20 Manfaat Ikan Sepat Bagi Kesehatan Terlengkap

Wednesday, September 6th, 2017 - MANFAAT IKAN
Ikan Sepat Hias

Sumber: duniaikan.com

Manfaat Ikan Sepat – Ikan sepat adalah jenis ikan air tawar konsumsi yang memiliki tubuh lebar pipih, mulut sedikit meruncing, dan sisi tubuh berwarna belang-belang. Ikan sepat banyak ditemui pada sungai atau rawa. Ikan sepat juga dapat anda gunakan sebagai hiasan akuarium anda di rumah.

Jenis ikan sepat yang banyak ditemui di Indonesia adalah jenis ikan sepat siam dan sepat rawa. Jenis ikan yang ditemui di Indonesia ini kebanyakan untuk dikonsumsi saja. Sedangkan yang digunakan sebagai hiasan akuarium adalah jenis ikan lainnya.

Ikan sepat di jawa dikenal juga dengan sebutan ikan sliper. Dalam bahasa Inggris, ikan sepat disebut dengan siamase gourame. Nama siam ini di dapat dari nama lama Thailand. Sedangkan nama gourame ini didapat karena ikan sepat masih satu keluarga dengan ikan gurami.

Kandungan gizi dan manfaat ikan sepat adalah tergolong banyak. Kandungan yang banyak ini membuat ikan sepat kaya akan manfaat juga. Untuk mengetahui apa saja kandungan dari ikan sepat ini, anda dapat melihat tabel di bawah ini.

Dafta Kandungan Ikan Sepat Terlengkap dan Terbaru

Nama Gizi Jumlah
Kalsium 40 mg
Protein 38 gr
Fosfor 100 mg
Lemak 14 gr
Energi 289 kkal
Zat Besi 1 mg

Catatan: Jumlah gizi tabel di atas adalah dalam takaran per 100 gr ikan sepat

Ikan Sepat

Ikan Sepat

Dengan kandungan ikan yang begitu banyak, tak heran jika ikan sepat mengandung manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh anda. Untuk mengetahui apa saja manfaat ikan sepat ini, berikut daftar manfaat ikan sepat bagi kesehatan tubuh terlengkap di dunia.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Sepat Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Dimensia

Penyakit dimensia adalah penyakit yang mempengaruhi kerja otak manusia yang nantinya menyebabkan terganggunya pikiran, kemampuan motorik, kemampuan berbicara, serta memori jangka pendek manusia.

Dengan mengkonsumsi ikan sepat, anda akan terhindar dari penyakit dimensia ini. Karena kandungan asam lemak omega 3 ini mampu mengurangi penyebaran penyakit dimensia ini.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Hasil penelitian yang dilakukan pada negara Swedia kurang lebih selama 30 tahun dengan 6000 orang, bahwa manusia yang sering mengkonsumsi ikan mampu mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Berbagai jenis penyakit kanker dapat anda hindari dengan mengkonsumsi ikan sepat ini. Karena ikan sepat mengandung zat riboflavin yang dapat membantu anda dalam mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

  1. Mengatur dan Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Seperti halnya ikan mackeral dan ikan salmon, ikan sepat juga memiliki kandungan asam lemak omega 3. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan mampu mengatur dan mencegah tekanan darah tinggi anda.

Meskipun ikan sepat mempunyai jumlah asam lemak yang lebih sedikit ketimbang ikan mackreal dan ikan salmon, tetapi ikan sepat tetap mampu mengatur dan mencegah tekanan darah tinggi anda.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Diabetes

Bila anda ingin terhindar dari penyakit diabetes yang dapat menyerang diri anda, mulai sekarang anda dapat mengkonsumsi ikan sepat secara rutin. Karena kandungan yang terdapat pada tubuh ikan mampu mengatur kelancaran peredaran darah pada tubuh.

Dengan peredaran darah yang lancar ini, anda akan terhindar dari risiko penyakit diabetes. Oleh karena itu, sediakanlah menu ikan pada meja makan anda mulai sekarang.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung atau yang memiliki sebutan lain kardiovaskular ini merupakan penyakit yang disebabkan karena kebiasaan yang kurang sehat. Seperti merokok, minum alkohol berlebih, serta diet yang tak teratur.

Dengan mengkonsumsi ikan secara rutin anda akan terhindar dari penyakit jantung ini. Karena suku bangsa eskimo telah membuktikannya. Bangsa mereka mempunyai penderita jantung yang tergolong rendah.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Stroke

Mengkonsumsi makanan berlemak dan memiliki tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama seseorang terkena penyakit stroke. Dengan mengkonsumsi ikan sepat ini, tekanan darah anda akan menjadi lebih normal.

Setelah tekanan darah anda normal, anda akan terhindar dari penyakit stroke ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus mengkonsumsi ikan sepat ini dengan rutin.

  1. Membantu Kesehatan Mata

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan sepat dapat berguna untuk menjaga kesehatan mata anda. Oleh karena itu, jika anda menyayangi kesehatan mata anda jangan malas konsumsi ikan sepat ini.

