32 Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan Terlengkap

Monday, September 11th, 2017 - MANFAAT IKAN
Manfaat Makan Ikan

Sumber: google.com

Manfaat Ikan – Mengkonsumsi daging ikan setiap hari sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan kandungan gizi pada ikan sangat penting bagi tubuh anda.

Salah satu kandungan gizi yang ada pada ikan adalah asam lemak omega 3. Manfaat omega 3 bagi tubuh manusia salah satunya adalah dapat mengurangi risiko terkena dermatitis atau peradangan.

Kandungan DHA serta EPA pada ikan laut sangat penting bagi kehidupan manusia, terutama untuk anak. Karena DHA dan EPA ini bermanfaat untuk tumbuh kembang sang janin dan otaknya.

Seperti apa saja kandungan gizi yang terdapat pada tubuh ikan, berikut tabel kandungan gizi pada ikan yang dapat anda simak.

Nama Gizi Jumlah Satuan
Kalori 205 kkal
Jumlah Lemak 12 g
Lemak jenuh 2,5 g
Lemak tak jenuh ganda 4,4 g
Lemak tak jenuh tunggal 4,4 g
Kolesterol 63 mg
Natrium 61 mg
Kalium 384 mg
Protein 22 g
Magnesium 30 mg
Kalsium 15 mg
Zat besi 0,3 mg
Vitamin A 50 IU
Vitamin B6 0,6 mg
Vitamin B12 2,8 µg
Vitamin C 3,7 mg

Catatan: Jumlah kandungan gizi di atas diambil dari jumlah rata-rata per 100 gram daging ikan.

Setelah mengetahui kandungan gizi pada ikan, untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat mengkonsumsi daging ikan, berikut daftar manfaat ikan bagi kesehatan tubuh yang dapat anda lihat pada ulasan berikut.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Bagi Kesehatan Lengkap

Manfaat Ikan

Sumber: google.com

  1. Memperkecil Risiko Osteoporosis

Penyakit ini biasa menyerang para lansia. Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat fosfor serta kalsium yang akan berakibat pada pengapuran tulang.

Selain minum susu dan olahraga, usaha untuk menjaga kesehatan tulang anda adalah dengan mengkonsumsi ikan. Karena kalsium pada ikan dapat anda gunakan untuk memperkuat tulang anda.

  1. Mencegah Peradangan (Eksim/Dermatitis)

Pada sebuah penelitian di Swedia mengungkapkan bahwa omega-3 ini dapat mengurangi kelainan kulit atau peradangan. Kelainan kulit yang diderita anak seperti, kulit bengkak, gatal, atau kemerahan.

Meskipun kelainan ini tidak menular, tetapi kelainan ini tetap membuat perasaan tidak nyaman. Terutama pada sang anak.

Dengan menambah ikan salmon atau ikan salmon di ASI seorang bayi yang belum mencapai 9 bulan, hal ini dipercaya mampu melindungi seorang anak dari risiko penyakit ini.

  1. Membuat Jantung Sehat

Omega-3 yang terkandung di dalam ikan tuna membuat konsentrasi kolesterol atau HDL dalam tubuh manusia meningkat, menjaga ritme dari jantung, dan membekukan darah pada pembulu darah.

  1. Mengobati Penyakit Aterosklerosis

Penyakit yang disebabkan oleh pengapuran serta pengerasan pembuluh darah ini membuat aliran darah anda menjadi tersumbat. Dengan tersumbatnya aliran darah, kelenturan dan kebersihan dinding arteri akan berubah menjadi kaku.

Hal ini sangat menggangu pasokan darah yang akan dialirkan ke jantung anda. Dengan mengkonsumsi ikan secara rutin, aliran darah pada tubuh anda akan lancar dan anda akan terbebas dari penyakit aterosklerosis ini.

  1. Mengobati Penyakit Hipertensi

Penyakit hipertensi atau yang biasa dikenal dengan sebutan penyakit tekanan darah tinggi ini merupakan penyakit kronis yang disebabkan karena tekanan darah di dinding arteri mengalami peningkatan. Hal ini dapat anda obati dengan mengkonsumsi ikan secara rutin.

