29 Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap

Monday, October 16th, 2017 - IKAN, MANFAAT IKAN
Manfaat Ikan Bandeng

Manfaat Ikan Bandeng

Manfaat Ikan Bandeng – Siapa yang tidak kenal ikan yang satu ini. Olahan yang paling terkenal dari ikan ini adalah prestonya. Iya, presto bandeng.

Karena duri ikan bandeng yang terbilang cukup banyak, dengan mengolah ikan ini sebagai presto, duri ikan ini akan terasa lunak dan mudah untuk kita konsumsi. Oleh karena itu, banyak para pengusaha atau pelaku bisnis yang menggunakan menu presto sebagai sumber uang mereka.

Dengan peluang bisnis yang menggiurkan tersebut para pembudidaya ikan bandeng juga melonjak semakin pesat. Jadi tak heran jika ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang populer di masyarakat.

Khasiat Mengkonsumsi Ikan Bandeng  Untuk Kesehatan

Ikan bandeng merupakan ikan yang dapat hidup di air laut dan air tawar. Mengapa demikian? Karena pada habitat aslinya, ikan bandeng dewasa hidup di lautan.

Kemudian setelah ikan bandeng siap bertelur, dia akan menuju ke sungai air tawar. Ketika anakan ikan bandeng sudah mulai dewasa, ikan ini akan berenang menuju ke lautan kembali. Begitu seterusnya.

Harga ikan bandeng juga tergolong murah, yaitu sekitar Rp.44.000,- per kilonya. Tentunya harga ini tidak dapat digunakan sebagai patokan, karena setiap daerah memiliki harga masing-masing.

Jika anda ingin membeli ikan bandeng ini, anda tidak akan kesulitan menemukannya. Hampir setiap hari ikan bandeng dapat anda temukan di pasar. Ikan bandeng juga banyak dijual oleh para penjual sayur keliling.

Kandungan gizi ikan bandeng juga tergolong banyak sekali. Dengan kandungan ikan bandeng yang banyak ini, tek diragukan lagi jika ikan bandeng memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia seperti kita ini.

Untuk mengetahui apa saja kandungan gizi dari ikan bandeng ini, berikut tabel kandungan gizi ikan bandeng selengkapnya:

Tabel Kandungan Gizi Ikan Bandeng Telengkap

Nama Kandungan Gizi Jumlah Satuan
Kandungan Vitamin A 150 IU
Kandungan Vitamin B1 0,05 mg
Kandungan Energi 129 kkal
Kandungan Fosfor 150 mg
Kandungan Kalsium 20 mg
Kandungan Lemak 4,8 gr
Kandungan Protein 20 gr
Kandungan Zat Besi 2 mg

Catatan: Jumlah kandungan gizi di atas berdasarkan jumlah ikan bandeng per 100 gram.

Setelah anda mengetahui kandungan gizi ikan bandeng yang lengkap seperti tabel di atas tersebut, berikut adalah manfaat mengkonsumsi ikan ikan bandeng bagi kesehatan tubuh terlengkap:

  1. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Penyakit yang satu ini merupakan jenis penyakit yang biasa menyerang pada orang yang berusia lanjut. Penyakit osteoporosis merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh pengeroposan tulang akibat kekurangan kalsium pada tubuh.

Untuk menghindari penyakit osteoporosis tersebut, anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng ini mulai sekarang. Dengan mengkosumsi ikan bandeng secara rutin, kebutuhan kalsium pada tubuh anda akan tercukupi. Sehingga anda akan terbebas dari risiko osteoporosis ini.

  1. Mengurangi Risiko Jantung Koroner

Seperti halnya manfaat mengkonsumsi kacang almond, kacang mete, buah naga, dan kulit manggis, ikan bandeng juga dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Mengolah ikan bandeng dengan cara direbus, dipercaya mampu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner pada tubuh anda. Sehingga jika anda tidak menginginkan penyakit jantung koroner mengindap pada tubuh anda, mulai sekarang konsumsilah ikan bandeng secara rutin.

