42 Jenis Ikan Koi Beserta Gambarnya Tercantik Di Dunia

Friday, September 22nd, 2017 - IKAN, IKAN HIAS, JENIS IKAN
Jenis Ikan Koi

Sumber: google.com

Jenis Ikan Koi –  Ikan koi atau dalam nama ilmiahnya Cyprinus Carpio merupakan jenis ikan hias ikan air tawar yang populer di Asia. Ikan ini banyak dikenal karena mempunyai warna tubuh yang cantik. Jenis warna yang sering dijumpai pada ikan koi lokal adalah warna merah, putih, kuning, hitam, metalik, dan abu-abu.

Ikan koi terbaik mempunyai harga yang mahal. Harganya dapat mencapai ratusan juta rupiah. Hal ini tergantung warna, jenis, ukuran, serta kelangkaannya.

Untuk jenis ikan koi yang banyak dijumpai di masyarakat adalah ikan koi gosanke. Tetapi selain ikan koi gosanke, sebenarnya masih banyak lagi jenis ikan koi lainnya yang memiliki warna yang tidak kalah cantik dengan ikan koi gosanke ini.

Apa saja jenis ikan koi lainnya, berikut jenis-jenis ikan koi terlengkap dan tercantik di dunia.

Mengenal Jenis Ikan Koi Yang Ada Di Dunia

  1. Ikan Koi Kohaku 
Ikan Koi Kohaku

Ikan Koi Kohaku

Jika Anda sedang atau akan mengunjungi taman di Jepang, maka Anda tidak dapat kesempatan untuk melihat ikan Koi. Terima kasih ikan koi kohaku ini. Ikan koi ini memiliki warna putih cemerlang dengan motif merah di atasnya.

Seolah-olah ada seorang seniman yang telah melukis pada tubuh ikan koi ini. Ini adalah varietas yang paling populer dan ditemui dalam pertunjukan atau pengoleksi ikan koi.

Mengoleksi ikan koi memang menyenangkan. Anda harus siap-siap dengan dana yang anda miliki karena hobi ini terbilang sangat mahal. Harga varietas ikan koi kohaku ini bisa mencapai sekitar $ 50 sampai $ 50.000 atau Rp.650.000, – sampai Rp.650.000.000, -.

  1. Ikan Koi Sanke (Taisho Sanshoku)
Ikan Koi Sanke (Taisho Sanshoku)

Sumber: google.com

Ikan koi sanke sekilas terlihat seperti ikan koi kohaku. Kalau kalau anda perhatikan dengan teliti, ikan koi sanke ini memiliki pola hitam yang membentang di belakang mereka. Pola hitam ini biasa disebut dengan Sumi. Pola hitam ini tidak muncul di bagian kepala.

  1. Ikan Koi Showa
Ikan Koi Showa

Sumber: google.com

Ikan koi showa adalah jenis ikan koi yang memiliki warna putih, merah, dan hitam. Semuanya cocok sempurna.Ikan koi showa ini adalah hasil silang antara ikan koi kohaku dengan ikan koi utsuri shiro.

Para masyarakat umum biasanya sulit untuk membedakan antara ikan koi showa sengan ikan koi sanke. Berikut adalah cara untuk membedakan ikan koi showa sengan ikan koi sanke:

  • Ikan koi sanke tidak memiliki pola hitam di kepala mereka, sementara ikan koi showa ada pola hitam di kepala.
  • Ikan koi sanke adalah ikan koi putih dengan pola merah dan hitam, sementara ikan koi showa adalah ikan koi hitam dengan motif putih dan merah.
  1. Ikan Koi Shiro Bekko
Ikan Koi Shiro Bekko

Sumber: google.com

Ikan koi shiro bekko adalah ikan koi berkulit putih dengan pola hitam. Pola sumi (hitam) pada ikan koi shiro bekko ini dan memiliki. Perbedaan antara ikan koi shiro bekko dengan ikan koi utsuri shiro adalah ikan koi shiro utsuri memiliki warna hitam banyak, sementara ikan koi shiro bekko ini hanya memiliki sedikit.

  1. Ikan Koi Ki Bekko
Ikan Koi Ki Bekko

Sumber: google.com

Ikan koi ki bekko adalah ikan koi berkulit kuning dengan pola hitam. Ikan koi ini mirip dengan ikan koi shiro bekko. Hanya saja ikan koi ki bekko berwarna kuning cerah. Pola sumi (hitam) pada ikan koi ki bekko ini dan memiliki. Jumlah varietas ikan koi ki bekko lebih sedikit jika dibandingkan dengan ikan koi shiro bekko.

