Cara Merawat Ikan Mas Koki di kolam yang Lengkap

Saturday, October 7th, 2017 - IKAN HIAS, PERAWATAN IKAN
cara merawat ikan mas koki

cara merawat ikan mas koki

Cara Merawat Ikan Mas Koki – Kenapa ikan mas koki mudah mati? Anda yang berharap ikan mas koki anda agar cepat besar, lah kok malah mati duluan. Apalagi jenis ikan anda jenis ikan mas koki termahal. Apa salah anda?

Masalah ini biasanya disebabkan karena cara memelihara ikan mas koki yang kurang benar. Sehingga ikan mas koki jatuh sakit, dan mati.

Beberapa macam perawatan ikan mas koki banyak ditemui di Indonesia. Mulai dari merawat ikan mas koki di kolam, di akuarium, di toples, bahkan ada pula yang merawat ikan mas koki tanpa oksigen. Keren sekali bukan. Tetapi pada dasarnya beberapa macam cara merawat ikan mas koki di atas adalah sama.

Tips Memelihara Ikan Mas Koki

Ikan mas koki atau yang biasa dikenal dengan sebutan ikan koki merupakan ikan yang banyak berkembang di Negara Cina. Karena ikan ini masih tergolong jenis ikan mas, oleh karena itu nama ikan ini menjadi ikan mas koki.

Ikan mas koki mempunyai jenis yang banyak sekali. Ikan yang memiliki jenis spesies sekitar 130 ekor yang telah tersebar ke seluruh belahan dunia.

Dari sekian banyak spesies ikan mas koki di atas, sebagian kecil juga telah dibahas dalam website ini. Lengkap dengan gambar dan spesifikasinya.

Tubuhnya yang bulat dan pendek ini menyulitkan ikan mas koki untuk berenang. Banyak dari penggemar ikan mas koki menyukai gaya renang ikan mas koki ini. Gaya renang ikan terlihat seperti geal geol dan sangat lucu sekali.

Selain itu, ada juga jenis ikan mas koki yang mempunyai mata menggelembung besar, memiliki benjolan besar di kepala, dan masih banyak keunikan lainnya dari ikan mas koki ini.

Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara. Tapi tentunya anda harus tahu juga hal-hal penting yang perlu anda perhatikan ketika memelihara ikan mas koki ini.

Mengobati Kecerahan Ikan Mas Koki

Dengan teknik perawatan yang benar, selain sehat kemungkinan warna dalam tubuh ikan mas koki anda akan menjadi semakin cerah dan semakin cantik.

Dalam memelihara ikan, kualitas air merupakan faktor pertama yang harus anda perhatikan. Tetapi bukan hanya itu. Selain air ada juga faktor lainnya yang perlu anda perhatikan.

Jika anda berniat ingin merawat ikan mas koki ini, berikut adalah langkah-langkah merawat ikan mas koki yang baik dan benar.

  1. Membantu Ikan Mas Koki Beradaptasi
Membantu Ikan Mas Koki Beradaptasi

Membantu Ikan Mas Koki Beradaptasi

Bagi anda yang baru membeli ikan mas koki, teknik pertama yang anda lakukan adalah membantu proses adaptasi si ikan pada lingkungan barunya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir agar ikan mas koki tidak stress. Karena jika ikan ini stress kemungkinan besar kesehatan ikan akan menurun dan dapat menyebabkan ikan mas koki mengalami kematian.

Langkah membantu proses adaptasi ini cukup gampang. Yaitu dengan anda memasukkan ikan mas koki beserta plastiknya (biarkan ikan mengapung dalam plastik sekitar 1 jam) ke dalam wadah atau kolam baru untuk tempat tinggal ikan mas koki ini.

  1. Tempatkan Ikan Mas Koki Pada Tempat yang Tepat
Ikan Mas Koki Oranda

Tempatkan Ikan Mas Koki Pada Tempat yang Tepat

Hal yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah tempat tinggal si ikan. Ikan mas koki dapat ditempatkan pada kolam semen, akuarium atau bahkan tangki.

Para peternak di Negara Jepang menempatkan ikan mas koki ini pada tangki yang berwarna biru. Orang Jepang percaya bahwa tangki yang berwarna biru mampu membuat warna ikan mas koki tetap cerah dan cantik. Karena warna biru akan membantu pencahayaan menjadi lebih baik.