  1. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Mengolah ikan bandeng dengan cara direbus, selain dapat menurunkan risiko jantung koroner, cara ini juga dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan Hipertensi.

Selain mengkonsusmi ikan bandeng rebus, untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi anda dapat mengkonsumsi umbi talas, daun katuk, bawang putih, kol, dan darah ular. Dengan begitu, risiko penyakit tekanan darah tinggi pada tubuh anda dapat dikurangi.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Penyakit yang biasa ditandai dengan penurunan kemampuan berbicara, berpikir, dan daya ingat ini merupakan jenis penyakit yang terjadi secara perlahan-lahan (progresif). Untuk menghindari penyakit ini, anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng sebagai menu harian anda.

Karena ikan bandeng mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer ini. Dan asam lemak omega 3 ini sifatnya tidak mudah hancur. Meskipun dimasak dalam suhu dan yang bertekanan tinggi.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Anemia

Anemia merupakan jenis penyakit yang terjadi karena kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Tempat produksi dari sel darah merah ini terdapat di dalam tulang. Hemoglobin ini merupakan senyawa protein yang membawa oksigen dalam sel darah merah.

Untuk menghindari penyakit ini, anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng secara rutin. Karena kandungan zat besi yang terdapat pada ikan bandeng dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko.

  1. Mengurangi Risiko Stroke

Penyakit stroke merupakan jenis penyakit yang serius dan mematikan. Penyakit yang menyerang saraf otak ini dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kelumpuhan sebagian tubuh hingga kelumpuhan total. Untuk mencegahnya, anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng ini sebagai menu rumahan yang rutin.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol Tubuh

Karena ikan bandeng mempunyai kandungan lemak tidak jenuh yang lumayan cukup tinggi, hal ini mampu mengakibatkan penurunan dan menyeimbangkan kandungan dari kolesterol jahat dan lemak jahat yang terdapat di dalam tubuh anda.

Sehingga kadar kolesterol tubuh anda akan terjaga kesehatannya. Selain mengkonsumsi ikan bandeng, untuk mengurangi kadar kolesterol ini, anda juga dapat mengkonsusmsi makanan lain seperti putih telur, susu kedelai, buah mengkudu, dan kentang.

  1. Menjadi Sumber Penghasilan (Lahan Bisnis)

Jenis bisnis yang paling umum dari ikan bandeng ini adalah budidaya ikan bandeng dan penjualan olahan ikan bandeng. Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, ikan bandeng merupakan ikan konsumsi yang populer. Olahan ikan bandeng yang paling terkenal adalah olahan bandeng prestonya.

Minat pasar ikan bandeng juga tergolong tinggi. Jadi jika anda dapat mengelola ikan bandeng dengan benar, ikan ini akan menjadi sumber penghasilan utama anda.

  1. Membantu Pembentukan Otot

Dengan kandungan protein yang tergolong cukup tinggi ini dapat bermanfaat untuk membantu pembentukan otot dalam tubuh anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat mengelola ikan bandeng ini dengan olahan ikan bandeng rebus. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi ikan bandeng ini ya.

  1. Membantu Mengencangkan Otot

Bagi anda yang menginginkan otot yang kencang, mengkonsumsi ikan bandeng ini sangat disarankan untuk anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng ini dengan olahan ikan bandeng rebus.

  1. Menambah Daya Imun Tubuh

Selain manfaat-manfaat di atas, ikan bandeng ini juga dapat menambah daya imun anda. Sehingga anda akan lebih kebal terhadap datangnya penyakit yang dapat menyerang tubuh anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng ini dengan olahan ikan bandeng rebus.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang merupakan anggota tubuh yang sangat penting sekali. Pernahkah anda membayangkan bagaimana jika tubuh anda hidup tanpa tulang?

