8 Jenis Ikan Salmon Lengkap dengan Kandungan dan Gambarnya

Wednesday, September 13th, 2017 - IKAN, IKAN HIAS
Ikan Salmon

Sumber: google.com

Jenis Ikan Salmon – Ikan Salmon merupakan jenis ikan yang berpindah-pindah untuk berkembang biak. Habitat awal ikan salmon adalah air tawar, kemudian pindah ke laut, dan kembali lagi ke air tawar untuk reproduksi, seperti itu seterusnya.

Ikan salmon sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan kandungan gizi ikan salmon seperti asam lemak omega 3 dan lainnya sangat berkhasiat menjaga kesehatan tubuh anda.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3 yang berkualitas tinggi. Jumlah lemak total ikan salmon rata-rata sekitar 4 hingga 11 gram per 300 gram ikan salmon matang. Sedangkan jumlah kandungan asam lemak omega 3 sekitar 700 hingga 1.800 miligram per 300 gram ikan salmon matang.

Ikan salmon merupakan sumber bagi kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan anda. Ikan salmon yang diolah dalam bentuk kalengan juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk tubuh anda.

Hingga saat ini jenis ikan salmon yang diketahui berjumlah 8 jenis. Jenis-jenis ikan salmon ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu ikan salmon yang berasal dari laut pasifik dan berasal dari laut atlantik.

Jenis ikan salmon yang berasal dari Lautan Atlantik Utara (New England hingga Scandinavia) adalah ikan salmon atlantik. Ikan ini merupakan jenis ikan salmon satu-satunya yang berasal dari lautan atlantik.

Sedangkan jenis ikan salmon yang berasal dari Lautan Pasifik Utara hingga Jepang adalah Ikan Salmon Raja (King Salmon), Ikan Salmon Anjing (Dog Salmon), Ikan Salmon Perak (Coho Salmon), Ikan Salmon Pelangi (Rainbow Trout Salmon / Steelhead), Ikan Salmon Pesisir (Cutthroat Trout), Ikan Salmon Merah Muda (Pink Salmon), dan Ikan Salmon Merah (Red Salmon).

Untuk lebih jelas tentang jenis-jenis Ikan Salmon di atas, berikut ulasan jenis-jenis ikan salmon yang lengkap dengan berat dan gambarnya:

Jenis Ikan Salmon di Dunia Terlengkap dan Terbaru 2017

  1. Ikan Salmon Raja (King Salmon / Chinook Salmon / Oncorhynchus Tshawytscha)
Ikan Salmon Raja (King Salmon Chinook Salmon)

Sumber: google.com

Jenis ikan salmon raja atau yang lebih dikenal dengan sebutan King Salmon, Chinook Salmon, dan Oncorhynchus Tshawytscha ini merupakan jenis ikan salmon yang paling besar di lautan atlantik. Ikan salmon raja memiliki warna yang putih hinggamerah tua. Berat rata-rata ikan salmon raja dapat mencapai kurang lebih 27 kilogram per ekornya.

Ikan salmon raja memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis ikan salmon yang lainnya. Ikan ini banyak dibudidayakan di daerah Selandia Baru dan di British Columbia (Kanada). Harga ikan salmon raja tergolong mahal. Kabar terakhir ikan salmon raja dijual dengan harga $ 22,99 per pon, atau sekitar Rp.300.000,- per 453,6 gram.

  1. Ikan Salmon Atlantik (Salmo Salar)
Ikan Salmon Atlantik (Salmo Salar)

Sumber: google.com

Jenis salmon atlantik atau yang biasa dikenal dengan sebutan salmo salar adalah jenis ikan salmon satu-satunya yang hidup di perairan atlantik. Berat ikan salmon atlantik dewasa memiliki bobot rata-rata 2 hingga 10 kilogram per ekor. Setelah 2 tahun, ukuran ikan salmon atlantik dapat tumbuh hingga mencapai kurang lebih 28 hingga 30 inci.

  1. Ikan Salmon Anjing (Dog Salmon / Oncorhynchus Keta)
Ikan Salmon Anjing (Dog Salmon atau Oncorhynchus Keta)

Sumber: google.com

Ikan salmon anjing atau biasa dipangggil dog salmon ini merupakan jenis ikan salmon yang memiliki badan berwarna ungu yang menyerupai lebam. Hal ini merupakan ciri khas dari jenis ikan salmon anjing ini. Sebutan lain dari ikan salmon anjing adalah Salmon Chum dan Keta Salmon.

Ketika ikan salmon anjing jantan melakukan proses pembuahan, gigi atau taring ikan ini akan mengembang. Berat rata-rata ikan salmon anjing dewasa kurang lebih 7 kilogram per ekornya. Ketika jumlah ikan salmon anjing ini melimpah, ikan ini biasa diolah menjadi ikan asap.

Daging ikan salmon anjing ini memiliki warna yang pucat. Selain itu, kandungan lemak pada ikan salmon anjing ini memiliki lebih sedikit ketimbang ikan salmon lainnya. Ikan salmon anjing ini biasa dijual ke luar negeri dalam bentuk kalengan atau beku.

