Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Dunia Ikan

7 Cara Memelihara Ikan Manfish (Angelfish) Bagi Pemula

Cara Memelihara Ikan Manfish atau Angelfish

Cara Memelihara Ikan Manfish atau Angelfish

Merawat Ikan Manfish – Hewan yang satu ini merupakan salah satu hewan yang sudah lama ada di dunia, khususnya di Indonesia. Ikan manfish atau yang lebih dikenal dengan ikan angelfish ini mempunyai banyak penggila dari pecinta ikan hias.

Ikan hias yang satu ini jika berenang akan bergerak zig zag atau berkelak kelok. Namun gerakannya cukup tenang. Dan yang membuat ikan ini memiliki banyak penggemar adalah warna dan bentuk tubuhnya yang unik sekali. Bak seperti layang – layang.

Inilah Trik Khusus Memelihara Ikan Manfish Terbaru

Jika anda tergolong penggila baru di dunia ikan hias manfish ini, beberapa tips memelihara atau merawat ikan manfish ini layak anda baca. Dengan anda memahami cara memelihara ikan manfish dengan benar, anda dapat menekan resiko kematian ikan manfish anda.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang jenis – jenis ikan manfish. Dan sekarang kita akan membahas tentang cara memelihara ikan manfish yang benar.

Berikut adalah cara memelihara ikan manfish bagi pemula paling lengkap.

  1. Gunakan Ukuran Akuarium yang Ideal

Seperti halnya manusia, ikan manfish juga membutuhkan tempat tinggal yang nyaman. Tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu sempit. Karena jika akuarium atau kolam terlalu sempit, hal ini akan menghambat pertumbuhan dari ikan manfish ini sendiri.

Lantas berapa ukuran akurium yang ideal untuk tempat tinggal ikan manfish ini?

Ukuran ideal akuarium adalah minimal 3x dari ukuran ikan yang ada di dalam akuarium. Dengan begitu anda dapat menyesuaikan besar akuarium anda dengan ikan manfish anda.

  1. Sering – seringlah Mengontrol Suhu Akuarium

Jika kondisi air terlalu panas atau terlalu dingin hal ini juga dapat menghambat pertumbuhan ikan manfish, menimbulkan penyakit, atau malah meninggal. Tentu anda tidak ingin hal ini terjadi pada ikan manfish anda bukan.

Lalu, berapa suhu air yang bagus untuk ikan manfish anda?

Suhu air yang ideal untuk akuarium anda adalah diantara 25 – 28 derajat celcius. Dengan mengatur air di suhu sekian, ikan – ikan anda akan lebih terjaga dari bahaya kematian.

Untuk mengukur tinggi suhu air akuarium, anda dapat menggunakan alat pengukur suhu atau yang lebih dikenal dengan thermometer. Alat ini banyak di jual di toko ikan hias atau apotik di sekitar rumah anda.

  1. Atur Keseimbangan Asam Air Akuarium

Tips yang berikutnya adalah mengatur keseimbangan kadar asam air akuarium. Tips ini kurang banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Tetapi tips ini tidak kalah penting dengan tips – tips lainnya.

Keseimbangan asam air akuarium yang ideal adalah sekitar pH 6,9 hingga 7. Sedangkan untuk mengukurnya anda dapat menggunakan alat pengukur asam basa air atau pH – meter.

  1. Gunakan Alat Penyaring Air (Filter)

Tips yang selanjutnya adalah memasang alat penyaring air atau biasa disebut dengan aerator. Alat yang satu ini berfungsi untuk menyedot kotoran – kotoran kecil seperti sisa makanan atau kotoran ikan (fases) itu sendiri.

Selain itu dengan dipasangnya alat ini, air akuarium anda akan terlihat tetap bersih dan bening. Sehingga peningkatan dari bakteri – bakteri jahat yang akan muncul dari sisa makanan atau kotoran ikan dapat ditekan. Untuk memeroleh alat ini anda dapat membelinya di toko ikan hias terdekat di kota anda.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*
  1. Pasanglah Alat Penghasil Gelembung (Aerator)

Alat yang selanjutnya juga tidak kalah penting untuk menjaga dan merawat kesehatan ikan manfish anda. Alat ini biasa di sebut dengan aerator atau alat penghasil gelembung.

Apa manfaat dan kegunaan alat gelembung ini?

