28 Manfaat dan Efek Samping Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Tuesday, September 12th, 2017 - MANFAAT IKAN
Manfaat Minyak Ikan

Sumber: google.com

Manfaat Minyak Ikan – Manfaat minyak ikan bagi kesehatan sangat banyak sekali. Seperti bermanfaat untuk menjaga kesehatan bagi kulit, untuk ibu hamil, juga untuk anak, dan masih banyak lainnya. Di bawah artikel juga dibahas tentang efek samping minyak ikan.

Harga minyak ikan ini sendiri tergolong murah. Anda dapat membelinya dalam bentuk kapsul yang banyak dijual di apotik atau toko online. Di salah satu toko online, satu botol minyak ikan yang berisi 50 kapsul dijual dengan harga Rp 40.000,- hingga Rp.115.000,-.

Aturan minum minyak ikan bagi yang mengkonsumsi ikan secara langsung, orang dewasa dan anak-anak disarankan mengkonsumsi minyak ikan tidak lebih dari 4 porsi per minggunya.

Apakah minyak ikan ini bisa menambah berat badan ya? Minyak ikan merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan berat badan. Minyak ikan juga sering digunakan untuk menu diet kaum hawa. Karena minyak ikan dapat mengontrol lemak jahat dalam darah.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Paling Lengkap

Manfaat Minyak Ikan

Sumber: google.com

Untuk lebih jelas apa saja manfaat minyak ikan bagi kesehatan tubuh manusia, berikut ulasannya:

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Asma

Asma merupakan jenis penyakit pernapasan obstruktif kronis yang dialami sejak anak-anak dan berlanjut hingga usia dewasa. Beberapa faktor penyebab seseorang mengalami penyakit asma adalah keseringan merokok, stres, sering memakan makanan yang tidak sehat, polusi lingkungan, dan keturunan.

  1. Menurunkan Risiko Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan sebuah penyakit yang dapat memunculkan simtoma pada laju filtrasi glomerular di bawah atau di atas 60 mL / men / 1.73 m2 dan ketidakwajaran sedimen urin.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Amyotropik Lateral Sklerosis (ALS)

Penyakit Amyotropik Lateral Sklerosis atau yang biasa disingkat ALS merupakan jenis penyakit saraf yang menyerang pada neuron yang bertugas sebagai pengendali otot lurik. Sebutan lain dari penyakit ini adalah Lou Gehrig. Hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa minyak ikan mampu untuk menurunkan dan menahan penyakit ALS ini.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer merupakan jenis penyakit yang membuat penderitannya mengalami penurunan kemampuan berpikir, penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berbicara, dan perubahan perilaku yang aneh. Penyakit ini merupakan bukan jenis penyakit yang menular.

Penyakit alzheimer ini disebabkan beberapa faktor, seperti usia di atas 65 tahun, memiliki keluarga yang berketurunan sakit jantung, memiliki keluarga yang berketurunan sakit alzheimer, dan  pernah memiliki luka berat di kepala.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada Lousiana State University mengungkapkan bahwa minyak ikan sangat efektif untuk mengobati penyakit alzheimer ini.

Penelitian yang lainnya juga pernah dilakukan pada UCLA (University of California Los Angeles). Penelitian ini mengungkapkan bahwa minyak ikan mampu digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit.

  1. Menurunkan Risiko Bayi Premature

Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh negara Denmark, dimana melibatkan 8.729 ibu hamil, menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang sedikit mampu menurunkan risiko bayi lahir premature yang tinggi.Untuk wanita hamil sebaiknya memperbanyak konsumsi minyak ikan. Entah itu dari ikan secara langsung atau melalui obat-obatan .

  1. Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)

Kolesterol jahat atau Low-Density Lipoprotein (LDL) adalah jenis kolesterol yang dapat berdampak negatif atau buruk bagi kesehatan anda. Kolesterol ini dapat menjadi penyebab terganggunya fungsi pembuluh darah pada arteri anda. Oleh karena itulah kolesterol ini disebut kolesterol jahat.

