Resep Bakso dan Cara Mudah Memasak Ikan Paling Enak

Sunday, October 23rd, 2016 - IKAN, RESEP IKAN
Resep Bakso Ikan

Resep Bakso Ikan

duniaikan.com – Resep Bakso Ikan yang Nikmat – Bakso merupakan salah satu jajan sederhana yang tidak pernah sepi dari penikmatnya. Tak hanya bakso sapi atau bakso ayam dengan berbagai varian isi seperti bakso isi telur, daging cincang, ati ampela dan lain sebagainyanya. Selain bakso ayam dan sapi, ternyata bakso ikan juga tidak kalah nikmat dan begitu di senangi banyak kalangan terutama bagi kalangan anak-anak dan remaja. Jajanan yang satu ini memiliki cita rasa ikan yang sangat khas dan gurih, apalagi jika di beri campuran saos sambal yang tentunya membuat rasanya semakin nikmat. Tidak sulit untuk menemukan penjual bakso ikan ini, karena kita sering kali menjumpainya mangkal di setiap sekolah-sekolah dengan harga yang sangat terjangkau oleh kalangan anak-anak sekolah.

Resep Cara Membuat Bakso Ikan Yang Lezat 

Resep Bakso Ikan

Resep Bakso Ikan

Jika anda salah satu penggemar bakso ikan, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuat langsung bakso ikan sendiri di rumah. Selain mudah, kebersihan dan kesegaran dari bakso ikan yang kita buat sendiri jauh lebih terjamin. Mau tau, bagaimana cara membuatnya? Yuk, kita simak saja langsung Resep bakso ikan yang mudah lengkapnya dibawah berikut ini.

Bahan – Bahan Bakso Ikan

Bahan :

  • 400 gram, daging ikan tengiri / ikan ekor kuning segar
  • 1 butir, telur ayam (ambil putihnya saja)
  • 1 sdt, garam
  • 1 sdt, merica bubuk
  • 4 sdm, air dingin / air es
  • ½ sdt, kaldu bubuk
  • 2 sdm, tepung maizena

Bahan lainnya :

  • Siapkan air es batu ( digunakan untuk merendam bakso ikan dan membasahi tangan)

Cara Membuat Bakso Ikan :

  1. Tahap awal, siapkan ikan segar lalu pisahkan antara daging ikan dari kulit dan durinya dengan menggunakan pisau tajam. Sedikit tips bagi pemula sebaiknya gunakan ikan tengiri karena dagingnya lebih tebal dan mudah untuk dipisahkan antara duri dan dagingnya.
  2. Selanjutnya, haluskan daging ikan dengan menggunakan food processor hingga bertekstur lembut. Jika tidak punya anda dapat melakukannya secara manual dengan menggunakan pisau untuk mencincang daging ikan tenggiri sampai lembut.
  3. Setelah daging ikan halus dan lembut, lalu masukkan putih telur bersama dengan air es. Uleni adonan sampai semua bahan tercampur rata. Jangan lupa untuk menambahkan garam, kaldu bubuk, merica bubuk sambil terus di uleni sampai bumbu tercampur rata.
  4. Jika adonan telah lembut dan kenyal, lalu angkat adonan dari wadah dan letakan diatas talenan yang bersih. Setelah itu, taburi adonan dengan tepung maizena sambil terus diuleni hingga tepung tercampur merata dengan menggunakan tangan.
  5. Jika anda melakukannya secara manual, maka langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan mencincang daging ikan sampai lembut. Selanjutnya taburkan bumbu seperti merica, kaldu bubuk, garam dan tepung maizena sambil terus diaduk hingga tercampur rata.
  6. Kemudian siapkan wadah yang sudah di isi dengan air es, lalu basahi tangan dengan menggunakan air es tersebut. Selanjutnya ambil adonan, lalu banting-bantingkan adonan diatas talenan beberapa kali hingga tekstur adonan menjadi lebih lembut dan kenyal.
  7. Tahap terakhir dari pembuatan bakso ikan ini yaitu, panaskan air hingga mendidih diatas api sedang. kemudian bentuk adonan menjadi bulat menggunakan sendok, lalu masukan kedalam air mendidih sampai mengapung. Lakukan cara ini sampai adonan habis dan jika bakso sudah mengapung angkat dan dinginkan dengan memasukannya ke dalam air es.
  8. Bakso ikan pun siap olah sesuai selera.

Baca juga:

Bagaimana, mudah bukan cara membuat bakso ikan sendiri dirumah?

Demikianlah artikel Duniaikan.com kali ini, semoga informasi mengenai resep cara memasak bakso ikan yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya 😀

Incoming search terms:

  • cara membuat bakso ikan paling enak
/* */