19 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan Terlengkap

Thursday, August 24th, 2017 - MANFAAT IKAN
Manfaat dan Kandungan Ikan Salmon

Sumber: google.com

Manfaat Ikan Salmon – Gambar di atas merupakan salah satu jenis ikan salmon. Nama ikan salmon di Indonesia sudah cukup popular sekali. Habitat ikan salmon ini berada di Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Dimana sekarang salmon atlantik sudah banyak dibudidaya ketimbang salmon pasifik.

Selain manfaat ikan salmon untuk bayi, ikan salmon juga bermanfaat untuk kesehatan mata, kulit, dan masih banyak manfaat lainnya. Selengkapnya akan di ulas di bagian manfaat ikan salmon di bawah ini.

Banyak orang yang beranggapan jika ikan salmon ini merupakan super food. Hal ini disebabkan ikan salmon memiliki banyak kandungan dan gizi yang bermanfaat oleh tubuh manusia.

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan

Ikan salmon merupakan ikan yang banyak di konsumsi oleh manusia. Hal ini dikarenakan daging ikan salmon memilki rasa yang enak dan bertekstur lembut.

Kandungan Ikan Salmon

Di dalam tubuh ikan salmon terdapat banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh anda. Berikut tabel kandungan ikan salmon dalam ukuran per 100 gram daging ikan salmon:

Nama Jumlah per 100 gram
Kolesterol 55 mg
Kalori 208 Kilokalori
Lemak jenuh 3.1 gram
Lemak tak jenuh tunggal 3.8 gram
Lemak tak jenuh ganda 3.9 gram
Natrium 59 mg
Kalium 363 mg
Magnesium 27 mg
Kalsium 9 mg
Protein 20 g
Zat besi 0.3 mg
Vitamin B12 3.2 µg
Vitamin B6 0.6 mg
Vitamin C 3.9 mg
Vitamin A 50 IU
Ikan Salmon

Sumber: google.com

Selain kandungan di atas, ikan salmon juga mengandung selenium, vitamin D, asam amino dan asam lemak omega-3. Setelah anda mengetahui kandungan ikan salmon yang begitu banyak, tak terbayang berapa banyak manfaat ikan salmon yang berguna oleh tubuh manusia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh anda:

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Salmon Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Memaksimalkan Fungsi Kerja Otak

Seperti yang anda ketahui, bahwa kandungan gizi ikan salmon sangat besar sekali. Sehingga ikan ini dapat mendukung tumbuh kembang otak anda. Khususnya otak yang masih berada pada usia anak-anak. Kandungan asam amino dan vitamin A yang terdapat pada ikan salmon dapat merangsang aktifitas otak anda.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Pada ikan salmon terdapat kandungan asam amino dan asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan mata anda. Dimana daya pandang mata anda akan berfungsi dengan baik, terhindar dari masalah mata kering atau kronis, serta membuat mata tidak cepat lelah.

Bagi anda yang menderita penyakit mata kronis, anda dapat mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 2 kali seminggu. Sedangkan bagi anda yang ingin mengobati mata kering, anda dapat mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 2-4 seminggu.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk menguatkan tulang sebenarnya cukup mudah. Anda tinggal berjemur setiap pagi di depan rumah anda. Secara otomatis matahari akan mensistesis vitamin D pada tubuh anda. Tetapi pada zaman yang sudah canggih ini para ilmuan telah menciptakan suplemen vitamin D yang lebih praktis.

Selain berjemur dan mengkonsumsi suplemen, ikan salmon juga bagus untuk menguatkan tulang anda. Karena dalam tubuh ikan salmon juga terkandung vitamin D yang baik untuk tulang anda. Untuk memperkuat tulang anda, anda dapat mengkonsumsi ikan salmon minimal 1-2 kali seminggu.

  1. Melindungi Kesehatan Kulit

Selain berguna untuk kesehatan mata, kandungan asam lemak omega-3 mampu membantu anda dalam melindungi kulit dari pancaran sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit. Sehingga kulit anda akan menjadi lebih cantik alami tanpa harus ke salon.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di The University of Manchester, menyimpulakan bahwa manusia yang rajin memakan ikan salmon terbukti mempunyai ketahanan kulit lebih ketika terkena paparan sinar matahari.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan asam lemak omega-3 selain dapat menyehatkan kulit anda, ternyata juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut anda.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Dengan kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam tubuh ikan salmon, hal ini sangat bermanfaat untuk anda dalam mencegah penyakit alzeimer.

  1. Mencegah Penyakit Stroke

Selain mencegah penyakit alzeimer, asam lemak omega-3 juga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah penyakit stroke.

  1. Mengatur Kadar Kolesterol

Memilki kadar kolesterol yang tinggi sungguh menggangu kesehatan anda. Tetapi dengan anda mengkonsumsi ikan salmon secara rutin, asam lemak omega-3 yang ada pada tubuh ikan salmon akan mengatur kolesterol anda.

