Dunia Ikan

6 Jenis Makanan Ikan Louhan Agar Jenong dan Merah

Makanan Ikan Louhan Agar Jenong dan Merah

Makanan Ikan Louhan Agar Jenong dan Merah

Makanan Ikan Louhan – Ikan louhan atau nama ilmiahnya Cichlasoma Trimaculatum atau dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan sebutan Flowerhorn ini, merupakan salah satu jeni ikan hias yang memiliki  warna tubuh yang cantik sekali.

Ikan louhan tergolong salah satu jenis ikan louhan yang unik. Mengapa ikan louhan ini unik? Karena ikan ini memilki benjolan di kepala, atau yang biasa disebut dengan jenong atau nong – nong.

Selain itu, keunikan lain adalah terkadang pada tubuh ikan louhan ini ditemukan huruf kanji atau huruf mandarin. Banyak orang juga percaya bahwa ikan louhan ini dapat memberikan keberuntungan bagi mereka yang memliharanya.

Semakin jenong dan merah atau cerah tubuh ikan louhan ini, semakin mahal juga harga dari ikan louhan ini. Oleh karena itu, banyak dari para pecinta ikan hias ini melakukan berbagai cara agar ikan louhan mereka memiliki kepala yang jenong serta memiliki warna kulit yang merah cerah.

Tetapi untuk meningktakan jenong dan warna merah ini masih banyak dari masyarakat awam yang belum tahu cara dan tekniknya. Sehingga kepala dan warna tubuh ikan louhan mereka tumbuh kurang maksimal.

Dengan memberikan pakan dan perawatan yang tepat kemungkinan besar ikan louhan anda akan menjadi jenong dan merah maksimal. Tetapi Sebagai bahan informasi. Jenis pakan ikan louhan ini sendiri dibagi menjadi 2 bagian, pakan ikan louhan anakan dan pakan ikan louhan dewasa.

Jenis Pakan Berkualitas Untuk Anakan Ikan Louhan Cepat Besar

Untuk ikan louhan anakan, mereka lebih membutuhkan banyak kandungan nutrisi untuk masa pertumbuhannya agar maksimal. Berikut adalah jenis pakan untuk memaksimalkan masa pertumbuan anakan ikan louhan berdasarkan unsur – unsur kandungannya:

  • Karbohidrat

Sama seperti manusia. Ikan louhan juga membutuhkan makanan yang mengandung unsur karbohidrat. Dimana makanan yang berjenis ini nantinya akan digunakan ikan louhan sebagai sumber energi serta menjaga kesehatan (stabilitas) tubuh ikan.

Untuk mendapatkan kandungan ini anda dapat menggunakan pakan pelet yang banyak dijual di toko – toko ikan di sekitar kota anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran pelet dengan besar ikan louhan anda. Jangan sampai terlalu besar ya.

Untuk jenis merk yang biasa digunakan untuk pakan anakan ikan louhan oleh pecinta ikan adalah Agaru dan Pa’Cil Micro Floating Pellet.

  • Protein

Selain karbohidrat, kandungan lain yang dibutuhkan untuk menyongsong pertumbuhan ikan louhan muda adalah protein. Dimana anda harus memberikan pakan yang mengandung protein minimal 40 % atau lebih tinggi.

Untuk mendapatkan kandungan ini, anda dapat menggunakan jenis pakan seperti cacing tanah, cacing tubifeks, artemia, atau anakan ikan gabus (ikan haruan). Dimana semua pakan tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi.

  • Lemak

Kandungan yang ketiga adalah lemak. Kandungan ini berfungsi untuk menjaga suhu ikan louhan agar tetap stabil dan sebagai sumber energi.

Di dalam lemak, terdapat kandugan seperti linoleat, Eicosapentaenoik (EPA), dan Docasahexaenoic (DHA). Dimana tiga kandungan ini sangat bermanfaat untuk penunjang masa pertumbuhan anakan ikan louhan.

Untuk contoh pakan yang banyak mengandung lemak adalah seperti cacing tanah dan juga cacing darah. Kedua hewan ini merupakan jenis pakan alami yang banyak mengandung lemak tinggi di dalam tubuhnya.

Sedangkan untuk membuat ikan louhan anda cepat jenong dan berwarna merah, terdapat jenis pakan tersendiri. Untuk mengetahui secara jelas apa saja pakan tersebut, berikut adalah jenis makanan ikan louhan agar cepat jenong dan berwarna merah selengkapnya.

Cara Membuat Ikan Louhan Cepat Jenong

  1. Udang

Mengapa kok udang? Iya, karena di dalam tubuh hewan udang ini terdapat kandungan beta – Corotene. Makanan yang mengandung beta – Corotene ini dapat membuat warna ikan louhan dewasa menjadi cerah maksimal.

Selain beta – Corotene, di dalam tubuh udang ini juga mengandung pigmen astaxanthin. Dimana pigmen ini bermanfaat bagi untuk memunculkan warna merah dan membongsorkan tubuh dari ikan louhan anda.

