20 Manfaat Ikan Cakalang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Tuesday, August 22nd, 2017 - MANFAAT IKAN
Manfaat Ikan Cakalang

Sumber: google.com

Manfaat Ikan Cakalang – Ikan cakalang merupakan ikan yang biasa hidup di air laut yang mempunyai daging manis dan tebal. Ikan cakalang ini masih satu spesies atau jenis dengan ikan tongkol dan ikan tuna. Sehingga ikan cakalang ini mempunyai ciri yang sama dengan ikan tongkol atau ikan tuna. Manfaat umum dari ikan cakalang adalah sebagai peningkatan daya tahan tubuh, perkembangan, dan pencegah dari beerbagai penyakit.

Ciri-ciri Dari Ikan Cakalang

Banyak masyarakat yang belum mengenal tentang ikan cakalang ini. Masyarakat mengira bahwa ikan ini sama saja dengan ikan tongkol ataupun ikan tuna. Padahal ikan cakalang dengan ikan tongkol maupun ikan tuna jelas berbeda.

Khasiat Ikan Cakalang Untuk Tubuh Manusia

Apabila anda termasuk manusia yang belum popular dengan ikan cakalang ini, tidak usah khawatir. Untuk mengetahui perbedaan dari ikan cakalang dengan ikan tongkol dan ikan tuna, berikut adalah ciri-ciri khusus dari fisik ikan cakalang:

  • Terdapat 2 hingga 4 garis melintang yang berwarna hitam yang berada pada tubuh ikan cakalang ini.
  • Bagian tubuh ikan cakalang pada sekitar perut atau pada bagian tengah terlihat mengembung dan bebentuk bulat.
  • Tempat tinggal ikan cakalang biasa berada di suhu yang lumayan tinggi, yaitu sekitar 26 derajat sampai 29 derajat Celcius.
  • Habitat ikan cakalang berada di laut Indonesia Timur, seperti daerah Makassar, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Oleh karena inilah masyarakat di daerah sana sangat popular dengan ikan cakalang.
  • Ikan cakalang yang berada di pasar, secara umum memiliki panjang tidak lebih dari 50 cm. Hal ini karena ikan cakalang yang berukuran lebih dari ini sulit sekali untuk ditangkap.
  • Terakhir, berat ikan cakalang ini tidak lebih dari 20 kilogram per ekor.
  • Ketika matahari bersinar, penangkapan ikan cakalang dapat ditangkap di kedalaman 250 meter atau lebih dalam lagi. Dan apabila pada malam hari, ikan cakalang dapat anda tangkap di permukaan laut atau di dekat pulau.

Manfaat Ikan Cakalang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Meskipun masyarakat tidak popular dengan nama ikan cakalang ini, tetapi ikan ini telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas. Selain itu, apabila anda mengkonsumsi ikan cakalang secara rutin, anda sama saja melindungi kesehatan tubuh anda.

Ikan cakalang ini memiliki mafaat yang penting untuk kesehatan tubuh anda. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat ikan ikan cakalang untuk kesehatan tubuh manusia secara lengkap:

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Kandungan protein yang tinggi pada ikan cakalang, sangat membantu proses peningkatan kecerdasan otak manusia. Khususnya pada usia anak-anak. Mereka sangat membutuhkan asupan protein yang tinggi guna membantu dan memperlancar tumbuh kembang otaknya.

Usia anak-anak merupakan usia pertumbuhan. Oleh karena itu, anak-anak lebih disarankan mengkonsumsi ikan cakalang ini.

  1. Mempertajam Daya Ingat

Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam tubuh ikan cakalang ini cukup tinggi. Dimana omega-3 ini merupakan lemak esensial yang telah terbukti sebagai pendukung daya ingat otak. Karena inilah omega-3 banyak diperjualbelikan guna melengkapi nutrisi anak-anak anda.

Dengan mengkonsumsi ikan cakalang ini, omega-3 secara alami telah meningkatkan daya ingat otak anda dengan sendirinya. Hal ini terjadi karena syaraf-syaraf yang dinutrisi omega-3 telah berfungsi dengan dengan maksimal. Sehingga penyimpanan memori dalam otakpun berjalan dengan sempurna.