  1. Ikan Koi Aka Bekko
Ikan Koi Aka Bekko

Sumber: google.com

Ikan koi alias bekko adalah ikan koi berkulit merah dengan pola hitam. Ikan koi ini mirip dengan ikan koi shiro bekko, namun warnanya lebih merah muda. Pola sumi (hitam) pada ikan koi alias bekko ini seimbang dan memiliki ujung yang tajam. Ikan koi alias bekko populasinya lebih sedikit dari pada ikan koi shiro bekko.

  1. Ikan Koi Shiro Utsuri
Ikan Koi Shiro Utsuri

Sumber: google.com

Ikan koi shiro utsuri ini mirip dengan ikan koi showa. Mereka memiliki kulit yang sam-sama berwarna hitam. Cukup ikan koi shiro utsuri ini hanya memiliki satu pola, yaitu putih. Ikan koi shiro utsuri memiliki warna yang seimbang antara putih (shiro) dan hitam (sumi). Carilah pola yang unik ketika ingin membeli ikan koi jenis ini.

  1. Ikan Koi Ki Utsuri
Ikan Koi Ki Utsuri

Sumber: google.com

Ikan koi ki utsuri ini mirip dengan ikan koi showa. Mereka adalah jenis ikan koi yang berkulit hitam. Hanya saja ikan koi ki utsuri memiliki satu pola, yaitu warna kuning. Ikan koi ki utsuri yang baik adalah memiliki warna yang seimbang antara kuning (ki) dan hitam (sumi). Saat membeli ikan ini, usahakan anda mencari pola yang paling unik.

  1. Ikan Koi Hi Utsuri
Ikan Koi Hi Utsuri

Sumber: google.com

Ikan koi hi utsuri ini mirip dengan ikan koi showa yang mana sama-sama memiliki kulit yang hitam. Namun ikan koi hi utsuri ini hanya memiliki satu pola, yaitu warna merah. Ikan koi hi utsuri yang baik adalah memiliki warna yang seimbang antara warna merah (hi) dan hitam (sumi). Saat anda membeli ikan ini, pola pola yang paling unik.

  1. Ikan Koi Asagi
Ikan Koi Asagi

Sumber: google.com

Ikan koi asagi adalah salah satu tipe asli ikan koi. Hal ini terbukti dengan warna yang ada pada tubuh, yaitu warna merah kombinasi biru atau abu-abu. Saat anda melihat ikan koi asagi ini, warna merah (hai) akan ada pada kedua sisi dengan sisik yang berwarna abu-abu.

  1. Ikan Koi Shusui Asagi
Ikan Koi Shusui Asagi

Sumber: google.com

Ikan koi shusui asagi adalah versi lain dari ikan koi asagi. Ikan koi ini memiliki satu baris warna gelap yang lurus pada punggungnya. Sebelum anda membeli ikan koi ini, periksa dulu semua tubuh ikan koi shusui asagi ini. Hal ini untuk memastikan ikan koi yang anda beli tidak cacat.

  1. Ikan Koi Tancho Goromo
Ikan Koi Tancho Goromo

Sumber: google.com

Ikan koi tancho goromo ini mirip dengan ikan koi goromo biasa. Hanya saja ikan ini memiliki pola perisai di atas kepala mereka. Ikan koi tancho goromo sekarang sudah sangat jarang ditemui. Kulit ikan koi tancho goromo sangat putih dan titik perisai sangat simetris. Tempat perisai ini tepat berada di antara mata dan sedikit ke belakang mata.

  1. Ikan Koi Tancho Goshiki
Ikan Koi Tancho Goshiki

Sumber: google.com

Tancho Goshiki memiliki pola merah mereka di titik marching, pola di kepala. Sisanya ikan harus memiliki pola jaring goshiki biasa. Tempat perisai harus duduk di antara dan sedikit di belakang, baik.

  1. Ikan Koi Tancho Kohaku
Ikan Koi Tancho Kohaku

Sumber: google.com

Ikan koi tancho kohaku merupakan variasi yang sangat populer dari ikan koi kohaku. Ikan koi tancho kohaku hanya memiliki pola hi (merah cerah) yang melingkar dan pelihara pada kepala dengan warna dasar tubuh putih bersih.

