Dunia Ikan

11 Cara Mudah Merawat Ikan Louhan dengan Baik

Ikan Louhan Super Red Synspillum (SRS)

Ikan Louhan Super Red Synspillum (SRS)

Merawat Ikan Louhan – Dari beragam cara merawat dan memelijhara ikan hias, mungkin anda sedang tertarik untuk merawat ikan louhan. Ikan yang memiliki ciri khas berkepala jenong atau nong – nong dengan tubuh yang berwarna warni ini sangat indah sekali.

Bagi anda yang ingin mempercepat jenong dan mempercantik warna tubuh ikan louhan ini, anda harus tahu indukan ikan louhan yang anda miliki mempunyai gen atau keturunan berkepala jenong dan berwarna merah atau tidak.

Karena jenong dan warna merah pada tubuh ikan louhan ini dipengaruhi oleh gen dari indukan ikan louhan anda. Sehingga usaha dan waktu anda tidak sia – sia dalam merawat ikan louhan kesayangan anda.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Louhan Biar Merah

Setelah anda mengetahui bahwa ikan louhan m

emiliki keturunan yang memiliki kepala jenong dan memiliki tubuh yang berwarna merah, anda layak untuk melakukan cara dan tips merawat ikan louhan berikut ini.

  1. Gunakan Akuarium 3x Lebih Besar dari Ukuran Ikan Louhan

Tips yang pertama adalah memperhatikan ukuran akurium. Dimana minimal akuarium berukuran 3 kali dari ukuran ikan louhan itu sendiri.

Untuk panjang akuariumnya, anda dapat mengukur dari panjang ikan louhan yang anda pelihara. Semisal panjang ikan anda adalah 20 cm. Maka panjang minimal akuarium anda adalah 60 cm. Sedangkan untuk tinggi kolam ikan, minimal adalah 50 cm. Sedangkan untuk lebar kolam adalah 40 cm. Selebihnya juga boleh.

Sebagai bahan informasi bagi anda. Para penggemar ikan louhan biasa menggunakan akuarium yang berukuran 90 x 40 x 50 cm untuk ikan louhan kecintaan mereka.

  1. Kontrol pH Air Secara Berkala

Seperti yang anda tahu. Air merupakan tempat untuk hidup bagi ikan hias anda. Nah, jika air kolam anda mempunyai kualitas air yang buruk, hal ini akan menghambat pertumbuhan dari ikan louhan ini sendiri.

Bagaimana cara mengetahui kualias air kolam itu baik atau tidak? Untuk menyiasati hal ini, salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat ukur pH. Dimana alat ini nanti akan mengukur kandungan Hidroksida (OH) dan Hidrogen (H+) yang ada di air.

Lantas, berapa ukuran pH air yang harus digunakan untuk kolam ikan louhan kita? Skala pH yang harus anda gunakan untuk kolam ikan louhan anda adalah antara pH 7 hingga pH 8.

  1. Periksa Suhu Air Secara Berkala

Kondisi suhu air yang terlalu dingin ini akan berakibat pada pertumbuhan ikan louhan anda. Dimana pertumbuhan ikan akan melambat.

Dengan menggunakan alat pengukur suhu atau thermometer, anda dapat memantau suhu air tersebut. Usahakan suhu air tidak lebih atau kurang dari 28 hingga 30 derajat celcius.

  1. Gunakan Alat Pemanas (Heater) Khusus Akuarium

Untuk menaikkan suhu air jika air kolam terlalu dingin, anda dapat menggunakan alat pemanas atau heater ini. Dengan begitu pertumbuhan ikan louhan anda akan semakin cepat.

Anda dapat membeli peralatan ini di toko – toko hewan atau toko ikan di kota anda. Atau anda juga dapat membelinya di toko online.

  1. Gunakan Filter di Akuarium Anda

Penggunaan alat filter (penyaring) ini berguna untuk menjaga kebersihan dari air kolam anda. Dimana air kolam biasanya di penuhi oleh kotoran dari sisa makanan atau kotoran dari ikan itu sendiri. Selain itu, filter ini juga bermanfaat untuk menghilangkan kandungan racun ammonia serta nitrat.

Oleh karena itu, dengan adanya filter ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas kebersihan air kolam. Sehingga ikan louhan anda akan lebih cepat jenong. Untuk jenis dari filter ini, sebaiknya anda menggunakan jenis filter yang berada di samping.

