23 Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Terlengkap

Friday, September 8th, 2017 - MANFAAT IKAN
Manfaat Ikan Teri

Sumber: google.com

Manfaat Ikan Teri – Ikan teri adalah jenis ikan laut yang memiliki tubuh yang kecil yaitu antara 1 sampai 6 centi meter. Di pasar ikan teri biasa dijual dalam bentuk kering dengan jenis ikan teri asin dan ikan teri tawar. Ikan teri memiliki rasa yang enak. Ikan ini biasa diolah dengan karamel gula yang dicampur dengan kacang tanah yang telah digoreng. Ikan teri juga dapat anda sajikan bersama sambal orek yang pedas.

Meskipun ikan teri memiliki bentuk yang kecil, kandungan gizi dan manfaat ikan teri ini banyak sekali. Salah satunya adalah bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi anda. Di Indonesia jenis ikan teri yang paling terkenal adalah jenis ikan teri Medan.

Ikan teri ini biasa digunakan sebagai lambang untuk rakyat kecil. Karena ikan teri biasa digunakan sebagai lauk untuk sebungkus nasi kucing (nasi khas angkringan). Harga ikan teri asin sekarang mengalami kenaikan. Kabar terbaru dari salah satu berita di website lokal mengungkapkan bahwa harga ikan teri meningkat dari Rp.80.000,- menjadi Rp.140.000,- per kilonya.

Meskipun harganya mahal anda tidak akan merasa dirugikan. Karena ikan teri memiliki kandungan gizi yang banyak sekali. Ingin tahu apa saja kandungan gizi dari ikan teri ini? Berikut kandungan gizi ikan teri terlengkap di dunia.

Tabel Kandungan Gizi Ikan Teri Terlengkap

Nama Gizi Jumlah Satuan
Vitamin A 200 IU
Vitamin B1 0,1 mg
Energi 331 kkal
Lemak 4,2 gr
Protein 68,7 gr
Fosfor 1500 mg
Kalsium 2381 mg
Zat Besi 23 mg

Catatan: Jumlah kandungan gizi ikan teri di atas diukur berdasarkan per 100 gram ikan teri.

Ikan Teri

Ikan Teri

Setelah anda mengetahui kandungan gizi dari ikan teri di atas, apakah anda terbayang berapa banyak manfaat jika anda mengkonsumsi ikan teri ini? Apakah anda juga ingin tahu apa saja manfaat ikan teri ini bagi kesehatan anda? Berikut manfaat mengkonsumsi ikan teri bagi kesehatan terlengkap di dunia.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Teri Bagi Kesehatan Terlengkap

  1. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Manfaat ikan teri yang pertama adalah menurunkan risiko terkena serangan jantung. Penyakit yang tergolong mematikan ini disebabkan adanya penumpukan kolesterol jahat atau biasa disebut LDL dalam arteri anda.

Dengan kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi pada ikan teri, hal ini mampu mengurangi kolesterol jahat pada arteri. Sehingga kesehatan jantung anda akan tetap terjaga.

  1. Menurunkan Risiko Stroke

Penyakit yang banyak diderita pada orang yang menginjak lansia ini merupakan penyakit yang berbahaya. Penyakit ini mampu membuat para penderitanya mengalami kelumpuhan mulai dari setengah badan hingga kelumpuhan badan total. Tak sedikit juga penyakit ini berujung dengan kematian.

Untuk menghindari penyakit ini anda dapat mengkonsumsi ikan teri sebagai menu terbaik anda. Karena kandungan lemak tak jenuh ganda pada ikan teri mampu membuat anda terhindar dari serangan stroke.

  1. Menurunkan Risiko Artherosclerosis

Artherosclerosis merupakan penyakit yang disebabkan karena kumpulan lemak yang tinggi di dalam dinding arteri. Sehingga dinding arteri menjadi lebih tebal dan lebih kaku.

Untuk mengurangi kumpulan lemak yang ada pada dinding arteri, anda dapat mengkonsumsi ikan teri sebagai menu penurun artherosclerosis anda. Dengan begitu anda akan terhindar dari risiko artherosclerosis ini.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh atau daya imun tubuh memang perlu sekai. Dengan daya tahan yang tinggi tubuh kita akan terhindar dari serangan penyakit. Untuk meningkatkan daya imun tubuh, anda memerlukan protein ynag tinggi.

Seperti halnya mengkonsumsi ikan teri. Kandungan protein yang tinggi pada ikan teri mampu membantu pertumbuhan dan memperbaiki jaringan sel pada tubuh anda. Sehingga daya tahan tubuh anda akan semakin meningkat dan terhindar dari segala macam penyakit.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Mempunyai kulit yang sehat memang menjadi dambaan setiap insan. Memiliki kulit yang sehat membuat anda lebih percaya diri menjalani hari-hari anda. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, anda memerlukan vitamin E, mineral selenium, dan asam lemak omega 3 (kolesterol baik).