  1. Ikan Koi Tancho Kujaku
Ikan Koi Tancho Kujaku

Sumber: google.com

Ikan koi tancho kujaku sama seperti jenis ikan koi kujaku biasa. Hanya saja mereka memiliki warna badan putih bersih berpola orange dengan kombinasi sedikit hitam di atas kepala mereka.

  1. Ikan Koi Tancho Sanke
Ikan Koi Tancho Sanke

Sumber: google.com

Ikan koi tancho sanke mirip dengan ikan koi tancho kohaku. Tapi warna ikan koi tancho sanke ini lebih variatif. Sama seperti jenis ikan koi tancho, pola warna merah ini ada di tempat Maruten, atau di antara kedua. Warna hitam pada tubuh ikan koi ini menyebar secara merata dan sedikit bersentuhan pada warna merah.

  1. Ikan Koi Nezu Ogon
Ikan Koi Nezu Ogon

Sumber: google.com

Ikan koi nezu ogon adalah tipe lama ikan koi Ogon. Mereka adalah jenis ikan koi berwarna abu-abu gelap dengan sedikit metalik. Dan warna ini mencakup seluruh tubuh si ikan. Jika anda ingin membeli ikan ini, teliti dengan cermat sebelum anda membawa pulang ikan ini.

  1. Ikan Koi Orenji Ogon
Ikan Koi Orenji Ogon

Sumber: google.com

Ikan koi orenji ogon adalah jenis ikan koi yang memiliki warna kulit seperti ikan mas, yaitu merah keemasan. Dan warna ini mencakup seluruh tubuh si ikan. Jika anda ingin membeli ikan ini, teliti dengan cermat sebelum anda membawa pulang ikan ini.

  1. Ikan Koi Platinum Ogon
Ikan Koi Platinum Ogon

Sumber: google.com

Ikan koi platinum ogons ini memiliki warna putih metalik dan merupakan salah satu ikan koi ogons yang paling populer. Orang Jepang menyebut warna putih ikan ini seputih gunung salju yang segar. Dan warna ini mencakup seluruh tubuh si ikan. Jika anda ingin membeli ikan ini, teliti dengan cermat sebelum anda membawa pulang ikan ini.

  1. Ikan Koi Yamabuki Ogon
Ikan Koi Yamabuki Ogon

Sumber: google.com

Ikan koi yamabuki ogons adalah ikan koi yang memiliki warna kuning metalik. Ikan koi yamabuki ogons ini populer dengan orang yang memiliki kolam air hijau. Karena ikan koi yamabuki ogons ini mudah terlihat pada air yang berwarna hijau.

  1. Ikan Koi Ai Goromo
Ikan Koi Ai Goromo

Sumber: google.com

Ikan koi ai goromo adalah jenis ikan koi yang sangat menarik. Ikan koi ai goromo memiliki pola merah seperti ikan koi kohaku. Bukan di. Ikan koi ai goromo yang berkualitas redup dengan warna merah tanpa ada bayangan gelap si atasnya.

Ikan koi goromo adalah lawan dari ikan koi goshiki. Dimana ada pola merah yang teduh pada latar belakang putih untuk ikan koi goromo. Sementara untuk ikan koi goshiki, mereka memiliki pola merah pada latar belakang putih yang teduh.

  1. Ikan Koi Budo Goromo
Ikan Koi Budo Goromo

Sumber: google.com

Ikan koi budo goromo adalah jenis ikan koi goromo yang benar-benar tertutup warna merah dan menciptakan warna oranye gelap. Dalam bahasa Jepang, kata budo ini berarti anggur. Jika anda ingin mebeli ikan koi budo goromo, dengan pola kohaku di punggungnya.

  1. Ikan Koi Sumi Goromo
Ikan Koi Sumi Goromo

Sumber: google.com

Ikan koi sumi goromo adalah jenis ikan koi yang memiliki kulit berwarna putih dengan kombinasi bercak hitam. Ikan ini tidak memiliki warna hitam di atas kepala.

  1. Ikan Koi Goshiki Goromo
Ikan Koi Goshiki Goromo

Sumber: google.com

Ikan koi goshiki goromo adalah jenis ikan koi yang sekilas mirip dengan ikan koi asagi dan ikan koi kohaku. Ikan koi i ni memiliki pola bersih asagi dan pola kohaku Hi (merah). Ikan koi ini  tidak memiliki pola bersih di atas punggungnya.

