18 Manfaat dan Khasiat Telur Ikan Bagi Kesehatan

Friday, September 15th, 2017 - MANFAAT IKAN
Telur Ikan

Sumber: google.com

Manfaat Telur Ikan – Telur ikan adalah jenis telur yang berasal dari ikan dan salah satu jenis makanan yang banyak penggemarnya. Jenis telur ikan yang sering dikonsumsi adalah telur ikan tuna, telur ikan kakap, telur ikan manyung, dan telur ikan mas. Telur ikan ini dapat anda jumpai pada pasar tradisional. Di sana juga tersedia aneka resep masakan telur ikan.

Manfaat telur ikan bagi tubuh adalah banyak sekali. Tetapi bolehkah ibu hamil makan telur ikan? Jawabannya boleh. Karena ibu hamil yang makan telur ikan  secara rutin mampu menurunkan risiko bayi lahir secara abnormal. Dan masih banyak manfaat lainnya yang akan dijelaskan pada di bawah ini.

Kandungan gizi yang terkandung dalam telur ikan tergolong sangat banyak. Karena inilah tak heran jika telur ikan mempunyai manfaat yang besar pula. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja kandungan gizi dari telur ikan ini, berikut tabel kandungan gizi telur ikan secara lengkap.

Tabel Kandungan Gizi Telur Ikan

Nama Gizi Jumlah Satuan
Vitamin A 145 IU
Vitamin B6 0,1 mcg
Vitamin B12 3,2 mcg
Vitamin E 0,3 mg
Vitamin D 37.1 IU
Vitamin K 0,1 mcg
Lemak Jenuh 0,6 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,7 g
Lemak tak jenuh ganda 1,2 g
Protein 3,9 g
Karbohidrat 0,6 g
Omega 3 1.086 mg
Omega 6 13 mg
Folat 8 mcg
Alfa Retinol 43,4 mcg
Riboflavin 0,1 mcg
Selenium 10,5 mcg
Asam pantotenat 0,6 mg
Kolin 78,6 mg
Kalsium 44 mg
Zat Besi 1,9 mg
Magnesium 48 mg
Fosfor 57 mg
Kalium 29 mg
Seng 0,2 mg
Sodium 240 mg

Catatan: Jumlah kandungan di atas diambil berdasarkan per 100 gram ikan telur ikan.

Manfaat Telur Ikan

Sumber: google.com

Di Negara Iran telur ikan sangat digemari oleh masyarakat. Telur ikan di sana biasa diolah menjadi masakan dengan sebutan kulmeh, kuli,caviar, atau ashbal. Menu ini dapat dihidangkan tanpa dimasak terlebih dahulu atau dapat dipanggang dan dimasak menjadi kare.

Setelah mengetahui kandungan dan jenis olahan telur ikan, sekarang saatnya kita lihat apa saja manfaat dari mengkonsumsi telur ikan ini. Berikut ini adalah daftar manfaat dan khasiat telur ikan bagi tubuh dan kesehatan anda.

Inilah Manfaat Mengkonsumsi Telur Ikan Secara Lengkap 

  1. Mencegah Risiko Penyakit Kanker Usus Besar

Fungsi usus besar adalah untuk membantu penyerapan air dalam tubuh. Karena fungsi dari usus besar ini sangat penting, maka kita harus menjaga kesehatan usus besar kita.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan usus besar adalah dengan mengkonsumsi telur ikan. Karena kandungan dari telur ikan mampu untuk mencegah risiko penyakit kanker pada usus besar.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Kanker Payudara

Selain untuk mencegah risiko penyakit kanker usus besar, manfaat lainnya dari telur ikan ini adalah sebagai pencegah risiko penyakit kanker payudara. Jenis penyakit kanker ini biasanya dialami oleh kaum wanita.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit kanker payudara, anda dapat mengkonsumsi telur ikan ini sebagai pencegahnya. Karena mencegah adalah lebih baik daripada mengobati.

  1. Mengobati Penyakit Kanker Prostat Pada Pria

Lain halnya kanker payudara yang dialami oleh kaum wanita, kanker prostat ini sering diderita oleh kaum pria. Dimana penyakit ini ditandai dengan seringnya anda bolak balik ke kamar kecil untuk membuang air kecil.

Jika anda salah satu penderita kanker prostat, anda dapat mengkonsumsi telur ikan ini. Karena telur ikan ini mampu untuk mengurangi penderita kanker prostat.

  1. Mencegah Risiko Terkena Anemia

Penyakit anemia merupakan jenis penyakit yang terjadi karena tubuh kekurangan pasokan darah. Kandungan gizi seperti zat besi ini diperlukan sekali untuk mencegah penyakit anemia.

Dan kandungan zat besi ini ada pada telur ikan. Oleh karena itulah telur ikan mampu untuk membantu anda dalam mencegah resiko penyakit anemia.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Alzeimer

Penyakit yang satu ini merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan adanya kelainan dalam daya ingat seseorang. Para penderita penyakit ini biasanya berusia lanjut, yaitu di atas 65 tahun.

