21 Manfaat Ikan Tongkol Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

Wednesday, October 18th, 2017 - IKAN, MANFAAT IKAN
Manfaat Ikan Tongkol

Manfaat Ikan Tongkol

Manfaat Ikan Tongkol – Jenis ikan laut yang satu ini merupakan jenis ikan laut konsumsi yang populer di masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan ikan tongkol memiliki rasa yang gurih dan memiliki daging yang lembut serta tebal dari pada ikan pada umumnya.

Selain itu, harga ikan tongkol juga tergolong sangat murah. Para penjual sayur keliling biasanya menjual ikan tongkol yang sudah diasap dan sudah dipotong kecil-kecil, dengan harga Rp.3.000,- hingga Rp.5.000,- per potongnya.

Selain diasap, ikan tongkol juga dijual dalam bentuk diasinkan. Tak lain hal ini dimaksudkan untuk menjaga kondisi ikan tongkol tetap awet dan dapat dinikmati lebih lama.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Tongkol Terbaru

Warna daging ikan tongkol yang biasa dijual oleh penjual sayur keliling adalah warna putih kecoklatan dan coklat kehitaman. Jika anda membeli daging ikan tongkol yang berwarna coklat kehitaman, ini biasanya memiliki rasa yang sedikit pahit.

Berbeda dengan ikan tongkol yang memiliki daging yang berwarna putih kecoklatan. Daging ikan tongkol yang berwarna demikian, biasanya memiliki rassa yang gurih dan nikmat.

Jika anda berniat untuk membeli ikan tongkol di pasar atau dimanapun itu, usahakan untuk memperhatikan hal di atas. Hal ini tak lain untuk memperkecil kemungkinan kekecewaan yang akan anda rasakan.

Ikan tongkol biasa diolah dengan cara digoreng, sebagai campuran sayur sop, campuran sayur lodeh, balado, atau juga dapat digunakan sebagai tambahan menu nasi goreng anda.

Selain memiliki daging yang nikmat dan lezat, ikan tuna juga memiliki banyak sekali kandungan zat gizi. Pastinya kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia sepoerti kita ini.

Untuk mengetahui apa saja kandungan gizi dari ikan tongkol ini, berikut adalah tabel kandungan dari ikan tongkol selengkapnya:

Tabel Kandungan Gizi Ikan Tongkol Terlengkap

Nama Kandungan Gizi Jumlah Satuan
Vitamin A 2.520 IU
Vitamin B6 0,5 mg
Vitamin B12 10,9 μg
Kalium 323 mg
Kalori 184 KKal
Kalsium 10 mg
Kolesterol 49 mg
Lemak 6 g
Magnesium 64 mg
Natrium 50 mg
Protein 30 g
Zat besi 1,3 mg

Catatan: Jumlah kandungan gizi di atas berdasarkan jumlah daging ikan tongkol per 100 gram.

Setelah anda mengetahui kandungan gizi dari ikan tongkol ini yang sekian banyaknya, dapat dipastikan pula ikan tongkol ini memiliki jumlah manfaat yang banyak pula. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari ikan tongkol ini, berikut adalah ulasan dari manfaat mengkonsumsi ikan tongkol bagi kesehatan selengkapnya:

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Anemia

Jenis penyakit yang ditandai dengan kepala yang pusing berhari-hari dan badan yang lemas ini merupakan jenis penyakit yang banyak menyerang warga penduduk Indonesia. Salah satu cara untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi ikan tongkol ini.

Penyakit anemia ini tergolong jenis penyakit yang ringan. Tetapi meskipun demikian, apabila anda tidak menangani penyakit ini dengan serius, lama-kelamaan penyakit ini dapat membahayakan kesehatan anda.

Penyakit anemia yang lama tidak ditangani, akan berdampak pada kelebihan produktivitas sel darah putih. Atau penyakit ini biasa disebut dengan sebutan leukimia atau kanker darah.

Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat menggunakan ikan tongkol sebagai solusinya. Karena kandungan zat besi yang terdapat pada ikan tongkol ini mampu menjadi obat anemia yang ampuh untuk tubuh anda.

  1. Mencegah Risiko Kanker Ovarium

Ikan tongkol mengandung banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Dengan kandungan ikan tongkol seperti yang sudah dibahas pada tabel di atas, kandungan ikan ini mampu mencegah anda dari risiko terkena penyakit kanker ovarium.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Stroke

Mungkin anda sudah tidak asing dengan penyakit yang satu ini. Penyakit stroke ini diakibatkan adanya penggumpalan darah di otak dan mengganggu kerja system saraf manusia.