  1. Ikan Koi Kin Showa
Ikan Koi Kin Showa

Sumber: google.com

Ikan koi kin showa adalah versi metalik dari ikan koi showa biasa. Ikan koi k in showa ini merupakan hasil dari silangan dari ikan koi showa dan ikan koi platinum ogon.

  1. Ikan Koi Kujaku
Ikan Koi Kujaku

Sumber: google.com

Ikan koi kujaku adalah jenis ikan koi metalik dengan pola ikan koi kohaku. Pola hi (merah) seperti ikan koi kohaku ini tidak membanjiri warna putih pada tubuh ikan.

  1. Ikan Koi Yamato Nishiki
Ikan Koi Yamato Nishiki

Sumber: google.com

Ikan koi yamato nishiki adalah jenis ikan koi versi metalik dari ikan koi sanke. Pola ikan koi ini sama dengan ikan koi sanke biasa. Ikan koi yamato nishiki  diciptakan dengan cara mengawinkan ikan koi sanke biasa dengan ikan koi platinum ogon.

  1. Ikan Koi Doitsu Hariwake
Ikan Koi Doitsu Hariwake

Sumber: google.com

Ikan koi doitsu hariwake mirip dengan ikan koi kikusui. Hanya saja ikan ini memiliki pola kuning metalik, bukan merah metalik. Ikan koi doitsu hariwake  adalah variasi warna ikan koi yang menarik. Mereka berwarna kuning dan putih. Kombinasi warna ini jarang kita temui.

  1. Ikan Koi Kikusui
Ikan Koi Kikusui

Sumber: google.com

Ikan koi kikusui adalah versi lain dari ikan koi hariwake. Ikan koi ini memiliki warna putih cerah dan dengan kombinasi warna merah. Pola warna ikan koi kikusui ini sama seperti ikan koi kohaku.

  1. Ikan Koi Shiro Matsuba
Ikan Koi Shiro Matsuba

Sumber: google.com

Ikan koi shiro matsuba adalah ikan koi yang bergantungan putih dengan pola jaring hitam. Saat  anda ingin membeli ikan koi matsuba shiro ini, telitilah pada seluruh anggota tubuh. Hati-hati dengan bekas luka yang ada pada tubuh ikan ini.

  1. Ikan Koi Aka Matsuba
Ikan Koi Aka Matsuba

Sumber: google.com

Ikan koi alias matsuba adalah ikan koi berwarna merah yang berpola jaring hitam. Bila anda ingin  membeli ikan koi alias matsuba, periksalah pada seluruh anggota tubuh. Hati-hati dengan bekas luka yang ada pada tubuh ikan ini.

  1. Ikan Koi Ochiba Shigure
Ikan Koi Ochiba Shigure

Sumber: google.com

Ikan koi ochiba shigure adalah ikan koi hasil silangan dari ikan koi chagoi dengan ikan koi soragoi. Bila anda akan membeli ikan koi jenis ini, pilihlah yang memiliki  pola coklat dan seperti pola ikan koi kohaku. Ikan koi i ni adalah jenis ikan yang sangat bagus dan jenis ikan koi ini benar-benar memiliki warna yang menonjol.

  1. Ikan Koi Kumonryu
Ikan Koi Kumonryu

Sumber: google.com

Ikan koi kumonryu adalah salah satu jenis ikan koi yang paling aneh. Mereka memiliki pola warna yang bisa berubah -ubah sepanjang tahun. Masih belum ada kepastian apa yang bisa menyebabkan ikan koi ini memiliki kemampuan mengubah warna tersebut. 

Ada dua teori yang terbaik yaitu pH dan suhu udaralah yang menjadi penyebabnya. Pada musim panas dan semi, ikan koi k umonryu memiliki kulit berwarna putih. Sementara pada musim dingin, ikan ini akan berubah warnanya menjadi hitam.

  1. Ikan Koi Beni Kumonryu
Ikan Koi Beni Kumonryu

Sumber: google.com

Ikan koi beni kumonryu adalah jenis ikan koi kumonryu yang langka, yang memiliki warna merah, hitam, dan putih. Sama seperti penjelasan ikan koi di atas, apakah ikan koi beni kumonryu mempu untuk mengubah pola warnanya.

Dan juga m asih belum ada kepastian apa yang bisa menyebabkan ikan koi ini memiliki kemampuan mengubah warna tersebut. Dua teori yang terbaik yaitu pH dan suhu udaralah yang menjadi penyebabnya.