  1. Mengobati Penyakit Hipotensi

Penyakit hipotensi atau yang biasa disebut penyakit tekanan darah rendah merupakan kebalikan penyakit hipertensi di atas. Di mana tekanan darah di dinding arteri mengalami penurunan yang drastis.

Gejala dari penyakit hipotensi ini seperti lemas, pusing, detak jantung tidak teratur, pandangan buram, mual, nafas pendek, pingsan, dehidrasi, dan kehilangan keseimbangan badan.

Jika anda mengalami gejala di atas, langkah pertama yang anda lakukan adalah menghentikan semua aktifitas anda, segera duduk atau berbaring, dan minum air putih. Untuk mengobati penyakit ini, anda dapat mengkonsumsi ikan sebagai obat menstabilkan aliran darah anda.

  1. Mengobati Kekurangan Hemoglobin (HB)

Hemoglobin (HB) merupakan molekul protein yang ada pada sel darah merah yang memiliki tugas mengirim oksigen dari paru-paru menuju ke semua bagian tubuh. Kemudian mengembalikan darah dari semua tubuh menuju paru-paru kembali. Dan berakhir dengan dikeluarkannya melalui hidung kita.

Kekurangan hemoglobin dapat disebabkan karena tubuh mengalami pendarahan pada saluran pencernaan, mengalami luka, pendarahan pasca persalinan, serta menstruasi berat.

Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mengkonsumsi ikan. Karena kandungan ikan mampu membuat jaringan sel yang berguna untuk membekukan darah yang keluar secara terus menerus.

  1. Mengatasi Infeksi pada Tubuh

Seseorang terkena infeksi karena pada tubuh mereka terdapat perkembangbiakan antara mikroorganisme jenis virus, parasit atau bakteri sekalipun. Pada dasarnya mikroorganisme yang dapat menginfeksi tubuh manusia adalah berasal dari luar tubuh manusia.

Sehingga jika anda ingin mengatasi masalah ini anda harus mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh anda. Seperti halnya ikan mas. Dengan mengkonsumsi ikan mas, anda dapat mengatasi masalah infeksi dengan mudah.

  1. Pencegah Penyakit Kanker

Kanker atau tumor ganas ini merupakan penyakit yang disebabkan karena pertumbuhan sel yang tidak wajar pada bagian tubuh. Dengan mengkonsumsi olahan ikan secara rutin anda dapat memperkecil risiko terkena penyakit kanker ini.

  1. Pencegah Penyakit Tifus (Tipes)

Penyakit tifus merupakan penyakit yang terkenal masyarakat kota maupun desa. Penyakit yang disebabkan makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri yang bernama salmonella typhi. Penyakit ini biasa dialami oleh anak-anak.

Penanganan yang buruk dapat membahayakan penderita penyakit ini, mulai dari demam yang lama hingga kematian. Dengan mengkonsumsi ikan secara rutin anda akan terhindar dari penyakit tifus ini.

  1. Mencegah Kadar Racun Berlebih (Detoksifikasi)

Dalam tubuh ikan tuna, glutathione peroxidase antioksidan juga diproduksi di dalamnya. Fungsi dari antioksidan ialah berperan penting untuk menjaga kesehatan hati yang nantinya akan mendukung terhadap detoksifikasi (mengurangi kadar racun).

  1. Pencegah Penyakit Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP)

Penyakit Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP) merupakan penyakit dimana tubuh mudah mengalami pendarahan dan memar yang berlebihan. Hal ini merupakan akibat dari rendahnya tingkat trombosit. Untuk meningkatkan trombosit, anda dapat mengkonsumsi ikan.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan adanya degredasi atau penurunan fungsi otak (memori dan daya ingat otak). Dengan mengkonsumsi daging ikan, kita mampu membantu untuk meningkatkan fungsi otak.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa kandungan gizi pada ikan sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat memasak ikan dengan cara tidak di goreng atau di kukus.

  1. Mencegah Risiko Tulang Penyangga Gigi yang Turun

Tulang yang berada di bagian bawah wajah anda ini merupakan tulang yang sangat kuat. Sama halnya tulang yang lainnya. Kekuatan tulang anda didukung oleh kandungan kalsium yang anda makan sehari-hari.

