakan daging kalomang ini sebagai umpan. Sementara kaki dan capit kalomang anda sisihkan atau buang.

  1. Kijing

Daging kerang ini dapat anda pakai sebagai umpan ikan lele. Anda dapat memotongnya dengan ukuran 2 cm atau dadu.

  1. Kepiting

Badan dan capit kepiting dipotong kecil-kecil. Anda dapat menggunakan daging kepiting ini sebagai umpan ikan lele.

  1. Belut

Sebelum menggunakan belut sebagai umpan, anda harus memasaknya dahulu. Anda dapat mengolahnya dengan dikukus, goreng, ataupun dibakar. Potong sepanjang 2 cm atau potong dadu daging belut tersebut. Belut yang terbaik mempunyai ukuran sebesar jari orang dewasa.

  1. Kadal

Cara menggunakan kadal sebagai umpan untuk memancing ikan lele adalah dengan membakarnya terlebih dahulu. Setelah setengah matang anda baru dapat menggunakan kadal sebagai umpan.

  1. Cicak

Sama seperti kadal, cicak juga harus dibakar setengah matang dulu sebelum dipakai menjadi umpan.

  1. Belalang

Hewan yang menjadi faforit para pemancing ini mudah ditemukan di sawah, belalang juga

  1. Keong Mas

Hewan melata yang banyak ditemui di kolam, sungai, atau sawah ini dapat juga dijadikan sebagai umpan ikan lele. Caranya cukup mudah. Anda tinggal memecah cangkang keong mas kemudian pasang langsung ke mata pancing kita.

  1. Ulat Daun Pisang

Selain ulat jerman atau hongkong, ternyata ulat daun pisang merupakan umpan yang menarik untuk ikan lele ini.

  1. Daging Kambing

Anda dapat menggilingnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai umpan memancing ikan lele.

  1. Daging Sapi

Daging sapi yang sudah digiling dapat anda gunakan sebagai umpan ikan lele. Bila anda ingin memperoleh daging yang masih segar, anda dapat membelinya di supermarket. Karena di sana daging sapi masih

dalam keadaan segar.

Bila umpan anda kurang berhasil anda dapat menambahkan 2-3 tetes essen. Anda dapat menggunakan essen tenggiri ataupun kepiting. 2 essen tersebut anda gabungkan menjadi satu juga tidak masalah.

  1. Daging Ayam

Umpan yang satu ini mungkin umpan yang paling unik. Selain dagingnya, usus ayam ini sangat digemari oleh ikan lele. Usus ayam dirasa mampu membangkitkan selera dari ikan lele ini. Jadi mungkin usus ini merupakan saran terbaik untuk anda.

Mancing Ikan Lele Dengan Umpan Racikan

Racikan Umpan Mancing Ikan Lele

Sumber: google.com

Selain 21 daging hewan di atas, umpan lele yang menjadi andalan para pemancing lainnnya adalah dengan membuat umpan racikan sendiri. Dengan umpan racikan ini anda dapat membentuk bulatan-bulatan dan memasangnya pada mata pancing anda.

Umpan racikan ini biasanya digunakan ketika sedang memancing ikan lele galatama jenis babon. Berikut beberapa umpan racikan memancing ikan lele yang dapat anda coba.

  1. Racikan Pertama Memancing Ikan Lele 
  • Siapkan cacing tanah 1 gelas 220 ml
  • Ambil kuning telur bebek 1 butir
  • Campur kedua bahan hingga merata
  • Diamkan campuran ini hingga 2-3 jam (agar aroma telur menempel)
  • Umpan siap digunakan
  1. Racikan Kedua Memancing Ikan Lele 
  • Siapkan cacing sutera 1 genggam
  • Telur bebek 1 butir
  • Teh bubuk Garlic setengah sendok makan
  • Teh vanili setengah sendok makan
  • Pelet udang 1 buah atau secukupnya
  • Campurkan semua bahan tersebut hingga merata
  • Umpan siap digunakan
  1. Racikan Ketiga Memancing Ikan Lele 
  • Siapkan daging sapi giling 2 ons
  • Ambil Mentega Wijsman 1 sendok
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata
  • Umpan siap digunakan
  1. Racikan Keempat Memancing Ikan Lele 
  • Ambil satu genggam usus ayam
  • Usus ayam di kukus dan di blender setelah matang
  • Siapkan 1 lembar keju kraft
  • 1 butir telur ayam
  • Campurkan semua bahan di atas hingga merata
  • Tambahkan 1 bungkus Indomie yang sudah diblender
  • Umpan siap digunakan
  1. Racikan Kelima Memancing Ikan Lele 
  • Ambil jangkrik sebanyak 1 ons
  • Kaki dan sungut jangkrik dibersihkan
  • Siapkan essen probait 30 tetes
  • Siapkan juga cuka grandong 60 ml
  • Campurkan semua bahan di atas hingga merata
  • Umpan siap digunakan
  1. Racikan Keenam Memancing Ikan Lele 
  • Siapkan kuning telur rebus
  • Terasi
  • Pelet ikan (Tipe PF 1000 atau Tipe 781-2 SP)
  • Madu
  • Bawang putih
  • Air hangat secukupnya (jangan terlalu encer)
  • Campur dan aduk semua bahan di atas hingga merata
  • Umpan siap digunakan
  1. Racikan Ketujuh Memancing Ikan Lele 
  • Siapkan Hati ayam yang sudah digoreng
  • kuning telur rebus
  • Terasi
  • Pelet udang
  • Madu
  • Bawang putih
  • Air hangat secukupnya (jangan terlalu encer)
  • Campur dan aduk semua bahan di atas hingga merata
  • Umpan siap digunakan
  1. Racikan Kedelapan Memancing Ikan Lele 
  • Siapkan kuning telur rebus
  • Terasi
  • Tepung ikan teri dan tepung udang
  • Pelet ikan (Tipe PF 1000 atau Tipe 781-2 SP)
  • Bawang putih
  • Air hangat secukupnya (jangan terlalu encer)
  • Campur dan aduk semua bahan di atas hingga merata
  • Umpan siap digunakan

Setelah sekian banyak jenis umpan ikan lele yang diulas di atas, jenis umpan manakah yang ingin anda gunakan? Semoga anda mendapatkan hasil ikan lele sesuai harapan anda. Sekian ulasan tentang 29 umpan mancing ikan lele jitu dengan teknik lengkap. Semoga ulasan di atas dapat membantu anda. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • umpan lele
  • umpan mancing lele siang hari
  • umpan ikan lele
  • umpan mancing ikan lele kolam
  • umpan jitu ikan lele
  • umpan lele jitu
  • dunia ikan
  • umpan mancing lele
  • umpan jitu galatama lele siang hari
  • umpan mancing ikan lele
/* */