29 Manfaat Ikan Tuna Bagi Anak dan Ibu Hamil Lengkap

Saturday, August 19th, 2017 - IKAN, MANFAAT IKAN
Manfaat Ikan Tuna

Sumber: google.com

Manfaat Tuna – Selain jenis ikan tuna yang banyak, ikan tuna juga memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat ikan tuna untuk anak dan ikan tuna bagi ibu hamil? Sebelum membahas apa saja manfaat ikan tuna, mari kita lihat dahulu kandungan ikan tuna.

Dari kandungan gizi ikan tuna per 100 gram, ikan tuna memiliki kadar protein yang tinggi, yaitu sekitar 22,6 hingga 26,2 gram / 100 gram daging. Daging ikan tuna juga memiliki lemak yang rendah, yaitu 0,2 hingga 2,7 gram / 100 gram daging. Selain itu, kandungan lainnya adalah zat esi, sodium, vitamin A, vitamin B, mineral kalsium, dan fosfor.

Manfaat Tuna Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Ciri ikan tuna sangat umum sekali. Ciri yang paling umum adalah memiliki tubuh yang berwarna perak keabu-abuan. Jika sudah berada di perairan lepas, ikan tuna dapat berenang dengan cepat, yaitu 77 km/jamnya.
Setelah kita mengetahui kandungan dan ciri dari ikan tuna, sekarang kita lihat apa saja manfaat ikan tuna. Berikut manfaat ikan tuna bagi kesehatan anak dan juga ibu hamil:

Ikan Tuna Untuk Anak

Sumber: google.com

Manfaat Ikan Tuna untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memang harus menjaga kesehatan dirinya dan juga kandungannya. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi ikan tuna. Karena ikan tuna memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil dan janin. Berikut manfaat ikan tuna untuk ibu hamil:

  1. Membantu perkembangan otak dari janin
  2. Membantu pembentukan rambut janin
  3. Membantu pembentukan kulit janin
  4. Membantu pembentukan kuku janin
  5. Membuat otot janin lebih kuat
  6. Menjaga darah sang ibu tetap sehat
  7. Menjaga Kekebalan tubuh sang ibu hamil
  8. Menjaga tekanan darah tetap normal untuk menghindari penyakit stroke
  9. Menjaga kesehatan jantung janin dan sang ibu hamil
  10. Dapat menurunkan kadar trigliserida (kegemukan)
Ikan Tuna Untuk Anak

Sumber: google.com

Manfaat Ikan Tuna untuk Anak

Seorang anak membutuhkan asupan makanan yang mengandung DHA atau omega-3 yang banyak. Karena asupan ini dapat membantu perkembangan otak sang anak. Apa saja manfaat lain dari ikan tuna ini untuk sang anak? Berikut ulasannya:

  1. Membuat Anak Lebih Cerdas

Dalam studi penelitian yang pernah ditebitkan dalam jurnal Pediatrics tahun 2003, bahwa seorang ibu yang ketika selama mengandung dan menyusui mengkonsumsi omega-3, rata-rata memiliki seorang anak yang kemampuan kognitifnya (memecahkan masalah) tinggi. Kemampuan ini semakin terlihat ketika sang anak sudah berusia 4 tahun.

  1. Kemampuan Fokus Meningkat

Hasil dari sebuah penelitian mengatakan bahwa ibu yang sering mengkonsumsi DHA (omega-3) selama persalinan, mempunyai seorang anak yang memiliki tingkat kefokusan lebih tinggi ketimbang anak dari ibu yang jarang mengkonsumsi DHA ketika persalinan berjalan.

  1. Memperbaiki Penglihatan

Dalam pembentukan retina sebuah mata pada anak, DHA memiliki peranan yang sangat penting. Karena DHA berfungsi untuk membentuk komponen utama dan sekaligus fungsi retina mata.