  1. Ikan Salmon Perak (Silver Salmon / Coho Salmon / Oncorhynchus Kisutch)
Ikan Salmon Perak (Coho Salmon atau Oncorhynchus Kisutch)

Sumber: google.com

Salmon perak atau yang lebih dikenal dengan sebutan Silver Salmon, Coho Salmon dan Oncorhynchus Kisutch ini adalah jenis ikan yang terkenal di Puget Sound (teluk besar di Samudra Pasifik). Habitat ikan salmon perak terdapat pada anak sungai pesisir dan aliran sungai kecil.

Ikan salmon perak memiliki warna daging merah terang dan warna kulit yang sangat perak. Berat rata-rata ikan salmon perak kurang lebih 5,5 kilogram per ekornya. Ikan salmon perak memiliki tekstur daging yang lebih lembut ketimbang ikan salmon yang lainnya. Ikan ini juga biasa diolah menjadi ikan asap.

Pada pasar ikan, jenis ikan salmon perak ini banyak ditemukan. Terlebih pada bulan Agustus dan September. daerah perkotaan (jika air bersih dan dingin pada sepanjang tahun terpenuhi).

  1. Ikan Salmon Pelangi (Rainbow Trout Salmon / Steelhead)
Ikan Salmon Pelangi (Rainbow Trout Salmon atau Steelhead)

Sumber: google.com

Jenis ikan salmon pelangi atau biasa disebut Rainbow Trout Salmon atau Steelhead merupakan jenis ikan salmon yang berasal dari perairan air dingin di daerah Samudra Pasifik Asia dan Amerika Utara. Setelah 2 tahun hidup di air laut, ikan salmon pelangi akan pindah ke air tawar untuk bertelur.

Ikan salmon pelangi merupakan jenis ikan salmon yang susah ditemukan dan juga sulit untuk ditangkap. Ikan salmon pelangi dewasa dapat tumbuh hingga ukuran rata-rata 4 kilogram per ekornya.

  1. Ikan Salmon Pesisir (Cutthroat Trout / Oncorhynchus Clarki)
Ikan Salmon Pesisir (Cutthroat Trout atau Oncorhynchus Clarki)

Sumber: google.com

Ikan salmon pesisir atau biasa dipanggil dengan sebutan Cutthroat Trout maupun Oncorhynchus Clarki ini adalah jenis ikan salmon yang berasal dari anakan sungai perairan dingin Samudra Pasifik, Pegunungan Rocky, serta Great Basin di Amerika Utara. Ciri khas dari ikan salmon pesisir yaitu adanya warna merah yang khas di bawah rahang ikan.

Ikan salmon pesisir biasanya bertelur pada sungai yang berukuran kecil. Ikan ini menyukai sungai yang mengandung banyak oksigen, jernih, dangkal, dan memiliki dasar kerikil. Masa subur bertelur ikan ini biasanya terjadi pada musim semi tiba. Ukuran rata-rata ikan salmon pesisir ini adalah 2,7 kilogram per ekornya.

  1. Ikan Salmon Merah Muda (Pink Salmon / Oncorhynchus Gorbuscha)
Ikan Salmon Merah Muda (Pink Salmon atau Oncorhynchus Gorbuscha)

Sumber: google.com

Jenis ikan salmon merah muda atau yang lebih dikenal dengan nama Pink Salmon adalah jenis ikan yang banyak ditemui di lautan pasifik dan mempunyai ciri khas terdapatnya punuk pada punggung ikan salmon merah muda betina ketika mereka bertelur. Jenis ikan ini memiliki warna daging yang merah muda pula.

Ikan salmon merah muda mempunyai sebutan lain, yaitu Bungkuk Salmon, Humpies, dan Humpback Pink Salmon. Ikan ini memiliki danging yang ringan, beraroma lezat, gurih, serta mengandung rendah lemak. Ikan ini biasa diolah menjadi makanan dalam bentuk kalengan maupun ikan asapan.

Ikan salmon merah muda ini tergolong ikan yang mudah untuk ditangkap. Ikan salmon jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Berat rata-rata ikan ini adalah 2,5 kilogram per ekornya.

  1. Ikan Salmon Merah (Red Salmon)
Ikan Salmon Merah (Red Salmon)

Sumber: google.com

Jenis ikan salmon merah atau yang biasa disebut dengan Red Salmon merupakan jenis ikan salmon yang memiliki warna tubuh merah tua dan daging yang berwarna merah hingga orange. Ikan salmon merah dikenal banyak mengandung asam lemak omega 3 dan lemak tak jenuh.

Nama lain dari ikan salmon merah adalah Trout Perak atau Kokanee untuk ikan salmon yang berukuran datar, Blueback sebutan untuk daerah Quinault Rivers serta Columbia, dan Oncorhynchus nerka.

Ikan salmon merah banyak ditemui pada perairan pasifik dengan jumlah yang melimpah. Oleh karena itu ikan salmon merah termasuk ikan yang popular. Ikan salmon merah dewasa dapat berkembang hingga ukuran rata-rata 2,5 kilogram per ekornya.

Itulah sedikit ulasan tentang 8 jenis ikan salmon yang dilengkapi dengan kandungan gizi dan gambarnya. Jangan lupa kunjungi juga jenis-jenis ikan lainnya di website duniaikan.com ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian. Sampai jumpa dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • nama lain ikan salmon
  • ibrapa kilo brat ikan sal mon
  • persamaan nama ikan salmon
  • Yg termasuk ikan salmon
/* */