Tak sedikit juga para penggemar ikan mas koki menempatkan ikan ini pada toples kaca atau akuarium yang berukuran kecil. Padahal tempat ini bukanlah tempat yang tepat untuk memelihara ikan mas koki.

Hal ini disebabkan karena volume air yang ada dalam toples ini sedikit sekali. Dengan volume air yang sedikit, hal ini mempengaruhi kandungan oksigen yang ada dalam air. Memang hal ini terlhat lebih cantik dan praktis, tetapi dengan kondisi seperti itu saya menyarankan anda untuk memindahkan ke wadah yang lebih layak huni.

Permukaan wadah yang kecil menyulitkan ikan mas koki untuk mengambil oksigen. Kolam semen atau akuarium dengan ukuran besar sangat cocok untuk memelihara ikan mas koki ini. Permukaan wadah yang lebar ini menjadikan si ikan mas koki leluasa untuk mengambil oksigen sesuka mereka.

  1. Memasang Gelembung Udara atau Aerator di Kolam Ikan Mas Koki
Memasang Gelembung Udara atau Aerator di Kolam Ikan Mas Koki

Memasang Gelembung Udara atau Aerator di Kolam Ikan Mas Koki

Aerator adalah jenis alat yang berguna untuk mengalirkan udara ke dalam akuarium, sehingga ikan akan terhindar dari kekurangan oksigen. Banyak orang yang menganggap alat gelembung udara ini hanyalah hiasan akuarium semata. Mereka belum paham betul apa fungsi dari alat ini bagi kesehatan ikan. Fungsi lain dari alat aerator ini adalah memberikan efek air mengalir seperti habitat asli si ikan mas koki.

  1. Memasang Filter untuk Akuarium Ikan Mas Koki
Filter Akuarium Ikan Mas Koki

Filter Akuarium Ikan Mas Koki

Filter akuarium adalah jenis alat yang berguna untuk menyaring partikel-partikel kotor yang ada di dalam akuarium. Alat filter ini dibagi menjadi tiga macam, yaitu filter biologis(biofiltrasi), filter mekanik, dan filter kimiawi.

Anda dapat mendesain alat ini untuk menjadi alat yang duofungsi, yaitu sebagai filter atau menyaring dan aerator atau gelembung udara. Dengan memasang alat ini kualitas air di dalam akuarium akan terjaga dan ikan mas koki akan terhindar dari penyakit. Manfaat lain selain itu adalah mengurangi jumlah pengurasan pada kolam ikan. Sehingga anda lebih hemat air dan tenaga.

  1. Pemberian Lampu Pada akuarium Ikan Mas Koki
Pemberian Lampu akuarium Ikan Mas Koki

Pemberian Lampu akuarium Ikan Mas Koki

Pemberian lampu pada kolam atau akuarium ini bertujuan untuk membantu pertumbuhan dari ikan mas koki ini sendiri. Selain itu, pencahayaan yang cukup membuat warna ikan mas koki akan tetap indah dan cantik. Pemberian lampu ini juga dapat mempercantik akuarium anda.

Usahakan menggunakan lampu yang tidak berwarna putih dan tidak terlalu terang. Karena lampu yang memiliki karakter tersebut dapat meningkatkan suhu pada akuarium dan mengganggu pertumbuhan ikan.

  1. Meletakkan Kerikil Pada Dasar Akuarium Ikan Mas Koki
Meletakkan Kerikil Pada Dasar Akuarium Ikan Mas Koki

Meletakkan Kerikil Pada Dasar Akuarium Ikan Mas Koki

Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa kok kerikil? Kenapa bukan terumbu karang misalnya? Hal ini dikarenakan kerikil tidak akan mempengaruhi keasaman dari air akuarium tersebut. Sedangkan terumbu karang dapat berbuat sebaliknya.

Jika air akuarium terlalu asam, hal ini dapat mengakibatkan kesehatan ikan mas koki terganggu. Selain itu kerikil juga tidak kalah cantik untuk menghiasi dasar akuarium anda.

