Inilah 8 Jenis Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia

Saturday, August 5th, 2017 - IKAN, JENIS IKAN
Ikan Air Tawar Terbesar

Sumber: duniaikan.com

Ikan Terbesar – Setelah melakukan riset kesana-kemari. Mencari bahan tulisan untuk artikel selanjutnya. Akhirnya terbuatlah artikel dengan judul jenis ikan air tawar terbesar di dunia.

Mungkin dari kita hanya tahu ikan air tawar yang terbesar hanya terdapat di sungai Amazon. Memang benar di sana banyak terdapat ikan air tawar yang berukuran besar. Tapi di Asia seperti negara kita tidak kalah akan ikan air tawar yang berukuran besar. Hingga beratnya sampai puluhan kilogram lebih.

Wujud Ikan Air Tawar Paling Besar Di Dunia

Daripada penasaran ikan air tawar apa saja yang terbesar di dunia ini. Berikut adalah jenis ikan air tawar yang terbesar di dunia.

  1. Ikan Gabus Toman (Panjang 1,3 m dan Berat 20 Kg)
Ikan Gabus Toman

Sumber: duniaikan.com

Ikan gabus toman atau sebutan lain ikan snakehead merupakan ikan yang banyak ditemui di Asia Tenggara. Karena ikan ini merupakan ikan asli yang berasal dari sana. Di negara Indonesia ikan ini dapat ditemui hampir di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan Pulau Kalimantan.

Panjang dari ikan ini dapat mencapai 1,3 meter dan berat mencapai 20 kilogram. Ikan ini mempunyai warna kuning dan garis hitam. Warna kuning yang dimiliki ikan lama-kelamaan akan menghilang bertambahnya usia ikan yang semakin dewasa.

  1. Ikan Paddlefish (Panjang 1,52 m dan Berat 27 Kg)
Ikan Paddlefish

Sumber: duniaikan.com

Bentuk mulut ini seperti moncong. Bentuk mulut atau paruh ini digunakan sebagai alat mencari makan dengan cara menggalinya di dasar air. Ikan jenis ini termasuk ikan yang jinak. Ikan ini banyak ditemukan di perairan sungai Missisippi. Ikan ini dapat tumbuh hingga 5 kaki dan berat hingga 27 kilogram.

  1. Ikan Taimen (Panjang 2,13 m dan Berat 104 Kg)
Ikan Taimen

Sumber: duniaikan.com

Termasuk ikan terbesar dari keluarga ikan salmonir. Ikan ini termasuk predator ganas. Karena ikan ini menyerang masngsa dengan jumlah yang besar. oleh karena itu ikan ini disebut ikan ikan riverwolf/serigala sungai. ikan ini memiliki kepala berwarna abu-abu kehijauan dengan kerutan serta badan kemerahan. Ikan ini dapat ditemui di daerah mongolia dan Rusia.

Ikan ini dapat tumbuh hingga 7 kaki atau 2,13 meter dan berat 104 Kg. Taimen ini termasuk ikan buruan yang populer. Sehingga sekarang sulit menemukan ikan ukuran besar dari jenis ikan Taimen ini. Penyebaran ikan taimen dimulai dari pantai Pasifik Rusia ke barat di seluruh Uni Soviet dan Mongolia.

  1. Ikan Arapaima Gigas (Panjang 2,44 m dan Berat 149 Kg)
Ikan Arapaima Gigas

Sumber: duniaikan.com

Mirip dengan ikan arwana, ikan arapaima ini memiliki ukuran mencapai 8 kaki dan berat 149 kilogram. Ikan ini banyak ditemui di Sungai Amazon basin di Amerika Selatan. Ikan ini akan muncul ke permukaan ketika bernafas. Ikan karnivora ini memiliki hubungan dekat dengan ikan arwana. Namun bentuk ikan ini mirp dengan ikan snakehead. Ikan araipaima berasal dari habibat yang sama dengan ular anaconda, lumba-lumba amazon, dan piranha yang sangat ganas.

Salah satu kemampuan unik ikan ini adalah saat musim kemarau dimana air yang semakin sedikit ikan ini akan memasukkan tubuhnya kedalam lumpur dan menggulung tubuhnya sedalam-dalamnya. Hal ini dilakukan untuk bertahan hidup hingga musim hujan berikutnya tiba.

  1. Ikan Aligator Gar (Panjang 3 m dan Berat 158,7 Kg)
Ikan Aligator Gar

Sumber: duniaikan.com

Mulut ikan ini jika kita perhatikan akan mirip sekali dengan mulut buaya. Sehingga bentuk dari ikan ini sangat menyeramkan. Ikan ini mampu tumbuh hingga 10 kaki dan berat mencapai 158,7 kilogram. Tetapi dengan tubuh yang menyeramkan ini, sampai sekarang belum ada kanbar bahwa ikan ini telah menyerang manusia. Ikan ini banyak ditemui di daerah Tenggara Amerika Serikat atau juga di daerah di selatan Selat Rus Meksiko.

