14 Manfaat Memelihara Ikan Hias Aquarium Di Rumah Bagi Manusia

Tuesday, October 17th, 2017 - IKAN, IKAN HIAS, MANFAAT IKAN
Manfaat Memelihara Ikan Hias

Manfaat Memelihara Ikan Hias

Manfaat Ikan Hias – Banyak dari kita pasti pernah memelihara ikan hias di rumah. Entah itu ikan hias air tawar atau ikan hias air laut, entah itu ikan hias mahal atau ikan hias murah. Sangat menyenangkan sekali bukan.

Berita baik bagi anda yang masih memelihara ikan hias atau yang memang pecinta ikan hias akuarium di rumah. Karena hasil penelitian mengungkapkan bahwa manfaat memelihara ikan hias akuarium ini memberikan efek yang sangat positif bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Ikan Hias Sebagai Pembawa Keberuntungan

Memelihara ikan hias ini mempunyai manfaat langsung bagi pemeliharanya. Manfaat yang banyak dirasakan oleh para pemeliharanya adalah rasa yang nyaman ketika melihat ikan berenang kesana-kemari dengan bentuk dan warna yang unik-unik. Selain hal tersebut, pikiran yang tegang atau stress ketika pulang dari tempat kerja rasanya larut bersamaan dengan air di dalam akuarium tersebut.

Bagi anda yang belum pernah memelihara ikan hias ini pasti bertanya–tanya, kok bisa ya ikan hias ini menghilangkan stress? Bagaimana ceritanya?

Hal ini dikarenakan jika kita melihat langsung ke akuarium yang berisi ikan dan hiasan akuarium tersebut, mata kita akan kembali segar ketika melihat ikan-ikan berenang bebas serta hiasan-hiasan hijau yang cantik yang ada di dalam akuarium tersebut.

Hanya dengan memelihara ikan hias akuarium di rumah, pikiran kita akan menjadi tenang. Emosional kita juga akan menjadi stabil.

Banyak juga yang beranggapan jika anda memelihara ikan akuarium ini di rumah, tingkat keberuntungan anda akan meningkat dengan drastis. Sehingga banyak orang yang termotivasi untuk memelihara ikan hias ini di rumah mereka.

Apa manfaat ikan hias bagi kesehatan manusia?

Mungkin dari anda ada yang mempunyai pertanyaan seperti itu. Jika anda memahami dari penjelasan di atas tadi, anda sudah dapat menyimpulkan jawaban ini sendiri.

Untuk menjawab dari pertanyaan di atas, berikut adalah manfaat memelihara ikan hias akuarium di rumah bagi manusia:

  1. Mengobati Stress

Selain menurunkan tingkat depresi, memelihara ikan hias juga dapat menghilangkan stress. Penyakit stress merupakan suatu keadaan dimana anda mengalami kelelahan berpikir dan tertekan oleh keadaan di sekitar anda.

Sehingga hal ini sangat merugikan diri anda sendiri dan orang-orang yang ada di sekitar anda. Untuk mengatasi penyakit ini, salah satu hal yang dapat anda lakukan adalah menikmati isi akuarium anda. Nikmati bermain dengan ikan hias anda dirumah.

  1. Mengobati Penyakit Alzheimer

Jenis penyakit Alzheimer ini merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan terganggunya fungsi daya ingat, memecahkan masalah, dan gangguan fungsi otak lainnya. Penyakit Alzheimer merupakan jenis penyakit demensia atau pikun.

Karena penyakit ini bersifat agresif dan merepotkan, anda dapat mengobatinya dengan perlahan-lahan. Caranya yaitu dengan melihat ikan hias secara rutin. Hal ini dipercaya mampu mengurangi pasien Alzheimer ini.

Di dalam penelitian yang sudah pernah dilakukan, hal tersebut membenarkan langakh di atas. Pasien Alzheimer yang membiasakan diri untuk melihat ikan hias ini, psikis dan tingkah laku pasien dapat diperbaiki.

