20 Manfaat Ikan Mujair Untuk Kesehatan Terlengkap

Thursday, September 7th, 2017 - MANFAAT IKAN
Manfaat Ikan Mujair

Sumber: google.com

Manfaat Ikan Mujair – Ikan yang berhabitat di sungai, rawa, ataupun di sawah ini memiliki kandungan gizi dan manfaat yang banyak sekali untuk tubuh anda. Seperti dugunakan untuk menu program diet, mencegah jantung koroner, mencerdaskan otak, dan masih banyak lagi lainnya. Selengkapnya akan dibahas di artikel di bawah ini.

Tubuh ikan mujair ini terdiri dari 60% tulang. Meskipun begitu daging ikan mujair memiliki rasa yang sangat gurih. Daging ikan mujair juga tergolong memiliki tekstur yang tidak terlalu keras maupun lembek (pas).

Budidaya ikan mujair sekarang marak dilakukan. Hal ini dilakukan karena tingkat permintaan pasar yang tergolong tinggi. Sehingga usaha budidaya ikan mujair ini layak dilakukan.

Kandungan Gizi Ikan Mujair Terlengkap

Ikan yang sangat populer di masyarakat ini merupakan ikan air tawar yang kaya akan kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia. Ingin tahu apa saja kandungan dari ikan mujair ini, berikut tabel kandungan gizi ikan mujair selengkapnya.

Nama Gizi Jumlah
Vitamin A 20 UI
Vitamin B1 0,03 gr
Vitamin B12 10 UI
Energi 89 kkal
Fosfor 209 mg
Kalsium 96 mg
Karbohidrat 1 gr
Lemak 1 gr
Protein 18,7 gr
Zat Besi 1,5 mg

Catatan: Jumlah kandungan gizi di atas merupakan jumlah per 100 gram ikan mujair.

Ikan Mujair

Ikan Mujair

Setelah anda mengetahui kandungan gizi ikan mujair ini, apakah anda terbayang apa saja manfaat ikan mujair ini bagi kesehatan tubuh anda? Berikut manfaat ikan mujair bagi kesehatan tubuh terlengkap di dunia.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Mujair Bagi Kesehatan Terlengkap

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Penyakit kanker ini disebabkan karena adanya pembelahan sel atau mutasi (gagal) yang melebihi batas kewajaran. Dan jika kanker ini menyerang sel-sel pada sumsum pembuluh darah tulang belakang, anda dapat berisiko terkena penyakit leukimia (kanker darah).

Jika kanker ini menyerang pada sel limfa, risiko yang dapat ditimbulkan adalah gangguan liver serta limfoma. Untuk menghindari penyakit kanker ini anda dapat mengkonsumsi makanan yang dapat memicu penyebab kanker.

Salah satu makanan tersebut adalah ikan mujair ini. Karena kandungan ikan mujair ini mampu membantu perbaiki sel yang tumbuh melebihi tingkat kewajaran.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Koroner

Sirkulasi darah yang buruk mampu meningkatkan risiko terkena penyakit kanker pada tubuh. Seperti tingginya kandungan lemak jenuh atau LDL pada tubuh. Hal ini mampu meninggalkan plak pada sepanjang pembuluh darah jantung anda.

Dengan plak yang ada pada pembuluh darah ini membuat aliran darah pada jantung menjadi terganggu serta kinerja jantung menjadi tidak maksimal. Untuk menghindari hal ini, anda dapat mengkonsumsi ikan mujair dari sekarang. Karena ikan mujair mengandung lemak yang rendah, yaitu 10 gr per kilogram ikan mujair.

  1. Mengatur Jumlah Kolesterol Tubuh

Gejala kolesterol adalah gejala dimana saluran pembuluh darah terganggu akibat naiknya kadar lemak darah anda. Seperti yang telah diulas di atas, ikan mujair mengandung lemak yang rendah. Sehingga baik untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh anda.

  1. Menurunkan Penyakit Hipertensi (HTN)

Tekanan darah tinggi atau yang umum dikenal dengan hipertensi ini merupakan penyakit kronis yang terjadi karena tekanan darah pada arteri mengalami peningkatan. Sehingga kinerja jantung menjadi lebih keras.

Untuk menurunkan kinerja jantung ini, anda dapat mengkonsumsi ikan mujair. Karena kandungan ikan mujair mampu memperlancar aliran darah jantung anda.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Stroke

Penyakit stroke adalah penyakit yang terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah yang menuju ke otak anda. Jika hal ini tidak ditangani dengan cepat, sel-sel pada sebagian otak anda akan mengalami kematian.

Dengan mengkonsumsi ikan mujair dengan rutin, kandungan zat pada ikan mujair ini mampu membuat aliran darah pada otak anda menjadi lacar. Sehingga anda terhindar dari risiko penyakit stroke ini.

  1. Menurunkan Risiko Pikun Dini (Demensia)

Penyakit pikun dini atau dimensia ini jarang dialami oleh manusia yang berumur di bawah 45 tahun. Tetapi tetap ada kemungkinan di bawah umur tersebut mengalami penyaklit tersebut. Penyakit ini akan membuat kerja otak anda menjadi lambat dan membuat anda mengalami stress yang berlebih.

Dengan mengkonsumsi ikan mujair ini, kandungan gizi pada ikan ini mampu membuat anda terhindar dari risiko pikun lebih awal. Karena kondisi pikun di usia dini ini sangat menggangu kinerja kita sehari-hari.

  1. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan adalah saluran yang bertugas untuk memecah makanan menjadi lebih kecil, kemudian mengirim ke pembuluh darah. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kandungan ikan mujair ini mampu membuat saluran pembuluh darah anda lancar.