  1. Pemasangan Lampu untuk Kolam

Pemberian lampu yang pas, akan berakibat positif bagi warna tubuh dan jenong ikan louhan anda. Tidak terlalu terang maupun tidak terlalu gelap.

Jenis lampu akuarium ini banyak dijual di toko – toko ikan. Ada yang berwarna merah muda (pink) dan ada juga yang berwarna biru. Gunakanlah lampu yang jelas merknya, seperti TFC contohnya.

Anda juga harus memperhatikan kecerahan lampu dengan ukuran akuarium anda. Jika ukuran akuaium anda adalah 90 x 40 x 50 cm, idealnya anda harus menggunakan lampu yang memiliki daya sebesar 20 watt.

  1. Letakkan Pasir, Batu dan Tanaman Air pada Kolam

Mengapa kita harus meletakkan pasir, batu dan tanaman air dai dalam kolam ikan louhan? Apa manfaatnya?

Tak lain hal ini bertujuan untuk membuat ikan louhan merasa berada di habitat aslinya, mencegah ikan louhan merasa stres, dan mempercantik kolam anda.

  1. Kuras ¼ Air Kolam dalam Dua Minggu Sekali

 Terlalu sering mengganti air kolam akan membuat ikan louhan menjadi stres. Jika ikan louhan anda sudah stres, hal tersebut pastinya akan mempengaruhi warna merah dan pertumbuhan jenong dari ikan louhan ini.

Dengan menguras ¼ dari isi akuarium per 2 minggu sekali akan membuat kualitas air menjadi lebih bersih. Mengapa menguras kolamnya harus 2 minggu sekali?

Hal ini dikarenakan akuarium anda telah memiliki alat penyaring (filter). Sehingga anda tidak perlu lagi terlalu sering menguras air kolam anda.

  1. Memberikan Jenis Pakan Khusus Mempercepat Jenong

Tips yang kelima adalah dengan memberikan pakan khusus untuk mempercepat jenong ikan louhan keluar. Lalu apa saja jenis makanan ikan louhan agar jenong ikan louhan cepat keluar?

Pakan alami. Ya, pakan alami. Dengan memberikan pakan alami kepada ikan louhan anda hal ini mampu mempercepat jenong atau nong – nong ikan louhan anda.

Tapi tidak semua jenis pakan alami ini baik untuk ikan louhan anda. Karena pakan alami ini tergolong kurang higenis dan membuat ikan louhan anda menjadi kurang sehat dan sakit.

Selain pakan alami, anda juga dapat memberikan pakan yang banyak dijual di toko – toko ikan atau hewan di kota anda.

Jenis Pakan Ikan Louhan Berkualitas

Berikut adalah jenis – jenis makanan yang baik untuk mempercepat jenong dan warna merah ikan louhan anda:

  • Jangkrik

Saya yakin anda pasti tahu dengan hewan yang satu ini. Ya, Jangkrik. Dimana hewan ini mengeluarkan bunyi yang khas sekali, yaitu krik krik krik. Kurang lebih seperti itu.

Ada yang meyakini hewan jangkrik ini dapat mengusir tikus dari rumah anda. Selain untuk mengusir tikus, hewan ini juga biasa digunakan untuk pakan burung.

Tetapi selain dua fungsi di atas tersebut, ternyata hewan jangkrik ini juga sangat baik untuk pakan alami ikan louhan anda. Karena kandungan tubuh hewan jangkrik ini sangat bermanfaat untuk pertumbuhan ikan louhan anda.

Kandungan betacarotene ini sangat berpengaruh untuk memperbaiki kecerahan dari warna sisik ikan louhan anda. Terutama ikan louhan yang berjenis super red dragon dan golden base.

Cara memberikan pakan hewan jangkrik ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Sebelum anda memberikan pakan jangkrik ke ikan anda, sebaiknya anda potong semua kaki hewan ini. Karena kaki ini dapat melukai ikan louhan anda.

Selain memotong semua kaki jangkrik, ukuran jangkrik ini juga harus anda sesuaikan dengan ukuran mulut ikan louhan anda. Lebih baik berikan jangkrik yang masih muda atau kecil.

  • Udang

Pakan alami selanjutnya adalah udang. Hewan yang bisa hidup di air tawar maupun di air laut ini juga termasuk pakan alami ikan louhan.