Fungsi utama tulang adalah sebagai pembentuk dan penyangga tubuh anda. Tulang yang sehat merupakan tulang yang kebutuhan kalsiumnya tercukupi.

Untuk itu, jika anda menyayangi tubuh anda mulai sekarang anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng ini. Karena ikan bandeng ini mengandung kalsium yang cukup tinggi.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi manusia berfungsi untuk memotong dan menghaluskan makanan yang masuk ke mulut sebelum diteruskan ke usus besar. Jika kesehatan gigi anda terganggu, proses pemotongan dan penghalusan makanan juga akan terganggu pula.

Untuk mencegah hal tersebut, anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng sebagai menu makanan rutin anda. Dan perlu anda tahu, dan mungkin anda sudah merasakan, sakit gigi merupakan jenis penyakit yang tidak terlihat mencolok tetapi rasanya teramat sangat menyiksa.

  1. Membantu Proses Tinggi Badan

Dengan kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi pada ikan bandeng ini, hal mampu membantu anda dalam proses pertumbuhan tinggi badan. Sehingga pertumbuhan tinggi badan akan lebih maksimal.

  1. Membantu Penyembuhan Luka

Pernahkah anda membandingkan luka pada orang lain dengan luka anda sendiri? Dalam kasus luka yang sama tetapi memiliki kecepatan sembuh yang berbeda. Mengapa dapat terjadi demikian?

Hal ini dapat terjadi karena pengaruh dari kandungan zat besi yang ada di dalam masing-masing tubuh. Jika seseorang mempunyai kandungan zat besi yang banyak, hal ini memungkinkan luka yang terjadi pada tubuh akan cepat sembuh pula.

Untuk mendapatkan kandungan zat besi ini, anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng ini. Karena dalam 100 gram daging ikan bandeng terdapat 2 mg zat besi.

penyakit anemia ini.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Memiliki mata yang sehat merupakan dambaan dari setiap orang. Mata yang sehat memerlukan vitamin A yang cukup untuk mendukung kesehatan mata ini sendiri.

Untuk mendapatkan vitamin A anda dapat memerolehnya dari mengkonsumsi buah anggur, wortel, kacang hijau, dan ikan bandeng ini. Kandungan vitamin A pada ikan bandeng ini dapat anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan mata anda.

  1. Menjaga Kesehatan Janin Pada Ibu Hamil

Kesehatan janin merupakan faktor utama bayi lahir dengan selamat dan normal. Untuk mendapatkan janin yang sehat, ibu hamil dapat mengkonsumsi ikan bandeng dengan rutin. Karena kandungan asam lemak omega 3 pada ikan bandeng ini dapat membantu kesehatan janin pada ibu hamil.

  1. Membantu Perkembangan Janin Selama di Kandungan

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan bandeng ternyata lebih tinggi ketimbang kandungan asam lemak pada ikan salmon, yaitu 1 : 6 dari jumlah asam lemak omega 3 ikan bandeng.

Untuk Mendapatkan janin anda berkembang dengan sempurna, anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng ini. Karena asam lemak omega 3 ini bermanfaat untuk membantu perkembangan janin anda selama masa kehamilan.

  1. Membantu Fungsi Kognitif

Fungsi kognitif merupakan suatu kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah, mengawasi, merencanakan, mengevaluasi, mempertimbangkan, dan menyimpan suatu peristiwa penting (memori).

Untuk menjaga fungsi kognitif anda tetap dalam kondisi yang baik, anda memerlukan asupan nutrisi yang tepat. Salah satu makanan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah ikan bandeng ini.

Dengan mengkonsumsi ikan bandeng ini, fungsi kognitif anda akan terjaga dengan baik. Sehingga hari-hari anda akan lebih menyenangkan.

  1. Sumber Protein Hewani

Meskipun di Indonesia lautnya sangat luas, banyak masyarakat yang belum terbiasa mengkonsumsi hasil lautnya. Padahal ikan laut sangat bermanfaat untuk kehatan tubuh anda.

