Inilah 7 Jenis Ikan Louhan Terbaik di Dunia

Wednesday, April 26th, 2017 - IKAN, IKAN HIAS

Jenis Ikan Louhan Terbaik – Saya yakin anda pasti tahu ikan air tawar yang satu ini. Ya, ikan jenong atau nonong. Ikan louhan biasa juga disebut ikan jenong atau nonong karena di kepala ikan ini terdapat benjolan yang khas, yang menjadi saya tarik tersendiri bagi ikan ini. Banyak orang yang mempercayai bahwa ikan yang biasa dipelihara di akuarium ini bisa mendatangkan keberuntungan, sehingga ikan ini menjadi trend dunia. Selain membahas jenis-jenis ikan louhan terbaik dan termahal dunia, ciri-ciri ikan louhan dan keistimewaan ikan louhan juga akan dibahas di sini.

Sejarah Ikan louhan (Bahasa Inggris: Flowerhorn) awalnya berhabitat di Malaysia dan Taiwan saja dan berasal dari keluarga Cichlidae. Karena perdagangan dunia yang bebas menjadikan ikan ini banyak ditemui hampir di belahan dunia.

Warna sisik yang beragam seperti bunga membuat ikan ini bernilai hingga puluhan juta rupiah. Membedakan kelamin ikan louhan ini bisa dibilang mudah. Ikan louhan jantan kebanyakan mempunyai benjolan yang lebih besar daripada ikan louhan betina.

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan Louhan Paling Mahal di Dunia

Di Indonesia ikan ini pernah menjadi sangat viral. Ikan hias air tawar ini menjadi booming pada awal tahun 2000-an. Sangking banyaknya minat pasar, para pembudidaya kebanjiran order. Saya masih ingat bahwa hampir setiap rumah di kota saya mempunyai ikan ini. Tidak kebayang berapa omset para penjual ikan ini perhari. Pasti banyak sekali.

Banyak dari para pemilik ikan tidak mengetahui jenis ikan louhan apa yang dipeliharanya. Lucu sekali. Ikan louhan di pasar sekarang mereda. Hal ini terjadi mungkin karena harga ikan louhan yang semakin mahal hingga pasarnya kian melemah.

Ciri – Ciri Ikan Louhan

1. Mata merah satu lingkaran penuh
2. Jenong di kepala tampak proporsional
3. Sirip atas dan bawah dan seimbang
4. Warna dasar tubuh merah cerah dan kuning cerah
5. Sirip dan ekor merekah melebar dan utuh
6. Bintik hitam tegas dari pangkal ekor sampai insan
7. Lingkaran warna perak keemasan metalik melingkari bintik hitam
8. Tampak bintik mutiara hampir di seluruh badan

Keistimewaan Ikan Louhan

1. Ikan Pembawa Keberuntungan

Konon di Taiwan san, ikan louhan ini dipercaya dapat membawa keberuntungan atau hoki bagi pemiliknya. Ikan ini memang bukan keturunan asli dari ikan louhan. Melainkan adalah hasil perkawinan silang atau hybrid antara Parrot Cichil yang diimpor dari Taiwan ke Malaysia yang kebetulan dalam pengirimannya dalam waktu yang bersamaan. Alhasil lahirlah ikan louhan di dunia yang cantik ini.

Sesuai perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, maka tahun 1995 banyak ilmuan yang berhasil memunculkan spesies-spesies baru dan warna–warna baru yang lebih bervariasi dari jenis ikan louhan aslinya. Generasi baru yang dihasilkan dari perkawinan silang pada waktu itu disebut-sebut sebagai five-color god of fortune (Bahasa Indonesia: lima warna dewa keberuntungan). Kecantikan ikan ini membuatnya terkenal di kalangan masyarakat hingga ke penjuru dunia.

2. Ikan Penyendiri

Ikan louhan merupakan jenis ikan yang mempunyai sifat teritorial habit (suka hidup sendiri). Kebiasaannya itu membuat binatang ini sangat tidak suka jika ada binatang lain yang mendatanginya. Ikan ini akan menyerang dengan ganas si pendatang hingga tidak jarang terjadi perkelahian dalam satu akuarium. Perkelahian akan terhenti jika salah satu binatang kalah atau mati.

