17 Nama Jenis Ikan Laut Konsumsi Populer di Indonesia

Wednesday, August 9th, 2017 - IKAN, JENIS IKAN
Ikan Laut Konsumsi

Ikan Laut Konsumsi

Ikan Laut Konsumsi – Jumlah jenis ikan laut yang dikonsumsi di Indonesia sangat banyak. Mulai dari ikan tuna, ikan kakap, ikan teri, dan masih banyak lagi ikan lainnya. Tetapi artikel kali ini hanya akan membahas tentang jenis-jenis ikan laut yang sering dikonsumsi di Indonesia.

Masyarakat banyak yang beranggapan bahwa ikan laut merupakan ikan yang mahal. Hal ini tidaklah sepenuhnya benar. Memang ada beberapa jenis ikan laut ini memiliki harga yang cukup mahal. Tetapi masih banyak jenis ikan lain yang memiliki harga yang sangat ekonomis.

Jenis Ikan Laut yang Enak Dimakan

Salah satu contoh dari ikan yang masih tergolong mahal adalah ikan kerapu. Ikan ini termasuk jenis ikan laut dangkal. Ikan ini memiliki harga mencapai ratusan ribu hingga jutaan per kilonya. Lumayan menerogoh kantong kita. Dan ikan yang tergolong murah contohnya ikan pindang.

Untuk lebih jelas jenis ikan laut apa saja yang banyak dikonsumsi di Indonesia, berikut ulasannya.

  1. Ikan Tuna
Ikan Tuna

Ikan Tuna

Ikan yang mempunyai daging merah mudaa atau merah ini merupakan ikan yang familiar di Indonesia. Karena negara kita termasuk pemasok ikan tuna terbesar di planet ini. Berat dari ikan tuna bisa mencapai 350 kg per ekornya.

Banyak restoran yang menambahkan ikan yang satu ini pada daftar menu mereka. Mulai dari olahan seperti sayur kuah kuning, sup, bakso, ikan kering, balado, abon, tongseng, saus tiram maupun saus teriyaki, hingga untuk tambahan roti. Di Jepang ikan tuna segar biasa dimasak sebagai olahan sushi.

  1. Ikan kerapu Bebek atau Kerapu Tikus
Ikan kerapu Bebek atau Kerapu Tikus

Ikan kerapu Bebek atau Kerapu Tikus

Ikan jenis ini merupakan ikan yang tergolong mahal. Harga ikan kerapu bebek satu kilonya dapat mencapai 3-4 juta rupiah. Para peternak dalam negeri sekarang banyak yang membudidayakan ikan ini.

Meskipun harganya mahal tetapi rasa ikan ini sebanding dengan kemahalan itu. Dijamin enak sekali. Jadi tidak usah ragu akan rasa dari ikan ini.

  1. Ikan Kerapu Macan
Ikan Kerapu Macan

Ikan Kerapu Macan

Ikan yang memiliki panjang hingga 2 meter ini biasa hidup di perairan dangkal. Tubuhnya yang terdapat bercak-bercak hitam dengan warna dasar cokelat ini menguntungkan penyamarannya.

Ikan ini termasuk ikan kerapu yang populer di masyarakat. Anda dapat menemukan ikan ini di perairan indo-pasifik. Terutama pada perairan yang banyak terumbu karang dan kawasan laut pasang surut.

  1. Kerapu Sunu
Kerapu Sunu

Kerapu Sunu

Ikan ini dapat mencapai panjang mencapai 53 cm. Anda dapat menemukan ikan ini di kedalaman 3-300 meter dari permukaan air. Dan juga ikan ini menyukai daerah laut yang berkarang.

  1. Ikan Baronang atau Rabbitfish
Ikan Baronang atau Rabbitfish

Ikan Baronang atau Rabbitfish

Ikan ini termasuk ikan faforitnya para pemancing air laut. Ikan ini banyak terdapat di perairan yang dangkal seperti perairan timur mediterania dan indo pasifik.

