Daftar Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer 2017

Tuesday, October 11th, 2016 - IKAN, IKAN HIAS, JENIS IKAN
Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Paling Populer

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Paling Populer

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Paling Populer – Saat ini keberagaman ikan hias sudah cukup dikenal dan digemari banyak kalangan masyarakat untuk dijadikan hiasan di dalam akuarium rumah mereka. Perkembangan ikan hias saat ini sudah semakin maju dan beragam jenisnya, terutama untuk jenis ikan hias air tawar yang asli berasal dari Indonesia.

Dari beragam daftar jenis ikan hias yang ada, tidak semua dapat dibudidayakan karena setiap jenis ikan hias memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda mulai dari kondisi lingkungan, cara pemijahan, cara menyusun sarang dan perbedaan-perbedaan lainnya. Untuk itu, sebelum kita memulai beternak ikan hias, tentunya kita patut memperhatikan berbagai hal mulai dari pengetahuan, pengalaman dan sarana yang kita miliki.

Sebagai pengetahuan bagi anda yang masih awan mengenai jenis dan daftar ikan hias, maka sebelum memulai untuk beternak sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis ikan hias yang akan dibudidayakan. Jenis ikan hias terdiri dari 2 tipe yaitu jenis ikan hias air tawar dan juga ikan hias air asin atau air laut. Namun pada waktu dan kesempataan ini kami akan berusaha mencoba untuk membahas mengenai jenis-jenis ikan hias air tawar.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mudah di Pelihara

Berikut ini daftar ikan hias air tawar yang paling populer di Indonesia, diantaranya yaitu :

  1. Ikan Hias Lou Han
ikan-hias-lou-han

Sumber: google.com

Ikan Lou Han atau di dalam bahasa inggris disebut dengan nama Flowerhorn, ikan Lou Han adalah salah satu jenis ikan hias yang cukup terkenal dan sering dijadikan sebagai peliharaan di dalam akuarium. Keunikan dari ikan hias air tawar ini yaitu karena memiliki warna sisiknya yang sangat menarik dan juga terdapat benjolan di kepalanya dengan bentuk yang sangat khas. Habitat asli mereka hanya ada di Malaysia dan juga Taiwan, namun saat ini sudah banyak dipelihara dan dibudidayakan di berbagai negara di dunia.

  1. Ikan Hias Koi
ikan-hias-koi

Sumber: google.com

Ikan Koi adalah jenis ikan hias yang habitat aslinya berasal dari Tiongkok dan kini banyak tersebar di Jepang. Ikan Koi ini masih berkerabat dengan ikan mas yang biasa kita jumpai dan kita konsumsi, namun ikan koi lebih sering dijadikan sebagai ikan hias untuk menghiasi kolam ikan di pekarangan rumah karena harganya yang sangat mahal. Di negara asalnya, ikan koi dianggap sebagai ikan pembawa keberuntungan bagi siapa saja yang memiliharanya.

  1. Ikan Hias Arwana Asia
ikan-hias-arwana-asia

Sumber: google.com

Ikan hias Arwana Asia yang memiliki nama latin (Scleropages formosus) adalah jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Asia Tenggara. Bentuk fisik dari ikan hias air tawar ini memiliki fostur badan yang panjang dengan letak sirip berada jauh di belakang tubuhnya. Ikan Arwana Asia pada umumnya memiliki warna sisik tubuhnya yang agak keperak-perakan, sedangkan di Tiongkok ikan Arwana ini dikenal dengan sebutan “Ikan Naga” karena sering kali ikan ini disangkut pautkan dengan Mitologi Tionghoa.

  1. Ikan Hias Mas Koki
ikan-hias-mas-koki

Sumber: google.com

Jika diteliti dari berdasarkan riwayatnya, ikan hias Mas Koki ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang dihasilkan dari domestisika tertua yang ada di dunia. Jenis ikan Mas Koki ini dikenal dengan nama latin Catassius Auratus sudah mulai di pelihara oleh orang-orang pada jaman Dinasti Sung di negara China sekitar tahun 960 Masehi, kemudian ikan mas koki mulai dikembangkan dan diperjual belikan pada jaman Dinasti Ming sekitar tahun 1368-1644 Masehi. Sekitar tahun 1500 Masehi, ikan mas koki mulai merambah ke Jepang dan dua abad kemudian ikan ini sudah masuk ke berbagai negara di kawasan benua Eropa.