  1. Penambah Nafsu Makan

Selain dapat meningkatkan kecerdasan otak manusia, ikan cakalang juga dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan anda. Terutama pada anak-anak yang susah makan. Ikan ini dapat memungkinkan nafsu makan anak-anak meningkat serta anak-anak tidak akan pilih-pilih makanan lagi.

  1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Ikan cakalang merupakan ikan yang rendah lemak maupun kalori. Jika anda mengkonsumsi ikan cakalang dalam jumlah banyak, badan anda tidak akan melar. Oleh karena inilah, ikan cakalang sering digunakan sebagai menu diet yang ampuh.

Anda dapat menggunakan ikan cakalang sebagai lauk pauk makan anda dirumah. Kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, sudah banyak terdapat pada ikan cakalang ini.

  1. Sebagai Sumber Protein Hewani

Mengkonsumsi protein dengan porsi yang cukup dapat menjaga kondisi tubuh kita dari berbagai serangan penyakit yang datang. Oleh karena itulah protein sangat penting untuk tubuh manusia.

Protein disini terbagi menjadi dua bagian, yaitu protein hewani dan protein nabati. Dimana protein nabati dapat diperoleh dari makanan yang berasal dari sayuran. Sedangkan protein hewani dapat diperoleh dari makanan yang berasal dari daging hewan. Dan ikan cakalang ini termasuk sumber protein hewani yang berkadar tinggi.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Menjaga kulit agar tetap awet muda dengan makan ikan cakalang? Mungkin anda heran dengan manfaat yang satu ini. Bagaimana bisa ikan cakalang membuat anda tetap awet muda. Berikut penjelasannya.

Kandungan dari ikan cakalang sangat banyak sekali. Seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, dan lainnya lagi. Tidak dapat kita pungkiri betapa banyak manfaat ikan cakalang ini untuk tubuh kita.

Apabila vitamin di atas menyatu, hal ini akan membuat kulit anda menjadi awet muda. Jadi, dengan mengkonsumsi ikan cakalang secara rutin dapat membuat kulit kita lebih cerah, tanpa kerutan, serta terbebas dari penuaan dini.

  1. Membuat Kulit Elastis dan Fleksibel

Seperti yang sudah anda ketahui dari bacaan di atas, ikan cakalang mempunyai banyak protein dan vitamin melimpah. Dari kandungan inilah yang dapat membuat kulit anda tetap elastis dan fleksibel.

Kulit anda akan menjadi lebih kencang dan tidak kaku. Oleh karena inilah, ikan cakalang sering digunakan sebagai pendukung perawatan kecantikan kulit para kaum hawa.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Apakah anda pernah sakit gigi? Apakah anda pernah patah tulang? Sakit sekali bukan. Sebenarnya untuk menjaga gigi dan tulang kita tetap kuat, anda dapat mengkonsumsi ikan cakalang ini. Ikan cakalang mengandung banyak vitamin D yang baik untuk tubuh manusia.

Bila anda mempunyai anak kecil di rumah, ikan cakalang sangat baik untuk tumbuh kembangnya. Ikan ini akan memperkuat gigi dan tulang anak anda. Selain itu, bila anda mengkonsumsi ikan ini anda akan memperkecil resiko patah tulang atau retak tulang.

  1. Menurunkan Kolesterol yang Tinggi

Anda mempunyai kolesterol yang tinggi? Ikan cakalang dapat membantu menurunkan kolesterol anda. Karena ikan cakalang akan mengontrol jumlah kolesterol jahat yang membahayakan pada tubuh anda.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat mengkonsumsi ikan cakalang dalam porsi dua kali seminggu. Jangan heran jika anda akan menurunkan kadar kolesterol dengan signifikan.

  1. Memulihkan Penyakit Reumatik

Mungkin anda tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Penyakit ini membuat tangan dan kaki anda linu tak tertahankan. Hal ini dikarenakan persendian dan pembuluh darah anda dalam kondisi yang kurang baik.