Ikan Baronang termasuk ikan penyuka rerumputan. Dia akan memakan rumput yang ada di laut dengan rapi seperti pemotong mesin yang kecil. Spesies yang terkenal dari ikan ini adalah ikan baronang susu. Tetapi populasi ikan ini telah langka sekarang.

  1. Ikan Kakap Merah
Ikan Kakap Merah

Ikan Kakap Merah

Seperti namanya, ikan kakap merah mempunyai warna sisik yang merah pula. Habitat ikan kakap merah berasal dari Teluk Meksiko dan Atlanik Utara Karibia.

Namun di Indonesia ikan kakap merah telah banyak dibudidayakan. Mungkin karena harga jual yang tinggi membuat para peternak ingin membudidayakan ikan ini.

  1. Ikan Kakap Putih
Ikan Kakap Putih

Ikan Kakap Putih

Ikan ini biasanya berada pada perairan Asia Tenggara khususnya Australia Utara dan Papua Nugini. Sebutan lain dari ikan ini adalah Barramundi (Australia) dan Pla Kapong (Thailand). Kakap jenis ini merupakan budidaya unggulan Indonesia.

  1. Ikan Bandeng atau Milkfish
Ikan Bandeng atau Milkfish

Ikan Bandeng atau Milkfish

Ikan yang satu ini sangat umum sekali di telinga kita. Mereka biasa hidup di perairan Samudra Pasifik serta Samudra Hindia. Kawasan pulau yang banyak terdapat terumbu karang dan pesisir sangat disukai habitat ikan bandeng ini.

Ikan ini saya angkat sebagai ikan air laut konsumsi. Karena habitat asli ikan bandeng adalah ikan laut. Setelah mereka berusia 3 minggu, mereka akan berpindah tempat seperti rawa dan danau. Mereka akan datang lagi ke laut setelah mereka dewasa. Kemudian berkembang biak.

Seiring berjalannya waktu ikan ini kemudian dibudidayakan di air tawar. Hingga nener(Sebutan untuk anakan ikan bandeng) banyak diperjualbelikan untuk memenuhi pasokan pasar ikan. Keunggulan ikan ini adalah perawatan mudah, pertumbuhan cepat, serta banyak peminatnya.

Rata-rata ikan bandeng yang dijual memiliki ukuran panjang 25 sampai 30 cm. Ikan bandeng ini dapat anda masak dengan diasap, digoreng, dikukus, dipindang, ataupun dibakar.

  1. Ikan Kuwe Gerong atau Giant Trevally
Ikan Kuwe Gerong atau Giant Trevally

Ikan Kuwe Gerong atau Giant Trevally

Ikan yang biasa disebut juga ikan belitong ini dapat anda temui di perairan tropis Indonesia. Ciri mencolok ikan kuwe gerong adalah sisik berwarna perak kekuningan dan mempunyai dahi yang besar.

Ikan kuwe gerong menyukai perairan dengan kadar garam yang rendah. Ikan ini dapat tumbuh sepanjang 170 cm dengan berat tubuh mencapai 80 kilogram.

  1. Ikan Tongkol
Ikan Tongkol

Ikan Tongkol

Ikan ini juga merupakan ikan yang populer di Indonesia. Ikan ini banyak ditemui di perairan Indonesia Pasifik Bagian Barat. Sebutan lain dari ikan tongkol adalah little tuna, mackerel tuna, kawakawa, dan false albacore.

  1. Ikan Cakalang atau Skipjack Tuna
Ikan Cakalang atau Skipjack Tuna

Ikan Cakalang atau Skipjack Tuna

Ikan ini merupakan ikan yang berperan dalam ekonomi Indonesia dengan di ekspor. Protein hewani yang tinggi dari ikan cakalang ini sangat baik untuk tubuh kita. Tak heran ikan ini memiliki komersial yang tinggi.

Panjang ikan cakalang ini dapat mencapai 1 meter dengan bobot 18 kilogram. Sebutan lain dari ikan cakalang ini adalah turingan, karamojo, kausa, cakalan, dan kambojo. Di daerah Maluku dan Manado ikan ini biasa di asap untuk menjaga keawetannya.

