Perbedaan Ikan Arwana Super Red, Golden Red, dan Banjar Red

Friday, October 6th, 2017 - IKAN, IKAN HIAS, JENIS IKAN
Perbedaan Ikan Arwana Super Red, Golden Red, dan Banjar Red

Perbedaan Ikan Arwana Super Red, Golden Red, dan Banjar Red

Perbedaan Ikan Arwana Super Red, Golden Red, dan Banjar Red – Di Indonesia telah banyak jenis ikan arwana yang beredar. Dari yang berukuran masih bibit hingga dewasa. Dari yang berharga ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Cara Membedakan Ikan Arwana Super Red, Golden Red, dan Banjar Red

Karena harga ikan awana yang bervariasi ini membuat para pedagang mempermainkan para pembeli ikan arwana. Banyak kecurangan yang terjadi karena para pembeli memanfaatkan ketidaktahuan para pembeli ikan arwana ini.

Oleh karena itulah artikel ini dibuat untuk mengatasi para oknum penjual ikan arwana yang curang. Jenis ikan arwana yang banyak dijumpai kecurangan harga adalah jenis ikan arwana super red, ikan arwana banjar red dan ikan arwana golden red.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang perbedaan dari tiga ikan arwana di atas. Jadi anda akan mudah membedakan perbedaan dari tiga ikan arwana tersebut. Dan anda akan terhindar dari penipuan ikan arwana ini.

Di website ini juga telah dibahas tentang jenis–jenis dan harga ikan arwana, serta cara budidaya ikan arwana yang lengkap. Silahkan anda mencarinya pada kolom pencarian di kanan atas halaman ini.

Sebelum membahas tentang perbedaan tiga ikan arwana  di atas, perlu anda ketahui, ikan arwana secara umum mempunyai empat varietes warna di tubuhnya. Dan setiap lokasi mempunyai ciri khas masing-masing. Berikut adalah perbedaan warna ikan arwana berdasarkan tempat ikan berasal:

  • Warna Merah, ditemukan di negara Indonesia
  • Warna Emas, ditemukan di negara Malaysia.
  • Warna Emas serta Ekor Merah, ditemukan di negara Indonesia.
  • Warna Hijau, ditemukan di negara Indonesia, Birma, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Ciri-ciri Ikan Arwana Secara Umum

Sebagai penambah wawasan anda, ikan arwana selain memiliki tubuh yang ramping serta panjang seperti pisau, Ikan Arwana juga memiliki ciri-ciri umum yang unik. Berikut adalah ciri-ciri umum Ikan Arwana Asia:

  • Memiliki dua buah kumis atau sungut yang ada di bawah bibirnya. Kumis ini bermanfaat untuk sensor getar Ikan Arwana dalam mengetahui dimana posisi mangsa berada.
  • Ketika berenang sisik ikan akan terlihat berkilau. Hal tersebut menambah keindahan dari ikan ini tersendiri.

Sebenarnya ketiga ikan ini mudah untuk dibedakan. Anda hanya perlu mengetahui ciri-ciri khusus dari jenis ikan arwana yang akan anda beli.

Cara lain untuk mengetahui perbedaan tiga ikan arwana ini adalah dengan melihat ikan ketika masih berukuran sekitar 10 cm. Ambillah masing-masing jenis 1 ekor dan letakkan pada wadah yang sama kemudian amatilah.

Hasil penelusuran membuktikan bahwa ikan arwana super red dan ikan arwana golden red yang mempunyai ukuran kurang dari 15 cm masih belum beredar di pasaran.

Jikapun ada, anda tetap harus waspada. Karena bisa jadi para penjual ikan ini mengartikan ikan arwana banjar red sebagai ikan arwana golden red atau mereka biasa menyebut dengan ikan super red kelas 2.

Setelah anda mengetahui sedikit sejarah tentang ikan arwana di atas, sekarang saatnya kita bahas perbedaan ikan arwana super red, ikan arwana golden red dan ikan arwana banjar red.

Berikut adalah perbedaan ikan arwana super red, ikan arwana golden red dan ikan arwana banjar red selengkapnya.

Foto Jenis Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red

  1. Jenis Ikan Arwana Super Red

Ciri-ciri ikan arwana super red yaitu sebagi berikut:

  • Ketika masih muda, sirip, bibir, dan sungut ikan akan berwarna merah penuh
  • Ketika mulai dewasa, warna merah ikan akan merambat hampir di seluruh bagian badannya. Terutama pada bagian tutup insang dan juga sisik ikan. Sehingga ikan akan terlihat merah merona atau biasa disebut merah permata delima
  • Memiliki bentuk sirip yang selalu rapi
  • Tidak memiliki mata yang juling (kedua mata tidak dapat fokus pada satu titik)

Ikan Arwana Merah atau Super Red banyak berasal dari Provinsi Kalimantan Barat. Contohnya Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Dua tempat ini terkenal sebagai habitat jenis arwana Super Red (Chili dan Blood Red).

Ikan Arwana Merah terbagi menjadi 4 varietes, yaitu Merah Emas (Golden Red), Merah Darah (Blood Red), Merah Orange (Orange Red), serta Merah Cabai (Chili Red).

Dalam perkembangannya Ikan Arwana yang bervarietes Merah Darah dan Merah Cabai dijuluki sebagai First Grade Red (Merah Grade Pertama) dan sisanya ada pada grade di bawahnya.