Pada musim panas dan semi, ikan koi kumonryu memiliki kulit berwarna merah. Sementara pada musim dingin, ikan ini akan berubah warnanya menjadi hitam.

  1. Ikan Koi Benigoi atau Higoi
Ikan Koi Benigoi atau Higoi

Sumber: google.com

Ikan koi benigoi atau biasa disebut higoi adalah jenis ikan koi yang berwarna merah merata. Saat anda  ingin membeli ikan koi benigoi, p eriksalah dulu ikan koi ini. Apakah ada bekas luka atau sisik yang buruk? Karena hal ini bisa untuk mengurangi kecantikan dari ikan koi benigoi atau higoi ini.

  1. Ikan Koi Karasugoi
Ikan Koi Karasugoi

Sumber: google.com

Ikan koi karasugoi adalah jenis ikan koi yang berwarna hitam pekat. Bila anda ingin membeli ikan koi  karasugoi, periksalah dulu kondisi ikan koi ini. Apakah ada bekas luka atau sisik yang buruk? Karena hal ini mampu untuk mengurangi keindahan dari ikan koi ini .

  1. Ikan Koi Haijiro
Ikan Koi Haijiro

Sumber: google.com

Ikan koi haijiro adalah ikan koi yang berwarna hitam pekat dengan ujung sirip berwarna putih. Bila anda ingin membeli ikan koi haijiro, periksalah dulu kondisi ikan koi ini. Apakah ada bekas luka atau sisik yang buruk? Karena hal ini mampu untuk mengurangi keindahan dari ikan koi ini.

  1. Ikan Koi Aka Haijiro
Ikan Koi Aka Haijiro

Sumber: google.com

Ikan koi aka haijiro adalah jenis ikan koi yang berwarna merah dengan ujung sirip berwarna putih. Saat anda ingin membeli ikan koi aka haijiro, periksalah dulu kondisi ikan koi ini. Apakah ada bekas luka atau sisik yang buruk? Karena hal ini mampu untuk mengurangi keindahan dari ikan koi ini.

  1. Ikan Koi Chagoi
Ikan Koi Chagoi

Sumber: google.com

Ikan koi chagoi adalah jenis ikan koi yang berwarna non-metalik. Saat anda ingin membeli ikan koi chagoi, periksalah dulu kondisi ikan koi ini. Apakah ada bekas luka atau sisik yang buruk? 

Karena hal ini mampu untuk mengurangi keindahan dari ikan koi ini. Bekas luka yang lama akan terlihat di tubuhnya dengan warna hitam.

  1. Ikan Koi Kigoi
Ikan Koi Kigoi

Sumber: google.com

Ikan koi kigoi adalah jenis ikan koi yang berwarna kuning total. Bila anda ingin membeli ikan koi kigoi, periksalah dulu kondisi ikan koi ini. Apakah ada bekas luka atau sisik yang buruk? Karena hal ini mampu untuk mengurangi keindahan dari ikan koi ini.

  1. Ikan Koi Midorigoi
Ikan Koi Midorigoi

Sumber: google.com

Ikan koi midorigoi adalah jenis ikan koi yang berwarna hijau. Ikan koi midorigoi memiliki warna hijau yang cantik. Kebanyakan dari spesies ikan koi midorigois memiliki bintik merah atau bercak warna gelap pada tubuhnya. Dalam bahasa Jepang ikan koi midorigoi dapat diartikan sebagai “ikan hijau”.

  1. Ikan Koi Soragoi
Ikan Koi Soragoi

Sumber: google.com

Ikan koi soragoi adalah Jenis ikan koi yang berwarna abu-abu. Ikan ini sangat bagus untuk koleksi ikan koi anda. Karena ikan ini memiliki warna yang unik dan cantik.

Jenis Ikan Koi Terindah, Termahal, dan Tercantik Di Dunia

Bagaimana, banyak sekali bukan jenis-jenis ikan koi ini? Itulah sedikit ulasan tentang 42 jenis ikan koi beserta gambarnya tercantik dan terlengkap di dunia. Semoga informasi ini dapat memenuhi kebutuhan serta menambah wawasan anda. Jangan lupa untuk membaca jenis ikan lainnya di website duniaikan.com. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • gambar ikan koi
  • ikan koi tercantik di dunia
  • jenis ikan koi
  • jenis koi
  • jenis koi langka
  • jenis jenis ikan koi
  • ikan hias favorit 2017
  • jenis ikan koi dan harganya
  • Duniaikan com
  • gambar koi
/* */