  1. Membantu Penyakit Autis Pada Anak

Penyakit autis merupakan jenis penyakit yang terjadi karena gangguan komunikasi serta gangguan interaksi sosial seseorang. Dan penyakit ini banyak diderita pada usia anak-anak.

Untuk mengatasi penyakti ini anda dapat melakukan terapi dengan ikan hias akuarium ini. Dengan mengajak anak yang menderita autis ini, emosi dari anak tersebut akan kembali ke dalam keadaan yang normal lagi.

  1. Mengatasi Anak Hiperaktif atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder

Anak hiperaktif atau yang lebih dikenal dengan sebutan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah sebuah penyakit yang dikarenakan gangguan pada otak, kemudian mengakibatkan pasien mengalami impulsif, hiperaktif, dan susah untuk fokus atau memusatkan perhatian.

Para ilmuan mengungkapkan bahwa pasien ADHD ini jika diajak rutin untuk melihat ikan-ikan hias akuarium ini, kemampuan fokus dan emosi mereka akan mudah untuk dikontrol. Karena dengan melihat warna-warna ikan hias ini, fokus mereka akan terlatih dengan alami. Sehingga kemampuan fokus mereka akan meningkat.

  1. Menjaga Detak Jantung Tetap Stabil

Apa hubungannya memelihara ikan dengan kesehatan jantung? Pasti anda terheran-heran dengan manfaat yang satu ini. Begini penjelasannya.

Detak jantung yang tidak beraturan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Seperti sedang melakukan kegiatan yang menguras tenaga, pola piker yang berat, dan lain sebagainya. Yang mana hal tersebut mampu membuat jantung kita berdetak dengan kencang dan tidak beraturan.

Dengan menikmati pemandangan ikan hias akuarium ini dan dibarengi dengan meminum segelas air putih, hal ini memungkinkan detak jantung anda akan menjadi normal kembali.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang mempunyai detak jantung yang tidak beraturan ketika melihat warna segar dan cantik, detak jantung ini akan mejadi stabil kembali. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ikan hias ini mampu menstabilkan detak jantung yang tidak beraturan.

  1. Mengobati Depresi (Mood Stabilizer)

Manfaat memelihara ikan hias akuarium yang satu ini sudah disinggung di awal pembahasan di atas. Yaitu mengobati depresi atau yang biasa disebut dengan mood stabilizer akibat hal-hal yang tidak sesuai dengan hati nurani anda.

Dengan melihat ikan berenang di akuarium sepulang kerja, mendengar gemericiknya air akuarium, dan hal-hal indah lain yang ada di akuarium, hal ini dipercaya mampu menurunkan tingkat depresi anda. Sehingga suasana hati anda akan menjadi tenang kembali atau stabil.

  1. Memunculkan Ide-ide Baru (Inspirasi)

Dengan melihat ikan hias ini, hati anda akan menjadi tenang, mood kembali stabil, dan anda bisa berpikir sehat kembali. Karena dengan suasana hati yang tenang inilah, banyak ide-ide kreatif yang keluar.

Jadi, jika anda sedang mencari ide-ide yang kreatif, pantengin aja akuarium anda sambil memberi makan ikan misalnya. Santai, lepaskan semua beban anda. Fokuskan pandangan dan pikiran anda pada indahnya ikan hias tersebut. Semoga ide yang kreatif dapat keluar dari pikiran anda.

  1. Membantu Mempercepat Proses Tidur

Memelihara ikan hias di dalam kamar memiliki keuntungan tersendiri, yaitu dapat meningkatkan kualitas tidur anda. Hal ini sangat cocok bagi anda yang memiliki masalah dengan tidur anda.

  1. Pembawa Keberuntungan atau Hoki

Manfaat ikan hias yang paling unik adalah sebagai pembawa keberuntungan atau hoki bagi yang memeliharanya. Hal ini sudah lama dan banyak dipercaya oleh para pecinta ikan hias.