  1. Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

Kolesterol baik atau Hight-Density Lipoprotein (HDL) adalah jenis kolesterol yang berfungsi untuk menjaga kondisi arteri tetap bersih dan agar darah pada saluran pembuluh darah dapat berjalan dengan lancar. Cara kerja kolesterol baik (HDL) adalah dengan mengangkut kelebihan kolesterol jahat (LDL) pada arteri dan dikembalikkan pada hati agar di daur ulang atau dibuang.

  1. Mengontrol Berat Badan Berlebih

Manfaat minyak ikan yang satu ini merupakan manfaat yang banyak disukai oleh banyak kalangan perempuan. Tanpa harus mengkonsumsi bahan yang berbahaya atau obat-obatan yang mahal, dengan mengkonsumsi minyak ikan secara rutin anda dapat mengontrol berat badan berlebih anda.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat melakukan cara di atas dengan dibarengi olahraga secara teratur. Hal ini terbukti mampu menurunkan berat badan anda secara sempurna.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan di salah satu rumah sakit Taiwan tepatnya pada Taichung Veterans General Hospital, dimana hewan tikus yang ada di sana diberikan makanan ikan. Dan dari data yang disimpulakan mengungkapkan bahwa minyak ikan yang terdapat pada tubuh ikan mampu meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh si hewan.

Secara ilmiah, minyak ikan memang mampu untuk meningkatkan daya tahan seseorang. Hal ini terbukti pada pasien yang menderita penyakit lupus (sistem imun yang menyerang jaringan otot dan organ tubuh pemiliknya sendiri). Penelitian juga pernah menyimpulkan bahwa minyak ikan mampu mengurangi risiko demam, cepat lelah, kulit merah-merah, batuk, dan flu.

  1. Membantu mengobati Penyakit HIV

Penyakit AIDS adalah jenis penyakit yang terjadi karena terganggunya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan virus lainnya. Virus HIV sendiri merupakan jenis penyakit yang berbahaya. Salah satu cara untuk mengobatinya adalah dengan mengkonsumsi minyak ikan ini.

  1. Menurunkan Peradangan

Bila anda termasuk penderita radang kronis, anda dapat mengkonsusmi minyak ikan ini secara rutin. Minyak ikan sendiri sekarang banyak diproduksi dan diperjualbelikan pada toko-toko obat di sekitar anda. Dengan begitu anda dapat dengan mudah memperoleh minyak ikan ini.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dengan mengkonsumi minyak ikan secara teratur, alat pencernaan anda secara otomatis akan dijaga oleh tubuh. Sehingga anda dapat menjalani hari-hari anda dengan tenang.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak ikan yang kaya akan manfaat ini juga dapat anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung anda. Karena dalam minyak ikan terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko terjangkitnya penyakit jantung dan mengatur aritmatika jantung anda.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat minyak ikan juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut anda.Minyak ikan telah terbukti mampu untuk mempertahankan kilau rambut. Hal ini dikarenakan kandungan minyak ikan mengandung sifat stimulus pertumbuhan yang dapat memberikan tingkat kesuburan pada folikel.

Selain itu minyak ikan juga mampu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut yang rontok. Kesuburan rambut memerlukan asupan protein yang cukup. Dan salah satu asupan tersebut yaitu ikan.

  1. Menjaga Kesehatan Janin Ibu Hamil

Selain manfaat di atas, ibu hamil yang mengkonsumsi minyak ikan selama kehamilannya menampilkan hasil yang signifikan, yaitu meningkatnya koordinasi pada mata dan tangan janin.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak ikan ini merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kulit anda tetap sehat. Minyak ikan mampu meningkatkan kulit yang kering menjadi lebih halus, mengkilat dan cerah.

Mengkonsumsi minyak ikan secara teratur mampu membantu kulit anda tetap lembab. Hasil penelitian lain juga pernah mengungkapkan jika minyak ikan ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari (kulit terbakar).

  1. Menjaga Kesehatan Mata (Degradasi Makula)

Salah satu gangguan mata adalah degradai makula atau Age-related Macular Degeneration (AMD). Degradasi makula merupakan sebuah gangguan pada fungsi mata seperti kebutaan yang disebabkan karena usia yang sudah memasuki manula, yaitu di atas 65 tahun.