Dimana mereka akan menjadi mudah lupa dengan hal-hal yang ada di sekitarnya. Dengan mengkonsumsi telur ikan ini, anda mampu untuk mencegah penyakit Alzheimer initerjadi pada diri anda.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu jenis alat indra manusia. Dimana fungsi alat indra ini adalah untuk membantu anda dalam melihat apa saja yang ada di sekeliling anda. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata anda adalah dengan mengkonsumsi telur ikan sebagai menu sarapan anda.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang atau yang biasa disebut rangka ini sangat penting untuk tubuh anda. Tulang ini mempunyai fungsi untuk melekatnya otot, pelindung organ-organ yang penting, penyimpan energi, produksi sel darah, dan masih banyak manfaat lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh, tepatnya di dalam mulut, yang memiliki bagian yang keras. Fungsi dari gigi ini adalah untuk merobek dan mengunyah makanan hingga halus agar mudah dicerna oleh tubuh anda.

  1. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Salah satu penyakit yang diakibatkan ketika tekanan darah tidak stabil adalah tekanan darah tinggi atau sering disebut dengan hipertensi. Penyakit ini dapat anda cegah dengan mengkonsumsi telur ikan secara rutin.

Dimana telur ikan ini mampu membuat tekanan darah anda tetap stabil. Sehingga anda dapat menghindari dari penyakit hipertensi ini.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang paling utama. Fungsi jantung adalah membuang sisa metabolisme, menerima darah dari paru-paru, memompa darah dengan pembuluh darah, memompa darah untuk disebarkan di seluruh tubuh, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Jika jantung kita rusak maka tubuh kita akan sangat terganggu. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan jantung kita. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi telur ikan ini.

  1. Membantu Peningkatan Daya Tahan Tubuh (Imun)

Seseorang dapat terkena penyakit karena dalam tubuhnya sedang terdapat virus. Virus dapat masuk dalam tubuh karena daya tahan tubuh kita lemah.

Daya tahan tubuh atau imun seseorang ini memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Ada yang tinggi, sedang, dan rendah. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, anda dapat mengkonsumsi telur ikan.

  1. Membantu Pertumbuhan Sel Kulit Mati

Faktor-faktor yang menyebabkan sel kulit mati adalah udara kotor, sinar UV matahari, air hujan, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan penyebab sel kulit anda cepat rusak dan mati.

Gejala yang diakibatkan jika sel kulit anda mati adalah kulit menjadi lebih kering, hitam dan kusam. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mengkonsumsi telur ikan sebagai obat membantu pertumbuhan sel kulit mati anda.

  1. Membantu Pertumbuhan Otak Janin

Telur memang memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh dan kesehatan anda. Selain manfaat di atas, telur ikan juga dapat bermanfaat untuk pertumbuhan syaraf otak janin. Oleh karena itu, seorang ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi telur ikan ini.

  1. Mengurangi Risiko Bayi Cacat Syaraf

Siapa yang menginginkan memiliki bayi yang cacat? Pasti tidak ada bukan. Janin memiliki risiko lahir cacat sebesar 72%. Salah satu penyebab bayi lahir cacat adalah ibu hamil kekurangan kandungan zat kolin.

Hal itu dapat mempengaruhi fisiologis janin. Janin berisiko cacat spina tulang belakang, cacat neurologis, atau anencephaly.

  1. Membantu Memperlancar ASI

Kandungan kolin pada telur dapat memperlancar ASI untuk ibu yang sedang menyusui. Jumlah kadar kolin yang dibutuhkan oleh ibu menyusui minimal 550 mg. Sedangkan untuk ibu yang hamil membutuhkan kadar kolin minimal 450 mg.

  1. Mencegah Resiko Bayi Lahir Berpenyakit

Ibu hamil yang rajin mengkonsumsi telur ikan berisiko memiliki bayi yang lahir disertai penyakit. Hal ini dikarenakan kandungan zat kolin pada telur yang mampu menurunkan risiko bayi lahir dengan disertai penyakit.

  1. Mencegah Risiko Terkena Inflamasi

Mengkonsumsi telur ikan dapat digunakan sebagai pencegah risiko inflamasi pada tubuh anda. Ibu hamil yang mengkonsumsi telur ikan sekaligus mengurangi risiko inflamasi pada si janin.

  1. Sebagai Sumber Energi

Kandungan gizi pada ikan seperti lemak, mineral, vitamin, dan kandungan lainnya mampu untuk menjadi asupan energi yang cukup bagi tubuh. Hal ini merupakan salah satu nilai plus bagi telur ikan ini.

Bagaimana, setelah anda mengetahui manfaat dari telur ikan di atas apakah anda akan mengkonsumsi telur ikan dari sekarang?

Demikian sedikit ulasan tentang 18 manfaat dan khasiat telur ikan untuk kesehatan terlengkap. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan selera makan anda. Jangan lupa untuk melihat manfaat ikan lainnya di website duniaikan.com ini. Salam manfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • manfaat telur ikan kakap
  • kandungan telur ikan kakap
  • kasiat telur ikan air tawar
  • manfaat mengkonsumsi telur ikan sungai
  • manfaat telor ikan
  • manfaat telur ikan
  • manfaat telur ikan mas
/* */