Namun hanya beberapa jenis ikan hias akuarium saja yang dipercaya memiliki kemampuan tersebut. Berikut adalah jenis-jenis ikan hias akuarium yang dapat membawa keberuntungan atau hoki:

  • Ikan Mas Koki
  • Ikan koi
  • Ikan Arwana
  • Ikan Louhan

Empat jenis ikan hias di atas memang mempunyai warna dan bentuk yang unik sekali. Maka tak heran banyak masyarakat yang beranggapan jenis ikan hias di atas mampu membawa keberuntungan atau hoki bagi pemeliharanya.

  1. Sebagai Lahan Bisnis

Manfaat yang satu ini sangat bagus jika dilakukan oleh para pecinta ikan hias sejati. Karena pecinta ikan hias sejati pastinya sudah mengenal seluk beluk dari ikan hias yang mereka pelihara. Sehingga hal ini memiliki keuntungan tersendiri jika dilanjutklan ke arah bisnis.

Banyak orang-orang di luar sana yang sukses yang berawal dari hobi mereka. Jadi jika anda sudah lama memelihara ikan hias dan paham betul akan seluk beluk dari ikan hias yang anda pelihara, tak ada salahnya jika anda mengembangkan hobi anda menjadi lahan bisnis sampingan atau bisnis utama.

  1. Membantu Melestarikan Alam

Memang, sekarang banyak sekali jenis-jenis ikan hias yang sudah mulai sedikit keberadaannya (punah). Dengan memelihara ikan hias ini, anda dapat berturut serta dalam menjaga ikan hias ini. Sehingga angka kepunahan dari ikan hias ini dapat ditekan sekecil mungkin.

  1. Menambah Pemandangan dan Kecantikan Rumah

Meletakkan ikan hias dan juga akuariumnya di dalam ruangan rumah memang memberi nilai lebih bagi pemandangan dan kecantikan rumah anda. Apalagi di dalam akuarium anda dilengkapi dengan lampu, aerator (gelembung udara), dan assesoris akuarium lainnya, pasti ruangan anda akan semakin indah untuk dinikmati sendiri, bersama keluarga ataupun teman-teman anda. Anda akan semakin betah untuk berlama-lama di dekat akuarium anda.

  1. Sumber Investasi

Kata investasi di sini artinya anda membeli ikan yang masih berukuran kecil kemudian menjualnya ketika sudah berukuran besar. Investasi model lainnya yaitu dengan membeli ikan yang masih anakan, kemudian membudidayakan hingga menjadi banyak, baru setelah itu anda perjualkan kepada pecinta ikan lainnya.

Atau anda juga dapat membeli ikan dewasa yang sudah siap untuk dikawinkan. Kemudian anda dapat membudidayakan ikan ini hingga ikan ini mempunyai anakan yang banyak dan anda jual.

  1. Menambah Harga Diri Seseorang

Ketika seseorang membeli jenis ikan yang memiliki harga yang mahal, secara tidak langsung hal ini berdampak pada peningkatan harga diri si pembeli ikan mahal tersebut.

Kita ambil contoh salah satu ikan hias termahal dari jenis ikan louhan, yaitu ikan louhan golden red. Harga ikan louhan golden red  dewasa ini dapat mencapai 900 juta rupiah rupiah per ekornya.

Jika ada tetangga anda yang mempunyai jenis ikan louhan golden red ini, dapat dipastikan nama tetangga anda akan cepat melejit menjadi artis. Satu ekor ikan itu saja sudah dapat digunakan membeli mobil keluarga 4 hingga 5 buah.

Bagaimana, apakah anda akan memelihara ikan hias akuarium di rumah anda?

Demikian ulasan tentang 14 manfaat memelihara ikan hias akuarium di rumah bagi manusia. Semoga informasi di atas dapat membantu anda yang sedang memelihara ikan hias dan menambah wawasan anda tentang ikan hias. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel ikan hias lainnya di website duniaikan.com ini. Salam manfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • manfaat ikan hias
  • manfaat merawat ikan hias bgi psikologisis
  • mamfaat ikan hias
  • manfaat bagi kesehatan memelihara ikan hias
  • manfaat memelihara ikan hias
  • manfaat memelihara ikan hias di akuarium
  • mangpaat melihara ikan hias
/* */