Jenis dan Harga Ikan Mas Koki Termahal Di Dunia

Saturday, July 22nd, 2017 - IKAN, IKAN HIAS, JENIS IKAN
Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Jenis dan Harga Ikan – Ikan mas koki, nama ilmiahnya carassius auratus auratus merupakan jenis ikan mas hias akuarium air tawar populer yang bersirip ekor ganda dan mempunyai bentuk yang hampir bulat atau gemuk. Ukuran ikan mas koki terbesar bisa mencapai dua telapak tangan orang dewasa. Harga ikan mas koki termahal dapat mencapai ratusan juta rupiah.

Cara memelihara ikan mas koki sedikit susah. Banyak dari orang yang bertanya kenapa ikan mas koki mudah mati. Budidaya ikan mas koki mengharuskan kita rajin mengecek kondisi ikan setiap waktu. Untuk lebih jelas tentang jenis ikan mas koki silahkan baca terus artikel ini.

Inilah Jenis Ikan Mas Koki Paling Mahal

Mungkin dari anda masih penasaran apa perbedaan ikan mas dan ikan mas koki ini. Ikan mas koki adalah hasil dari mutasi ikan mas itu sendiri. Pada awalnya ikan mas mempunyai sirip ekor tunggal kemudian bermutasi menjadi bersirip ekor ganda dan dari kejadian ini lahirlah nama ikan mas koki.

Ikan mas koki termasuk ikan hias pertama yang berhasil dibudidayakan, didomestikasi, serta dipelihara oleh masyarakat zaman dulu. Ikan mas koki termasuk ikan hias yang terpopuler di belahan dunia. Rata-rata ikan mas koki dapat bertahan hidup lebih dari 20 tahun. Ikan ini juga tergolong ikan yang ramah kepada pemiliknya.

Jika anda pecinta ikan pemula dan ingin memelihara ikan mas koki, jenis mas koki komet adalah pilihan yang tepat. Jika anda sukses memelihara ikan mas koki komet, anda dapat melanjutkan untuk memelihara jenis ikan mas koki lainnya.

Ikan mas ini berasal dari Asia (Siberia) dan mayoritas ikan mas koki yang mewah kini dikembangbiakan di Asia. Sekarang jumlah jenis ikan mas koki telah mencapai lebih dari 125 jenis. Ikan ini memiliki warna dan bentuk tubuh yang unik sekali. Tak heran ikan ini banyak penggemarnya. Berikut merupakan jenis-jenis ikan mas koki yang termahal dan terlengkap di dunia.

  1. Ikan Mas Koki Komet
Ikan Mas Koki Komet

Ikan Mas Koki Komet

Jenis ikan mas koki yang pertama adalah ikan mas koki komet. Ciri ikan mas koki ini adalah ukurannya lebih kecil dan langsing dari ikan mas biasa serta ekornya yang bercabang dan panjang.

Varietas jenis ini merupakan jenis ikan yang dulunya banyak ditemui di Negeri Paman Sam. Selain harganya yang murah serta perawatan yang mudah membuat ikan ini banyak ditemui di Indonesia. Ikan mas koki komet hampir mirip dengan mas biasa. Hanya saja yang membedakan adalah ciri dari ikan mas koki ini sendiri seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

  1. Ikan Mas Koki Black Moor
Ikan Mas Koki Black Moor

Ikan Mas Koki Black Moor

Jenis ikan mas koki yang kedua yaitu ikan mas koki black moor. Ciri-ciri ikan mas koki black moor adalah bermata telescope dan besar, mata ikan menonjol keluar, dan tubuh berwarna hitam dengan campuran sedikit warna keemasan.

Ikan mas koki black moor ini memiliki banyak sekali sebutan. Masyarakat Tiongkok menyebut ikan ini dengan sebutan mata naga. Beda dengan di Jepang. Masyarakat Jepang menyebut ikan ini dengan sebutan kuro demekin, popeye, dan teleskop.

  1. Ikan Mas Koki Mata Gelembung (Bubble Eye)
Ikan Mas Koki Mata Gelembung (Bubble Eye)

Ikan Mas Koki Mata Gelembung (Bubble Eye)

Jenis ikan mas koki yang ketiga adalah ikan mas koki mata gelembung. Ciri-ciri ikan mas koki mata gelembung yaitu terdapat dua kantung besar di bawah mata, tidak memiliki sirip punggung, dan mata ikan yang mengarah ke atas. Ikan ini biasa disebut dengan ikan mas koki mata balon atau bubble eye.