Dengan saluran pembuluh darah yang lancar, saluran pencernaan anda juga akan lancar. Sehingga kesehatan dari saluran pencernaan anda akan tetap terjaga dengan baik.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kandungan asam amino pada daging ikan mujair ini bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dari sel-sel tubuh manusia. Hal ini juga terjadi pada sel-sel di otak anda.

Ikan mujair yang dimasak dengan suhu yang tinggi, tidak akan merusak kandungan asam amino pada tubuh ikan ini. Dengan begitu anda akan menjadi lebih bersemangat untuk mengkonsumsi ikan mujair ini bukan?

  1. Sebagai Cemilan Yang Rendah Kalori

Mungkin anda sedang mencari makanan ringan yang rendah akan kalori. Ikan mujair ini jawaban yang pas untuk anda. Karena ikan mujair mengandung kalori yang sedikit, yaitu 89 kilokalori per 100 gram ikan mujair.

  1. Menurunkan Berat Badan (Diet)

Dengan jumlah kalori ikan mujair yang sedikit ini, berat badan anda dapat terkontrol. Sehingga anda terbebas dari berat badan yang berlebihan.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Ikan mujair ini memiliki kandungan yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit anda. Dengan mengkonsumsi ikan mujair secara rutin, selain kulit anda menjadi sehat anda juga akan terhindar dari penuaan dini.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Alat indera yang satu ini sangat penting sekali. Karena penting anda harus menjaga kesehatan mata anda dengan maksimal. Kandungan vitamin A pada ikan mujair ini dapat anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan mata anda.

Dimana ikan mujair mengandung vitamin A sebanyak 20 UI per 100 gram ikan mujair. Dengan begitu, mata anda akan terlihat lebih cerah dan cantik.

  1. Membantu Pertumbuhan Tulang

Bila anda ingin memaksimalkan pertumbuhan tulang anda, ikan mujair ini dapat anda gunakan sebagai solusinya. Karena ikan mujair ini mengandung zat fosfor yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan tulang anda dengan maksimal.

  1. Membantu Pertumbuhan Gigi

Seperti manfaat ikan mujair untuk pertumbuhan tulang anda, kandungan fosfor yang ada pada ikan mujair ini juga mampu meningkatkan pertumbuhan gigi anda. Dengan Begitu gigi anda dapat tumbuh dengan maksimal.

  1. Menurunkan Kadar Trigliserida Tubuh

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang bermanfaat untuk sumber energi tubuh anda. Namun jumlah trigliserida yang terlalu tinggi pada tubuh manusia akan berakibat buruk untuk kesehatan anda.

Gejala yang ditimbulkan oleh kelebihan trigliserida seperti demam, mual disertai muntah, sakit perut yang tidak tertahankan, dan kehilangan nafsu makan. Sehingga anda harus mengontrol kadar trigliserida ini agar anda terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan seperti di atas.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut merupakan mahkota bagi setiap manusia. Rambut digunakan sebagai pelindung kepala anda dari terik sinar matahari secara langsung. Kandungan vitamin B Kompleks pada ikan mujair mampu menjaga kesehatan rambut anda.

  1. Menjaga Kesehatan Kuku

Kesehatan kuku juga penting untuk anda jaga. Kesehatan kuku dapat anda jaga dengan mengkonsumsi ikan mujair ini. Karena ikan mujair ini mengandung vitamin B Kompleks yang mampu menjaga kesehatan kuku anda.

  1. Membantu Perbaiki Fungsi Tiroid

Tiroid adalah organ yang berfungsi sebagai penunjang pertumbuhan dan daya tahan tubuh anda. Kondisi tubuh yang terlalu kurus dan mudah sakit dapat diperkirakan mengalami gangguan fungsi tiroid. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat mengkonsumsi ikan mujair mulai sekarang.

  1. Penunjang Program Sanitasi Air

Sanitasi adalah suatu program yang disengaja oleh manusia untuk membiasakan hidup bersih. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan manusia dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Untuk melakukan sanitasi pada air, anda dapat memanfaatkan ikan mujair ini.

Ikan mujair adalah jenis ikan yang memiliki habitat yang bersih. Jika dia berada pada habitat yang kotor, dia akan menyerap atau memakan kotoran tersebut. Oleh karena itu, usaha sanitasi air anda dapat berjalan dengan maksimal.

  1. Sumber Selenium Tubuh

Selenium merupakan sejenis mineral yang berfungsi membantu metabolisme tubuh anda. Selenium ini dapat anda temukan pada beberapa makanan. Contohnya pada olahan ikan mujair ini.

Dengan kandungan zat yang terkandung dalam tubuh ikan mujair, mineral selenium ini dapat dipasok ke dalam tubuh anda. Jadi, jangan malas mengkonsumsi ikan mujair ini.

Bagaimana, Setelah anda mengetahui maanfaat ikan mujair ini apakah anda akan menyajikan menu ikan mujair di meja makan anda di rumah?

Itulah ulasan tentang 20 manfaat mengkonsumsi ikan mujair untuk kesehatan terlengkap di dunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serata menambah nafsu makan anda. Jangan lupa kunjungi juga artikel manfaat ikan lainnya di duniaikan.com. Salam manfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • manfaat ikan mujair
  • manfaat ikan jabir
  • mamfaat ikan laut
  • khasiat ikan mujair
  • mamfaat ikan mujair
  • khasiat muntahan ikan sungai
  • khasiat ikan mijae
  • khasiat ikan m
  • tmanfaat ikan mujair
  • ikan mujair untuk stroke
/* */