20 Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Wednesday, August 23rd, 2017 - MANFAAT IKAN
Manfaat Ikan Gabus

Sumber: google.com

Manfaat Ikan Gabus – Ikan air tawar yang satu ini memilki manfaat yang banyak sekali. Seperti mempercepat penyembuhan setelah operasi, mengobati penderita diabetes, menyehatkan bayi dan juga ibu hamil.

Ikan gabus merupakan ikan yang familiar sekali. Anda dapat menemukan ikan gabus ini di daerah sungai, danau, rawa, ataupun di sawah. Karena di daerah inilah habitat ikan gabus banyak ditemukan. Karena memiliki bentuk yang besar yaitu dapat tumbuh hingga 1 meter, ikan gabus disebut juga ikan bogo (bogem=besar). Sebutan ini biasa berlaku di daerah Banyumas, Jawa Tengah.

Harga dan Manfaat Ikan Gabus Terlengkap

Hampir setiap hari ikan gabus dapat dijumpai dipasar ikan. Ikan yang memiliki daging yang tebal dan memilki rasa yang gurih ketika digoreng, memang memiliki harga yang sedikit lebih mahal ketimbang ikan air tawar pada umumnya. Harga ikan gabus perkilogramnya dapat mencapai Rp.60.000,- sampai Rp.70.000,-.

Harga yang lumayan mahal ini membuat para masyarakat memikir dua kali untuk membeli ikan gabus. Para masyarakat lebih memilih membeli ikan lele ketimbang ikan gabus. Hal ini dikarenakan ikan lele memiliki harga yang lebih murah, yaitu per kilogramnya hanya dihargai sebesar Rp.17.000,- sampai Rp.20.000,- saja.

Padahal jika kita melihat dari segi manfaat dan khasiat ikan gabus, ikan ini memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Dimana dalam 100 gr daging ikan gabus terdapat 25,5 % protein, 62 gram kalsium, 1,7 gram lemak, serta mengandung 69 gram kalori. Protein ikan gabus tergolong cukup besar. Dimana ikan kakap hanya memiliki 20 % protein per 100 gram daging ikan kakap.

Sejuta Manfaat Ikan Gabus yang Bagus Untuk Kesehatan

Masa Panen Ikan Gabus

Masa Panen Ikan Gabus

Melihat kandungan ikan gabus yang banyak sekali, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa manfaat ikan gabus ini sangat banyak sekali. Selain manfaat ikan gabus yang tertera di atas, masih banyak lagi manfaat-manfaat ikan gabus yang lainnya. Berikut akan diulas beberapa manfaat dari ikan gabus untuk kesehatan tubuh anda:

  1. Menyembuhkan Kaki Bengkak

Manfaat yang pertama yaitu dapat menyembuhkan kaki bengkak dengan meningkatkan kadar albumin yang ada di dalam darah. Albumin ini adalah sebuah protein yang terdapat di dalam jaringan plasma. Albumin disini berfungsi sebagai pengikat kandungan air di dalam darah supaya tidak bocor.

Contoh dari penyakit akibat kekurangan albumin adalah kaki bengkak. Untuk mengobati penyakit ini, anda dapat mengkonsumsi ikan gabus dengan rutin. Kemungkinan besar bengkak kaki anda sedikit demi sedikit akan semakin kempes.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Lambatnya penyembuhan luka anda bisa terjadi karena rendahnya trombosit atau jaringan kulit yang terlalu lembab. Seperti yang sudah di bahas di atas. Protein albumin yang ada pada ikan gabus ini dapat mempercepat pertumbuhan sel yang baru. Sehingga penyembuhan luka anda akan lebih cepat dan maksimal.

  1. Menambah Pasokan Energi Tubuh

Ikan gabus merupakan ikan yang mempunyai kadar kalori yang amat tinggi. Dengan anda mengkonsumsi ikan gabus sebesar 1 kilogram, anda sama saja memakan nasi sebanyak 2 piring. Porsi seperti ini anda telah mendapatkan kalori sebanyak 690 Kilokalori. Dan apabila anda mengkonsumsi ikan gabus secara rutin, tubuh anda akan semakin segar dan tidak gampang lemas.