  1. Pemberian Pakan Ikan Mas Koki
Memberikan Pakan Ikan Mas Koki

Memberikan Pakan Ikan Mas Koki

Pemberian pakan ikan mas koki ada dua versi. Yaitu cukup satu kali sehari dan dua hingga tiga kali sehari. Saran saya adalah dengan satu hari sekali saja.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan untuk menjaga kualitas air agar tetap terjaga dan mencegah ikan mas koki kelebihan berat badan. Ikan mas koki merupakan jenis ikan yang doyan sekali makan. Jika anda memberikan ikan ini banyak pakan, kotoran yang dikeluarkan ikan ini juga banyak.

Alhasil kolam akan cepat kotor dan ekosistem air akan cepat terganggu. Selain itu, pemberian pakan yang pas juga menghindarkan bakteri kolam berkembang biak akibat kelebihan pakan atau jumlah kotoran yang banyak.

Jenis pakan yang disenangi ikan mas koki adalah pelet, kutu air, cacing darah, cacing sutra, dan lain-lain. Untuk mendapatkan pakan ikan mas koki seperti yang disebutkan tadi, anda dapat membelinya di toko ikan mas koi atau toko hewan terdekat.

  1. Pergantian Air atau Pengurasan Akuarium Ikan Mas Koki
Cara Menguras Akuarium Ikan Mas Koki

Cara Menguras Akuarium Ikan Mas Koki

Pemasangan alat filter memang berdampak positif bagi anda. Tetapi selain berdampak positif, ada juga dampak negatifnya, yaitu kandungan zat dan mineral di dalam air akuarium menjadi berkurang. Sehingga warna ikan akan menjadi kurang cerah atau memudar.

Untuk mengatasi masalah ini anda dapat mengambil seperempat air akuarium atau kolam dan menggantinya dengan air yang baru. Anda dapat melakukan teknik kuras ini dengan skala tiga hari sekali.

Dengan mengganti air kolam secara rutin selain menjaga kualitas air, hal ini juga bermanfaat untuk mencegah jumlah kematian ikan mas koki karena keracunan nitrat (molekul yang berasal dari kotoran ikan mas koki). Jumlah kandungan nitrat yang tinggi mampu membuat kesehatan ikan terganggu hingga mati.

Ketika anda ingin menguras kolam secara penuh anda dapat menggunakan teknik berikut:

  • Sebelum menguras akuarium atau kolam ambillah air kolam secukupnya dan letakkan ditempat yang aman untuk tempat ikan mas koki sementara
  • Ambil ikan mas koki dan letakkan di dalam wadah yang telah disediakan di atas
  • Keluarkan semua air yang ada di dalam akuarium atau kolam yang ingin dikuras
  • Bersihkan akuarium atau kolam dengan spon atau sikat
  • Bilas dengan air bersih
  • Jika kolam yang dikuras sudah benar-benar bersih, masukkan air ke dalam akuarium atau kolam hingga penuh atau seperti keadaan semula
  • Tambahkan sedikit garam grosok (garam laut) ke dalam air. Hal ini mampu mencegah pertumbuhan jamur di dalam akuarium tersebut.
  • Masukkan pelan-pelan ikan mas koki bersamaan dengan air yang ada di dalam wadah sementara tersebut

Pengurasan kolam ikan mas koki di atas harus dikerjakan secara rutin. Ikan mas koki merupakan jenis ikan mas yang mudah terserang penyakit dan mati. Jika kondisi air sudah berwarna sedikit keruh atau kekuningan, hal ini menandakan jumlah kandungan nitrat pada air kolam sudah tinggi dan harus diganti dengan air yang baru.

Bagaimana, apakah anda sudah memahami cara merawat ikan mas koki di atas?

Demikian ulasan tentang cara merawat ikan mas koki di kolam yang baik dan benar serta agar tidak cepat mati. Semoga ulasan di atas dapat membantu kesulitan anda dan menambah wawasan dalam memelihara ikan mas koki ini. Jangan lupa kunjungi artikel lain tentang ikan hias lainnya di website duniaikan.com ini. Terima kasih.

 

Incoming search terms:

  • cara merawat ikan mas koki di kolam
  • ikan koki di kolam
  • cara merawat ikan koki
  • cara memelihara ikan mas koki tanpa oksigen
  • penting atau tidak aerator pada kolam ikan mas koki
  • alat alat memilhara ikan koki dengan baik
  • cara memelihara ikan mas koki di kolam
  • cara merawat ikan koki di kolam
  • cara budidaya ikan koki di kolam senen com
  • perawatan ikan mas di kolam peluran
/* */