National Institute of Health yang bertempat di Amerika pernah melakukan penelitian untuk menguji kemanfaatan minyak ikan bagi penderita degradasi makula. Penelitian ini memberikan hasil bahwa mengkonsumsi minyak ikan untuk menjaga kesehatan mata sangat direkomendasikan.

Dengan hasil yang demikian, apoteker dan masyarakat yang menderita degradasi manula ataupun yang tidak menderita penyakit ini, dihimbau untuk mengkonsumsi minyak ikan secara rutin. Agar mereka cepat sembuh dan mencegah penyakit ini datang lagi.

  1. Mengobati Penyakit Chorn

Penyakit chorn ini dapat menyebabkan tubuh anda mengalami kesulitan dalam menyerap lemak, vitamin, serta kandungan gizi penting lainnya. Kandungan minyak ikan efektif sekali untuk mengobati penyakit chorn ini.

  1. Mengobati Penyakit Ulcerative Colitis

Penyakit adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena adanya radang pada dinding saluran pencernaan. Akumulasi leukotrin yang ada pada kolon ini dapat memicu munculnya penyakit ini. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat mengkonsumsi minyak ikan sebagai obat penyakit ulcerative colitis.

  1. Mengobati Penyakit Nyeri Sendi dan Sejenisnya

Nyeri sendi merupakan kondisi dimana seseorang merasakan rasa sakit yang terdapat antara kedua tulang yang saling bertemu. Contoh nyeri sendi yang banyak terjadi adalah nyeri sendi kaki, tangan, dll.

Penyakit yang masih berhubungan dengan nyeri sendi seperti rematik dan raynaud (gangguan aliran darah ke ujung hidung, telinga, jari tangan,dan jari kaki). Mengkonsumsi minyak ikan dalam kondisi yang besar mampu membantu anda dalam menurunkan efek negatif enzim yang dapat merusak tulang rawan anda.

  1. Mengobati Penyakit Depresi dan Sejenisnya

Gangguan saraf pada tubuh manusia terkadang menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental seperti depresi, cemas, sedih, susah tidur, gairah s*ks menurun, dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi minyak ikan ini dapat dipercaya mampu mengobati semua gangguan saraf di atas.

Hal ini telah dibuktikan pada negara yang rutin mengkonsumsi minyak ikan. Dimana warga negara tersebut memiliki tingkat depresi yang lebih kecil ketimbang warga negara yang jarang mengkonsumsi minyak ikan.

Penelitian ini juga pernah diuji pada para tahanan. Dimana para tahanan diberikan makanan laut yang banyak mengandung minyak ikan. Hasilnya sungguh mengejutkan. Para tahanan secara signifikan mengalami penurunan melakukan pembunuhan dan kekerasan.

  1. Mengobati Gangguan Hiperaktif (ADHD )

Gangguan hiperaktif atau yang biasa disebut dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) merupakan sebuah gangguan yang terjadi karena banyaknya kandungan asam lemak omega 3 dalam tubuh. Gangguan hiperaktif yang dialami oleh anak ini dapat anda atasi dengan mengkonsumsikan minyak ikan secara rutin.

Sebuah penelitian yang telah dilakukan pada CSIRO (Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation) dan University of South Australia mengungkapkan bahwa anak-anak yang menderita gangguan hiperaktif ini diberikan asupan minyak ikan serta kapsul evening primerose dalam kurun waktu 15 hari, kelakuan mereka mengalami perubahan secara signifikan.

  1. Mengobati Jerawat Berlebih

Minyak ikan merupakan salah satu obat yang efektif untuk menghilangkan jerawat anda. Kandungan EPA (Eicosapentaenoic Acid) yang ada pada minyak ikan diketahui dapat mencegah perkembangan formasi androgen. Dimana formasi ini mampu mempengaruhi formasi sebum di folikel rambut yang dapat memicu timbulnya jerawat.

  1. Mengobati Penyakit Kanker

Bagi penderita kanker pankreas, minyak ikan dapat anda gunakan untuk mengurangi berat badan. Minyak ikan ini juga bermanfaat untuk suplemen bagi pasien kanker yang berkaitan dengan hyperlipidemia.