  1. Memperkuat dan Memperbesar Massa Otot

Memiliki Otot yang kuat dan besar menjadi idaman banyak para lelaki. Hal yang mereka perbuat untuk memperoleh otot ini biasanya dilakukan dengan cara olahraga (gim) dan memakan makanan yang penuh nutrisi.

Tubuh ikan gabus yang tergolong penuh nutrisi ini dapat anda jadikan sebagai pasokan nutrisi tubuh anda. Dengan protein ikan gabus yang rendah lemak, otot anda dapat terbentuk secara sempurna, tidak kendur, dan tentu saja kuat.

  1. Penambah Berat Badan

Salah satu cara untuk menambah berat badan adalah dengan mengkonsumsi ikan gabus dalam jumlah yang banyak. Di dalam tubuh ikan gabus terdapat protein hewani yang banyak. Dan protein hewani telah terbukti dalam menambah berat badan manusia tanpa lemak yang berlebih. Ditambah kombinasi protein dan karbohidrat yang mampu memicu pertumbuhan sel.

  1. Membantu Pertumbuhan Gigi dan Tulang

Dua mineral yang paling dibutuhkan oleh manusia untuk dapat mencapai pertumbuhan gigi serta tulang dengan maksimal adalah fosfor dan kalsium. Kedua mineral ini dapat anda dapatkan dari dalam tubuh ikan gabus.

Dimana dalam 100 gram daging ikan gabus terdapat kandungan fosfor sebesar 60 miligram dan kalsium sebesar 70 miligram. Oleh karena itu, para bayi dan lansia sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan bagus. Tidak lain dimaksudkan untuk memaksimalkan kepadatan serta pertumbuhan tulang mereka.

  1. Meningkatkan Daya Imun

Apabila anda memperhatikan pola makan yang benar dan pasokan nutrisi yang cukup untuk tubuh, maka imun atau daya tahan tubuh anda akan tercapai dengan maksimal. Vitamin B1 merupakan salah satu vitamin yang sangat penting untuk memperkuat daya imun anda. Beruntunglah anda yang rutin mengkonsumsi ikan gabus. Karena di dalam ikan gabus juga terdapat kandungan Vitamin B1.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Memiliki mata yang sehat merupakan idaman semua orang. Untuk mendapatkan mata yang sehat anda harus memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi. Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A.

Salah satu makanan yang mengandung vitamin A adalah ikan gabus. Dimana dalam ikan gabus terdapat kandungan 150 miligram vitamin A per 100 gram dagingnya. Tentu saja ikan ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan mata anda.

  1. Sebagai Obat Diabetes Mellitus

Orang yang terkena diabetes mellitus terkadang direpotkan dengan jenis makanan yang boleh dimakannya. Contoh kecilnya seperti nasi. Para pengindap diabetes mellitus tidak diperbolehkan mengkonsumsi nasi. Karena nasi dapat meningkatkan kadar gula darah. Padahal mereka harus memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh mereka.

Apabila anda tergolong pengindap diabetes mellitus, anda tidak perlu bingung lagi memilih makanan apa yang bisa memenuhi kalori tubuh anda. Mulai sekarang anda dapat mengkonsumsi ikan gabus dengan rutin. Karena di dalam ikan gabus terkandung banyak kalori yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda.

  1. Menutrisi Kebutuhan Janin dan Ibu Hamil

Guna memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan ibu hamil, makanan yang dikonsumsi haruslah banyak mengandung protein hewani. Contohnya seperti telur, ati ayam, dan ikan.

Sedangkan jenis ikan sendiri sangat banyak sekali. Dari sekian banyak jenis ikan air tawar, ikan gabus merupakan ikan yang tinggi protein dan bagus untuk menutrisi kebutuhan janin dan ibu hamil.

