17 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Beserta Kandungannya

Monday, August 21st, 2017 - MANFAAT IKAN
Manfaat Ikan Lele

Sumber: google.com

Manfaat Ikan Lele – Ciri ikan lele yang khas yaitu kumis di mulutnya yang panjang. Ikan lele biasa disebut juga dengan julukan catfish. Kandungan gizi ikan lele per 100 gram sangat banyak sekali. Seperti Vitamin B-1, Vitamin A, Zat Besi, dan masih banyak lainnya.

Ikan lele di Indonesia sangat popular sekali. Hampir setiap malam dapat anda temui ikan lele dijajakan di pinggir jalan raya. Tak sedikit juga restoran menggunakan ikan lele sebagai salah satu menu andalan mereka. Budidaya ikan lele juga tergolong mudah dan murah. Banyak para peternak ikan lele sukses dengan hanya menggunakan media terpal sebagai kolam ikan ini.

Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan Terlengkap

Selain harga ikan lele murah, manfaat ikan lele bagi kesehatan juga banyak. Manfaat mengkonsumsi ikan lele yaitu menjaga kesehatan jantung, memperkuat imun, menyehatkan mata, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi anda yang belum tahu apa saja manfaat ikan lele ini, berikut manfaat ikan lele untuk kesehatan tubuh manusia:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ikan lele yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Dimana bagian tubuh yang satu ini merupakan organ tubuh yang paling penting.

Seperti yang kita tahu, jantung mempunyai fungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung anda rusak atau sakit, hal ini berdampak buruk sekali pada tubuh anda. Pasokan darah akan berhenti. Sehingga tubuh akan berhenti bekerja, atau dalam Bahasa manusia biasa disebut meninggal.

  1. Memperkuat Antibodi atau Imun

Jika anda mengalami ketahanan tubuh yang menurun, atau antibodi dan imun anda sedang drop, maka ikan lele dapat anda jadikan solusinya. Karena ikan lele mengandung vitamin B1 yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk memperkuat ketahanan tubuh.

Bila anda mengkonsumsi ikan lele dalam jumlah 100 gram, setara dengan 0,05 vitamin B1. Hal ini sudah cukup untuk membantu antibodi tubuh kita.

Ketimbang anda sering mengkonsumsi obat vitamin B1 buatan pabrik, lebih baik anda konsumsi ikan lele saja. Lebih alami dan tanpa ada obat kimia serta anti pengawet.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Jika anda menganggap vitamin A hanya ada di dalam sayuran dan buah, anda salah. Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata anda ini juga terdapat pada tubuh ikan lele.

Dalam 100 gram ikan lele terdapat 150 IU vitamin A. Sangat baik untuk mata anda. Bila anda rutin mengkonsumsi ikan lele mata anda akan terlihat lebih cantik, jernih, dan bersinar. Mulai sekarang jangan ragu untuk makan ikan lele ya.

  1. Melancarkan Metabolisme dan Sirkulasi Darah

Dalam 100 gram ikan lele terdapat kandungan 1 gram zat besi. Ini sudah cukup untuk melancarkan metabolisme dan sirkulasi darah anda. Oleh karena itu, bila anda ingin memperlancar metabolisme dan sirkulasi darah anda, konsumsi saja ikan lele ini.

  1. Mengurangi Risiko Keropos Tulang

Bila anda ingin memperpadat tulang anda guna menghindari osteoporosis atau penyakit keropos tulang, ikan lele dapat menjadi solusi terbaik untuk anda. Karena dalam tubuh ikan lele terdapat zat fosfor yang melimpah. Dimana zat fosfor ini baik untuk kesehatan tulang anda. Dalam 100 gram ikan lele terkandung 200 miligram zat fosfor.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Untuk menjaga ginjal anda berfungsi dengan baik, anda harus sering minum air putih dan memakan makanan yang banyak mengandung kadar airnya. Karena air dapat mempermudah dalam mencerna apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Makanan yang banyak mengandung kadar air salah satunya adalah ikan lele ini. Dalam 100 gram ikan lele terkadung kadar air sebesar 76 gram. Sangat banyak sekali bukan. Oleh karena itu, ikan lele layak untuk anda konsumsi.