Ikan mas koki mata gelembung merupakan ikan mas koki yang berasal dari Negera Cina. Ikan unik ini dapat tumbuh hingga berukuran 6-8 inci. Dan yang perlu diperhatikan ketika merawat ikan mas koki jenis ini adalah mempertinggi kewaspadaan ketika memegang atau memindahkan ikan ini. Karena gelembung mata ikan yang besar ini rawan pecah. Dan ini sangat tidak baik untuk Anda ataupun ikan ini sendiri. Sebaiknya pisahkan jenis ikan mas koki mata gelembung ini dengan jenis ikan lain.

  1. Ikan Mas Koki Mata Langit (Choten Gan/Celestial Eye)
Ikan Mas Koki Mata Langit (Choten Gan atau Celestial Eye)

Ikan Mas Koki Mata Langit (Choten Gan atau Celestial Eye)

Jenis ikan mas koki yang keempat yaitu ikan mas koki mata langit. Ciri-ciri ikan mas koki mata langit adalah mata menghadap ke atas dan tidak dimilikinya sirip punggung. Ikan mas koki mata langit dikenal dengan sebutan lain seperti ikan mas koki choten gan ataupun celestial eye. Ikan mas koki ini berasal dari Korea dan Cina.

Mungkin Anda penasaran perbedaan antara ikan mas koki mata gelembung dengan ikan mas koki mata langit ini apa? Jika Anda perhatikan kedua ikan ini baik-baik perbedaan ikan ini sangat terlihat. Dimana Ikan mas koki mata gelembung mempunyai sirip di atas pungungnya sedangkan ikan mas koki mata langit tidak mempunyainya. Perbedaan yang kedua adalah gelembung mata ikan. Dimana ikan mas koki mata gelembung, gelembung matanya lebih besar 10x lipat dari pada ikan mas koki mata langit ini.

  1. Ikan Mas Koki Ryukin
Ikan Mas Koki Ryukin

Ikan Mas Koki Ryukin

Jenis ikan mas koki yang kelima yaitu ikan mas koki ryukin. Ciri-ciri ikan mas koki ryukin adalah tubuh ikan bungkuk dan pendek, mempunyai sirip punggung, ekor ikan mirip bunga yang sedang mekar, ekornya sepanjang tubuh ikan atau bisa lebih, dan memiliki punuk bahu. Panjang tubuh ikan mas koki ryukin ini bisa mencapai 21 cm.
Ikan mas koki ryukin ini di Jepang berada di tingkat nomor dua teratas. Di Jepang ikan ini biasa disebut dengan sebutan veiltail, ribbontail jepang, atau fringetail. Varian warna yang terdapat pada jenis ikan mas koki ini adalah metalik, putih, merah putih, belacu, dan merah marun.

  1. Ikan Mas Koki Kepala Singa (Lionhead)
Ikan Mas Koki Kepala Singa (Lionhead)

Ikan Mas Koki Kepala Singa (Lionhead)

Jenis ikan mas koki yang keenam yaitu ikan mas koki kepala singa atau sering disebut juga dengan lionhead. Ciri-ciri ikan mas koki kepala singa adalah terdapatnya benjolan pada kepala ikan, tidak memiliki sirip punggung, punggung sedikit cembung, sirip dada dan sirip perut kecil, ekor pendeknya melengkung serta mekar mirip tekapak tangan yang terbalik, dan memiliki bentuk tubuh yang pendek.

Ikan mas koki kepala singa ini sangat terkenal sekali di Jepang. Ikan ini menduduki ikan nomor satu di Jepang. Jika diperhatikan benjolan ikan ini mirip dengan kepala singa. Oleh karena itulah ikan ini diberi julukan ikan kepala singa.

  1. Ikan Mas Koki Oranda
Ikan Mas Koki Oranda

Ikan Mas Koki Oranda

Jenis ikan mas koki yang ketujuh yaitu ikan mas koki oranda. Ciri-ciri ikan mas koki oranda adalah di bagian kepala terdapat tudung yang menonjol mirip frambosen (kepala tumbuh). Tudung ini bisa memenuhi kepala ikan. Tetapi bagian mata dan mulut tidak tertutupi tudung.