Anda pasti tidak ingin kalau ikan anda tiba-tiba mati dengan sendirinya? Jika anda memelihara ikan louhan di rumah, sebaiknya anda pisahkan ikan ini sendiri-sendiri atau satu akuarium satu ekor. Ini berlaku untuk ikan louhan yang sejenis. Kalaupun anda terpaksa memelihara ikan ini dalam satu akuarium maka berilah sekat untuk menghindari kontak langsung pada diri mereka. Hal ini lebih aman dan nyaman untuk menjaga keselamatan serta kecantikan dari ikan hias yang satu ini secara maksimal.

3. Mudah Perawatan

Cara merawat ikan louhan tergolong mudah sekali. Ikan ini membutuhkan air dengan suhu sebaiknya 80 derajat hingga 90 derajat dan pH tidak lebih dari 7,4 hingga 8,0. Volume akuarium dapat anda sesuaikan pada ukuran ikan ini. Jika ukuran ikan kecil tidak mungkin kan anda menggunakan akuarium dengan skala besar? Ikan ini biasanya menggunakan ruang sekitar 20 hingga 30 galon dalam pertumbuhannya.

Akuarium yang digunakan untuk memelihara ikan louhan disesuaikan dengan besar ikan louhan pula. Jika ukuran ikan louhan 5 hingga 7,5 cm, anda dapat gunakan akuarium yang berukuran 20 x 30 cm. Dan jika ukuran ikan louhan 10 hingga 15 cm, maka ikan louhan ini juga membutuhkan space (ruang) yang lebih besar pula, sekitar 40 x 60 cm. Jadi jika disimpulkan ikan louhan membutuhkan space minimal 4 x besar tubuhnya.

Ikan louhan sebenarnya tidak membutuhkan makanan yang susah. Makanan ikan ini sama seperti ikan tawar pada umumnya. Cacing rambut atau cacing tanah. Ya, itu adalah makanan yang mereka sukai. Tetapi untuk menjaga kesehatan ikan louhan ini, cacing ini sebaiknya dibilas dengan air sampai bersih (mencegah terkena penyakit). Memberikan pelet sebagai selingan juga baik untuk jenis ikan hias air tawar ini.

4. Punya Kebiasaan Unik

Kebiasaan Ikan louhan yang bisa dikatakan unik adalah sukanya mengumpulkan kerikil dan berubah warna. Terutama ikan louhan yang berwarna merah.

Banyak orang yang bilang jika ikan ini merupakan ikan yang agresif. Tetapi ini hanyalah opini belaka. Buktinya banyak juga orang yang merawat ikan louhan yang jinak. Ikan ini sebenarnya suka dengan sentuhan lembut. Jika anda mempunyai ikan louhan yang agresif mungkin ikan anda mengalami trauma dan harus perlu banyak latihan dengan perlahan-lahan. Lakukan sentuhan lembut pada ikan secara berulang, terutama ketika memberi makan.

5. Harganya Mahal

Harga ikan ini termasuk mahal. Bagaimana tidak, satu ikan saja dapat terjual dengan harga jutaan rupiah. Tentu saja harga ini bergantung pada corak yang ada pada tubuk ikan louhan. Semakin bagus corak ikan, semakin mahal pula harga ikan tersebut.

6. Corak Tubuh Seperti Huruf Kanji

Ketika anda melihat ikan louhan dengan seksama, apakah anda melihat ikan ini mirip ikan yang sering kita makan? Ya, ikan mujaer. Ikan ini sekilas sama degan ikan mujair, tetapi yang membedakan adalah corak sisik dan benjolan dikepala.

Ikan louhan mempunyai sisik yang mirip sekali dengan huruf kanji (huruf mandarin). Para ahli banyak yang membenarkan hal tersebut, mengingat nenek moyang ikan ini berasal dari Taiwan.

