10 Jenis Ikan Hias Akuarium Paling Dicari Pecinta Ikan

Sunday, November 20th, 2016 - IKAN HIAS

Jenis Ikan Hias Akuarium – Bagi anda para pecinta ikan hias, tentunya memelihara ikan hias di akuarium menjadi kesenangan tersendiri untuk mengusir rasa jenuh di rumah. Banyak jenis ikan hias yang dapat dipelihara di dalam akuarium, baik itu ikan hias air tawar maupun ikan hias air laut.

Ikan Hias Akuarium

Ikan Hias Akuarium

Jenis-jenis Ikan Hias Akuarium

Memelihara ikan hias tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh para pemiliknya. Menurut dari hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan memelihara ikan hias di dalam rumah dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, bahkan banyak kalangan para pecinta ikan hias yang merasa bahwa dengan memelihara ikan hias dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan menjadi obat stres. Maka tak heran, jika dengan memelihara ikan hias dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, membuat pikiran menjadi lebih tenang, menetralkan perasaan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Banyak jenis ikan hias yang dapat dipelihara, bentuk dan warnanya pun sangat beragam. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit menjelaskan jenis-jenis ikan hias akuarium yang cukup populer dan diminati banyak orang. Ikan hias apa saja itu? Yuk, langsung saja simak ulasannya dibawah berikut ini.

Ikan Hias Cupang (Betta)

Ikan Hias Cupang (Betta)

Ikan Hias Cupang (Betta)

Ikan cupang atau dikenal dengan nama ilmiah Betta ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang cukup populer di kalangan para pecinta ikan hias, bentuk dan warnanya yang unik menjadikan ikan hias ini banyak diburu. Selain itu, ikan cupang sangat mudah dipelihara di dalam akuarium dan bahkan ikan cupang mampu hidup dengan baik pada kadar air yang minim oksigen. Ikan cupang sendiri terdiri dari berbagai jenis, setiap jenis ikan cupang memiliki bentuk dan warna yang cukup beragam.

Ikan Hias Mas Koki (Goldfish)

Ikan Hias Mas Koki (Goldfish)

Ikan Hias Mas Koki (Goldfish)

Siapa coba yang tidak kenal dengan ikan Mas Koki? Pastinya anda semua sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan hias akuarium yang satu ini, bukan? Ikan hias Mas Koki ini berasal dari Cina yang telah dipopulerkan di negara Jepang. Ikan mas koki memiliki bentuk dan warna yang sangat indah dan mempesona, bentuknya yang mungil dan berwarna indah menjadikan harga ikan mas koki di pasaran cukup mahal. Selain itu, cara merawat ikan mas Koki juga terbilang mudah dan sederhana, asalkan kualitas air dan oksigen di dalam akuarium tetap terjaga dengan baik.

Ikan Hias Discus

Ikan Hias Discus

Ikan Hias Discus

Ikan Discus merupakan jenis ikan hias air tawar yang habitat aslinya berasal dari sungai Amazon. Ikan Hias Discus memiliki bentuk tubuh yang pipih bersirip besar dan panjang. Pada bagian mulut dan mata ikannya sangat kecil dengan mata berwarna merah, sehingga tampilan ikan hias ini cukup sangar. Ukuran tubuh ikan Discus ini sekitar 15 sampai 25 cm, pada bagian tubuhnya terdapat corak bergaris vertikal yang berfungsi untuk mengelabui ikan lainnya. bentuk dan warnanya yang sangat unik dan cantik, maka tak heran jika harga ikan Discus di pasaran sangat tinggi. Selain itu, mengingat harganya yang cukup tinggi, maka banyak para pecinta ikan hias membudidayakan ikan Discus untuk dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Ikan Hias Louhan

Ikan Hias Louhan

Ikan Hias Louhan

Ikan hias yang satu ini merupakan jenis ikan Hybrid atau hasil dari sebuah persilangan dari jenis ikan Cichlid, ciri khas ikan Louhan terlihat dari bentuk kepalanya yang jenong dan banyak masyarakat yang menyebut ikan ini dengan “Jenong Kelam”. Harga ikan hias air tawar ini cukup mahal, bahkan banyak yang mengatakan jika semakin besar jenong pada kepalanya, maka warna tubuhnya akan semakin unik dan harganya pun akan semakin tinggi. Jenis ikan louhan asli banyak hidup di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia dan Taiwan.