Ikan mas koki oranda merupakan ikan mas koki yang termahal. Ikan mas koki yang satu ini sangat popular di dalam negeri maupun luar negeri. Harga ikan mas koki oranda ini dijual dengan harga Rp.500.000,- sampai 5 juta rupiah bahkan lebih.

  1. Ikan Mas Koki Sisik Mutiara (Chinshurin/Pearlscale)
Ikan Mas Koki Sisik Mutiara (Chinshurin)

Ikan Mas Koki Sisik Mutiara (Chinshurin)

Jenis ikan mas koki yang kedelapan yaitu ikan mas koki sisik mutiara. Ciri-ciri ikan mas koki sisik mutiara adalah mempunyai tubuh yang bulat mirip bola, sisik ikan timbul mirip mutiara, sirip punggung tinggi, dan tidak mempunyai punuk bahu. Nama lain jenis ikan ini adalah chinshurind dan Pearlscale. Nama ini sangat popular di Negara Jepang.

  1. Ikan Mas Koki Pompom (Hanafusa)
Ikan Mas Koki Pompom (Hanafusa)

Ikan Mas Koki Pompom (Hanafusa)

Jenis ikan mas koki yang kesembilan yaitu ikan mas koki pompom. Ciri-ciri ikan mas koki pompom adalah terdapat daging tumbuh di antara lubang hidung ikan. Daging tumbuh ini bisa tumbuh hingga melewati rahang bawah ikan. Nama lain ikan mas koki pompom adalah hanafusa.

Ikan jenis ini hampir mirip dengan ikan mas koki kepala singa. Perbedaan ikan mas koki pompom dengan ikan mas koki kepala singa terdapat pada benjolannya. Jika di kepala ikan mas koki pompom bukanlah benjolan melainkan daging tumbuh, sedangkan di kepala ikan mas koki kepala singa itu memang benjolan.

  1. Ikan Mas Koki Shubunkin
Ikan Mas Koki Shubunkin

Ikan Mas Koki Shubunkin

Jenis ikan mas koki yang kesepuluh yaitu ikan mas koki shubunkin. Ciri-ciri ikan mas koki shubunkin adalah mempunyai ekor tunggal, bentuk tubuh mirip ikan komet, serta mempunyai sisik yang berkilau-kilau mirip mutiara. Perbedakan ikan ini dengan ikan mas koki komet adalah corak warnanya. Hingga ikan ini mempunyai sebutan tersendiri untuk corak warna tubuhnya yaitu kaliko.

  1. Ikan Mas Koki Mata Teleskop (Telescope Eye/Demekin)
Ikan Mas Koki Mata Teleskop (Telescope Eye atau Demekin)

Ikan Mas Koki Mata Teleskop (Telescope Eye atau Demekin)

Jenis ikan mas koki yang kesebelas adalah ikan mas koki mata teleskop. Ciri-ciri ikan mas koki teleskop adalah memiliki mata yang besar serta menonjol keluar. Mata yang menonjol ini hanya terlihat ketika ikan sudah memasuki usia dewasa yaitu 3 bulan ke atas. Sebutan lain untuk ikan ini adalah mata naga goldfish, mata globe, demekin, atau telescope eye.

Ikan ini memiliki banyak jenis warna tubuh seperti warna hitam, coklat, biru, coklat biru, lavender, merah putih, hitam putih, belacu, metalik, dan merah. Ikan mas koki jenis ini cocok bagi Anda yang ingin memelihara ikan mas koki mata teleskop di akauarium Anda. Akuarium Anda akan diisi dengan banyak varian warna ikan mas koki jenis ini.

Perlu Anda tahu, ikan mas koki jenis ini memiliki penglihatan yang buruk dan gerak yang kurnag lincah. Jadi mohon dipertimbangkan lagi jika Anda ingin menaruh ikan jenis ini di dalam akuarium yang berisi ikan hias yang lain.

  1. Ikan Mas Koki Ranchu
Ikan Mas Koki Ranchu

Ikan Mas Koki Ranchu

Jenis ikan mas koki yang kedua belas yaitu ikan mas koki ranchu. Ciri-ciri ikan mas koki ranchu adalah pada kepala terdapat tudung atau benjolan dan tidak mempunyai sirip punggung. Di Negara Jepang ikan ini disebut sebagai raja ikan mas koki karena tampilan uniknya.