Untuk mendapatkan semua gizi tersebut, anda dapat mengkonsumsi ikan teri. Dengan kandungan gizi ikan teri tersebut, kulit anda akan menjadi sehat. Sehingga anda tidak perlu malu lagi jika bertemu dengan teman atau orang lain di luar rumah.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang memiliki fungsi sebagai pembentuk tubuh manusia. Selain itu tulang sangat penting untuk menyangga tubuh kita saat beraktivitas. Entah itu berjalan atupun berlari. Kita membutuhkan tulang yang kuat.

Tulang yang kuat membutuhkan kadar kalsium yang cukup. Untuk mendapatkan kalsium ini anda dapat mengkonsumsi ikan teri. Karena kandungan kasium ikan teri dapat menjaga kesehatan tulang anda.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Apakah anda pernah mengalami sakit gigi? Ketika anda mengalami sakit gigi ini, pikiran anda akan kacau dan emosi meningkat dengan tajam. Sehingga cegah gigi anda agar tetap sehat dari sekarang.

Seperti halnya manfaat ikan teri di atas. Kandungan kalsium pada ikan teri ini juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi anda. Dengan begitu hari-hari anda akan lebih menyenangkan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan alat idera yang berfungsi melihat apa saja yang ada di depan mata anda. Ketika berjalan saja jika kita tidak memiliki mata yang sempurna kita akan mengalami kesulitan. Karena itulah kesehatan mata sangat penting kita jaga.

Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi ikan teri ini. Karena ikan teri ini mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata anda.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Osteoporosis

Penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang ini banyak dialami oleh manusia yang berusia 45 tahun ke atas. Tulang yang keropos ini disebabkan karena kekurangan zat kalsium dan vitamin D pada tubuh. Sehingga kepadatan tulang akan menurun dan tulang menjadi rentan retak.

  1. Mencegah Dari Bahaya Keracunan

Mengkonsumsi ikan dengan porsi yang berlebihan membuat anda mudah keracunan. Karena pada tubuh ikan ditemukan mengandung merkuri yang tinggi. Tubuh ikan yang kecil dan berusia pendek memiliki kandungan merkuri atau racun yang sedikit.

Ikan teri tergolong memiliki tubuh yang kecil dan memiliki kandungan racun yang sedikit. Dengan mengkonsumsi ikan teri ini tubuh anda akan terhindar dari bahaya keracunan.

  1. Menjaga Berat Badan Berlebih

Bila anda sedang melakukan program diet, ikan teri ini dapat juga menjadi menu tambahan anda. Ikan teri mengandung protein yang tinggi serta kalori yang rendah. Protein ini mampu menimbulkan rasa kenyang, yang nantinya dapat mencegah anda untuk memakan makanan yang berlebih.

  1. Sebagai Obat Anti-Inflamasi

Anti-inflamasi merupakan sebuah obat yang mampu menghilangkan radang yang tidak dikarenakan efek mikroorganisme. Gejala yang diakibatkan oleh inflasi ini seperti nyeri, bengkak, gejala panas, serta badan memerah.

Dengan mengkonsumsi ikan teri ini anda mampu mengobati inflamasi ini. Karena kandungan asam lemak omega 3 pada ikan teri ini dapat menjadi pereda inflamasi pada tubuh anda.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular atau yang biasa disebut juga dengan cardiovascular disease (CVD) ini merupakan penyakit yang berkaitan dengan masalah pembuluh darah dan jantung. Penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya, karena dapat membuat penderitanya mengalami kematian.

Kandungan selenium yang tinggi pada ikan teri ini mampu membantu dalam peningkatan kesehatan kardiovaskular anda. Sehingga risiko anda terkena penyakit kardiovaskular akan menurun.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Memiliki pencernaan yang sehat merupakan impian setiap orang. Dengan pencernaan yang sehat anda dapat bebas melakukan aktivitas apapun yang anda inginkan.

Dengan mengkonsumsi ikan teri ini anda dapat menjaga kesehatan pencernaan anda. Karena kandungan pottasium yang tinggi pada ikan teri dibutuhkan oleh pencernaan anda.

  1. Menambah Massa Otot Anda

Banyak orang yang ingin meningkatkan massa otot mereka dengan melakukan fitness atau body building. Mereka berharap massa otot mereka akan meningkat setelah melakukan program ini.

Tetapi program ini selain memiliki biaya yang tidak murah, program ini juga harus didukung dengan makanan dan minuman pendukung yang dapat menutrisi otot anda.

Salah satu makanan yang dapat mendukung peningkatan massa otot anda adalah ikan teri. Karena ikan teri mengandung protein yang tinggi. Dimana protein ini mampu membantu meningkatkan massa otot anda.

