Cara Merawat Ikan Guppy Agar Indah Bagi Pemula

Monday, October 9th, 2017 - IKAN, IKAN HIAS, PERAWATAN IKAN
Ikan Guppy Full Platinum

Ikan Guppy Full Platinum

Cara Merawat Ikan Guppy – Ikan guppy merupakan jenis ikan hias di akuarium maupun di kolam yang memiliki pertumbuhan lumayan cepat beranak. Banyak para penggemar ikan guppy yang memanfaatkan peluang ini untuk bisnis mereka.

Cara Memelihara Ikan Guppy Kontes Aqurium

Harga ikan guppy ini sangat murah, yaitu 2 hingga 5 ribu rupiah saja. Tetapi jika corak warna ikan guppy yang bagus, ikan ini dapat berharga ratusan ribu rupiah.

Cara memelihara ikan guppy yang sakit, yang hamil, yang baru lahir, maupun agar cepat besar, memerlukan teknik perawatan dengan baik dan tepat. Perawatan yang tepat juga dapat membuat warna ikan guppy menjadi cerah dan bagus serta mempercepat pertumbuhan.

Ikan guppy ini memiliki nama atau sebutan lain yang banyak, seperti ikan gapi, ikan gupi, ikan seribu, ikan cere, atau ikan suwadakar. Ikan ini sangat populer di kalangan masyarakat.

Meskipun ikan guppy populer, tetapi masih banyak yang belum mengetahui cara merawat ikan guppy yang baik dan benar. Untuk mengatasi masalah ini, dibuatlah artikel tentang cara merawat ikan guppy bagi pemula. Dengan mengetahui cara merawat ikan guppy ini, semoga angka kematian ikan guppy akan semakin rendah.

Inilah Cara Memelihara Ikan Guppy Impor Terbaik dan Terlengkap

Oke. Bagi anda yang sudah tidak sabar seperti apa cara merawat ikan guppy ini, berikut ulasan lengkap cara merawat ikan guppy.

Cara Memelihara Ikan Guppy

Cara Memelihara Ikan Guppy

  1. Mengatur Kualitas Air Tempat Tinggal Ikan Guppy

Seperti yang anda tahu, air adalah faktor utama yang harus anda kontrol kualitasnya. Untuk air yang memiliki kualitas normal adalah memiliki suhu di antara 25 hingga 28 derajat celcius dan memiliki PH di antara 7,5 hingga 8.

Para penggemar ikan guppy biasanya membiarkan air kolam diendapkan (membiarkan kolam kosong tanpa ikan) hingga kurun waktu kurang lebih 2 hari. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir zat yang dapat membahayakan ikan guppy anda hilang.

  1. Pemilihan Tempat Tinggal Ikan Guppy yang Tepat

Cara merawat ikan guppy selanjutnya adalah memilihkan tempat tinggal yang pas dan nyaman untuk kelangsungan hidup ikan guppy ini. Ikan guppy ini dapat anda pelihara di dalam akuarium maupun kolam semen.

Jika anda ingin memelihara ikan guppy di dalam akuarium, usahakan akuarium anda memiliki permukaan atau ruang udara yang luas. Karena hal ini bertujuan untuk ikan guppy mengambil oksigen ke permukaan air.

Untuk ukuran akuarium atau kolam yang ideal bagi  tempat tinggal ikan guppy adalah minimal 40 x 40 x 60 cm. Dengan ukuran ini anda dapat memasukkan maksimal 50 ekor ikan guppy berbagai jenis kesukaan anda.

Ikan guppy juga dapat dicampur dengan ikan hias lainnya. Untuk ukurun tempat tinggal yang ideal jika anda mencampur ikan ini dengan jenis ikan hias lainnya, anda dapat menggunakan ukuran di atas sebagai patokannya.

Karena tubuhnya yang berukuran mini ini, banyak penggemar ikan guppy menempatkan ikan ini pada toples kaca atau akuarium mini sebagai tempat tinggalnya. Hal ini dilakukan bagi mereka yang memiliki tempat yang tidak terlalu luas.

Jika anda ingin membuat akuarium sendiri, pilihlah kaca yang memiliki tebal minimal 3-5 cm. Untuk ukuran akuariumnya, anda dapat menggunakan ukuran di atas sebagai patokan.

  1. Proses Pemindahan Ikan Guppy Ke Tempat Baru

Cara memelihara ikan guppy yang pertama adalah dengan memindahkan ikan guppy yang baru anda beli ke akuarium atau kolam baru milik anda. Sebelum membeli ikan guppy ini sebaiknya anda teliti dahulu ikan yang ingin anda beli tersebut. Usahakan ikan guppy memiliki sirip yang legkap, kulit mulus, tubuh badat berisi, dan tidak ada kecacatan lainnya.

Setelah anda memilih ikan yang terbaik untuk anda beli, para penjual ikan hias biasanya memasukkan ikan yang anda beli ke dalam kantong plastik yang bening. Dan ikan guppy anda siap anda bawa pulang.

Setelah anda sampai di rumah, siapkan kolam atau wadah lainnya yang sudah berisi air untuk tempat tinggal ikan guppy ini. Tanpa membuka tali plastic, masukkan kantong plastik yang berisikan ikan guppy tersebut ke dalam kolam. Biarkan ikan ini mengapung bersamaan dengan plastik selama kurang lebih 1 jam.