  1. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Dengan kandungan asam lemak omega-3, ikan salmon dapat membuat kondisi mood anda stabil. Sehingga akan menambah konsentrasi, semangat produktifitas, dan memperkecil terjadinya depresi yang berlebih.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida pada tubuh anda, anda dapat mengkonsumsi ikan salmon. Karena kolesterol yang jahat dan trigliserida dapat membuat jantung anda mudah terserang penyakit. Selain itu, ikan salmon juga dapat membuat pembuluh darah tetap lentur.

  1. Menurunkan Resiko Diabetes

Dengan kandungan asam lemak omega-3 dan selenium di dalam ikan salmon, hal ini dapat membantu anda dalam meningkatkan kerja insulin. Karena kandungan tersebut dapat mengontrol kadar glukosa darah pada tubuh anda.

Sebuah penelitian di American Health Study yang diikuti partisipan sebanyak 3.000 pria dan wanita, mengungkapkan bahwa kandungan omega-3 yang terkandung dalam tumbuhan maupun hewan (termasuk ikan salmon) dapat berkhasiat untuk menurunkan penyakit diabetes 2 kali lipat.

  1. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Meskipun ikan salmon memilki sumber protein yang tinggi, tetapi ikan salmon mengandung kalori yang rendah. Sehingga dengan mengkonsumsi ikan salmon tidak akan membuat tubuh anda menjadi gemuk.

Apabila anda memakan ikan salmon, rasa kenyang akan cepat menghampiri anda. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa apabila anda mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 2-3 kali seminggu, maka tubuh anda akan berkurang 3 pon.

  1. Membantu Pembentukan Otot

Protein yang tinggi pada ikan salmon membuat tubuh tidak dapat mencerna semua ikan salmon secara langsung. Tetapi dengan hal tersebut ternyata mampu mempermudah dalam pembentukan otot dan membantu pembakaran lemak dalam tubuh anda.

Dengan selenium dan vitamin D yang ada pada ikan salmon ini, kedua kandungan ini mampu melawan beberapa jenis kanker pada tubuh anda. Vitamin D juga yang telah lama dimanfaatkan sebagai penurun resiko kanker pada tubuh. Jenis kanker yang dapat dicegah adalah kanker kolorektal, kanker prostat, dan kanker payudara.

  1. Mencegah Penyakit Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal merupakan kanker yang menyerang pada usus besar atau rektum. Sebelum anda terkena kanker ini, mengkonsumsi ikan salmon dapat menjadi langkah awal anda. Karena ikan salmon terdapat kandungan vitamin D dan selenium yang dapat mencegah penyakit kanker.

  1. Mencegah Penyakit Kanker Prostat

Kanker prostat adalah kanker yang terjadi di bawah kandung kemih di bagian depan rectum akibat pertumbuhan sel-sel baru yang tidak terkendali. Untuk mencegah penyakit ini, anda dapat menambahkan ikan salmon dalam daftar menu makan anda.

  1. Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Dengan selenium dan vitamin D yang ada pada ikan salmon ini, kedua kandungan ini mampu melawan beberapa jenis kanker pada tubuh anda. Vitamin D juga yang telah lama dimanfaatkan sebagai penurun resiko kanker pada tubuh.

  1. Mencegah Peradangan

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon mampu mencegah peradangan kronis. Asam lemak omega-3 ini akan dikonversi oleh tubuh untuk menjadi tiga jenis senyawa lagi yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah radang kronis.

  1. Menurunkan Depresi

Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon telah dinilai dapat menurunkan depresi seseorang. Depresi dapat diredakan dengan maksimal jika anda mengkonsumsi ikan salmon bersamaan dengan obat antidepresi sesuia dari resep dokter.

Sebuh penelitian menemukan bahwa wanita hamil yang rutin mengkonsumsi ikan salmon, resiko depresi pasca kehamilan dapat diturunkan. Di dalam ikan salmon juga terkandung triptofan yang bermanfaat untuk penenang alami tubuh. Triptofan biasanya juga dimanfaatkan untuk mereka yang mengalami insomnia atau susah tidur.

  1. Menurunkan Risiko Asma Anak

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa mengkonsumsi ikan salmon dapat menurunkan resiko asma anak-anak. Sebuah ilmuan dari Southampton University juga mengklaim bahwa seseorang yang hamil, dan rutin mengkonsumsi ikan salmon dapat menurunkan resiko asma pada anak yang terjadi pada awal usia tiga tahun.

Ikan salmon telah terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh bayi, sehingga bayi akan tercegah dari alergi serbuk sari dan bulu binatang yang sering mengakibatkan asma seseorang.

Catatan:
Manfaat ikan salmon yang begitu banyak mungkin membuat anda bersemangat untuk mengkonsumsinya. Tetapi perlu anda ketahui bahwa ikan salmon terdapat kandungan sedikit merkuri pada tubuhnya. Jadi, jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi ikan salmon.

Bagaimana, apakah anda akan menambahkan ikan salmon pada menu makan anda di rumah? Itulah tadi sedikit ulasan tentang 19 manfaat ikan salmon bagi kesehatan terlengkap di dunia. Semoga artikel di atas dapat memenuhi kebutuhan anda. Salam manfaat dan terima kasih.

/* */