  1. Membantu Pertumbuhan Tubuh

Dalam pertumbuhan, seseorang memerlukan nutrisi harian yang cukup. Hal ini tidak lain untuk mendukung tumbuh kembang tubuh yang ideal. Sehingga tubuh anda dapat tumbuh dengan sempurna.

Dengan kandungan yang dimiliki ikan teri di atas, hormon pertumbuhan dapat dirangsang. Sehingga sistem syaraf anda dapat bekerja dengan maksimal. Dan ini dapat berakibat baik untuk tumbuh kembang tubuh anda.

  1. Penambah Kadar Hemoglobin (HB)

Kadar hemoglobin (HB) merupakan kadar protein yang mengandung zat besi (metaloprotein) yang ada pada sel darah merah. Hemoglobin ini berfungsi untuk mengangkut oksigen yang berasal dari paru-paru menuju ke seluruh tubuh.

Dengan mengkonsumsi ikan teri ini, kandungan zat besi pada ikan ini mampu memenuhi kadar hemoglobin pada tubuh anda. Sehingga tubuh anda tidak mudah lemas dan gampang sakit.

  1. Menaikkan Kadar Trombosit Tubuh

Trombosit atau yang biasa disebut dengan keping darah atau lempeng darah ini merupakan suatu bagian dari struktur darah yang mempunyai fungsi untuk membantu menyembuhkan luka anda. Dengan jumlah kadar trombosit yang sedikit ketika anda terluka maka luka anda akan sulit untuk kering.

Disitulah manfaat dari trombosit ini. Dengan mengkonsumsi ikan teri anda dapat meningkatkan kadar trombosit anda. Selain mempercepat pengeringan luka, trombosit ini juga baik untuk penderita hemofilia, demam berdarah, serta leukimia.

  1. Mengobati Penyakit Anemia

Penyakit anemia merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena jumlah sel darah merah yang ada pada tubuh terlalu sedikit. Hal ini membuat tubuh anda akan mengalami penurunan stamina. Sehingga anda akan mudah lemah serta lesu.

Kandungan yang ada pada ikan teri ini mampu memenuhi jumlah sel darah merah anda. Sehingga anda dapat mengobati dan mencegah penyakit anemia ini.

  1. Mengobati Penyakit Vertigo

Penyakit vertigo merupakan penyakit yang membuat sekeliling atau diri sendiri menjadi berputar yang datang secara tiba-tiba. Dengan kondisi seperti ini sangat mengganggu rutinitas harian anda. Gejala yang biasa dialami oleh penderita vertigo adalah hilangnya keseimabangan badan.

Dengan hilangnya keseimbangan ini, tubuh anda akan mengalami mual, muntah, sulit berdiri, sulit berjalan, berkeringat, pusing, serta gerakan mata yang tidak wajar.

Penanganan pertama yang dapat anda lakukan adalah segera duduk (bukan jongkok), hindari kepala mendongak ke atas. Bila anda ingin tidur, gunakan bantal yang agak tinggi. Supaya posisi kepala anda lebih tinggi.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Migrain

Penyakit migrain atau sakit kepala sebelah adalah penyakit nyeri yang berdenyut-denyut hingga parah yang terjadi pada sebelah sisi kepala. Hal ini dapat anda hindari dengan mengkonsumsi ikan teri.

Karena kandungan pada ikan teri mampu membantu otot kepala anda menjadi lebih rileks. Sehingga anda terhindar dari penyakit migrain ini.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat ikan teri ini mungkin sudah sangat populer sekali. Yaitu untuk meningkatkan kecerdasan otak. Seorang ibu hamil yang mengkonsumsi ikan teri ini mampu membuat otak bayi mereka menjadi lebih cerdas ketimbang bayi pada umumnya.

Hal ini dipengaruhi karena ikan teri mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Dimana kecerdasan otak seseorang dipengaruhi oleh salah satu zat seperti asam lemak omega tiga ini.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Ikan teri mempunyai rasa daging yang gurih. Bentuk tubuhnya yang kecil membuat ikan ini mudah untuk dikonsumsi. Karena kita tidak usah repot-repot untuk memisahkan duri dari tubuhnya. Anda dapat mengkonsumsi ikan teri dengan memakan semua bagian tubuhnya secara langsung.

Bagaimana, setelah anda mengetahui manfaat ikan teri ini apakah anda akan menyajikan menu ikan teri pada menu anda nanti? Itulah sedikit ulasan tentang 23 manfaat mengkonsumsi ikan teri bagi kesehatan terlengkap di dunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta menambah nafsu makan anda. Jangan lupa untuk mengunjungi manfaat ikan lainnya di duniaikan.com. Salam manfaat dan terima kasih.

/* */