Cara Memasak dan Resep Ikan Bakar Padang Enak

Thursday, August 17th, 2017 - IKAN, RESEP IKAN
Resep Ikan Bakar Padang

Sumber: google.com

Resep Ikan Bakar – Resep masakan yang akan kita bahas kali ini adalah resep ikan nila bakar dan resep ikan kembung bakar khas padang. Resep bumbu ikan bakar spesial ini menggunakan bumbu ikan bakar sederhana. Jadi anda dapat dengan mudah memasak ikan ini sendiri di rumah.

Resep ikan bakar ini juga memakai bumbu oles ikan bakar. Dimana bumbu oles ini bermanfaat untuk menambah ikan menjadi lebih lezat. Selain bumbu ikan nila bakar khas padang, sebenarnya masih ada lagi bumbu ikan mas bakar. Tetapi karena terbatasnya tenaga mungkin bumbu ikan mas bakar akan di ulas lain waktu.

Resep Ikan Bakar Padang Enak dan Sederhana

Masakan padang memang sudah seperti jamur. Hampir di seluruh kota di Indonesia terdapat restoran atau warung makan yang menjual masakan padang. Mereka tekenal sebagai makanan yang berani menggunakan bumbu yang dominan. Ingin tahu bagaimana resep masakan padang bisa enak? Berikut dua versi resep ikan nila dan ikan kembung bakar khas padang.

Ikan Nila Bakar Khas Padang

Sumber: google.com

Resep Ikan Bakar Khas Padang Versi Pertama

Versi pertama ikan bakar khas padang ini meggunakan ikan nila. Ikan air tawar yang satu ini telah populer di indonesia. Banyak restoran yang menggunakan menu ikan nila dengan berbagai bentuk olahan masakan. Tetapi artikel kali ini hanya membahas seputar resep ikan bakar khas padang. Berikut resep ikan nila bakar khas padang.

Bahan Dan Bumbu Utama

Untuk memasak ikan nila bakar khas padang bahan dan bumbu yang dapat anda gunakan adalah sebagai berikut:

  • 2 ekor ikan nila ukuran sedang
  • 1 centi jahe (dihaluskan)
  • 2 sdm air jeruk limau
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun kunyit
  • 2 keping asam
  • 3 batang serai (digeprek)
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Yang Dihaluskan

Selain bahan dan bumbu utama di atas, masih ada lagi bumbu yang harus anda haluskan. Karena bumbu ini nantinya yang akan menambah cita rasa ikan nila bakar anda menjadi lebih nikmat. Bumbu yang harus anda haluskan untuk masakan ikan nila bakar khas padang adalah sebagai berikut:

  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 biji cabe
  • 3 biji kemiri
  • 2 centi kunyit
  • 2 centi lengkuas
  • 2 centi jahe

Cara Memasak Ikan Nila Bakar Khas Padang

Setelah anda menyiapkan bahan dan bumbu di atas, langkah selanjutnya adalah memasak ikan nila. Untuk memasak ikan nila bakar khas padang ini, anda dapat melakukan cara seperti yang tertera di bawah ini:

  1. Bersihkan sisik ikan nila dengan pisau yang tajam. Gerakan pisau dari kepala hingga ekor ikan secara berulang-ulang. Pastikan sisik ikan terlepas hingga bersih.
  2. Sayat bagian perut ikan nila hingga menembus bagian dalam perut ikan. Keluarkan semua isi perut ikan nila hingga bersih tanpa ada bagian atau kotoran yang tertinggal.
  3. Bersihkan insang ikan nila dengan tangan anda dan air yang mengalir hingga bersih atau insang berwarna putih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang ada di insang tersebut.
  4. Setelah ikan sudah bersih, sayat sedikit kedua sisi tubuh ikan hingga terlihat dagingnya menjadi tiga bagian.
    Lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam hingga merata. Diamkan ikan nila hingga bumbunya meresap. (kurang lebih 10 menit)
  5. Haluskan semua bumbu yang tertera di bagian “bumbu yang dihaluskan” di atas.
  6. Bumbu yang sudah halus kemudian diamasukkan ke dalam wadah.
  7. Masukkan asam kandis, daun kunyit, serai, daun salam, dan garam secukupnya. Aduk hingga merata.
  8. Jika sudah 10 menit ikan nila didiamkan, ikan kemudian dilumuri dengan 1/3 bumbu halus tadi hingga merata.
  9. Siapkan tempat pemanggang ikan.
  10. Letakkan ikan di atas panggangan hingga matang. Bolak balikkan ikan agar matang merata dan tidak gosong.
  11. Setelah matang, letakkan ikan di atas piring atau wadah lainnya.
  12. Tumis bumbu halus tadi dengan minyak secukupnya.
  13. Setelah mengeluarkan bau harum dan kering, angkat bumbu kemudian sajikan bersama ikan nila bakar tersebut.
  14. Ikan nila bakar khas padang siap dinikmati.

