9 Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Terlengkap

Friday, August 25th, 2017 - MANFAAT IKAN
Manfaat Ikan Patin

Sumber: google.com

Manfaat Ikan Patin – Keistimewaan ikan patin begitu banyak sekali. Selain bermanfaat bagi ibu hamil atau untuk ibu menyusui, manfaat ikan patin terbaru lainnya masih banyak lagi. Pada artikel kali ini akan di bahas tentang manfaat, kelebihan, dan kandungan gizi per 100 gram dari daging ikan patin secara lengkap.

Jenis ikan patin adalah jenis ikan yang masih dalam satu keluarga dengan ikan lele. Dengan sungut atau kumis sebagai ciri khasnya, ikan patin merupakan ikan yang memilki banyak penggemarnya. Pengolahan ikan patin juga tergolong banyak sekali, mulai dari gulai ikan patin, sayur sup ikan patin, serta abon ikan patin.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Patin Bagi Kesehatan

Selain rasa gurih yang membuat ikan patin memiliki banyak penggemarnya, kandungan ikan patin juga banyak sekali. Kandungan vitamin dan mineral per 100 gram ikan patin sebanyak 23-28 %, untuk lemak DHA sebanyak 2,74 %, lemak EPA sebanyak 0,31 %, lemak jenuh 50 %, lemak tak jenuh 8,43 %, dan kandungan kolesterol sebanyak 21-39 miligram.

Kelebihan Ikan Patin

Dengan kandungan gizi yang sebanyak itu, membuat manfaat ikan patin dipastikan sangat banyak sekali. Tetapi tidak hanya itu yang membuat banyak masyarakat menggemari ikan ini. Beberapa kelebihan di bawah ini merupakan penyebab lain mengapa ikan patin banyak memiliki penggemar di Negara Indonesia.

Setelah mengetahui kelebihan ikan patin di bawah ini, mungkin nafsu makan anda akan naik. Berikut beberapa kelebihan dari ikan patin yang membuat penggemarnya ketagihan:

  1. Mengandung Gizi yang Tinggi

Tak dapat dipungkiri lagi, ikan patin memang memiliki kandungan gizi yang tinggi sekali. Dengan kandungan lemak tak jenuh dan protein yang tinggi inilah, yang mampu membuat kesehatan tubuh anda tetap stabil.

Dengan mengkonsumsi ikan patin secara rutin, otot anda akan tumbuh dengan cepat, terhindar dari penyakit kardiovaskular, terhindar dari penyakit jantung koroner, mencegah adanya penumpukan lemak, serta memperlancar aliran pada pembuluh darah anda.

  1. Rendah Akan Kolesterol

Jika anda mencari jenis makanan yang rendah akan kolesterol, ikan patin ini dapat menjadi jawaban terbaik untuk anda. Masalah ini mungkin banyak dihadapi pada anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi.

Sehingga anda mengalami kesulitan untuk memilih jenis makanan apa yang cocok untuk anda konsumsi. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari makanan apa yang pas untuk anda konsumsi. Karena ikan patinlah solusi terbaik untuk anda.

  1. Memiliki Daging Lembut dan Gurih

Mungkin keunggulan yang ketiga ini merupakan keunggulan utama dari ikan patin. Dimana ikan patin merupakan jenis ikan yang memilki tekstur daging yang lembut serta memiliki rasa daging yang gurih. Kedua hal inilah yang paling disukai oleh para kebanyakan masyarakat di Indonesia.

  1. Mudah Ditemukan

Jenis ikan patin tergolong ikan yang mudah untuk dikembangbiakkan. Sehingga tak heran jika hampir setiap hari ikan ini dapat anda temui di pasar tradisional seluruh Indonesia. Informasi terbaru mengungkapkan bahwa ikan patin juga telah diperjualbelikan di pasar modern.

  1. Mudah Untuk Diolah

Ikan patin merupakan ikan yang mudah diolah. Bagaimana tidak, dalam zaman yang modern ini, hampir semua hal yang mustahil dapat dilakukan. Contohnya ikan patin ini. Mungkin nenek moyang kita hanya mengkonsumsi ikan patin dagingnya saja.

Sekarang karena kemajuan teknologi dan informasi yang melesat cepat, semua badan dari ikan patin mampu anda konsumsi semuanya. Jenis makanan ini biasa dikenal dengan sebutan abon.

Resep sup ikan patin

Sumber: google.com

Manfaat Ikan Patin 

Setelah mengetahui kelebihan dari ikan patin di atas, mungkin anda bertanya-tanya. Kemudian apa saja manfaat ikan patin ini? Mengapa ikan patin mempunyai begitu banyak penggemarnya? Untuk menjawab semua pertanyaan anda berikut adalah manfaat mengkonsumsi ikan patin bagi kesehatan tubuh anda:

  1. Mencegahan Terserang Kardiovaskular

Apabila anda mengkonsumsi daging ikan patin, secara tidak langsung anda akan mencegah terjadinya penyakit yang yang bernama kardiovaskular. Lemak tak jenuh yang terkandung dalam daging ikan patin inilah yang mampu membuat anda tercegah dari penyakit kardiovaskular. Nilai kadungan lemak tak jenuh yang berada pada daging ikan patin ini sebesar 50 persen dari keseluruhan jumlah gizi yang terdapat pada ikan patin.