Penyakit yang banyak dialami oleh lansia ini membuat para penderitanya sering meminum obat-obatan yang dapat membahayakan ginjal mereka. Ketimbang anda mengkonsumsi obat-obatan kimia, lebih baik anda mengkonsumsi ikan cakalang saja. Karena ikan cakalang ini mengandung vitamin D yang baik untuk tulang dan pembuluh darah anda.

  1. Mempercepat Pemulihan Pembuluh Darah yang Terjepit

Dengan asupan nutrisi yang kurang baik, ini akan berakibat pada pembuluh darah yang terjepit. Dan untuk mengatasi masalah ini tergolong cukup mudah. Anda dapat mengkonsumsi ikan cakalang ini dengan rutin.

  1. Memulihkan Depresi

Penyakit depresi sekarang banyak ditemui di sekitar kita. Bila anda mempunyai tetangga atau teman yang menderita depresi, anda dapat menyarankan mereka untuk menghentikan mengkonsumsi obat-obatan dan mulai mengkonsumsi ikan cakalang ini. Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa obat-obatan itu tidak baik untuk kesehatan ginjal anda.

  1. Pencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit yang menakutkan ini dapat membuat anda kehilangan seuruh memori anda. Penyakit ini dapat menyerang pada usia berapapun. Jadi, untuk menghindari penyakit Alzheimer mulai sekarang rutinlah mengkonsumsi ikan cakalang ini. Karena ikan cakalang dapat meningkatkan daya ingat manusia.

  1. Pencegah Jantung Koroner

Kandungan omega-3 yang terdapat pada tubuh ikan cakalang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Dengan mengkonsumsi ikan cakalang, berarti anda telah mencegah penyakit jantung coroner yang menyerang anda.

  1. Pencegah Diabetes

Apabila kadar trigliserida anda terlalu tinggi hal ini akan memperbesar peluang anda terserang diabetes. Dengan mengkonsumsi ikan cakalang, anda mampu menurunkan kadar trigliserida yang ada dalam tubuh. Sehingga anda akan terbebas dari penyakit diabetes ini.

  1. Pencegah Tekanan Darah Tinggi

Dengan mengkonsumsi ikan cakalang secara rutin, anda telah melengkapi nutrisi yang dibutuhan oleh tubuh. Sehingga tekanan darah anda akan terjaga.

  1. Pembentuk Sel Darah dan Jantung Janin

Asupan gizi yang cukup sangat berarti penting sekali untuk kesehatan janin anda. Karena hal ini sangat mendukung tumbuh kembang dari janin anda.

Untuk membantu masalah ini, anda dapat mengkonsumsi ikan cakalang. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan cakalang, sebab kandungan omega-3 yang terkandung dalam ikan cakalang mampu membantu sel darah dan jantung janin.

  1. Pencegah Kanker Darah

Kandungan ikan cakalang selain vitamin dan protein, adalah zat besi. Dimana zat besi ini dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah anda. Dan ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker darah pada tubuh anda.

  1. Mengatasi Nyeri Ketika Menstruasi

Bagi kaum hawa, rasa nyeri ketika menstruasi membuat mereka bingung mencari obat kesana-kemari. Mulai dari obat tablet hingga obat berbentuk minuman, semuanya mereka konsumsi. Dengan harapan rasa nyeri mereka cepat hilang.

Dari pada anda kesana kemari tidak jelas, konsumsi saja ikan cakalang ini. Ikan cakalang telah dipercaya sejak lama untuk mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi.

  1. Pencegah Ejakulasi Dini

Dengan cara memasak ikan cakalang yang direbus dan kemudian dicampur dengan daun jeruk, dapat anda jadikan sebagai obat pencegah ejakulasi dini.

Setelah anda mengetahui 20 manfaat ikan cakalang bagi kesehatan tubuh apakah anda akan mengkonsumsi ikan cakalang sebagai menu andalan anda di rumah? Demikianlah sedikit ulasan tentang manfaat ikan cakalang bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga informasi ini memberi kita pencerahan. Salam manfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • ikan cengkalang manfaatx untuk kesehatan
  • manfaat ikan cakalang
  • manfaat ikan cakalang atau tongkol
  • Manfaat ikan cakalang tuk kesehatan
  • manfaat ikan cakalang untuk kesehatan otak dan tubuh
/* */