Jenis dan Gambar Ikan Louhan Paling Cantik

Dari jenis-jenis ikan louhan yang di bawah ini mungkin pernah kamu pelihara. Berikut adalah jenis dan gambar ikan louhan yang termahal serta terbaik di dunia.

1. Ikan Louhan Cencu atau Zenzhu

Ikan Louhan Cencu atau Zenzhu

Ikan Louhan Cencu atau Zenzhu

Jenis ikan louhan cencu atau zenzhu di Indonesia terkenal dengan sebutan Ikan louhan mutiara. Disebut ikan louhan mutiara karena ikan ini mempunyai ciri khas bintik-bintik kecil hampir di seluruh tubuhnya, seperti mutiara. Ikan louhan jenis ini mempunyai dua macam spesifikasi, ikan louhan cencu klasik dan ikan louhan modern.

Jenis ikan louhan cencu klasik adalah jenis ikan louhan yang mempunyai warna merah cerah dan dominan, bintik- bintik di tubuh ikan ini lebih sedikit, ukuran jenis ikan louhan cencu klasik ini lebih besar, serta jenong kepalanya lebih kecil.

Jenis ikan louhan cencu modern adalah jenis ikan louhan yang mempunyai warna lebih indah daripada jenis klasik, bintik- bintik di tubuh ikan ini lebih banyak (mucul sampai bagian kepala dan pipinya), ukuran jenis ikan louhan cencu klasik ini lebih kecil, serta jenong kepalanya lebih besar. Bahkan jenongnya sudah kelihatan ketika louhan ini masih kecil, walau hanya waterhead.

2. Ikan Louhan Kamfa atau Golden Flower

Ikan Louhan Kamfa atau Golden Flower

Ikan Louhan Kamfa atau Golden Flower

Jenis ikan louhan Kamfa atau Golden Flower adalah jenis ikan louhan yang popular di kalangan pecinta ikan louhan hingga sekarang.
Ikan jenis ini mempunyai ciri khas, yaitu siripnya yang lebih lebar dan lebih kaku jika dibandingkan dengan ikan-ikan louhan yang lain. Ketika masih kecil, sirip bagian atas dari ikan louhan jenis ini suah terlihat lebih besar. Sehingga jenis ikan louhan kamfa ini gampang sekali kita kenali.

Perlu anda tahu bahwa jenis ikan louhan ini tidak mempunyai marking baik di badan atau di kepalanya. Maka dari itu, jika anda menemui ikan jenis ini mempunyai marking kemungkinan besar ikan ini telah terjadi persilangan dengan jenis louhan yang lain.

3. Ikan Louhan Golden Red

Ikan Louhan Golden Red

Ikan Louhan Golden Red

Jenis ikan louhan golden red adalah ikan louhan dari Thailand. Ikan hias ini biasa juga disebut ikan louhan golden trimaculatus. Ikan louhan jenis ini memiliki perpaduan warna merah dan warna kuning yang cantik.

Ikan ini ketika kecil sangat mirip sekali dengan louhan cencu. Hal ini terjadi karena warna ikan ini ketika kecil belum tampak sempurna. Sehingga banyak yang menyimpulkan kalau ikan ini ketika kecil mirip dengan ikan louhan cencu.

Ikan louhan golden red ini biasa mengalami mutasi dahulu. Yang dimaksud dengan mutasi di sini adalah sisik ikan akan berubah menjadi warna merah dan warna kuning yang berpadu sangat indah sekali. Perpaduan warna yang indah ini membuat orang yang melihatnya pasti ingin segera memilikinya.

Mutasi ikan ini mengalami beberapa proses. Proses yang pertama yaitu warna yang biasa seperti pada ikan louhan ketika kecil berubah warna menjadi hitam arang. Proses yang kedua yaitu yang terakhir adalah perubahan warna menjadi warna merah dan warna kuning yang berpadu.