Memancing ikan ini termasuk kebanggaan yang besar. Karena jika dilihat dari nilai jual ikan aligator gar ini, harga ikan ini masih lumayan mahal. Dan yang perlu diketahui lagi. Memancing ikan ini sangat berbahaya. Harus punya energi yang besar serta badan yang sehat jika ingin menaklukkan ikan yang atu ini.

  1. Ikan Mekong Giant Catfish (Panjang 3 m dan Berat 300 Kg)
Ikan Mekong Giant Catfish

Sumber: duniaikan.com

Ikan mekong giant catfish merupakan spesies ikan lele dalam keluarga ikan patin yang dibedakan oleh tidak adanya kumis atau sungut ikan serta gigi. Ikan ini dapat tumbuh hinga 10 kaki dengan mencapai berat 300 Kg. Ikan ini merupakan spesies ikan terbesar dari sungai mekong dan mereka berimigrasi menempuh jarak yang jauh untuk berkembang biak. Ikan ini sekarang dapat ditemui di daerah aliran utama Sungai Mekong di Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

Para ilmuan memperkirakan bahwa populasi ikan ini telah menurun hingga 90% dalam dekade terakhir. Menurunnya populasi ikan ini karena banyak para masyarakat yang memburu ikan jenis ini. Mungkin saat ini hanya terdapat beberapa ratus ikan saja yang tersebar di sungai. Hal ini didasari rasa ikan yang enak dengan daging yang empuk membuat ikan ini banyak diburu oleh para pemancing. Sehingga hal ini berakibat pada populasi ikan yang terancam punah.

  1. Ikan White Sturgeon (Panjang 6,1 m dan Berat 680,4 Kg)
Ikan White Sturgeon

Sumber: duniaikan.com

Di benua Amerika ikan ini bisa mencapai 6,1 meter dengan berat 680,4 kilogram serta dapat hidup hingga 100 tahun. Ikan ini juga dapat hidup di air tawar serta hidup di air laut. Ikan ini dapat ditemui di barat Amerika Serikat serta Kanada. Ikan diketahui telah ada sebelum zaman pra sejarah. Dan sekarang ikan ini telah terancam punah keberadaannya.

Hal yang disuka dari ikan ini adalah telurnya yang merupakan menu para kalangan atas dengan nilai yang tinggi. Hal inilah yang membuat populasi ikan ini di Laut Pasifik bagian Barat Daya dan Kanada semakin berkurang. Ikan ini pertama kali ditemukan di Teluk Alaska dan merupakan ikan air tawar terbesar yang pernah ditemukan di Amerika Utara. Termasuk ikan yang berkategori invertebrata secara penampilan ikan ini memiliki kemiripan dengan ikan hiu. Khususnya pada ekornya. Punggung ikan ini berwarna abu-abu dan warna permukaan ventral.

Mulut ikan ini berukuran lebar yang dilengkapi indera perasa tetapi di dalamnya tidak terdapat lidah. Ikan ini biasa hidup di perairan dangkal dengan arus lambat, muara, dan teluk. Sebagian besar waktu mereka digunkan untuk mencari makan. Setelah menemukan mangsa, ikan ini akan langsung menghisab mangsa dengan lewat mulutnya dan kemudian menelannya. Karena ikan ini tidak mempunyai gigi untuk mengunyahnya.

  1. Ikan Pari (Panjang 7 m dan Berat 700 Kg)
Ikan Pari

Sumber: duniaikan.com

Ikan pari air tawar termasuk ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan ini biasa hidup di bawah sungai-sungai di Asia, dengan memakan udang dan ikan. Berat ikan ini bisa mencapai 70 kilogram dengan panjang 7 meter. Duri yang berada pada ekornya ini sangat berbahaya dan panjang dari ekor ini bisa mencapai 2 meter lebih. Ekor ini memiliki fungsi yang mirip seperti ekor kalajengking. Dimana ekor ini digunakan untuk melumpuhkan para mangsa atau musuhnya. Jikalau Anda menginjak tubuh ikan ini, tetaplah tenang. Agar tidak diserang oleh ikan ini.

Meskipun begitu ikan ini mudah dilatih seperti anjing laut dan lumba-lumba. Monter baracun ini mengintai mangsanya pada air yang keruh pada perarian asia tenggara. Ikan pari merupakan ikan tertua di bumi. Ikan pari raksasa ini sekarang dalam golongan ikan yang terancam punah. Karena polusi air yang semakin tercemar dan penangkapan ikan yang masih berukuran kecil.

Ikan Air Tawar Berukuran Besar Terancam Punah

Bagaimana, sekarang Anda sudah tahu kan apa saja ikan air tawar yang terbesar di dunia ini? Saya harap dengan membaca artikel di atas dapat membuat kita sadar akan pentingnya keseimbangan alam. Sekian adalah artikel tentang jenis ikan air tawar paling besar yang terdapat di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • ikan air tawar terbesar
  • ikan tawar terbesar
  • 20 ikan air tawar terbesar di dunia
  • Ikan tawar terbesar di dunia
  • Ikan air tawar terbesar di dunia
  • ikan air tawar sejenus tuman
  • ikan panjang air tawar
  • ikan terbesar air tawar
  • ikan air tawar terbesar di kalimantan
  • ikan patin terbesar didunia
/* */