Masyarakat Indonesia lebih senang mengkonsumsi daging ayam ketimbang daging ikan ini. Tetapi untuk beberapa jenis ikan, seperti ikan bandeng ini, merupakan ikan konsumsi yang familiar di Indonesia.

  1. Memenuhi Kebutuhan Kalori Pada Tubuh

Kandungan kalori atau energi pada ikan bandeng sangat baik untuk tubuh anda. Dengan mengkonsumsi 100 gram daging ikan bandeng, anda dapat menghasilkan 129 Kkal untuk tubuh anda.

Sehingga ini sangat baik untuk tubuh anda dalam menghasilkan energi yang lebih banyak.

  1. Mengobati Depresi (Mood Stabilizer)

Manfaat ikan bandeng selanjutnya adalah mengobati depresi. Hal ini dikarenakan ikan bandeng memiliki rasa yang gurih dan lezat. Meskipun ikan bandeng tidak anda bumbui sekalipun, ikan ini memiliki rasa yang gurih.

Hal ini dikarenakan ikan bandeng berasal memiliki habitat di air laut dan di air tawar. Dan rasa gurih inilah yang dapat mengobati depresi yang anda derita.

  1. Mengobati Stress

Stress merupakan suatu rasa kuwalahan terhadap tekanan akan kejadian dan dalam kurun waktu yang lama. Hal ini dapat anda obati dengan mengkonsumsi ikan bandeng ini. Karena kandungan protein dan karbohidrat dalam ikan bandeng mampu mengobati stress yang anda derita.

  1. Mengobati Kepala Pusing

Kepala yang pusing bisa diakibatkan kekurangan atau kelebihan darah. Dengan mengkonsumsi ikan bandeng ini, kadar darah anda akan tergaja. Sehingga anda akan terhindar dari penyakit pusing ini.

  1. Mengobati Badan Lemas

Tubuh yang lemas sangat mengganggu kualitas kerja kita. Sehingga kerja kita akan menjadi tidak karuan dan berantakan. Untuk mengatasi tubuh yang lemas tersebut, anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng ini.

  1. Menambah Berat Badan

Anda memiliki tubuh yang kurus? Dan anda ingin menambah berat badan anda secara alami? Ikan bandeng ini dapat anda gunakan sebagai solusinya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat mengolah ikan bandeng ini dengan cara digoreng. Kandungan lemak HDL dan lemak LDL ini akan bermanfaat untuk menambah berat badan anda.

  1. Mencerdaskan Otak

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan bandeng ini bermanfaat untuk menambah kemampuan dari otak anda.  Sehingga anda akan menjadi semakin cerdas.

  1. Membantu Menambah Nilai Skor IQ

Jika anda atau putra putri anda sedang dalam masa sekolah, biasanya mereka akan menghadapi tes IQ ini. Untuk mendapatkan nilai yang memuaskan, mulai sekarang rutinlah memberi menu makanan ikan bandeng ini dan juga rutinlah latihan tentang materi IQ.

  1. Mencegah Rematik

Penyakit yang banyak diderita oleh lansia ini merupakan  jenis penyakit yang sangat mengganggu aktifitas anda. Penyakit ini biasanya menyerang pada area persendian anda. Untuk mencegah penyakit ini, anda dapat mengkonsumsi ikan bandeng ini mulai sekarang.

Bagaimana, apakah masih ragu untuk mengkonsumsi ikan bandeng dan menambahkan ikan ini pada menu makanan rutin anda?

Demikian informasi tentang 29 manfaat ikan bandeng bagi kesehatan tubuh terlengkap. Semoga informasi di atas dapat menambah nafsu makan anda dan dapat menambah wawasan anda tentang manfaat mengkonsumsi ikan ini. Jangan lupa untuk mengunjungi manfaat ikan lainnya hanya di website duniaikan.com ini. Salam manfaat dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • manfaat ikan bandeng
  • manfaat ikan bandeng bagi orang sakit
/* */