Perkembangan ikan Mas Koki di negeri Matahari terus mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan dilakukan proses perkawinan silang, kamudian lahirlah varietas baru dengan bentuk tubuh yang bervariasi dan cantik seperti ikan mas koki yang sering kita jumpa saat ini. beberapa varian ikan mas koki yang dihasilkan diantaranya berbentuk bulat, pendek, bersirip panjang, memiliki benjolan dan masih banyak lagi varian lainnya.

Ikan Mas Koki yang telah mengalami perkembangan di Jepang kemudian memiliki nama lati lain yang dikenal dengan sebutan (Catassius auratus var japonicus), setelah berkembang dengan pesat di Jepang, akhirnya Jepang pun memasarkan ikan hias Mas Koki ini ke berbagai penjuru dunia hingga ke Indonesia. Maka sekarang di Indonesia pun sudah dengan mudah kita jumpai di toko-toko ikan dan bahkan saat ini ikan mas koki sudah banyak dikembangkan di Indonesia.

  1. Ikan Hias Cupang
ikan-hias-cupang

Sumber: google.com

Ikan Cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang berasal dari kawasan Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Ikan hias air tawar ini memiliki bentuk dan karakter yang bervariasi serta sangat unik. Meskipun bentuknya sangat unik dan menarik, namun ikan cupang sangat agresif sehingga jika disatukan dengan ikan cupang jantan lainnya akan terjadi perkelahian untuk memperbutkan wilayah kekuasaannya. Kalangan para pecinta atau penggemar ikan cupang, ikan cupang terbagi menjadi 3 kelompok yaitu ikan cupang hias, aduan dan juga ikan cupang liar. Di Indonesia sendiri terdapat ikan cupang asli yang dikenal dengan nama Betta Channoides yang banyak ditemukan di kawasan Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat mudah dipeliharan dan mampu bertahan hidup lebih lama, bahkan ikan cupang mampu hidup pada perairan yang memiliki volume air sedikit dan tanpa dengan menggunakan bantuan dari alat sirkulasi udara (Aerator).

  1. Ikan Hias Guppy
ikan-hias-guppy

Sumber: google.com

Ikan Guppy yang bernama latin (Poecilia Reticulata) ini merupakan jenis ikan hias yang sudah sangat populer di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Ikan hias ini sangat mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya sehingga sangat mudah untuk dipelihara di dalam akuarium. Di Indonesia sendiri, ikan hias Guppy banyak ditemukan di parit-parit. Di beberapa daerah di Indonesia, ikan hias Guppy juag dikenal dengan sebutan Gepi, Bungkreung, Chitul, Klataw dan masih banyak lagi nama-nama lain darin ikan hias Guppy.

  1. Ikan Hias Oscar
ikan-hias-oscar

Sumber: google.com

Ikan hias Oscar atau dikenal juga dengan nama ikan Astronotus ini merupakan jenis ikan hias yang banyak ditemukan di Amerika Bagian Selatan. ikan ini adalah jenis ikan Omnivora yang sering memakan ikan-ikan kecil, moluska dan juga hewan-hewan kecil lain yang tidak memiliki tulang belakang.

  1. Ikan Hias Kumpai
ikan-hias-kumpai

Sumber: google.com

Ikan hias yang memiliki bentuk sirip yang panjang dan terumbai ke belakang ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak diperlihara untuk dijadikan sebagai ikan hias paling populer bagi mereka yang memiliki kolm ikan di pekarangan rumah.

  1. Ikan Hias Komet
ikan-hias-komet

Sumber: google.com

Jenis ikan hias yang sangat cocok untuk dipelihara di kolam ikan lainnya yaitu ikan hias komet. Jika dilihat sepintas, ikan hias komet ini hampur mirip dengan anakan ikan koi mulai dari warna dan juga dari bentuk tubuhnya.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memelihara salah satu ikan hias air tawar diatas?

Sekian ulasan dari kami terkait Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Paling Populer, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.

Terima kasih dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • ikan hias populer 2017
  • ikan hias trend 2017
  • jenis ikan hias air tawar
  • ikan hias 2017
  • ikan hias yang lagi trend 2017
  • Ikan hias terpopuler 2017
  • tren ikan hias 2017
  • ikan populer 2017
  • ikan hias yang digemari tahun 2017
  • ikan hias terlaris 2017
/* */