Penyakit stroke merupakan jenis penyakit yang serius. Banyak ditemui para pasien penyakit stroke mengalami kelumpuhan sebagian anggota badan hingga lumpuh total.

Jika anda mengkonsumsi ikan tongkol dengan rutin, kemungkinan besar risiko anda terkena penyakit stroke ini dapat ditekan sedikit mungkin.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Peradangan Tulang (Osteoporosis)

Jenis penyakit ini banyak ditemui pada manusia yang berusia lanjut. Penyakit peradangan tulang atau tulang keropos atau mungkin anda lebih familiar dengan sebutan osteoporosis ini, merupakan jenis penyakit tulang yang disebabkan karena kekurangan zat kalsium dan kepadatan tulang mulai berkurang.

Dan untuk mencegah penyakit ini, anda dapat menggunakan ikan tongkol sebagai solusinya. Karena ikan tongkol merupakan sumber kalsium alami yang bermanfaat untuk mencegah risiko penyakit osteoporosis ini.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Rematik

Penyakit rematik merupakan jenis penyakit yang menyerang pada persendian tubuh manusia. Sehingga para penderita mengalami sakit berupa linu dan nyeri yang teramat sangat pada persendian.

Untuk mencegah dan mengobati penyakit rematik ini, anda dapat mengkonsumsi ikan tongkol ini. Porsi yang disarankan dalam mengkonsumsi ikan tongkol adalah 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Pikun (Dimensia)

Penyakit pikun atau yang biasa dikenal dengan dimensia ini, merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat menggangu aktifitas anda. Bukan hanya itu, jika penyakit ini mengindap terlalu lama di dalam tubuh anda, hal ini akan merugikan orang-orang yang berada di sekitar anda.

Untuk mengurangi risiko penyakit pikun atau dimensia ini tergolong mudah. Jika mulai sekarang anda rutin mengkonsumsi ikan tongkol ini, kemungkinan kecil anda akan mengindap penyakit pikun atau dimensia ini.

  1. Murunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat mengkonsumsi ikan tongkol selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada tubuh anda. Hal ini dikarenakan ikan tongkol mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dari jantung anda.

  1. Meningkatkan Massa otot

Kandungan protein ikan tongkol memiliki nilai yang tergolog tinggi, yaitu 30 mg per 100 gram daging ikan tuna. Hal ini sangat bermanfaat bagi anda yang menginginkan massa otot di dalam tubuh anda mengalami peningkatan.

Peningkatan massa otot ini dikarenakan hasil dari perbaikan sel yang bejalan dengan cepat. Dan perbaikan sel yang cepat ini dipengaruhi oleh adanya kandungan protein yang terdapat pada ikan tongkol ini.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh atau Daya Imun Tubuh

Dalam mencegah tubuh agar tidak mudah terserang dari berbagai macam penyakit, hal ini memerlukan asupan nutrisi dari luar tubuh anda. Salah satu nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan daya imun anda adalah selenium.

Selenium merupakan suatu jenis mineral yang hanya ditemukan di alam. Lebih tepatnya zat selenium ini banyak ditemukan di dalam tanah, padi, dan makanan  laut .

Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi zat selenium sendiri, untuk memenuhi kebutuhan selenium ini salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi ikan tongkol ini. Sehingga kekebalan tubuh atau daya imun anda akan meningkat.

  1. Meningkatkan Energi Tubuh Anda

Kandungan energi atau kalori yang ada di dalam ikan tongkol ini mampu untuk memenuhi kebutuhan energi anda sehari-hari. Dimana setiap mengkonsumsi daging ikan tongkol per 100 gram, anda dapoat menghasilkan energi sebesar 184 KKal.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Seperti yang sudah anda ketahui. Ikan tongkol merupakan jenis ikan yang mengandung asam lemak omega 3. Di mana kandungan ini sangat bermanfaat untuk kecerdasan otak manusia.

Dengan mengkonsumsi ikan tongkol sebagai menu rutin anda, kemampuan otak anda dapat dipastikan akan mengalami peningkatan yang signifikan.

  1. Membantu Mensukseskan Program Diet Anda

Di dalam tubuh ikan tongkol terdapat hormon yang biasa disebut dengan hormon leptin. Hormon ini berfungsi memerintahkan otak anda untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi ikan tongkol ini secara rutin, berat badan tubuh anda akan terjaga dengan baik. Sehingga bagi anda yang berkeinginan untuk mengurangi berat badan tubuh anda, ikan tongkol merupakan salah satu solusi untuk mewujudkan impian anda.