Anda dapat memberikan udang beku maupun segar untuk ikan anda. Hanya saja anda harus membuang sungut dari udang ini dahulu. Karena sungut ini mampu membuat ikan louhan kesayangan anda cidera.

Dengan mengkonsumsi hewan udang ini, warna sisik ikan louhan anda akan menjadi merah.

  • Cacing Beku

Beberapa dari anda mungkin jijik dengan hewan yang satu ini. Tetapi dengan kejijikan hewan ini, ada manfaat yang baik untuk ikan louhan anda.

Dengan memberikan cacing beku kepada ikan louhan anda, hal ini baik untuk meningkatkan jenong dan kualitas warna ikan louhan anda.

Cacing ini juga sangat bagus untuk masa pertumbuhan ikan louhan anda yang masih kecil. Atau yang masih berukuran 8 cm.

Untuk memperoleh cacing ini, anda dapat membeli di toko ikan atau toko hewan yang ada di kota anda.

  • Pelet

Makanan yang berjenis pakan buatan ini mungkin tidak semua ikan louhan menyukainya. Beberapa ikan louhan butuh penyesuaian sejak mereka masih kecil.

Jenis pakan ini sangat disukai oleh para pecinta ikan hias. Khususnya ikan louhan ini. Karena pakan ini merupakan jenis pakan yang sangat praktis sekali.

Jenis pakan ini juga banyak sekali dijumpai di toko – toko ikan yang ada di setiap kota anda tinggal. Selain praktis, pakan pelet ini juga dapat bertahan lama. Jadi lebih efisien bukan.

  1. Pemberian Jumlah Pakan yang Tepat

Pemberian pakan memang baik untuk menutrisi kebutuhan dari ikan louhan anda. Tetapi anda juga harus memperhatikan jumlah dari pakan anda itu sendiri. Tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Bagaimana cara mengetahui ikan louhan sudah kenyang atau masih lapar? Apa tanda – tandanya?

Untuk mengetahui bagaimana ikan louhan sudah kenyang atau masih lapar adalah dengan melihat reaksi dari ikan louhan anda terhadap pakan yang anda berikan.

Jika pakan yang anda berikan masih tersisa banyak, dan ikan louhan sudah tidak mau lagi memakannya, hal ini menandakan bahwa ikan louhan anda sudah kenyang. Tetapi jika ikan louhan anda masih gesit dan bernafsu untuk melahap pakan yang anda berikan, hal ini berarti ikan louhan anda masih lapar.

Untuk mencegah kelebihan pakan atau kekurangan pakan, hal ini dapat anda cegah atau antisipasi dengan memberikan pakan secara sedikit demi sedikit.

Jika gerak ikan sudah melambat atau ikan sudah menjauhi pakan yang anda berikan, hal ini menandakan ikan anda sudah kenyang.

Trik ini sangat bagus untuk memforsir atau mengontrol jumlah pakan dari ikan louhan ini. Karena jika jumlah pakan ikan louhan anda berlebihan hal ini akan merusak kualitas air kolam. Air kolam juga akan mudah kotor.

  1. Hubungan Pemilik dengan Ikan louhan

Mungkin tips yang satu ini terasa aneh bagi anda. Tetapi hal ini sangat berpengaruh bagi pertumbuhan jenong ikan louhan anda.

Anda dapat memasukkan tangan anda dengan perlahan – lahan ke dalam akuarium atau di dinding luar akuarium anda. Atau jika anda takut, anda dapat menggunakan cermin yang berukuran 1/3 panjang tubuh ikan louhan anda.

Kemudian anda lem kaca tersebut di kayu. Lalu hadapkan kaca tersebut di depan ikan louhan anda. Lihatlah bagaimana reaksi ikan louhan anda.

Itulah tadi 11 tips dan cara merawat ikan louhan agar cepat berwarna merah dan jenong kepalanya. Semoga teknik di atas dapat membantu anda dalam memelihara ikan louhan di rumah. Salam manfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • cara merawat ikan louhan yang masih kecil
  • cara cepat memper bagus sirip ikan lauhan agar cepat panjang dan bagus dengan pakan alami
  • cara membesarkan ikan louhan dalam kolam jumlah banyak
  • manfaat batu di aguarium untuk ikan lohan
  • waktu pemberian filter air pada ikan louhan
11 Cara Mudah Merawat Ikan Louhan dengan Baik | Denny | 4.5
/* */