Ikan mas koki ranchu adalah ikan mas koki hasil dari persilangan dengan ikan mas koki kepala singa. Varian warna dari ikan mas koki ranchu sangatlah banyak. Seperti kepala merah, kuning pucat, orange, merah, putih, hitam merah, hitam putih, merah putih, biru, dan hitam. Ikan mas koki ranchu yang mempunyai warna kuning dan pucat sedikit dengan kepala berwarna merah banyak diburu para pecinta ikan hias.

  1. Ikan Mas Koki Moor Panda
Ikan Mas Koki Moor Panda

Ikan Mas Koki Moor Panda

Jenis ikan mas koki yang ketiga belas yaitu ikan mas koki moor panda. Ciri-ciri ikan mas koki moor panda adalah warna tubuh hitam putih dan mata menonjol. Ikan mas koki moor panda ini memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan mas koki black moor. Perbedaannya adalah hanya pada warna dari kedua jenis ikan ini.

  1. Ikan Mas Koki Ekor Kupu-kupu (Butterfly Tail)
Ikan Mas Koki Ekor Kupu-kupu (Butterfly Tail)

Ikan Mas Koki Ekor Kupu-kupu (Butterfly Tail)

Jenis ikan mas koki yang keempat belas yaitu ikan mas koki ekor kupu-kupu. Ciri-ciri ikan mas koki ekor kupu-kupu adalah ekor ikan yang jika dilihat dari atas seperti sayap kupu-kupu. Ikan mas koki jenis ini berasal dari Jepang dan sekarang sudah hampir punah keberadaannya.

Ikan mas koki jenis ini mempunyai sebutan lain yaitu, teleskop kupu-kupu, rokuri, ekor merak, moor ekor kupu-kupu, atau butterfly tail. Ikan mas koki ini bisa mencapai panjang sampai 9 inci. Ikan mas koki ini juga masih termasuk keturunan dari ikan mas koki mata teleskop. Seperti ikan mas koki jenis moor panda, ikan mas koki ekor kupu-kupu ini juga termasuk ikan yang langka.

  1. Ikan Mas Koki Ekor Kipas Keriting (Tosakin)
Ikan Mas Koki Ekor Kipas Keriting (Tosakin)

Ikan Mas Koki Ekor Kipas Keriting (Tosakin)

Jenis ikan mas koki yang kelima belas yaitu ikan mas koki ekor kipas keriting. Ciri-ciri ikan mas koki ekor kipas keriting adalah sirip ekor ikan mengembang horisontal, memiliki dua ekor yang terpisah dan ini menyatu di pangkal ekor hingga membentuk ekor tunggal. Ikan mas koki ini juga biasa disebut ikan tosakin dan ekor rumbai. Ikan jenis ini banyak dipelihara oleh masyarakat karena ekornya yang indah.

  1. Ikan Mas Koki Calico
Ikan Mas Koki Calico

Ikan Mas Koki Calico

Jenis ikan yang keenam belas yaitu ikan mas koki calico. Ciri-ciri ikan mas koki calico adalah sisik ikan berwarna transaparan dengan warna metalik yang terkesan seperti mutiara. Ikan jenis ini juga memiliki corak warna bercak merah, biru, abu-abu, kuning, dan hitam. Ukuran panjang ikan jenis ini dapat mencapai 12 inci.

  1. Ikan Mas Koki Fantail
Ikan Mas Koki Fantail

Ikan Mas Koki Fantail

Jenis ikan mas koki selanjutnya adalah ikan mas koki fantail. Ciri-ciri ikan mas koki fantail adalah sirip punggung yang tegak dan menjulang tinggi, tubuh ikan mirip telur, tidak mempunyai punuk bahu, dan ekor ganda yang panjang . Ikan mas koki ini termasuk ikan paling digemari di Negara Jepang.

  1. Ikan Mas Koki Sakura
Ikan Mas Koki Sakura

Ikan Mas Koki Sakura

Jenis ikan mas koki yang kedelapan belas yaitu ikan mas koki sakura. Ciri-ciri ikan mas koki sakura adalah berwarna merah dan putih, dan tidak mempunyai sirip punggung. Ikan ini sangat elegan serta simple.

  1. Ikan Mas Koki Watonai
Ikan Mas Koki Watonai

Ikan Mas Koki Watonai

Jenis ikan mas koki yang kesembilan belas yaitu ikan mas koki watonai. Ciri-ciri ikan mas koki watonai adalah tidak memiliki benjolan di kepala dan sirip ikan cenderung ramping. Ikan ini merupakan jenis ikan mas koki yang mempunyai ketahan tubuh paling kuat jika dibandingkan dengan jenis ikan mas koki lainnya.