  1. Memperkecil Jumlah Kolesterol

Jika anda termasuk orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi pada tubuh anda, mengkonsumsi daging ikan patin dapat anda jadikan solusi alami yang tepat. Karena daging ikan patin terdapat lemak tak jenuh yang dapat bermanfaat untuk memperkecil kandungan kolesterol jahat yang menyerang tubuh anda. Selain mengkonsumsi ikan patin, untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi anda juga dapat mengkonsumsi buah rambutan dan susu kedelai.

  1. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner merupakan jenis penyakit yang kronis. Sama seperti yang sudah diulas tentang penyakit kolesterol tinggi dan kardiovaskular di atas, bahwa kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan patin juga mampu membuat tubuh anda terhindar dari penyakit jantung koroner.

Penyebab jantung koroner adalah terhambatnya aliran darah ke jantung. Tetapi dengan kandungan lemak tak jenuh ini, aliran darah ke jantung menjadi lacar. Sehingga anda terhindar dari penyakit jantung koroner.

  1. Memaksimalkan Pertumbuhan Janin

Manfaat yang satu ini khusus untuk kaum ibu-ibu ya. Bila anda sedang hamil, daging ikan patin dapat anda gunakan sebagai menu andalan anda di rumah. Kandungan yang terdapat di dalam ikan patin berupa DHA dan asam lemak omega-3. Kedua kandungan ini, mampu menjaga kesehatan janin anda selama dalam kandungan serta membuat janin tumbuh dengan normal.

  1. Meningkatkan Pembentukan Otot

Daging ikan patin ini juga dimanfaatkan untuk membesarkan serta menguatkan otot kesayangan anda. Kandungan protein yang ada di dalam tubuh ikan patin sangat tinggi. Dan ini bagus untuk pertumbuhan otot, memperkuat massa otot, mengencangkan otot, serta meningkatkan kekuatan otot anda.

  1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Dengan kandungan daging ikan patin yang berupa protein yang tinggi, mampu membuat daya tahan tubuh anda meningkat. Sehingga anda akan lebih kebal terhadap serangan penyakit yang akan menyerang anda.

  1. Menjaga Tulang Tetap Sehat

Manfaat kalsium dan fosfor yang terdapat pada tulang-tulang ikan patin tergolong cukup tinggi. Dengan kandungan kalsium serta fosfor yang cukup tinggi ini dapat anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Sehingga tulang anda menjadi kuat dan sehat.

  1. Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Dalam tubuh ikan patin terdapat kadungan kalsium dan fosfor yang tergolong cukup tinggi. Sedangkan penyebab penyakit osteoporosis salah satunya adalah tulang yang keropos akibat kekurangan kalsium. Dengan kedua kandungan di atas tadi, kekurangan kalsium pada tulang anda akan ditutupi. Sehingga anda akan tercegah dari penyakit osteoporosis ini.

  1. Meningkatkan Ekonomi Anda

Manfaat yang terakhir mungkin sedikit melenceng. Tetapi saya rasa tidak ada salahnya jika saya ulas di dalam manfaat ikan patin ini. Toh ikan patin ini juga memang bermanfaat untuk menambah ekonomi bagi yang mengembangbiakkan atau mengolah sebagai makanan.

Lahan bisnis dari ikan patin sudah banyak ditemui di sekitar kita. Salah satu jenis bisnis yang terkenal dari ikan patin adalah abon ikan patin. Selain bermanfaat untuk kesehatan, ikan patin juga bermanfaat untuk meningkatkan nilai ekonomi anda bukan. Harga ikan patin di pasar biasa dijual dengan kisaran Rp.20.000,- per kilogramnya.

Bagaimana, setelah membaca ulasan di atas apakah anda berminat untuk mengkonsumsi ikan patin ini? Itulah sedikit ulasan tentang manfaat ikan patin untuk kesehatan terlengkap di dunia. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta nafsu makan anda. Jangan lupa kunjungi manfaat ikan lainnya di website ini. Salam manfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • manfaat ikan patin
  • khasiat ikan patin
  • kandungan yang ada dalam ikan patin
  • manfaat ikan fatin
  • manfaat daging ikan patin
  • kandungan ikan pating
  • kandungan ikan patin
  • kandungan gizi ikan patin
  • ikan patin bagus untuk kesehatan
  • vitamin yang terkandung dalam ikan patin
/* */