Tulang akan menjadi rapuh ketika tubuh anda kekurangan zat kalsium. Selain kekurangan zat kalsium, penyebab tulang penyangga gigi turun lainnya adalah karang gigi (kalkulus) yang menumpuk.

Efek lain yang dapat ditimbulkan dengan turunnya tulang penyangga gigi ini adalah radang, gigi densitif, serta bernanah. Dengan mengkonsumsi ikan secara rutin, anda dapat mencegah turunnya tulang penyangga gigi anda. Karena ikan mengandung kalsium yang baik untuk tulang penyangga gigi anda.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Anda mungkin salah satu dari yang memiliki luka yang belum sembuh saat ini. Baik itu luka gores atau pendarahan yang kronis, bila anda ingin mempercepat penyembuhan luka tersebut, anda dapat mengkonsumsi ikan sebagai obat alami untuk luka anda.

  1. Sumber Protein Tubuh

Manfaat ikan selanjutnya adalah sebagai sumber protein. Kandungan protein yang banyak dalam tubuh ikan memang sudah tidak rahasia lagi.

Kandungan protein hewani ini dapat digunakan untuk membantu mempercepat pertumbuhan tulang dan otot anda dengan maksimal. Dengan mengkonsumsi ikan dengan rutin, sel-sel tubuh manusia yang rusak dapat diganti dengan sendirinya.

  1. Sumber Asam Amino Esensial

Kandungan asam amino merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sama seperti kandungan air dan hemoglobin, kandungan asam amino ini berguna bagi pertumbuhan anda.

Seperti halnya kandungan vitamin, asam amino ini tidak dapat diproduksi dari tubuh manusia sendiri. Asam amino dapat anda peroleh dari mengkonsumsi makanan. Dan salah satu makanan yang mengandung asam amino adalah ikan ini.

  1. Sumber Kalori Tubuh

Metabolisme seseorang memang tidak dapat kita samakan. Dengan metabolisme yang berbeda tersebut, kondisi tubuh seseorang membutuhkan jumlah kalori yang berbeda pula. Semakin banyak anda melakukan aktivitas atau gerak, anda juga membutuhkan lebih banyak kalori untuk tubuh anda.

Rata-rata kebutuhan kalori seseorang kurang lebih 2200 kilokalori per harinya. Kebutuhan kalori ini dapat anda penuhi dengan mengkonsumsi ikan ini. Dimana jumlah kandungan kalori ikan per kilogramnya kurang lebih sebesar 300 kilokalori.

  1. Sebagai Obat Anti Inflamasi

Kadar asam yang terlalu tinggi dapat menyebabkan lambung anda akan terasa sakit. Sehingga anda akan membutuhkan obat untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.

Salah satu cara untuk mengobati asam lambung berlebih adalah dengan mengkonsumsi ikan. Karena kandungan ikan akan mengontrol jumlah asam dalam tubuh anda.

Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan Paling Lengkap

  1. Mengatur Kadar Gula Darah (Diabetes)

Jumlah kadar gula dapat dikatakan masih dalam batas normal yaitu dibawah 200 mg/dL. Untuk jumlah kadar gula yang berada di atas jumlah tadi dapat digolongkan berkadar gula darah tinggi (diabetes). Dengan mengkonsumsi ikan secara rutin anda dapat mengatur kestabilan jumlah kadar gula darah anda.

  1. Menurunkan Kadar Trigliserida

Trigliserida terlalu tinggi disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori melebihi dari yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Jumlah kadar trigliserida dapat dikatakan normal jika berada di bawah 150 mg/dl.

Jika kadar trigliserida anda terlalu tinggi, anda dapat mengkonsumsi olahan ikan. Karena ikan mampu mengontrol jumlah trigliserida dalam tubuh anda.

  1. Mencegah Depresi (Stress)

Orang yang mengkonsumsi ikan sangat efektif untuk mencegah terjadinya depresi pada tubuh dan otaknya. Mengapa bisa terjadi seperti ini ? Asam lemak Omega 3 sangat penting untuk mencegah terjadinya depresi. Depresi sering terjadi karena kandungan asam lemak omega 3 yang sangat rendah.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Memiliki kulit yang halus dan cantik merupakan idaman semua orang. Anda pasti juga ingin memiliki kulit yang kencang. Untuk mendapatkan kulit yang sehat anda dapat mengkonsumsi ikan. Sehingga anda akan terhindar dari masalah penuaan dini yang akan menyerang anda.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Rambut sangat penting untuk melindungi kepala kita dari sinar matahari yang panas. Selain itu, rambut merupakan mahkota bagi setiap orang.