  1. Mengobati Penyakit Diabetes

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada University of Oxford, bahwa minyak ikan ini mampu mengurangi level trigliserida bagi penderita diabetes ini.

Para penderita diabetes tipe 2 kebanyakan juga mengindap gangguan fungsi atau penyakit baru pada organ yang lain. Contohnya seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan aterosklerosis. Seperti yang sudah tertera di atas, bahwa minyak ikan mampu mengobati penyakit jantung ini.

  1. Meredakan Sakit Maag

Kandungan lemak DHA dan EPA yang terdapat pada minyak ikan mampu membantu meredakan sakit maag yang dikarenakan obat anti peradangan.

  1. Meningkatkan Tingkat Kesuburan

Pada awal penelitian yang pernah dilakukan dengan babi hewan, mengungkapkan bahwa babi hutan jantan yang diberi asupan makan minyak ikan, memiliki kualitas sp*rma yang meningkat. Bukan hanya itu.

Setelah babi jantan mengalami ejak*lasi, kelangsungan hidup sp*rma pada kelamin betina juga mengalami peningkatan. Hal ini membuktikan bahwa minyak ikan mampu meningkatkan tingkat kesuburan anda.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Hal ini sudah banyak menjadi perbincangan para masyarakat. Dimana minyak ikan mampu untuk memperlancar peredaran darah pada tubuh manusia. Tetapi ingat, jika anda ingin memperoleh hasil yang maksimal anda dapat mengkonsumsi minyak ikan ini secara teratur.

Efek Samping Mengkonsumsi Minyak Ikan yang Berlebihan

Apakah Ada Risiko Mengkonsumsi Minyak Ikan? Walaupun minyak ikan memiliki manfaat yang luar biasa banyak, tetapi minyak ikan ini memiliki sedikit efek negatif pada tubuh. Mungkin dari sebagian anda ada yang tahu dan belum tahu apa saja efek samping dari mengkonsumsi minyak ikan ini. Berikut efek negatif yang ditimbulkan karena mengkonsumsi minyak ikan yang berlebihan:

  • Berisiko pendarahan jika mengkonsumsi melebihi 3 gram per hari
  • Memicu tingginya kadar kolesterol jahat atau LDL
  • Terganggunya kadar gula darah pada tubuh
  • Pasien yang mengalami transplantasi jantung, ritme jantung akan menjadi tidak stabil
  • Memicu risiko terkena penyakit stroke
  • Menurunkan tingkat kekebalan tubuh seseorang
  • Memicu terjadinya mimisan sewaktu-waktu
  • Menjadikan perut mual
  • Terjadi nyeri pada bagian ulu hati
  • Tinja akan menjadi cair

Apapun makanan, termasuk minyak ikan ini, jika anda mengkonsumsinya dengan ukuran yang tidak berlebih, tentunya akan berakibat baik bagi tubuh anda.

Karena tubuh setiap orang memiliki tingkat kekebalan yang berbeda-beda dan mengurangi risiko yang tidak diinginkan terjadi, sebaiknya anda konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi minyak ikan ini.

Bagaimana, setelah anda mengetahui efek samping dan manfaat minyak ikan bagi kesehatan tubuh, apakah anda akan menyediakan menu ikan pada meja makan anda?

Itulah tadi sedikit ulasan tentang 28 manfaat mengkonsumsi minyak ikan bagi tubuh beserta efek sampingnya. Jangan lupa lihat juga manfaat ikan lainnya hanya di website duniaikan.com. Semoga artikel ini mampu menambah nafsu makan dan juga wawasan anda pastinya. Salam manfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • efek samping minyak ikan
  • efek minyak ikan
  • manfaat kapsul minyak ikan dan efek sampingnya
  • manfaat minum minyak ikan
  • efek samping minyak
  • efek samping dari minyak ikan
  • efek samping minyak ikan untuk anak
  • kapsul ikan mujair
  • manfaat dan efek samping minyak ikan
  • bayi di kasih minyak ikan efek sampingnya
/* */