Foto Jenis Ikan Arwana Red Tail Golden

Foto Jenis Ikan Arwana Red Tail Golden

  1. Jenis Ikan Arwan Golden Red

Ciri-ciri ikan arwana golden red yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki warna sisik yang kuning dan berkilau keemasan bercampur warna coklat muda
  • Memiliki sirip yang berwarna kuning kecoklatan
  • Memiliki bentuk tubuh yang lebih lebar dan tebal
  • Ketika berenang, mata dan sungut ikan arwana sering diarahkan ke atas

Bentuk tubuh ikan yang tebal serta lebar ini sangat jelas terlihat ketika ikan arwana golden red ini berenang. Sirip ikan yang berwarna kuning kecoklatan juga akan jelas terlihat. Hal ini membuat ikan arwana golden red terlihat lebih anggun, berwibawa, tetapi tetap santai.

Dari keindahan warna yang terdapat pada tubuh ikan arwana golden red ini banyak orang yang menyebut ikan ini dengan sebutan “Sang Naga Emas” atau “Ikan Arwana Golden Dragon”.

Foto Jenis Ikan Arwana Banjar

Foto Jenis Ikan Arwana Banjar

  1. Jenis Ikan Arwana Banjar Red

Ciri- ciri ikan arwana banjar red atau merah yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki tubuh yang berwarna kuning kehijauan
  • Memiliki sirip yang berwarna merah
  • Memiliki bentuk mulut yang sedikit tumpul
  • Memiliki kepala yang sedikit bulat
  • Memiliki ekor yang berwarna orange atau kuning
  • Ikan arwana jenis ini sering dijumpai memiliki mata yang juling atau rawan dengan penyakit mata juling
  • Ketika stress, mata ikan ini akan menghadap ke bawah dasar air atau kolam

Dengan warna sirip yang merah tersebut banyak orang menyebut ikan ini dengan sebutan “Ikan Arwana Sirip Merah” atau “Red Fin Arwana”.

Selain itu, ketika ikan ini memiliki pandangan yang mengarah ke dasar air, dapat dipastikan ikan ini memiliki penyakit mata juling atau terkena stress.

Ikan arwana banjar red ini terkenal karena keunikan siripnya, yaitu warna sirip yang bervariasi. Seperti warna merah kekuningan, atau warna kuning berkilau kehijauan.

Hal unik lainnya adalah para pembeli terkadang lebih mengenal ikan ini dengan sebutan ikan arwana banjar kuning, bukan ikan arwana banjar red.

Ikan arwana banjar red ini termasuk ikan arwana merah kelas 2. Meskipun demikian ikan arwana jenis ini bukan jenis murni dari ikan arwana merah. Ketika ikan ini masih muda, sulit untuk membedakan anakan ikan arwana banjar red dengan anakan ikan arwana super red.

Ikan arwana banjar red ini banyak ditemui di Indonesia, khususnya pada sungai Kapuas, Kota Pontianak, Kalimantan. Ikan arwana banjar red yang mempunyai sirip berwarna merah memiliki julukan tersendiri, yaitu “Ikan Arwana Naga Sirip Merah” atau “Arwana Red Dragon”.

Tiga ciri-ciri di atas perlu anda ketahui. Karena kebanyakan orang tertipu karena kurangnya pengetahuan untuk membedakan ketiga jenis ikan arwana tersebut.

Pada tahun 2004 Ikan Arwana telah ditetapkan sebagai spesies yang langka. Hal ini terbukti dengan terdaftarnya nama ikan ini pada IUCN (International Union for Conservation of Nature) atau Uni Internasional untuk Konservasi Alam sebagai ikan yang berstatus akan terancam punah.

Menurunnya spesies ikan arwana ini dikarenakan banyaknya perdagangan ikan arwana untuk di jadikan ikan hias dan juga digunakan sebagai jimat keberuntungan, atau orang terdahulu sering menyebut dengan sebutan Le Tiaw Lung.

Ikan ini banyak diperdagangkan di daerah Asia. Malahan ada sebuah kelompok yang dijuluki pengikut Feng Shui ini, berani membayar mahal untuk membeli ikan ini.

Sebagai patokan, anda dapat melihat harga dari ketiga ikan arwana di atas. Berikut adalah tabel harga dari ikan arwana super red, golden red, dan banjar red secara lengkap:

Tabel Harga Ikan Arwana Super Red, Golden Red, dan Banjar Red

Jenis Ikan Arwana Harga
Arwana Super Red Bibit Rp. 450.000,-
Arwana Super Red Dewasa Rp. 6.800.000,-
Arwana Golden Red Bibit Rp. 420.000,-
Arwana Golden Red Dewasa Rp. 4.200.000,-
Arwana Banjar Red Bibit Rp. 300.000,-
Arwana Banjar Red Dewasa Rp. 2.000.000,-

Catatan : Harga ikan arwana di atas mungkin berbeda dengan harga ikan arwana yang anda temukan. Karena harga ikan arwana disetiap daerah mempunyai nilai harga masing-masing.

Demikian ulasan lengkap tentang perbedaan ikan arwana super red, golden red, dan banjar red. Semoga informasi di atas dapat membantu anda yang ingin membeli ikan arwana seperti jenis di atas dan juga dapat menambah wawasan anda tentang perbedaan ikan arwana. Jangan lupa untuk melihat jenis ikan hias lainnya di duniaikan.com ini. Terima kasih.

 

Incoming search terms:

  • gambar lauk cupang
  • arwana golden red
  • carassius auratus dunia air com
  • arwana golden red dewasa
  • ciri ciri ikan arwana golden
  • cara pembesaran anak ikan gabus
  • cara membedakan arwana super
  • beda arwana banjar
  • arwana super red
  • sebutkan dan jelaskan 2 jenis ikan com
/* */