Beragam Jenis-Jenis Ikan Cupang Terbaru 2017

Thursday, October 13th, 2016 - IKAN HIAS

Beragam Macam Jenis-Jenis Ikan Cupang Terbaru – Di Masyarakat luas, ikan cupang dikenal dengan sebutan ikan petarung yang sangat agresif dan sangat suka menyerang sesama jenisnya. Namun tahukah anda? Ternyata ikan cupang juga memiliki warna tubuh yang sangat cantik dan menarik, sehingga tidak sedikit kalangan masyarakat yang gemar memelihara ikan hias di akuarium juga memelihara ikan cupang ini untuk dijadikan sebagai koleksi ikan hias mereka. Selain memiliki warna tubuh yang sangat cantik, jenis ikan hias ini juga memiliki sirip yang indah, pergerakannya yang sangat tenang dan juga berwibawa. Maka tak heran, selain dijadikan sebagai ikan hias diakuarium tetapi juga sering dijadikan sebagai ikan aduan.

Jenis-Jenis Ikan Cupang

Jenis-Jenis Ikan Cupang

Ikan cupang ini habitat aslinya berada di kawasan Asia Tenggara yang meliputi Thailan, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Brunei dan juga termasuk Indonesia. Jenis ikan ini banyak hidup di sekitaran rawa-rawa, danau, pesawahan dan bahkan selokan yang berair tenang. Bagi para penggemar ikan hias, jenis-jenis ikan cupang ini memiliki sebutan nama-nama yang indah mulai dari halfmoon (bulan sepotong), double tail (Cagak), plakat (Laga) dan masih banyak lagi jenis ikan cupang lain dari hasil persilangannya. Nama-nama ikan cupang tersebut ditentukan dari jenis dan bentuknya, misalnya saja jenis halfmoon merupakan jenis ikan cupang yang memiliki bentuk sirip setengah lingkaran seperti bentuk bulan sepotong. Sedangkan untuk jenis serit, siripnya lebih mirip seperti bentuk sisir yang bergerigi runcing.

Klasifikasi Ikan Cupang Secara Ilmiah

Menurut dari hasil penelitian secara ilmiah, ikan cupang merupakan jenis ikan yang termasuk kedalam famili spesies Betta Sp, Genus Betta dan Osphronemidae. Menurut Fish Identification mengungkapkan bahwa sampai saat ini telah ditemukan lebih dari 73 spesies ikan cupang yang berada di alam. Spesies-spesies ikan cupang tersebut kemudian dikelompokan menjadi beberapa kelompok dengan tujuan untuk memudahkan dalam melakukan konservasi, memudahkan untuk dibudidayakan dan juga proses penyilangan.

Sampai dengan saat ini, telah terbentuk lebih dari 13 kelompok ikan cupang dan kelompok ikan cupang yang paling populer hingga saat ini yaitu splender complex. Biasnaya proses persilangan bisa dilakukan antar spesies yang berada dalam satu kelompok. Kelompok splendes complex terdri dari lima spesies berbeda yang terdiri dari spesies Betta splendens, Betta imbellis, Betta smaragdina, Betta mahachai dan juga spesies Betta stiktos. Namun untuk jenis ikan cupang yang banyak dijual dipasaran biasanya berasal dari kelompok splendes complex, sedangkan untuk jenis yang paling populer yaitu yang terdiri dari spesies Betta Splendens yang sering menghasilkan ikan-ikan cupang dengan warna dan sirip yang indah serta menarik.

Jenis-Jenis Ikan Cupang Yang Paling Populer

Bagi anda yang sedang mencari jenis ikan cupang paling populer untuk dipelihara, mungkin salah satu jneis ikan cupang yang akan kami bagikan kali bisa menjadi referensi bagi anda semua. Untuk lebih jelasnya, bisa anda simak informasinya dibawah berikut ini.

  1. Ikan Cupang Halfmoon (bulan sepotong)
Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon

sesuai dengan namanya, ikan cupang yang satu ini memiliki bentuk sirip dan ekor yang membentuk seperti bulan berbentuk setengah lingkaran. Jika kita lihat secara detail dibagian samping, maka bentuk dari ikan halfmoon ini sangat mirip dengan bentuk bulan sepotong. Ikan cupang halfmoon ini banyak dipelihara karena memiliki bentuk dan warna yang sangat indah, sehingga banyak para pecinta ikan hias yang sangat menyukai ikan ini. Warna ikan cupang halfmoon juga cukup beragam mulai dari warna kuning, merah menyala, warna biru terang dan masih banyak lagi varian warna menarik lainnya.