4. Ikan Louhan Super Red Texas (SRT)

Ikan Louhan Super Red Texas (SRT)

Ikan Louhan Super Red Texas (SRT)

Jenis ikan louhan super red texas (SRT) adalah hasil persilangan antara ikan louhan golden red dengan louhan texas chiclid warna abu-abu. Sehingga tidak dipungkiri lagi hasil dari persilangan ini menghasilkan ikan louhan super red texas yang sangat indah. Seperti ikan louhan golden red, ikan louha super red texas juga berasal dari Thailand.

5. Ikan Louhan Rainbow King

Ikan Louhan Rainbow King

Ikan Louhan Rainbow King

Jenis ikan louhan rainbow king adalah ikan louhan yang paling berbeda dengan jenis ikan louhan lainnya. Ikan hias ini memiliki badan yang hampir kotak, marking horisontal, dan paduan warna kuning dengan merah. Tetapi ada juga ikan jenis ini yang memiliki warna biru.

Tidak heran lagi kalau ikan jenis ini dapat menjadi pemenang kontes internasional. Hal ini dikarenakan perpaduan warna disisiknya yang sangat indah seperti pelangi. Sehingga banyak para penjual dan pembudidaya ikan louhan rainbow king ini menipu para pembeli dengan menyebut ikan louhan jenis kamfa sebagai ikan louhan rainbow king. Miris sekali bukan.

Anda harus cermat dalam membeli ikan ini. Dengan mengetahui ciri-ciri ikan louhan rainbow king yang benar, maka anda akan terhindar dari penipuan para oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.

6. Ikan Louhan Super Red Synspillum (SRS)

Ikan Louhan Super Red Synspillum (SRS)

Ikan Louhan Super Red Synspillum (SRS)

Jenis Ikan Louhan Super Red Synspillum (SRS) adalah ikan louhan yang memiliki warna merah bata dan juga sedikit warna orange. Ikan louhan ini juga masih berasal dari Thailand. Banyak yang menyebut bahwa ikan ini juga dijuluki kamfa-nya Thailand.

Ciri-ciri yang menonjol pada ikan louhan super red synspillum adalah jenongnya yang waterhead, siripnya berukuran lebar dan kaku, warna mata kuning atau merah, dan juga ikan ini tidak memiliki marking di kepala.

7. Ikan Louhan Strom

Ikan Louhan Strom

Ikan Louhan Strom

Jenis ikan louhan strom adalah ikan louhan yang memiliki mutiara yang berukuran besar serta markingnya horisontal. Ikan louhan ini juga berasal dari Thailand. Ikan ini tergolong ikan yang masih baru. Masih sedikit informasi tentang ikan jenis ini. berikut ini informasi tentang harga ikan louhan terbaru tahun ini.

Daftar Harga Ikan Louhan Paling Mahal

Jenis Ikan Louhan Harga Ikan
Ikan Louhan Cencu Rp.40.000,- s/d Rp.1.250.000,- .
Ikan Louhan Kamfa/Golden Flower Rp.200.000,000-
Ikan Louhan Golden Red Rp.900.000.000,-
Ikan Louhan Super Red Texas (ukuran 2 inci) Rp.500.000,-
Ikan Louhan Rainbow King Marking Horisontal (anakan) Rp.1.000.000,-
Ikan Louhan Super Red Synspillum (anakan) Rp.500.000,-
Ikan Louhan Strom Rp.0,-

Baca juga:

Demikianlah 7 jenis ikan louhan terbaik dan termahal yang banyak dicari para pecinta ikan di dunia. Semoga informasi yang kami berikan memberi manfaat bagi kita. Mungkin anda mempunyai saran atau kritikan, silahkan memberikan komentar di kolom komentar di bawah ini.

Incoming search terms:

  • jenis ikan louhan
  • jenis ikan louhan terbaik
  • ikan louhan
  • Jenis jenis ikan louhan
  • jenis louhan
  • jenis ikan lohan
  • ikan lohan
  • jenis louhan terbaik
  • ikan louhan biasa
  • gambar ikan lohan
Inilah 7 Jenis Ikan Louhan Terbaik di Dunia | Denny | 4.5