  1. Membantu Pembentukan Otot

Untuk membentuk otot yang baik, manusia membutuhkan protein yang cukup. Tetapi tidak semua protein dapat diprosuksi oleh tubuh manusia. Manusia harus melengkapinya dengan mengkonsumsi makanan atau minuman.

Ikan lele merupakan sumber protein yang baik untuk manusia. Dimana dalam 100 gram ikan lele terkandung sebesar 17 gram protein.

  1. Sebagai Pemasok Energi

Kebanyakan dari jenis semua ikan mengandung lemak yang tak jenuh HDL. Dan lemak ini dicerna oleh tubuh dengan sangat baik. Selain itu, lemak ini juga tidak meninggalkan akumulasi plak kolesterol pada pembuluh darah manusia.

Dan ikan lele termasuk juga ikan yang mengandung lemak yang tak jenuh tadi. Dalam 100 gram ikan lele terdapat sebesar 4,5 gram lemak tak jenuh. Hal ini sudah cukup memasuk energi tubuh anda.

  1. Sebagai Program Diet

Karbohidrat sangat dibenci oleh orang yang sedang diet. Karena jika anda mengkonsumsi karbohidrat yang berlebih, tubuh anda akan menjadi cepat gemuk.

Setiap karbohidrat yang dikonsumsi, nantinya akan diubah untuk menjadi gula. Dan gula inilah yang menjadi pemicu penumpukan lemak.

Tenang, jika anda sedang diet, anda dapat konsumsi ikan lele sebagai program diet anda. Karena dalam 100 gram ikan lele terkandung sebesar 8 gram karbohidrat. Sangat aman untuk program diet anda.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Kalsium yang terkadung dalam ikan lele sangat baik untuk gigi anda. Mengingat gigi tidak dapat tumbuh lagi ketika rusak, maka anda harus menjaga kesehatan gigi anda sejak awal.

Dalam 100 gram daging ikan lele terkandung sebesar 20 gram kalsium. Oleh karena inilah ikan lele baik untuk menjaga kesehatan gigi anda.

  1. Mengurangi Hipertensi

Bila anda menderita tekanan darah tinggi, ikan lele dapat anda gunakan untuk mengurangi tekanan darah tinggi anda. Tekanan darah tinggi ini biasa dikenal dengan sebutan hipertensi.

  1. Mengobati Radang Sendi

Penyakit radang sendi atau biasa disebut dengan arthritis merupakan sebuah penyakit yang berakibat inflamasi pada sendi manusia. Para penderita radang sendi biasanya dimulai dengan gejala awal seperti rasa hangat, bengkak, muncul kemerahan, dan rasa yang sakit di sekitar sendi yang radang. Hal ini dapat anda obati dengan mengkonsumsi ikan lele secara rutin.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut atau Mokusa

Selain mengobati radang sendi, ikan lele juga dapat menjaga kesehatan mulut anda. Karena dalam tubuh ikan lele terdapat vitamin C yang baik untuk kesehatan mulut anda.

  1. Menyehatkan Mental

Ikan lele dapat digunakan untuk menyehatkan mental anda. Karena ikan lele memicu tubuh anda untuk melepaskan hormon anti-anxietas. Hormon ini dapat menangkal dari kecemasan yang melanda pada diri anda.

  1. Mengentalkan Darah

Dalam tubuh ikan lele terdapat kandungan asam lemak omega-6. Dimana lemak ini dapat mengentalkan darah anda.

  1. Menyuburkan Rambut

Ternyata selain manfaat di atas, ikan lele juga baik untuk menjaga kecantikan mahkota anda. Karena ikan lele ini mengadung zinc yang nantinya dapat menyehatkan pertumbuhan rambut anda.

  1. Membersihkan Usus

Dalam 100 gram daging ikan lele terkandung sebesar 0,7 gram serat. Dan serat ini dapat membersihkan usus anda.

Khasiat dan Kandungan Gizi Ikan Lele Terlengkap

Setelah mengetahui sekian banyak manfaat ikan lele di atas apakah anda tidak ingin mengkonsumsinya? Itulah artikel tentang fakta dan manfaat ikan lele untuk kesehatan tubuh untuk anda. Jangan lupa kunjungi artikel yang lain dari website ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • Ikan lele manfaatnya untuk manusi
  • Manfaat tulang ikan lele untuk rambut
/* */