  1. Ikan Cupang Crown Tail (Serit)
Ikan Cupang Crown Tail

Ikan Cupang Crown Tail

Jenis ikan cupang yang satu ini merupakan spesies ikan cupang yang dikembangka di Indonesia melalui cara persilangan. Ikan cupang serit ini telah mendunia karena sangat terkenal dengan keindahannya. Alasan kenapa disebut dengan nama Crown Tail, karena ikan cupang ini jika dibalik menghadap kearah atas pada bagian serit-seritnya ini akan membentuk seperti sebuah mahkota raja.

Jenis ikan cupang serit ini terdiri dari beberapa varian. Misalnya saja untuk varian ikan cupang yang memiliki serit tunggal, dimana pada bagian seritnya memiliki satu tulang sirip dan ada juga yang memiliki serit ganda atau dua. Keindahan dari ikan cupang serit ini sudah sangat terkenal dan bahkan sudah mendunia. Maka tak heran jika harga ikan cupang serit ini cukup mahal, bahkan jenis ikan cupang ini pernah dipertandingkan pada ajang International Betta Congress (IBC).

  1. Ikan Cupang Plakat (Ikan Cupang Petarung)
Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat

Plakat adalah salah satu jenis ikan cupang yang paling agresif, sesuai dengan namanya yang diambil dari bahasa Thailand “Plakat” yang artinya Petarung atau Laga menjadikan ikan cupang ini sering dijadikan sebagai ikan aduan. Hingga saat ini di Thailand memang sudah sering menggelar adu cupang yang sudah sangat melegenda dari dulu hingga sekarang.

Bentuk sirip dan juga ekor dari ikan cupang ini pada umumnya berukuran pendek dan tidak merumbai seperti sirip dan ekor pada jenis ikan serit ataupun halfmoon. Karena memiliki sirip dan ekor pendek, maka ikan cupang jenis ini tampak sangat gagah dan tangguh untuk dijadikan sebagai ikan petarung.

  1. Ikan Cupang Dauble Tail (Cagak)
Ikan Cupang Dauble Tail

Ikan Cupang Dauble Tail

Dikenal dengan sebutan Dauble Tail atau Cagak karena ikan cupang ini memiliki bentuk ekor yang terbelah dua atau berbentuk cagak. Jenis ikan ini terbilang cukup sulit untuk dibudidayakan, sehingga keberadaan dari ikan cupang ini masih sangat jarang ditemukan.

  1. Ikan Cupang Giant (Besar/Raksasa)
Ikan Cupang Giant

Ikan Cupang Giant

Jenis ikan cupang yang satu ini memang telah berhasil dikembang biakan di Thailand. Ukuran plaing besar dari ikan ini mencapai hingga 12 cm, tentunya ukuran tersebut jauh lebih besar dari jenis ikan cupang lain yang umumnya berukuran lebih kecil. Pada awalnya, cupang giant ini dikembang biakan dari cupang plakat yang kemudian disilangkan dengan jenis cupang lainnya. Setelah dilakukan banyak percobaan dan berhasil, akhirnya saat ini banyak sekali varian ikan cupang raksasa yan telah dikembangkan seperti halfmoon giant, dauble tail gaint dan juga crowl tali giant.

Baca Juga :

Lalu, apa perbedaan dari ikan cupang hias dengan cupang aduan?

Pada dasarnya semua jenis ikan cupang itu sama, semuanya sama-sama memiliki sifat dan karakteristik yang agresif sehingga mereka bisa beradu jika dimasukkan kedalam satu akuarium. Jadi, semuanya sangat tergantung dari para pemilik dari cupang-cupang tersebut. Cupang hias juga memiliki karakteristik yang agresif dan dapat dijadikan sebagai cupang aduan yang tangguh, begitu pula dengan jenis cupang aduan yang memiliki keelokan warna dan bentuknya yang sangat indah serta dapat dijadikan sebagai ikan cupang hias.

Bagaimana, apakah penjelasan diatas sudah cukup jelas?

Sekian ulasan dari Duniaikan.com mengenai jenis-jenis ikan cupang yang paling populer, semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semuanya.

Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa 😀

Incoming search terms:

  • jenis ikan cupang yang mahal
  • jenis jenis ikan cupang
  • nama nama ikan cupang
  • jenis cupang
  • jenis jenis cupang
  • nama-nama ikan cupang
  • ikan cupang
  • macam macam ikan cupang
  • jenis jenis ikan cupang termahal
  • jenis ikan cupan
Beragam Jenis-Jenis Ikan Cupang Terbaru 2017 | Dolpin | 4.5