Ikan Hias Bala Bala (Hiu Bala)

Ikan Hias Bala Bala (Hiu Bala)

Ikan Hias Bala Bala (Hiu Bala)

Ikan hias bala bala atau juga dikenal dengan sebutan ikan Hiu Bala ini memang memiliki bentuk mirip dengan ikan hiu, hanya saja ukurannya tubuhnya sangat kecil dan dan memiliki warna tubuh yang bagus. Ikan bala bala sendiri termasuk spesies ikan berasal dari keluarga Cyprinidae, ikan ini banyak ditemukan di kawasan Semenanjung Malaya, Kalimantan dan juga Sumatera.

Ikan Hias Guppy

Ikan Hias Guppy

Ikan Hias Guppy

Ikan hias Guppy memang sudah sangat populer di Indonesia. Bentuk tubuhnya yang kecil dan memiliki bentuk sirip yang indah dengan warna bervariasi, ikan hias ini sangat cocok untuk dipelihara di dalam akuarium. Ikan hias Guppy memiliki panjang sekitar 2.5 -5 cm, harganya pun cukup terjangkau sehingga ikan hias yang satu ini sangat laris dipasaran.

Ikan Hias Mickey Mouse

Ikan Hias Mickey Mouse

Ikan Hias Mickey Mouse

Ikan Mickey Mouse adalah salah satu jenis ikan yang berasal dari keluarga ikan Platty, dari sekian banyak jenis ikan Platty, ikan Mickey Mouse adalah ikan hias yang paling populer dan diminati banyak kalangan para pecinta ikan hias. Belum ada penjelasan yang pasti kenapa ikan ini diberi nama Mickey mouse, namun beberapa kalangan jika bentuknya mirip karakter mickey mouse. Jenis ikan hias ini bukan termasuk jenis ikan yang agresif, sehingga jangan satukan ikan hias ini dengan jenis ikan hias yang bersifat agresif atau ikan predator.

Ikan Hias Botia

Ikan Hias Botia

Ikan Hias Botia

Ikan hias Botia tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga sudah terkenal di seluruh dunia. Habitat asli dari ikan hias ini yaitu berada di sungai dengan arus air yang deras, maka jika anda ingin memeliharanya pastikan anda membuat arus buatan pada akuarium dan juga pastikan suhu airnya berada pada kisaran 24 – 26 derajat celcius. Ukuran tubuh ikan Botia ini yaitu sekitar 30-40 cm, sehingga ukuran akuarim yang digunakan tidak harus terlalu besar dan pastikan anda memeliharanya dalam jumlah banyak sekitar 4-6 ekor. Hal ini dikarenakan, ikan hias Botia ini lebih senang hidup berkelompok.

Ikan Hias Niassa

Ikan Hias Niassa

Ikan Hias Niassa

Ikan hias berikutnya ini yaitu jenis ikan hias karnivora, dihabitat aslinya ikan ini lebih suka memakan daging. Ikan Niassa banyak ditemukan di salah satu danau yang ada di Afrika, ikan ini dapat hidup dengan baik dengan suhu air sekitar 25-30 derajat celcius. Jika anda ingin memelihara ikan hias ini, jenis pakan yang dapat diberikan yaitu berupa cacing, kutu air dan hewan kecil lainnya. selain itu, pastikan juga anda selalu menjaga suhu air dalam akuariumnya agar ikan Niassa bisa hidup lebih lama.

Baca Juga : 

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memelihara salah satu jenis ikan hias akuarium diatas?

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai Ikan Hias Akuarium Paling Dicari Pecinta Ikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca postingan Duniaikan.com, baca juga informasi-informasi bermanfaat lainnya yang mungkin anda butuhkan. Sampai jumpa 😀

Incoming search terms:

  • ikan hias
  • ikan hias karnivora
  • daftar ikan discus
  • Gambar Ikan didalam aquarium
  • google akuarium untuk ikan hias
  • ukuran hiu bala2
  • harga ikan hias hiu bala bala
  • hiasan di dalam aquarium
  • ikan air tawar paling di buru
  • ikan bala bala
10 Jenis Ikan Hias Akuarium Paling Dicari Pecinta Ikan | Dolpin | 4.5