Seperti halnya pada manusia. Ikan manfish juga membutuhkan oksigen dalam hidupnya. Dan alat ini berfungsi untuk memasok oksigen di dalam akuarium. Sehingga ikan akan tercegah dari kekurangan oksigen.

  1. Gunakan Pakan yang Berkualitas

Tips yang selanjutnya adalah memilih jenis pakan yang berkualitas. Pakan merupakan sumber energi bagi ikan manfish. Jika jenis pakan yang anda berikan berkualitas, maka ikan anda akan menjadi tumbuh sehat dan cepat besar.

Pakan yang tepat juga berakibat baik untuk perkembangan warna tubuh ikan manfish anda. Dimana warna mereka akan menjadi semakin cerah dan pastinya hal ini menambah kecantikan dari ikan manfish ini sendiri.

Pakan ikan manfish ini sendiri ada beberapa jenis. Berikut adalah beberapa jenis pakan ikan manfish yang baik untuk anda.

Jenis Pakan Ikan Manfish untuk Mencerahkan Warna

  • Mrutu
  • Pelet
  • Artemia sp (kutu air)
  • Bloodworm (cacing darah)

Untuk mendapatkan jenis – jenis pakan di atas, anda dapat memperolehnya di toko ikan terdekat dari rumah anda.

  1. Kuras Air Akuarium secara Berkala

Tips yang terakhir adalah menguras air akuarium. Dalam tips ini ada beberapa jenis dalam menguras air akuarium anda. Seperti menguras air akuarium sampai habis, menguras ½ air akuarium, atau menguras ¼ air akuarium. Saya akan menjelaskan satu persatu.

  • Pengurasan Semua Air Akuarium

Yang pertama adalah menguras semua air akuarium. Pengurasan ini dilakukan ketika air akuarium sudah sangat kotor sekali. Dalam teknik ini anda harus memperhatikan air yang akan anda gunakan untuk pengganti air akuarium anda. Dimana anda harus mengendapkan air tersebut selama minimal 1 hari atau 24 jam.

Setelah air pengganti sudah anda endapkan selama 1 hari, langkah selanjutnya adalah pindahkan ikan anda ke dalam wadah sementara. Bersihkan akuarium dari kotoran atau lumut jika ada.

Setelah akuarium sudah anda bersihkan dan dibilas, langkah selanjutnya adalah masukkan air yang sudah diendapkan tersebut ke dalam akuarium. Kemudian masukkan semua ikan yang anda tempatkan di dalam wadah sementara tadi ke dalam akuarium seperti semula kala.

  • Pengurasan Setengah Air Akuarium

Pengurasan yang selanjutnya ini biasanya dilakukan setiap 4 – 5 hari sekali. Untuk teknik pengurasan di tahap ini sama seperti teknik pengurasan di atas tadi. Hanya saja jumlah air yang diambil adalah setengah dari jumlah air akuarium semula.

  • Pengurasan Seperempat Air Akuarium

Jenis pengurasan ini dilakukan dalam waktu 2 – 3 hari sekali. Sama seperti jenis pengurasan di atas. Teknik pengurasan seperempat air akuarium ini sama seperti teknik di atas. Hanya saja jumlah debit air yang anda ambil atau kurangi adalah ¼ dari jumlah air akuarium anda.

  • Pengurasan dengan Menyedot Kotoran Saja

Jenis pengurasan ini merupakan jenis pengurasan yang hemat tenaga, waktu, dan juga debit air. Sehingga pengurasan ini baik untuk anda yang memiliki jumlah air yang sedikit.

Hanya saja pengurasan ini membutuhkan pipa atau selang yang sedikit panjang. Sekitar 3 – 4 meter (menyesuaikan akuarium dan tempat pembuangan air).

Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat video klik disini

Nah, itulah tadi beberapa cara memelihara ikan manfish agar tetap sehat. Semoga informasi di atas dapat membantu anda dalam merawat ikan manfish kesayangan anda. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • ikan manfish
  • cara merawat ikan manfish
  • makanan ikan manfish
  • jenis2 ikan louhan
  • menfis
  • ikan memphis
  • Cara memberi makan ikan manfish
  • ikan menf
  • ikan manfis
  • ikan manfish yang baik
7 Cara Memelihara Ikan Manfish (Angelfish) Bagi Pemula | Denny | 4.5
/* */