  1. Membantu Kesehatan Kulit

Kandungan Vitamin B1 pada ikan sepat ini mampu membuat kulit anda menjadi lebih sehat dan cantik. Dengan memiliki kulit yang sehat dan cantik anda akan lebih percaya diri untuk pergi kemanapun yang anda inginkan.

  1. Mencegah Risiko Penuaan Dini

Seperti yang dijelaskan di atas, dengan mengkonsumsi ikan secara rutin anda akan menjaga kesehatan kulit anda. Dengan kulit yang sehat ini, anda akan terlihat lebih segar. Sehingga anda akan terhindar dari risiko penuaan dini yang akan menyerang anda.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Ikan sepat merupakan ikan yang mempunyai kandungan kalsium. Dimana kalsium ini mampu membantu tulang anda akan tetap sehat. Sehingga dengan mengkonsumsi ikan sepat ini kesehatan tulang anda akan lebih terjaga.

  1. Mencegah Terjadinya Peradangan

Ikan sepat mengandung asam lemak omega 3 yang dimana asam lemak ini dapat membantu mengikat radikal bebas yang dapat menjadi penyebab anda terkena peradangan.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Arthritis

Penyakit yang biasa diderita oleh pria atau wanita yang berusia di atas 55 tahun ini merupakan penyakit kronis. Penderita penyakit ini akan mengeluhkan kondisi sendinya. Dimana sendi mereka akan terasa sakit dan sulit jika digunakan untuk bergerak.

Untuk menghindari penyakit ini, konsumsilah ikan sepat dari sekarang. Karena ikan sepat ini mempunyai kandungan asam lemak omega 3 yang mampu mengurangi penyakit arthritis ini.

  1. Mengurangi Risiko Depresi

Seseorang yang terkena depresi adalah seseorang yang mempunyai kandungan asam lemak omega 3 yang rendah. Karena asam lemak omega 3 mampu mencegah depresi seseorang.

Orang yang mengkonsumsi ikan sepat secara rutin cenderung memiliki tingkat depresi yang rendah. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak omega 3 pada ikan sepat.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah kondisi dimana otak manusia mengalami penyusutan ukuran (mengecil) dan degredasi fungsi kerja otak. Dengan mengkonsumsi ikan secara rutin mampu meningkatkan fungsi dari neuron yang terdapat pada otak.

Dimana fungsi neuron ini mampu menjaga kondisi daya ingat serta memori otak anda. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal anda dapat mengkonsumsi olahan ikan sepat dengan tidak digoreng.

  1. Membantu Pertumbuhan Otak Janin

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan sepat mampu membantu pertumbuhan otak janin yang masih dalam kandungan. Dengan begitu anak anda akan terlahir dengan otak yang cerdas.

  1. Meningkatkan Kecerdaskan Otak Anda

Selain dapat dimanfaatkan untuk membantu pertumbuhan otak janin saat masih dalam kandungan, ikan sepat juga dapat anda gunakan untuk meningkatkan kecerdasan anda sekarang.

  1. OtakMengurangi Risiko Ibu Hamil Melahirkan Prematur

Ikan sepat mempunyai kandungan gizi yang banyak sekali. Dengan kandungan yang banyak ini, risiko ibu hamil melahirkan prematur dapat dikurangi.

  1. Mengatur Berat Badan Tubuh Ideal

Semua orang pasti menginginkan tubuh yang ideal. Memakan ikan sepat dapat menjadi menu program diet anda. Karena kandungan ikan sepat yang tinggi omega 3, tinggi protein, tinggi vitamin, serta rendah kolesterol ini tidak akan membuat tubuh anda menjadi gemuk.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Kolesterol

Kandungan kolesterol yang sedikit pada ikan sepat ini merupakan nilai lebih tersendiri. Karena dengan jumlah kolesterol yang sedikit, anda akan terhindar dari penyakit kolesterol.

  1. Sebagai Penambah Nafsu Makan

Manfaat yang terakhir ini merupakan manfaat yang paling unik. Jika anda bosan dengan lauk yang itu-itu saja, anda dapat mengganti lauk anda dengan ikan sepat ini. Karena selain kandungan gizi ikan sepat yang banyak, rasa ikan sepat juga enak dan gurih.

Bagaimana, setelah anda membaca manfaat ikan sepat ini apakah anda akan mengganti menu makan anda sekarang? Itulah sedikit ulasan tentang 20 manfaat mengkonsumsi ikan sepat bagi kesehatan terlengkap di dunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta menambah nafsu makan anda. Jangan lupa kunjungi manfaat ikan lainnya di duniaikan.com. Salam manfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • manfaat ikan sepat
  • Khasiat ikan sepat
  • manfaaat sapat siam
  • manfaat ikan sepat bagi kesehatan
  • khasiat ikan sepat siam
  • bisakah dikomsumsi ikan sepat bagi kolestrol tinggi
  • sepat
  • kandungan khasiat dari ikan sepat
  • manfaat ikan
  • kandungan ikan sepat
/* */