15 Ikan Air Laut Terbesar dan Populer di Dunia

Monday, August 7th, 2017 - IKAN, JENIS IKAN
Ikan Air Laut Terbesar

Sumber: duniaikan.com

Ikan Air Laut – Makhluk terbesar di alam semesta kebanyakan berada di air laut. Sampai sekarang masih banyak monster laut purba yang hidup dan berukuran raksasa. Apalagi 500 meter di bawah permukaan air laut. Di sana banyak monster laut dalam yang misterius. Mereka juga pernah terekam kamera. Tetapi Kita telah beruntung karena banyak para monster itu telah punah dari planet ini.

Monster Bawah Laut yang Menguasai Lautan

Hewan laut terbesar yang pernah ditemukan yang umum ditemui adalah ikan hiu paus. Memang bnar sekali. Ikan yang satu ini memiliki ukuran yang dapat mencapai puluhan meter panjangnya. Daripada penasaran ikan air laut terbesar apa saja yang akan kami uraikan. Simak saja ulasan berikut.

  1. Ikan Hiu Paus/Whale Shark
Ikan Hiu Paus atau Whale Shark

Sumber: duniaikan.com

Ikan hiu paus atau whale shark ini termasuk ikan yang tidak berbahaya bagi manusia. Karena ikan ini memakan makanan seperti planton dan krill. Oleh karena itulah ikan ini tidak berbahaya bagi manusia.

Para peneliti sering meneliti jenis ikan hiu paus ini yang berukuran 2 sampai 14 meter saja. Tetapi sesungguhnya ikan hiu paus ini dapat tumbuh hingga 20 meter panjangnya. Dan juga ikan ini menjadi daya tarik para penyelam untuk dapat berenang bersama ikan yang satu ini.

  1. Ikan Baskings Hiu/Basking Sharks
Ikan Baskings Hiu atau Basking Sharks

Sumber: duniaikan.com

Ikan hiu baskings ini dapat ditemui di perairan dataran tinggi pesisir, seperti di Samudra Atlantik (dekat Irlandia) dan Samudra Pasifik. Ikan ini memakan makanan seperti alga zooplankton atau hewan mikroskopik yang nantinya akan diserap oleh mulutnya yang lebar.

  1. Ikan Oarfish/Regalecus
Ikan Oarfish atau Regalecus

Sumber: duniaikan.com

Rekor terbaru dari ikan oarfish adalah panjangnya yang berukuran hingga 11 meter dengan berat badan diperkirakan mencapai 270 kilogram. Para peneliti mengungkapkan bahwa di perairan laut dalam masih ada ikan ini yang memiliki ukuran yang lebih panjang lagi.

  1. Ikan Hiu Greenland
Ikan Hiu Greenland

Sumber: duniaikan.com

Ikan ini merupakan ikan yang hidup di perairan dingin. Dimana ikan ini dapat bertahan hidup di suhu 2 sampai 7 derajat celcius. Umur ikan hiu greenland bisa mencapai 400 tahun dengan panjang hingga 7,3 meter. Selain itu, daging hewan ini sangat beracun. Jadi jangan sekali-kali makan daging ikan ini.

  1. Ikan Hiu Putih/Great White Shark
Ikan Hiu Putih atau Great White Shark

Sumber: duniaikan.com

Ikan hiu putih ini merupakan ikan hiu yang paling terkenal. Apalagi ikan ini pernah difilmkan (Jaws). Karena film inilah banyak masyarakat yang beranggapan bahwa ikan hiu putih ini merupakan ikan predator terbesar. Dan ikan ini dapat tumbuh hingga 6 meter.

Hingga saat ini hiu putih terbesar yang bernama Deep Blue, berjenis perempuan, tinggal di luar Pulau Guadalupe. Tempat pengamatan ikan hiu putih yang resmi di dunia berada di Afrika Selatan, Australia, dan Teluk Meksiko.

  1. Ikan Marlin Hitam/Black Marlin
Ikan Marlin Hitam atau Black Marlin

Sumber: duniaikan.com

Ikan ini mempunyai kecepatan renang yang tinggi. Hingga ikan ini mendapat predikat ikan tercepat di dunia, karena kecepatan ikan ini mencapai 130 kilo per jam. Dengan rahang seperti pedang ikan ini seringkali keluar dari air (terbang) untuk mengambil udara. Ikan marlin terbesar pernah ditangkap di perairan Cabo Blanco pada tahun 1953, dengan berat mencapai 707,61 kilogram.