  1. Membantu Mengeluarkan Racun Pada Tubuh (Detoksifikasi)

Kandungan selenium pada ikan tongkol selain bermanfaat untuk meningkatjkan daya imun tubuh, kandungan ini dapat anda manfaatkan untuk mengeluarkan racun detoksifikasi yang ada di dalam tubuh anda.

  1. Membantu Membersihkan Pembuluh Darah

Kandungan air yang tinggi dan kandungan lemak tak jenuh pada ikan tongkol ini dapat membantu anda dalam membersihkan pembuluh darah dari kotoran yang dapat menghambat aliran darah.

Sehingga pembuluh darah anda akan menjadi lebih bersih dan sehat. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan malas untuk mengkonsumsi ikan tongkol ya.

  1. Mempercepat Pertumbuhan Janin Anda

Bagi ibu hamil yang menginginkan janinnya tetap terjaga kesehatannya, ikan tongkol ini dapat dijadikan salah satu referensi makanan sehat untuknya. Dengan kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol ini, hal ini mampu untuk mempercepat pertumbuhan janin yang terdapat dalam kandungan.

  1. Mengontrol Jumlah Kandungan Lemak Dalam Tubuh

Seperti yang anda tahu, daging hewan memiliki kandungan lemak yang baik utuk tubuh anda. Lemak yang baik ini biasa disebut dengan HDL (High Desity Lipoprotein).

Dengan mengkonsumsi daging ikan tongkol ini, anda sama saja menurunkan lemak jahat LDL (Low Densisty Lipoprotein) dalam tubuh anda. Sehingga meskipun anda mengkonsumsi ikan tongkol dengan jumlah yang banyak, hal ini tidak berakibat fatal dengan kesehatan anda.

  1. Sebagai Makanan Pengganti Para Pengindap Kolesterol

Jika anda mengalami penytakit kolesterol yang tinggi, hal ini sedikit menyulitkan anda dalam memilih makanan yang cocok untuk anda konsumsi. Biasanya, para dokter menyarankan anda untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berjenis goreng-gorengan dan daging kambing.

Tetapi kebanyakan dokter masih memperbolehkan para pengindap kolesterol tinggi untuk mengkonsumsi makanan ikan laut. Karena ikan laut memiliki jumlah kolesterol yag rendah.

Sehingga bagi anda yang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi di dalam tubuh, anda tetap aman untuk mengkonsumsi ikan tongkol ini.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengkonsumsi buah-buahan seperti anggur dan papaya, untuk menjaga kesehatan mata, anda dapat memanfaatkan ikan tongkol sebagai solusi alternatif. Karena di dalam daging ikan tongkol ini terdapat kandungan vitamin A yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata anda.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Ikan tongkol merupakan sumber kalsium alami yang baik untuk menjaga kesehatan gigi anda. Karena gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang penting sekali untuk kita jaga.

Fungsi utama gigi adalah untuk memotong dan menghaluskan makanan yang kita makan sebelum dilanjutkan ke organ pencernaan kita. Oleh karena itu, anda wajib menjaga kesehatan gigi anda.

  1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Gangguan saluran pencernaan yang anda alami sangat menggangu aktifitas harian anda. Tetapi untuk mencegah penyakit ini cukup gampang sekali.

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi ikan tongkol ini sebagai menu rutin anda. Karena ikan tongkol ini mengandung asam  lemak omega 3 yang dapat membantu dalam melancarkan saluran pencernaan anda.

  1. Sebagai Lahan Bisnis

Banyak dari para pedagang memanfaatkan ikan tongkol ini untuk menambah isi kantong mereka. Karena ikan tongkol merupakan jenis makanan yang memiliki pasar yang lumayan tinggi. Sehingga banyak terjadi perputaran uang di sini.

Ada banyak jenis bisnis yang dapat anda lakukan di sini. Seperti menjual ikan tongkol asap, ikan tongkol asin, ikan tongkol segar, dan masih banyak jenis bisnis lainnya.

Bagaimana, apakah anda masih ragu untuk makan ikan tongkol ini?

Demikianlah sedikit ulasan tentang 21 manfaat ikan tongkol bagi kesehatan yang wajib diketahui. Semoga informasi di atas dapat menambah nafsu makan dan menambah wawasan untuk kita semua. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya hanya di website duniaikan.com ini. Salam manfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • ikan gabus garis kuning
  • jenis ikan asal ikan dan mamfaat ikan didunia
  • manfaat ikan laut sisik keras
  • manfaat ikan tonhkol
  • vitamin B12 dalam ikan tongkol
/* */