12 Manfaat Ikan Gurame Bagi Kesehatan Terlengkap

Saturday, August 26th, 2017 - MANFAAT IKAN
Manfaat Ikan Gurame

Sumber: google.com

Manfaat Ikan Gurame – Mungkin dari anda pernah ada yang mengambil keuntungan dari membudidaya ikan gurame, tetapi anda belum mengetaui apa saja manfaat ikan gurame bagi kesehatan anda. Anda berada pada website yang tepat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa saja manfaat dari ikan gurame, kelebihan ikan gurame dan keistimewaan ikan gurame semuanya akan diulas lengkap di sini.

Sedikit orang masih khawatir jika mereka memakan ikan gurame, mereka akan membahayakan kesehatan tubuh mereka. Jika anda ingin ulasan yang lebih jauh, silahkan lanjutkan membaca anda.

Ikan gurame merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki nutrisi yang tinggi. Pantas saja jika ikan gurame tergolong makanan favorit orang Indonesia. Banyak restoran yang menyediakan menu makanan ini pada buku menunya. Selain memiliki rasa yang nikmat dan gurih, ikan gurame juga memiliki banyak manfaat dan kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Kandungan Gizi Ikan Gurame

Pada umumnya manusia membutuhkan kadar protein sebanyak 0,75 hingga 0,8 gram per kilo berat badan anda. Karena protein merupakan asupan nutrisi yang harus anda penuhi setiap hari.

Selain mengkonsumsi telur untuk memenuhi protein dalam tubuh, anda juga dapat mengkonsumsi ikan gurame ini. Kandungan protein di dalam ikan gurame sebanyak 19%. Jumlah protein ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan tawar seperti ikan mas, ikan nila, ataupun ikan lele.

Selain tubuh anda membutuhkan protein, nutrisi lemak juga amat dibutuhkan oleh tubuh anda. Kandungan lemak yang dimiliki tubuh ikan gurame sebesar 2,2%. Jika dibandingkan dengan kandungan lemak ikan mas (2 %) dan ikan nila (0,49%), ikan gurame masih di tingkat paling tinggi.

Kandungan lainnya yang ada pada tubuh ikan gurame yaitu zat makronutrien dan vitamin. Kedua kandungan ini juga termasuk kandungan yang penting dalam tubuh anda.

Ikan Gurame

Manfaat Ikan Gurame

Inilah Manfaat Ikan Gurame untuk Kesehatan

Setelah mengatahui kandungan yang sekian banyak dari ikan gurame, sekarang tiba waktunya untuk mengulas manfaat ikan gurame ini. Bagi anda yang sudah penasaran apa saja manfaat dari ikan gurame ini, berikut manfaat mengkonsumsi ikan gurame bagi kesehatan tubuh anda:

  1. Membantu Tumbuh Kembang Otak

Nutrisi yang dihasilkan oleh jenis ikan gurame ini adalah salah satunya kandungan asam lemak omega-3 (minyak ikan). Dimana fungsi dari kandungan asam lemak omega-3 ini sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan sel otak. Terutama otak anak-anak.

Seperti ulasan di atas, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan gurame tergolong cukup tinggi dibanding dengan ikan jenis lainnya. Hal ini membuat ikan gurame memiliki kelebihan tersendiri.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa anak yang rutin diberi asam lemak dapat memicu meningkatnya kecerdasan dan perkembangan sel anak. Sehingga anak akan lebih mudah untuk mengingat hal-hal yang baru dia temui.

  1. Membantu Pembentukan Otot

Selain ikan gurame dapat membantu tumbuh kembang otak, ikan gurame juga mampu membantu dalam pembentukan otot tubuh anda. Kadar protein yang tinggi pada ikan gurame sangat pas untuk pertumbuhan otot anda.

Anak pada usia balita yang terkena alergi susu atau yang tidak ingin meminum susu. Susahnya minta ampun ketika disuruh meminum susu. Jika anak anda terkena alergi Lactose intoleran maka anda harus mencari nutrisi lain yang kandungannya sama dengan kandungan susu. Alergi Lactose intoleran merupakan alergi gula susu (laktosa) jenis disakarida yang dikarenakan factor luar tubuh.

Anda mungkin berpikir untuk mencari makanan pengganti yang pas untuk memenuhi kebutuhan protein sang anak. Nah, ikan gurame ini dapat anda gunakan sebagai pengganti nutrisi yang pas untuk memenuhi kenbutuhan anak anda.

  1. Memperhalus Kulit

Mungkin anda heran, kok bisa ya dengan mengkonsumsi ikan gurame dapat memperhalus kulit anda. Nutrisi protein yang terdapat pada ikan gurame merupakan penyebab mengapa ikan gurame dapat memperhalus kulit anda.

Tentunya ini tidak dapat terjadi dengan instan. Anda harus rajin mengkonsumsi ikan gurame untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena di dalam tubuh ikan gurame terdapat protein yang mampu untuk meregenerasi kulit. Sehingga kulit anda akan tetap halus dan cantik.