  1. Ikan Mas Koki Wakin
Ikan Mas Koki Wakin

Ikan Mas Koki Wakin

Jenis ikan mas koki yang terkahir yaitu ikan mas koki wakin. Ciri-ciri ikan mas koki wakin adalah memiliki tubuh yang hampir bulat dan memiliki ekor tunggal. Ikan ini memiliki varian warna kuning, orange, putih, dan perpaduan orange putih.

Sebaiknya jika Anda memelihara ikan mas koki jenis wakin usahakan jangan mencampur dengan ikan mas koki jenis lain. Karena ikan ini mempunyai gerakan yang lincah dan aktif. Berbeda dengan ikan mas koki jenis lain yang mempunyai gerakan yang lambat. Ikan mas koki wakin bisa tumbuh hingga 17,5 sampai 20 cm.

Setelah melihat jenis ikan mas koki di atas pasti Anda tertarik untuk memelihara ikan cantik satu ini. Untuk memelihara ikan yang satu ini, Anda bisa menggunakan media akuarium atau kolam.

Perlu Anda ketahui, ikan mas koki mempunyai gerak renang, ketahanan tubuh, dan penglihatan yang berbeda. Ada yang mempunyai gerak renang yang lincah, ada juga yang gerak renangnya lambat. Ada yang daya tahan tubuh kuat, ada juga yang tidak. Begitu juga dengan penglihatannya.

Mungkin Anda penasaran berapa harga ikan mas koki yang ada di atas. Anda dapat melihat harga ikan mas koki di tabel berikut.

Daftar Harga Ikan Mas Koki Terbaru dan Terlengkap

No Jenis Ikan Mas Koki Ukuran Harga per Ekor
1. Harga Ikan Mas Koki Komet 3-5 cm Rp. 15.000
2. Harga Ikan Mas Koki Black Moor 3-5 cm Rp. 25.000
3. Harga Ikan Mas Koki Mata gelembung 3-5 cm Rp. 25.000
4. Harga Ikan Mas Koki Mata Langit 3-5 cm Rp. 30.000
5. Harga Ikan Mas Koki Ryukin 3-5 cm Rp. 35.000
6. Harga Ikan Mas Koki Kepala Singa(Lion Head) 3-5 cm Rp. 12.000
7. Harga Ikan Mas Koki Oranda 3-5 cm Rp. 50.000
8. Harga Ikan Mas Koki Sisik Mutiara 3-5 cm Rp. 70.000
9. Harga Ikan Mas Koki Pompom 3-5 cm Rp. 15.000
10. Harga Ikan Mas Koki Shubukin 3-5 cm Rp. 29.000
11. Harga Ikan Mas Koki Mata Telekop 3-5 cm Rp. 26.000
12. Harga Ikan Mas Koki Ranchu 3-5 cm Rp. 22.000
13. Harga Ikan Mas Koki Moor Panda 3-5 cm Rp. 28.000
14. Harga Ikan Mas Koki Ekor Kupu-Kupu 3-5 cm Rp. 13.000
15. Harga Ikan Mas Koki Tosakin 3-5 cm Rp. 45.000
16. Harga Ikan Mas Koki Fantail 3-5 cm Rp. 25.000
17. Harga Ikan Mas Koki Sakura 3-5 cm Rp. 30.000
19. Harga Ikan Mas Koki Watonoi 3-5 cm Rp. 22.000
20. Harga Ikan Mas Koki Wakin 3-5 cm Rp. 27.000

Catatan: Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan Setiap daerah mempunyai harga masing-masing.

Demikianlah jenis dan harga ikan mas koki termahal di dunia. Semoga informasi yang kami berikan memberi manfaat bagi kita. Mungkin anda mempunyai saran atau kritikan, silahkan memberikan komentar Anda di kontak kami.

Incoming search terms:

  • ikan mas koki
  • jenis ikan mas koki termahal
  • harga ikan koki
  • ikan mas koki terbesar
  • harga ikan mas koki
  • Ikan mas hias
  • jenis ikan koki
  • jenis ikan mas koki
  • jenis ikan mas hias
  • daftar harga ikan mas koki
/* */