Maka akan sangat mengganggu sekali jika rambut kita mengalami kerontokan yang berkepanjangan (botak). Untuk mencegah kepala kita dari hal tersebut, anda dapat mengkonsumsi ikan mulai sekarang.

  1. Merawat Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang lembut dan kenyal merupakan ciri-ciri kulit yang sehat. Dengan mengkonsumsi ikan secara rutin anda sama saja dengan merawat kesehatan kulit cantik anda. Sehingga anda dapat lebih percaya diri.

  1. Menjaga Kesehatan Mata Anda

Memiliki mata yang sehat merupakan idaman semua orang. Dengan memiliki mata yang sehat, anda dapat menikmati indahnya ciptaan Tuhan yang indah ini.

Kandungan vitamin A yang ada pada ikan merupakan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan mata anda. Dengan mengkonsumsi ikan secara rutin, mata anda akan menjadi lebih jernih serta dapat memperkecil risiko iritasi.

  1. Mengatasi Pegal Linu Tubuh

Pegal linu ini terjadi karena kandungan asam dalam tubuh anda mengalami peningkatan. Dengan kandungan asam yang tinggi ini, tubuh anda menjadi cepat pegal yang lama sembuhnya.

Efek lainnya yang diberikan pada penyakit pegal linu adalah badan demam dan meriang. Pegal linu dapat anda redakan dengan mengkonsumsi ikan goreng. Hal ini dipercaya dapat menstabilkan kandungan asam yang tinggi pada tubuh manusia.

  1. Meredakan Tubuh yang Lelah

Tubuh yang lelah mengakibatkan anda malas melakukan aktivitas atau gerak yang produktif. Kelelahan merupakan dampak dari tubuh yang kekurangan cairan atau makanan. Sehingga tubuh menjadi lemas, capek, ngantuk, dll.

Untuk menghilangkan masalah ini anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi ikan. Olahan ikan yang direkomendasikan adalah ikan mas bakar yang disajikan dengan nasi hangat. Dengan begitu tubuh lemas anda akan segera segar kembali.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Minyak ikan yang ada pada tubuh ikan merupakan asupan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak sang buah hati anda. Sehingga otak anak anda dapat bekerja secara maksimal. Oleh karena itu berilah buah hati anda menu makan ikan mulai sekarang.

  1. Mengurangi Risiko Prematur Pada Ibu Hamil

Kandungan gizi pada ikan, penting untuk mengurangi risiko melahirkan prematur. Selain itu kandungan asam lemak omega 3 juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak janin dalam kandungan.

  1. Penambah Jumlah Trombosit

Dengan mengkonsumsi ikan secara rutin, dipercaya mampu meningkatkan jumlah trombosit pada tubuh anda. Karena trombosit sangat penting untuk tubuh anda (seperti pada manfaat pencegah penyakit Idiopathic Thrombocytopenic Purpura). Sehingga anda juga akan terhindar dari penyakit demam berdarah (DBD).

  1. Penambah Nafsu Makan Anda

Salah satu penyebab nafsu makan menurun adalah asam lambung yang bermasalah. Hal ini kerap menjadi masalah kebanyakan orang.

Bila anda mengalami masalah yang sama anda dapat mengkonsumsi ikan sebagai obat penambah nafsu makan anda. Karena ikan mampu mengatasi masalah asam lambung anda. Dengan begitu nafsu makan anda akan bangkit kembali.

Bagaimana, setelah anda membaca dan mengetahui manfaat dari mengkonsumsi ikan bagi tubuh anda, apakah anda akan menyediakan menu ikan pada meja makan anda mulai sekarang?

Itulah tadi sedikit ulasan tentang 32 manfaat makan ikan bagi kesehatan terlengkap. Jangan lupa untuk membaca manfaat ikan dan informasi lainnya tentang ikan di website duniaikan.com ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah nafsu makan dan menambah wawasan anda. Salam manfaat dan terima kasih.

/* */