  1. Suplay Energi

Kandungan lain yang banyak terdapat pada ikan gurame adalah asam amino esensial. Selain lemak dan karbohidrat, kandungan asam amino esensial ini dapat anda gunakan sebagai pengganti energi pada bagian tubuh anda yang sedang mengalami kerusakan.

  1. Menyembuhkan Luka

Kandungan protein yang ada pada ikan gurame dimanfaatkan oleh tubuh manusia sebagai tromboplastin dan fibrinogen. Hal ini berfungsi untuk membekukan darah yang keluar jika terjadi luka.

Bayangkan saja jika anda mengalami jatuh dan terjadi luka pada tubuh anda. Kemudian pada luka tersebut mengeluarkan darah. Jika tubuh anda tidak ada kandungan tromboplastin dan fibrinogen, maka darah anda akan keluar terus menerus dari dalam tubuh anda. Karena itulah anda membutuhan kedua nutrisi tersebut untuk membekukan daran yang keluar dari tubuh anda.

  1. Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi penyebab utamanya adalah kandungan kolesterol pada tubuh yang tidak terkontrol. Contoh jenis makanan yang memiliki kolesterol tinggi seperti gajih sapi, kerang, iga, udang, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk mencukupi nutrisi pada tubuh, anda memerlukan asupan makanan pengganti yang dapat memenuhi asupan nutrisi tersebut. Tetapi anda tidak boleh asal-asalan memilih makanan pengganti. Makanan yang anda makan selain memiliki nutrisi, juga harus memilki kandungan kolesterol yang rendah.

Jenis makanan yang seperti ini dapat anda peroleh dari ikan gurame. Dimana ikan gurame memiliki protein yang tinggi, tetapi mengandung lemak 55 miligram per 10 gram ikan gurame. Ini tergolong makanan yang rendah lemak.

  1. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Manfaat ikan gurame dalam mencegah penyakit jantung koroner ini memiliki ulasan yang sama dengan manfaat nomor 6 di atas. Dimana penyebab dan solusi penyakit jantung koroner ini sama seperti manfaat ikan gurame dalam mencegah penyakit tekanan darah tinggi di atas.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Untuk mencegah terjadinya penyakit kanker, anda harus memperhatikan pola makan yang teratur, rokok, minuman keras, dan zat kimia. Karena 4 hal ini memiliki resiko kanker yang terbesar. Makanan yang cukup nutrisi seperti ikan gurame, kerap menjadi solusi untuk mencegah penyakit kanker yang dapat menyerang tubuh anda.

  1. Mencegah Penyakit Busung Lapar (Kwashiorkor)

Penyakit yang biasa menyerang pada anak-anak ini banyak ditemui di daerah pedalaman yang kurang akan asupan makanan yang mengandung protein. Para penderita penyakit ini biasanya ditunjukkan dengan kondisi kaki dan tangan yang kurus, namun memiliki perut yang buncit dan wajah yang bengkak.

  1. Mencegah Penyakit Kekurangan Gizi (Marasmus)

Penyebab penyakit busung lapar dan kekurangan gizi hampir sama yaitu sama-sama kekurangan nutrisi makanan. Tetapi pada penyakit ini, pasien disebabkan karena kekurangan makanan yang mengandung energi atau kalori.

Sehingga tubuh penderita akan mengalami wajah keriput, kurus kering, bokong tepos, paha tepos, dan memiliki perut yang cekung. Penyakit kekurangan gizi ini paling banyak ditemui pada balita usia 0-2 tahun.

  1. Mencegah Penyakit Sindrom Wasting (Cachexia)

Penyakit sindrom wasting merupakan penyakit yang membuat anda cepat lelah ketika melakukan aktifitas ringan, otot menipis, dan berat badan menurun secara tidak normal. Bahkan penderita dapat mengalami kanker pada organ lambung, hati, dan usus.

Menurut penelitian yang telah dilansir pada salah satu jurnal di Amerika, bahwa penyakit sindrom wasting ini apabila tidak ditangani secara serius, si penderita akan mengalami sakit serius hingga berujung pada kematian.

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil memang disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari laut (seafood). Karena kebanyakan ikan laut mengandung merkuri yang dimana merkuri ini mampu membahayakan kesehatan dari sang janin. Kandungan merkuri ini dapat menyerang sistem saraf dari janin.

Selain menyerang saraf, seafood juga dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif pada usia 8 tahun. Karena inilah ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi seafood terlebih dahulu.

Bagi para ibu hamil yang gemar memakan ikan gurame, anda tidak perlu khawatir. Karena ikan gurame ini aman untuk anda kosumsi. Meskipun ikan gurame mengandung sedikit merkuri, tetapi ini aman untuk kesehatan janin anda.

Bagaimana, setelah anda membaca 12 manfaat ikan gurame bagi kesehatan terlengkap di dunia apakah anda akan mengkonsumsi ikan gurame sekarang? Itulah sedikit ulasan tentang khasiat ikan gurame untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat membantu anda, khususnya menambah nafsu makan anda. Salam manfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • kasiat ikan gurame?
  • maanfaat ikan gurami bagi tubuh
  • manfaat ikan gurame
  • www manpaat ikan gurame
/* */