Mengapa Ikan Koi Tak Besar? Berikut Penyebab dan Solusinya

Sunday, September 17th, 2017 - BUDIDAYA IKAN, IKAN, IKAN HIAS
Pemilihan Indukan Ikan Koi Berkualitas

Penyebab dan Solusi Ikan Koi Cepat Besar

Merawat Ikan Koi – Cara cepat memelihara ikan koi merupakan ungkapan yang banyak ditanyakan oleh kalangan pembudidaya ikan koi. Banyak orang yang menggunakan makanan ikan koi terbaik sebagai solusinya, seperti pelet ikan koi yang bagus.

Tetapi apakah ada makanan ikan koi selain pelet itu? Makanan ikan koi selain pelet, anda dapat menggunakan pakan ikan koi alami sebagai pakan koi untuk pertumbuhannya.

Lantas berapa lama ikan koi tumbuh besar? Atau berapa bulan ikan koi besar? Ikan koi dapat tumbuh maksimal dalam 3 tahun. Dalam tahun pertama, ikan koi lokal dapat tumbuh kira-kira 30 cm panjangnya. Pada tahun kedua, ikan koi lokal tumbuh sekitar 50 cm panjangnya. Dan pada tahun ketiga, ikan koi dapat tumbuh sekitar 60 cm atau lebih panjangnya.

Ikan koi merupakan jenis ikan yang popular di Indonesia. Ikan koi memiliki banyak penggemar. Hal ini dikarenakan ikan koi memiliki tubuh yang indah dan memiliki gerakan yang lincah. Para penghobi ikan koi mengungkapkan bahwa ikan koi mempu membuat rumah mereka semakin meriah dengan adanya ikan koi ini.

Jenis ikan koi yang menjadi primadona para pecinta ikan adalah ikan koi jenis Shiro, Shusui, Showa, Kohaku, Sanke, Asagi, Tancho, Matsuba, dan lain-lain. Ikan koi termasuk ikan yang rakus. Hal ini memudahkan kita dalam merawat ikan koi.

Penyebab Ikan Koi Tak Dapat Besar Terlengkap

Cara Budidaya Ikan Koi

Ikan Koi

Tetapi kenapa ikan koi yang kita rawat tidak bisa memiliki ukuran yang ideal atau lebih besar dari ukuran rata-rata. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Berikut adalah faktor-faktor yang membuat ikan koi tak dapat tumbuh besar:

  1. Kualitas Air

Air merupakan hal pertama yang wajib dijaga kualitasnya. Jika kualitas air buruk maka kemungkinan besar ikan koi tidak akan tumbuh dengan maksimal. Dan ini sangat mempengaruhi pada ukuran ikan koi ini sendiri.

Jika air mengandung Zat Amonia atau Nitrit yang lebih 0 ppm, maka kemungkinan besar ikan koi akan terhambat pertumbuhannya dan akan mudah terkena serangan penyakit. Anda pasti tidak menginginkan hal ini terjadi pada ikan koi anda.

  1. Suhu Air

Suhu air yang terlalu panas atau terlalu dingin membuat ikan koi tidak dapat tumbuh dengan sempurna. Hal ini pasti membuat anda kecewa, karena ikan koi yang anda rawat tidak kunjung besar.

  1. Makanan

Meskipun kualitas air sudah sempurna, tetapi makanan ikan koi kurang tepat, hal ini tetap saja membuat ikan koi tidak dapat tumbuh dengan sempurna. Makanan yang anda berikan kepada ikan koi paling tidak mengandung gizi yang cukup.

  1. Umur

Memelihara ikan koi yang sudah berusia dewasa dengan yang masih anakan tentu memiliki perbedaan yang sangat jauh.

  1. Keturunan

Faktor yang satu ini merupakan faktor yang juga penting sekali. Sebelum anda memelihara ikan koi, alangkah baiknya anda mengetahui garis keturunan ikan koi tersebut. Cara mengetahuinya dapat anda tanyakan kepada orang yang jualan ikan koi atau yang membudidaya ikan tersebut.

  1. Ukuran Kolam

Pertumbuhan ikan koi juga dipengaruhi oleh ukuran kolam. Ukuran kolam yang besar membuat ikan koi bergerak leluasa dan memperkuat otot-otot tubuhnya. Ikan koi tidak akan tumbuh besar jika kondisi kolam tidak mendukungnya.

Cara Membuat Ikan Koi Cepat Besar dan Cepat Panen

Setelah anda mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan ikan koi tidak dapat tumbuh sempurna, berikut adalah solusi agar ikan koi anda dapat tumbuh dengan sempurna.

  1. Pantau Kualitas Air Secara Berkala

Untuk memudahkan anda dalam mengatur kualitas air kolam ikan koi anda, berikut tabel parameter kualitas air selengkapnya.

Tabel Parameter Kualitas Air

Nama Jumlah
PH 7,0-7,6 (Konstan)
Hardness 50-180 ppm
Alkalinitas 120-180 ppm
Dissolved Oksigen (DO) 14 ppm tiap saat
Amonia 0 ppm tiap saat
Nitrit / Nitrat 0 ppm tiap saat

Catatan: Selain kandungan di atas, kandungan lain seperti timah, besi, tembaga, dan residu obat-obatan wajib anda minimalkan.

  1. Kontrol Suhu Air

Lantas berapa suhu air yang dapat dikatakan sempurna? Berapa suhu air yang cocok atau di buat patokan merawat ikan koi ini?