Tujuan langkah membiarkan ikan guppy terapung di atas akuarium atau kolam ini sebagai berikut:

  • Membantu ikan guppy beradaptasi dengan air di lingkungan barunya
  • Meminimalisir stress bagi ikan gupyy
  • Menurunkan resiko kematian ikan guppy
  1. Memasang Gelembung Udara atau Aerator di Akuarium Ikan Guppy

Pemasangan alat aerator atau gelembung udara ini bertujuan untuk menambah asupan oksigen yang ada di dalam air akuarium anda. Selain itu, pemasangan alat gelembung udara ini juga bertujuan untuk memberikan efek natural bagi ikan guppy seperti habitat asli mereka.

  1. Memasang Penyaringan atau Filter di Akuarium Ikan Guppy

Alat penyaringan atau filter ini bertujuan untuk menyaring partikel-partikel yang kotor yang ada di dalam kolam atau akuarium anda. Alat penyaringan ini dibagi menjadi tiga macam, yaitu filter biologis(biofiltrasi), filter mekanik, dan filter kimiawi.

Memasang penyaringan atau filter ini memiliki beberapa manfaat. Berikut rangkumannya:

  • Menjaga kualitas air tetap sehat
  • Mengurangi risiko ikan terkena penyakit
  • Mengurangi jumlah pengurasan pada akuarium atau kolam
  1. Memasang Lampu di Akuarium Ikan Guppy

Dengan memasang lampu pada akuarium atau kolam, hal ini dapat membantu pertumbuhan dari ikan guppy tersebut. Usahakanlah menggunakan lampu tidak terlalu terang dan yang tidak berwarna putih.

Karena lampu yang memiliki ciri seperti di atas dapat meningkatkan suhu akuarium dan mengganggu pertumbuhan dari ikan guppy anda.

  1. Meletakkan Kerikil di Akuarium Ikan Guppy

Mengapa harus kerikil? Karena jika anda menggunakan batu terumbu karang, hal ini mampu meningkatkan keasaman dari air akuarium anda. Selain itu, kerikil juga dapat anda manfaatkan sebagai penghias dari dasar akuarium anda.

  1. Pemberian Pakan Ikan Guppy

Frekuensi pemberian pakan pada ikan guppy dapat anda lakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Dan karena ikan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan mulut dan juga kecil, anda harus menggunakan pakan yang berukuran kecil. Dan ingat, jangan berlebihan.

Karena pakan yang berlebihan, selain sisa pakan ini membusuk sia-sia, hal ini juga dapat berakibat buruk pada kualitas air akuarium atau kolam anda. Sehingga kesehatan ikan guppy akan mudah terganggu.

Jenis-jenis pakan ikan guppy yang biasa dipakai para penggemar ikan guppy ini adalah sebagai berikut:

  • Jentik nyamuk (uget-uget atau cuk)
  • Cacing sutera
  • Kutu air
  • Cacing darah
  • Pelet

Jika anda memberikan pakan harian ikan guppy dengan pelet, usahakan diselingi pakan hidup seminggu dua kali.

  1. Pengurasan Akuarium Ikan Guppy

Mengapa pengurasan akuarium dilakukan? Bukannya akuarium kita sudah dilengkapi dengan aerator atau filter?

Meskipun air di akuarium anda masih bersih, tetapi jika lama tidak diganti kandungan mineral dalam air akan menipis. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat menguras air akuarium atau kolam anda secara rutin.

Pengurasan akuarium ini ada 2 macam, Berikut ulasannya:

  • Pengurasan seperempat kolam.

Cara melakukan teknik pengurasan seperempat kolam sangat mudah. Pertama, anda harus mengeluarkan seperempat isia air akuarium anda. Setelah itu masukkan air yang baru ke dalam akuarium anda hingga seperti keadaan semula sebelum akuarium di kuras. Selesai.

Catatan: Anda dapat menggunakan teknik ini dengan  skala 3 hari sekali.

  • Pengurasan full kolam.

Cara melakukan teknik pengurasan full kolam adalah sebagai berikut.

  • Ambil air akuarium secukupnya dan masukkan ke akuarium sementara atau wadah lainnya yang layak.
  • Masukkan ikan guppy pada tempat di atas.
  • Jika ikan sudah dikeluarkan semuanya, tahap selanjutnya adalahmengeluarkan semua isi air akuarium di atas.
  • Anda dapat menggunakan sikat dan spon untuk membersihkan akuarium. Bilas dengan air bersih.
  • Isi lagi akuarium dengan air baru hingga.
  • Tambahkan sedikit garam laut ke dalam air akuarium untuk meminimalkan pertumbuhan jamur.
  • Terakhir, masukkan ikan guppy pelan-pelan bersamaan dengan air yang ada di akuarium sementara tadi.

Catatan: Anda dapat menggunakan teknik ini ketika air sudah terlihat kekuningan atau keruh.

Pengurasan ini dilakukan untuk menutrisi kandungan mineral pada air akuarium anda. Sehingga ikan akan terbebas dari yang namanya penyakit.

Bagaimana, sudah paham bagaimana cara merawat ikan guppy?

Sekianlah sedikit ulasan tentang cara merawat ikan guppy. Semoga informasi di atas dapat membantu kesulitan anda yang sedang memelihara ikan guppy di rumah. Jangan lupa kunjungi artikel lain tentang ikan hias di duniaikan.com ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • koi lg tren
  • caea agar warna ikan guppy indah
  • cara membuat warna ikan guppy menjadi cerah
  • cara menimbulkan warna ikan gupy
/* */