  1. Ikan Teri
Ikan Teri

Ikan Teri

Ikan yang mempunyai moncong tumpul beserta gigi kecil ini dapat tumbuh mencapai 5 cm. Ikan teri memiliki tubuh yang beerwarna perak biru kehijauan. Makanan ikan teri atau ikan bilis (sebutan lain) ini adalah plankton.

  1. Ikan Kembung
Ikan Kembung

Ikan Kembung

Ikan yang memiliki harga ekonomis ini biasa digunakan para pemancing untuk umpan ikan cakalang. Selain itu ikan kembung dijual dalam bentuk pindang atau ikan asin agar lebih awet.

Sebutan lain dari ikan yang bertubuh kecil ini adalah lema atau tatare (Ambon) dan banyar atau banyara (Makasar). Ikan ini masih satu keluarga dengan ikan cakalang, tongkol dan tuna.

  1. Ikan Sarden
Ikan Sarden

Ikan Sarden

Ikan yang berukuran relatif kecil ini merupakan ikan berminyak dan juga familiar di masyarakat. Ketika mendengar “sarden”, pikiran anda mungkin akan menuju pada ikan sarden kaleng. Memang ikan sarden ini terkenal dengan kalengnya.

Nama ikan ini berasal dari Pulau Sardinia, Mediterania, yang dimana di sana terdapat banyak ikan sarden. Hingga saat ini ikan sarden ditetapkan oleh WHO dan FAO terdapat 21 spesies.

  1. Ikan Tenggiri
Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri

Secara umum ikan tenggiri mempunyai panjang 1 meter. Tetapi ikan yang menyukai berenang di daerah pesisir dan suka hidup bergerombol ini dapat tumbuh hingga 220 cm panjangnya. Spesies ini biasanya ditemui pada tenggiri melayu.

Ikan tenggiri merupakan ikan yang masih dalam satu keluarga dengan ikan kembung, tongkol, tuna, madidihang, dan makarel. Masyarakat Indonesia biasa mengkonsumsi ikan tenggiri dalam bentuk olahan siomay, kerupuk, dan masih banyak lagi.

  1. Ikan Makarel atau Mackerel
Ikan Makarel atau Mackerel

Ikan Makarel atau Mackerel

Ikan yang biasa disebut ikan makarel atau makerel ini memiliki tubuh silinder dengan warna keperakan. Ikan ini juga mengandung tinggi asam lemak omega 3 dan juga omega 6. Banyak asumsi masyarakat jika ikan ini mirip seperti tuna, hanya saja ukuran ikan makarel ini jauh lebih kecil.

Ikan yang masih satu keluarga dengan ikan kembung ini banyak diperjualbelikan di supermarket berbentuk kaleng. Olahan umum dari ikan makarel ini adalah pepes, rica-rica, dan sambal balado.

  1. Ikan Belanak
Ikan Belanak

Ikan Belanak

Ikan yang mirip dengan ikan bandeng ini merupakan ikan yang memiliki harga sangat ekonomis. Ikan ini biasa ditemukan pada perairan tropis dan sub-tropis. Ikan ini akan sedikit keras ketika digoreng. Olahan yang umum dari ikan ini adalah bumbu bali, pepes kemangi, tim, dan bumbu acar.

Jenis Ikan Air Laut Konsumsi dan Gambarnya

Masakan ikan laut memang terkenal istimewa. Setelah membaca artikel tentang 17 Jenis Ikan Laut yang Sering Dikonsumsi di Indonesia, ikan manakah yang akan anda cari untuk dimakan? Semoga artikel ini dapat membantu anda. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • jenis ikan laut
  • jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi
  • ikan laut
  • ikan laut konsumsi
  • jenis ikan air laut konsumsi
  • nama ikan laut
  • jenis jenis ikan laut
  • jenis ikan laut konsumsi
  • macam macam ikan laut
  • Ikan laut yang enak dimakan
/* */