Untuk suhu air yang cocok untuk merawat ikan koi adalah 25 – 27 derajat celcius. Dalam suhu ini metabolisme ikan koi akan terjadi dengan sempurna.

  1. Berilah Makanan Yang Tepat

Makanan yang anda berikan kepada ikan koi sebaiknya mengandung gizi yang cukup, seperti mengandung lemak, protein, mineral, dan vitamin.

Dalam pemberian makanan sebaiknya anda memberikan dalam waktu yang berkala. Pemberian makanan sebaiknya diberikan dalam 5 jam sekali. Untuk jumlah makanannya anda dapat menggunakan berat ikan koi sebagai ukurannya, yaitu 2% dari berat ikan koi sendiri.

Pemberian makanan yang salah bukan hanya membuat ikan koi anda sakit, tetapi juga dapat membuat ikan anda mati dengan sia-sia. Secara umum para pembudidaya ikan koi pemula melakukan kesalahan berikut:

  • Memberi jumlah pakan yang terlalu banyak, sehingga pakan tidak dapat dikonsumsi semua oleh ikan
  • Mengganti pakan secara tiba-tiba
  • Memberikan suplemen yang terlalu banyak
  1. Pilihlah Ikan Koi Yang Masih Anakan

Jika anda menginginkan hasil yang maksimal, anda wajib memelihara ikan koi mulai dari anakan atau burayak. Hal ini memudahkan anda dalam memantau keadaan ikan.

  1. Pilihlah Keturunan Yang Berkualitas

Jenis ikan koi yang dapat tumbuh menjadi ikan koi jumbo biasanya memiliki satu warna, seperti jenis Ogon, Magoi, dan Chagoim.  Ikan jenis ini biasanya dapat tumbuh hingga 50 centi meteran panjangnya.

Ikan koi lokal dapat tumbuh maksimal sepanjang 60 cm. Sedangkan untuk ikan koi impor mampu tumbuh hingga 80 cm panjangnya. Tetapi untuk panjang rata-rata, ikan koi impor tumbuh sekitar 75 hingga 80 cm.

  1. Buatlah Kolam Yang Sesuai Dengan Jumlah Ikan

Bagaimana ukuran kolam ikan koi yang benar? Berikut adalah beberapa cara mengatur ukuran kolam ikan koi kesayangan anda.

  • Panjang kolam minimal 5 kali panjang ikan
  • Lebar kolam minimal 3 kali panjang ikan
  • Kedalaman air antara 125 hingga 200 cm.

Tips Memilih Jenis Ikan Koi Yang Baik

Setelah mengetahui faktor-faktor yang dapat menghambat pertumbuhanan ikan koi menjadi besar, luangkan waktu anda untuk meneliti jenis ikan yang akan anda pilih. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih jenis ikan koi yang berkualitas.

  • Mempunyai gaya renang yang luas dan gesit
  • Anggota badan lengkap
  • Gerakan insang perlahan dan teratur, serta kedua belah katup dekat dengan badannya
  • Mintalah ikan diletakkan pada bak atau wadah yang dangkal. Kemudian periksa kondisi ikan dengan teliti
  • Pilihlah ikan yang mempunyai warna kulit tidak kemerahan, sisiknya tidak berdiri, mata tidak buram, tidak ada titik putih pada tubuhnya, dan tidak memiliki benjolan pada katup insang dan kepala ikan
Tips Memilih Jenis Makanan Ikan Koi Yang Bagus

Ikan koi tergolong ikan yang mudah untuk dipelihara. Jenis makanan ikan koi ini juga banyak kita temui di sekitar kita. Secara umum jenis makanan ikan koi digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu pakan alami dan pakan buatan.

  • Pakan Buatan

Untuk jenis makanan buatan atau pabrik ini, anda dapat membelinya di toko hewan ternak. Jika anda membeli jenis makanan buatan ini, jangan lupa cek tanggal kadaluwarsanya dan sesuaikan dengan umur ikan anda. Lebih baik anda konsultasikan kepada yang jual pakan atau dokter hewan terdekat anda.

Serta jangan menyimpan pakan anda lebih dari 3 bulan. Karena hal ini akan berakibat pada keadaan pakan yang kurang bagus serta membuat gizi ikan menjadi buruk.

  • Pakan Alami

Sedangkan untuk jenis makanan alami, anda dapat menggunakan sayur, buah, udang, cacing, dan ulat. Buah yang disukai oleh ikan koi adalah buah semangka dan jeruk. Selain itu, ulat ini juga termasuk makanan yang disukai oleh ikan koi.

Bagaimana, setelah anda mengetahui penyebab, saolusi, dan beberapa tips memelihara ikan koi di atas apakah anda akan menerapkannya pada ikan koi kesayangan anda?

Demikian adalah artikel tentang mengapa ikan koi tak besar beserta penyebab dan solusinya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk anda dan menambah wawasan anda. Jangan lupa baca artikel ikan lainnya di website duniaikan.com ini. Terima kasih.

 

Incoming search terms:

  • berapa lama ikan koi tumbuh besar
  • berapa bulan ikan koi besar
  • www Berapa cm panjang ikan koi kebal terhadap penyakit
  • kenapa anak ikan tidak besar besar
  • ikan koi besar
  • cara mengontrol pertumbuhan ikan koi
  • brapa lama ikan koi
  • berapa lama koi tumbuh besar
  • berapa besar maksimal dan umur ikan koi
  • apakah koi dalam rumah bisa besar
/* */