  1. Ikan Tuna Sirip Biru/Bluefin Tuna
Ikan Tuna Sirip Biru atau Bluefin Tuna

Sumber: duniaikan.com

Ikan ini merupakan ikan yang sangat gesit sekali. Para pemancing sangat senang ketika umpan mereka disambar oleh ikan ini. Karena jika kail Anda mengenai ikan ini maka Anda akan siap-siap mengeluarkan tenaga yang ekstra pula. Pada tahun 1979 ikan tuna sirip biru berhasil di]angkap dengan berat 678,58 kilogram.

  1. Ikan Marlin Biru Atlantik/Atlantic Blue Marlin
Ikan Marlin Biru Atlantik atau Atlantic Blue Marlin

Sumber: duniaikan.com

Ikan ini dapat tumbuh hingga panjangnya 14 kaki. Ikan ini menyukai permukaan air yang hangat. Ikan ini pernah ditangkap di perairan Vitoria, Spanyol, dengan berat mencapai 636 kilogram.

  1. Ikan Marlin Biru Pasifik/Pacific Blue Marlin
Ikan Marlin Biru Pasifik atau Pacific Blue Marlin

Sumber: duniaikan.com

Jenis ikan ini dan ikan marlin biru atlantik sangat berbeda. Pada tahun 1982 ikan marlin biru pasifik pernah ditangkap dengan berat 624,14 kilogram. Dan ini merupakan ukuran terbesar dari ikan ini.

  1. Ikan Todak/Swordfish
Ikan Todak atau Swordfish

Sumber: duniaikan.com

Ikan ini biasa dikenal dengan ikan todak atau swordfish. Ikan ini mempunyai moncong yang mirip seperti pedang. Pada tahun 1953 di Iquique, Cile Utara. Ikan ini pernah ditangkap dengan bobot 536,15 kilogram.

  1. Ikan Tuna Sirip Kuning/Yellowfin Tuna
Ikan Tuna Sirip Kuning atau Yellowfin Tuna

Sumber: duniaikan.com

Ikan ini dapat ditemui di perairan yang beriklim sedang. Pada tahun 2012 tepatnya di Cabo San Lucas, Meksiko. Ikan ini pernah ditangkap dengan bobot 193,68 kilogram.

  1. Ikan Tarpon
Ikan Tarpon

Sumber: duniaikan.com

Fosil yang ditemukan membuktikan bahwa ikan ini telah ada dalam jutaan tahun yang lalu. Ikan ini dapat hidup di air tawar dan air asin. Ikan ini pula dapat hidup pada perairan yang minim akan kandungan oksigennya. Hal ini dikarenakan kandung kemih pada ikan ini sangat unik. Pada tahun 2003 ikan ini pernah ditangkap dengan bobot 129,98 kilogram di perairan Rubabe.

  1. Ikan Layaran/Pasific Sailfish
Ikan Layaran atau Pasific Sailfish

Sumber: duniaikan.com

Ikan ini banyak ditemukan pada perairan tropis dan subtropis. Kecepatan renang ikan ini bisa mencapai 110 kilo per jamnya. Ciri khas dari ikan ini adalah rahang atas yang memanjang dan sirip punggung yang lebar. Pada tahun 1947 ikan ini pernah ditangkap dengan berat 100,24 kilogram di perairan Santa Cruz tepatnya Pulau Ekuador.

  1. Ikan Tenggiri Laki/Wahoo
Ikan Wahoo

Sumber: duniaikan.com

Ikan ini jarang ditemukan sebagai makanan sehari-hari. Karena ikan ini tidak sembarangan ditemukan. Ikan ini dapat berenang hingga kecepatan 80 kilo per jam. Pada tahun 2005 ikan ini berhasil ditangkap dengan berat 83,46 kilogram.

  1. Ikan Dorado/Mahi-mahi
Ikan Dorado

Sumber: duniaikan.com

Ikan yang mempunyai warna cemerlang ini paling banyak dicari para pemancing ikan. Karena ikan ini sangat energik dan sering melompat-lompat. Hal inilah yang membuat para pemancing tergoda untuk menaklukkannya. Pada tahun 1976 tepatnya di teluk Papagayo di Kosta Rika, ikan dorado telah ditangkap dengan bobot mencapai 39,46 kilogram.

Inilah Makhluk Air Laut Terbesar di Muka Bumi

15 jenis ikan di atas merupakan jenis ikan air laut terbesar. Sekian artikel tentang ikan air laut terbesar di dunia. Jangan lupa baca artikel kita yang lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Salam terima kasih.

Incoming search terms:

  • ikan laut besar
  • ikan laut dalam terbesar
  • ikan tenggiri terbesar yang pernah di temukan
  • ikan pemangsa laut yang tidak ditangkap
  • ikan laut terbesar
  • ikan laut tarpon
  • contoh ikan besar air laut
  • hewan laut terbesar di dunia
  • Hewan laut terbesar
  • hewan laut besar
/* */