  1. Meningkatkan Daya Kekebalan (Imunitas)

Anak yang sering mengkonsumsi DHA, memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi ketimbang anak yang jarang mengkosumsi DHA. Dalam sebuah penelitian, seorang bayi yang mengkonsumsi susu formula yang banyak mengandung minyak ikan, mendapat kadar protein yang lebih tinggi dan fungsi kekebalannya lebih kuat jika dibandingkan dengan susu formula sapi yang dikonsumsi bayi.

  1. Mencegah Peradangan (Eksim/Dermatitis)

Sebuah penelitian di Swedia mengungkapkan bahwa omega-3 ini dapat mengurangi kelainan kulit atau peradangan. Kelainan kulit yang diderita anak seperti, kulit bengkak, gatal, atau kemerahan. Meskipun kelainan ini tidak menular, tetapi kelainan ini tetap membuat perasaan tidak nyaman. Terutama pada sang anak.

Menambahkan sedikit potongan ikan tuna atau ikan salmon pada ASI bayi yang berusia belum 9 bulan, dipercaya dapat melindungi anak dari resiko penyakit alergi ini.

Manfaat dan Nutrisi Utama Dari Ikan Tuna Kalengan

Selain bermanfaat untuk anak dan ibu hamil, ikan tuna masih mempunyai segudang manfaat lainnya. Berikut akan diulas beberapa manfaat dan nutrisi ikan tuna yang terkandung dalam ikan tuna kalengan:

  1. Tinggi Omega

Lemak dengan jenis omega-3 sangat baik untuk tubuh manusia. Lemak omega-3 in tidak dapat diproduksi dari tubuh manusia. Tetapi pada tubuh ikan tuna mengandung lemak omega-3.

Ikan tuna ini memiliki lemak omega-3 28x lebih banyak dari ikan air tawar. Omega-3 ini bermanfaat untuk membantu dalam mengurangi asma, mengurangi resiko jantung, dapat meringankan artritis, serta yang paling umum yaitu membantu tumbuh dan kembang sang anak.

Selain manfaat di atas, omega-3 juga dapat digunakan sebagai pengatur dan penurun rasio kolesterol baik dan kolesterol jahat. Hal inilah yang membuat ikan tuna memiliki nilai manfaat yang lebih tinggi bagi manusia.

  1. Kaya Protein

Jika dilihat dari nilai gizinya, ikan tuna merupakan ikan yang memiliki sumber protein yang tinggi. Perbandingan antara kadar protein ikan tuna dan protein telur ayam, yaitu sebesar 22 gram dan 13 gram.

Telur yang kita tahu memiliki kandungan protein yang tinggi, ternyata masih kalah jauh ketimbang kandungan protein ikan tuna. Perbandingannya memiliki selisih sebesar 70% lebih banyak dari telur ayam.

  1. Kaya Mineral

Ikan tuna dikenal juga akan kayanya kandungan mineral yang ada dalam tubuhnya. Mineral yang sangat penting untuk tubuh ini, guna mencegah penyakit gondok dan juga dapat meningkatkan kecerdasan otak sang anak. Ikan tuna memiliki kandungan yodium 28 kali lebih banyak ketimbang ikan air tawar.

  1. Kaya Antioksidan

Jika kita mengkonsumsi ikan tuna dalam jumlah 100 gram, maka kita dapat memenuhi kebutuhan selenium tubuh sebesar 52,9 %. Selenium ini bermanfaat untuk mengaktifkan enzim antioksidan glutathione peroxidase. Dimana enzim ini mampu melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkan kanker.

  1. Kaya Vitamin A

Selain antioksidan, ikan tuna juga kaya akan vitamin A. Dimana vitamin ini memiliki fungsi untuk menjaga penglihatan, pertumbuhan, memelihara selepitel, dan meningkatkan imunitas.\

  1. Kaya Vitamin B6 dan Asam Folat

Vitamin B6 yang ada pada ikan tuna ini memiliki nutrisi yang lumayan tinggi. Bersama asam folat, kandungan ini dapat menurunkan homosistein. Dimana homosistein ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Homosistein ini dapat membahayakan arteri dan jantung manusia.