  1. Mempercepat Luka Bekas Operasi

Bila anda sedang mengalami operasi yang meninggalkan bekas jahitan, makanan yang dapat mempercepat luka anda kembali normal ikan gabus. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ikan gabus mengandung protein albumin yang dapat membantu pertumbuhan sel baru. Hal inilah yang akan mempercepat penyembuhan luka anda.

  1. Mencegah Depresi

Depresi merupakan penyakit mental yang berakibat pada kegelisahan hati, stamina, perasaan, pola tidur, selera makan, dan tingkat konsentrasi. Dengan mengkonsumsi ikan gabus secara rutin, stamina anda akan kembali normal, selera makan meningkat, dan semangat anda juga akan berkobar-kobar. Sehingga produktifitas anda akan meningkat pula.

  1. Mengobati Pegal-pegal

Kekurangan vitamin B1 dapat membuat tubuh anda menjadi mudah pegal. Untuk mengatasi rasa pegal-pegal pada tubuh, anda dapat mengkonsumsi ikan gabus ini. Karena dalam tubuh ikan gabus terdapat vitamin B1 yang dapat membuat tubuh anda tidak mudah lelah.

  1. Sebagai Obat Kolesterol

Penyakit kolesterol sekarang telah banyak menyerang manusia. ¬¬Apabila anda termasuk dalam pengindap penyakit kolesterol, anda tidak perlu khawatir. Karena untuk mengobati itu anda dapat mengkonsumsi ikan gabus secara rutin. Protein yang terkandung dalam ikan bagus dapat menjadi alternatif anda.

  1. Mengeringkan Luka Koreng

Dengan mengkonsumsi ikan gabus secara rutin, anda dapat menyembuhkan luka koreng anda dengan lebih cepat. Dengan begitu anda akan kembali percaya diri lagi.

  1. Sebagai Sumber Kalori Hewani Rendah Lemak

Dimana seperti yang sudah disinggung di atas, ikan gabus merupakan sumber kalori yang bagus untuk tubuh anda. Dengan kita mengkonsumsi ikan gabus sebanyak 100 gram, berarti kita sudah memasukkan kalori ke dalam tubuh sebanyak 69 gram.

  1. Sebagai Alternatif Nasi

Seperti yang anda tahu , dimana 1 kilogram ikan gabus setara dengan 2 piring nasi. Sungguh menakjubkan bukan. Maka tak heran jika ikan gabus dapat dijadikan sebagai alternatif nasi.

  1. Mengobati Penyakit Kekurangan Albumin

Albumin yang berfungsi untuk mengikat air dalam darah membuat tubuh anda sangat memerlukan hal yang satu ini. Jika anda mengkonsumsi ikan gabus dengan rutin, anda akan mendapatkan asupan albumin yang cukup.

  1. Sebagai Pengencang Kulit

Untuk mengencangkan kulit anda, ikan gabus dapat anda jadikan obatnya. Ikan gabus telah dipercaya dapat mengencangkan kulit dan otot badan manusia.

  1. Pemberantas Kadar Lemak Jahat (LDL)

Kadar lemak jahat (LDL) yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Apabila anda memilki kadar lemak jahat (LDL) yang tinggi, maka anda harus menghindari makanan seperti margarin, gorengan, jeroan, kuning telur, susu full cream, fast food, maupun seafood. Dengan mengkonsumsi ikan gabus tanpa digoreng, anda dapat menurunkan lemak jahat (LDL) dalam tubuh anda.

Setelah mengetahui 20 manfaat ikan gabus bagi kesehatan tubuh manusia apakah anda masih tidak ingin mengkonsumsi ikan gabus ini? Semoga dengan diulasnya artikel tentang 20 manfaat ikan gabus di atas membuat nafsu makan dan wawasan anda semakin bertambah. Jangan lupa kunjungi manfaat-manfaat ikan lainnya di website ini. Salam manfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • apa manfaat ikan di dalam tubuh manusia
  • manfaat ikan gabus untuk mata
/* */