Sebelum anda memberikan udang ini kepada ikan louhan anda, sebaiknya anda ambil sungut dari udang tersebut. Karena untuk mencegah ikan louhan anda mengalami cidera dan sakit.

  1. Kelabang

Hewan ini merupakan hewan yang lumayan banyak ditakuti oleh para kebanyakan orang. Entah takut karena mereka menganggap hewan ini jijik atau mereka takut untuk digigit.

Hewan kelabang ini mempunyai ciri khas yaitu bertubuh panjang, terdapat kaki dari kepala hingga ekornya, memiliki sungut kecil di pangkal kepala dan ekornya, serta memiliki warna merah tua.

Kelabang ini merupakan jenis pakan alami bagi ikan louhan dewasa. Tak lain hal ini dimaksudkan untuk memunculkan warna mutiara pada tubuh ikan louhan agar menyala.

  1. Jangkrik

Hewan yang satu ini adalah hewan yang paling sering anda jumpai di sekeliling anda. Dimana hewan jangkrik ini memiliki suara yang khas, yaitu krik krik krik.

Tetapi meskipun tubuh hewan ini kecil, tetapi jangkrik ini memiliki banyak manfaat bagi hewan lainnya. Contohnya burung. Dimana banyak para pecinta burung yang memanfaatkan jangkrik sebagai asupan nutrisi pelangkap burung peliharaan mereka.

Selain untuk burung, jangkrik ini juga sangat bermanfaat bagi perkembangan ikan louhan. Dengan memberikan jangkrik ini kepada ikan louhan, sirip ikan louhan akan terangsang menjadi lebih panjang. Dan hal ini terlihat dalam hitungan hari saja.

  1. Cacing Tanah

Hewan cacing tanah ini merupakan jenis hewan yang memiliki protein dan lemak yang baik untuk masa pertumbuhan jenong dan meningkatkan warna ikan louhan.

Pakan ini merupakan jenis pakan alami yang dapat anda temukan di sekitar rumah anda. Tetapi anda harus ekstra hati – hati ketika memberi pakan ini kepada ikan louhan anda.

Usahakan memilih cacing yang masih segar dan tidak cacat. Karena tidak menutup kemungkinan hewan cacing ini memiliki penyakit yang dapat berakibat negatif terhadap ikan anda.

  1. Makanan Kombinasi (Racikan Sendiri)

Mungkin pakan yang satu ini terlihat sedikit rumit. Tetapi pakan ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ikan louhan anda. Terutama untuk meningkatkan jenong dan warnanya.

Bahan yang anda butuhkan adalah cacing beku, cacing tanah, bayam, wortel, dan hati sapi. Semua bahan tersebut kemudian anda campur menjadi satu. Jangan lupa campur juga agar –agar. Hal ini berfungsi sebagai perekat.

Setelah semua bahan menyatu, anda buat bahan tadi menjadi butiran – butiran kecil seperti pelet. Anda dapat memberikan pakan ini sebagai pakan selingan untuk ikan louhan anda. Anda dapat memberikan pakan ini sehari 2 hingga 3 kali saja.

  1. Pelet (Pakan Instan Buatan Pabrik)

Pakan yang satu ini merupakan jenis pakan yang paling mudah dan tidak ribet. Dengan menggunakan pakan pelet ini, kehidupan anda lebih efisien. Hanya saja anda harus teliti dalam memilih jenis pelet ini. Karena terdapat saetiap jenis pelet memiliki fungsi masing – masing.

Jika anda ingin menambah jenong atau warna dari ikan louhan, anda harus melihat label produk dari pelet yang ingin anda beli. Apakah pelet tersebut dapat meningkatkan kualitas warna atau jenong ikan louhan atau tidak.

Catatan: Tidak semua ikan louhan dapat memiliki kepala yang jenong dan warna yang merah cerah. Anda harus melihat indukan atau keturunan dari ikan louhan anda. Apakah indukan mereka memiliki kepala jenong dan warna merah cerah atau tidak. Dengan begitu usaha dan waktu anda akan terbayar dengan puas.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang 6 jenis makanan ikan louhan agar jenong dan merah. Semoga informasi di atas dapat membantu anda semua dalam meningkatkan jenong dan warna dari ikan louhan kesayangan anda. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • makan jangkrik bikin louhan cepat besar
  • ciri2 louhan makan peletnya di lepeh2
  • cara agar louhan berwarna cerah
  • cara bikin jenong dan warna cerah ikan lohan
  • cara memunculkan warna ikan louhan
  • pakan louhan untuk warna
  • ikan lohan non jenong
  • jangkrik ikan louhan agar cepat besar
  • jangkrik untuk makanan ikan lohan
  • jenis makanan ikan louhan
6 Jenis Makanan Ikan Louhan Agar Jenong dan Merah | Denny | 4.5
/* */