  1. Rendah Kolesterol

Meskipun ikan tuna mengandung kolesterol, tetapi kolesterol ini tidak membahayakan tubuh manusia. Karena kolesterol pada ikan tuna tergolong masih rendah. Dimana dalam 100 gram daging ikan tuna, terdapat kolesterol 38 hingga 45 miligram. Ini sangat menyehatkan tubuh manusia.

Manfaat Ikan Tuna Kalengan untuk Kesehatan Secara Umum

Ikan tuna yang memilki ekosistem di laut merupakan sumber dari nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Seperti yang sudah diulas di atas, kandungan ikan tuna banyak sekali. Karena kandungan ikan tuna yang banyak maka tak heran jika manfaat ikan tuna bagi kesehatan juga banyak sekali. Berikut manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh manusia:

  1. Membuat Jantung Sehat

Omega-3 yang terkandung di dalam ikan tuna membuat konsentrasi kolesterol atau HDL dalam tubuh manusia meningkat, menjaga ritme dari jantung, dan membekukan darah pada pembulu darah.

  1. Mempersempit Terjangkitnya Kanker

Selain menyehatkan jantung, ikan tuna juga dapat mempersempit terjangkitnya penyakit kanker. Kanker yang bisa dicegah oleh ikan tuna seperti kanker ovarium, saluran pencernaan, pancreas, payudara, dan mengurangi leukemia pada anak.

  1. Perbaiki Kognitif Otak

Kandungan omega-3 pada ikan tuna mampu memperbaiki fungsi kognitif seseorang. Sehingga dapat mempersempit resiko penyakit generasi, seperti Alzheimer(gangguan fungsi otak). Karena omega-3 ini membantu memperlancar aliran darah ke otak manusia.

  1. Meningkatkan Respon Insulin Hormon

Penderita diabetes tipe 2 sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan tuna. Karena dalam ikan tuna, seperti yang kita tahu, kandungan omega-3nya melimpah.

Selain itu, omega-3 juga dapat mengatur berat badan, metabolisme tubuh, dan juga memperbaiki insulin pada tubuh manusia. Asam lemak omega-3 ini juga dikenal dengan EPA.

  1. Membantu Detoksifikasi

Dalam tubuh ikan tuna, glutathione peroxidase antioksidan juga diproduksi di dalamnya. Fungsi dari antioksidan ialah berperan penting untuk menjaga kesehatan hati yang nantinya akan mendukung terhadap detoksifikasi (mengurangi kadar racun).

  1. Menyehatkan Mata

Asam lemak omega-3 mampu membantu melawan degenerasi mata (terganggunya penglihatan manusia di usia 50 tahun). Oleh karena itu, banyak dokter menyarankan jika kita mulai sekarang menambah menu sajian ikan tuna di rumah. Guna untuk merawat kesehatan mata kita.

  1. Meredakan Stres

Ikan tuna juga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh kaum wanita. Karena ikan tuna mampu mengurangi ketidakseimbangan hormon pada wanita.

Bagaimana, sekarang anda sudah mengerti tentang manfaat ikan tuna untuk anak dan ibu hamil serta kesehatan manusia? Jika artikel ini dapat membantu anda, tolong jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan keluarga anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • manfaat ikan tuna
  • manfaat ikan tuna bagi ibu hamil
  • manfaat ikan tuna untuk bayi
  • cara memasak ikan tuna untuk ibu hamil
  • jenis nama ikan yang mengandung asam folat lebih
  • yg mana banyak gizinya ayam atau ikan tuna
  • ikan tuna untuk balita
  • ikan tuna untuk anak
  • ikan tuna bagi bumil
  • fungsi dan manfaat ikan tuna
/* */