Catatan: Masakan ikan nila bakar khas padang dapat anda nikmati bersama nasi hangat, timun, kerupuk, dan lalapan sayur lainnya.

Ikan Kembung Bakar Khas Padang

Sumber: google.com

Resep Ikan Bakar Khas Padang Versi Kedua

Sama seperti memasak ikan nila bakar di atas. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada bumbu dan bahan. Jika ikan nila bakar di atas tidak memakai santan, mentega, dan penyedap rasa, pada versi memasak ikan kembung bakar ini anda dapat menambahkan santan, mentega, dan penyedap rasa kedalam masakan. Berikut ulasan memasak ikan kembung bakar khas padang lebih lengkapnya.

Bahan Dan Bumbu Utama

Untuk memasak ikan kembung bakar khas padang anda membutuhkan bahan dan bumbu khusus. Seperti yang telah tertera di bawah ini. Berikut adalah bahan dan bumbu utama khusus ikan bakar khas padang:

  • 6 ekor ikan kembung ukuran sedang
  • 1 butir kelapa yang tua (parut semua kelapa dan ambil 1/4 dari semua santan)
  • 1 sdm mentega
  • 1/2 sdm garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air putih secukupnya

Bumbu Yang Dihaluskan

Selain bahan dan bumbu utama di atas, masih ada lagi bumbu yang harus anda haluskan. Karena bumbu ini nantinya yang akan menambah cita rasa ikan kembung bakar anda menjadi lebih nikmat. Bumbu yang harus anda haluskan untuk masakan ikan kembung bakar khas padang adalah sebagai berikut:

  • 7 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih
  • 4 sdm cabe merah besar (giling atau ulek)
  • 1/4 sdm merica bubuk
  • 3 sdm kunyit (giling atau ulek)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai yang sudah dimemarkan
  • 1/4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdm garam

Cara Memasak Ikan Kembung Bakar Khas Padang

Setelah anda menyiapkan bahan dan bumbu di atas, sama seperti langkah ikan nila bakar. Langkah selanjutnya adalah memasak ikan kembung. Untuk memasak ikan kembung bakar khas padang ini, anda dapat melakukan cara seperti yang tertera di bawah ini:

  1. Bersihkan sisik ikan kembung dengan pisau yang tajam. Gerakan pisau dari kepala hingga ekor ikan secara berulang-ulang. Pastikan sisik ikan terlepas hingga bersih.
  2. Potong Semua sirip ikan. (bisa dengan bantuan gunting)
  3. Sayat bagian perut ikan kembung hingga menembus bagian dalam perut ikan. Keluarkan semua isi perut ikan kembung hingga bersih tanpa ada bagian atau kotoran yang tertinggal.
  4. Bersihkan insang ikan kembung dengan tangan anda dan air yang mengalir hingga bersih atau insang berwarna putih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang ada di insang tersebut.
  5. Setelah ikan sudah bersih, sayat sedikit kedua sisi tubuh ikan hingga terlihat dagingnya menjadi tiga bagian.
  6. Lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam hingga merata. Diamkan ikan kembung hingga bumbunya meresap. (kurang lebih 5 menit)
  7. Jika ikan kembung sudah didiamkan selama 5 menit, ikan kembung kemudian ditiriskan. Selanjutnya anda oleskan mentega ke ikan kembung hingga rata.
  8. Sambil menunggu 5 menit, haluskan semua bawang merah dan bawang putih. Jika anda ingin praktis, anda dapat menggunakan blander sebagai bantuan. Tambahkan air secukupnya.
  9. Setelah halus, masukkan semua sisa bumbu yang harus dihaluskan tadi ke dalam blander (cabe, merica, kunyit, daun jeruk, serai, gula pasir, dan garam). Tambahkan air secukupnya.
  10. Jika sudah tercampur rata, ambil wajan dan tuang sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu halus tadi. Aduk bumbu hingga rata.
  11. Jika sudah tercium bau harum tuang santan ke dalam wajan dan angkat. Aduk lagi dan matikan kompor jika air santan sudah mendidih.
  12. 3/4 dari bumbu yang sudah ditumis, anda balurkan ke ikan kembung hingga merata. Diamkan hingga kurang lebih 45 menit.
  13. Jika sudah 45 menit, lumuri kembali ikan kembung dengan 1/4 dari sisa bumbu tumis.
  14. Siapkan tungku atau tempat pembakaran.
  15. Letakkan ikan di atas panggangan hingga matang. Bolak balikkan ikan agar matang merata dan tidak gosong.
  16. Ikan kembung bakar khas padang siap dinikmati.

Catatan: Masakan ikan kembung bakar khas padang dapat anda nikmati bersama nasi hangat, timun, kerupuk dan lalapan sayur lainnya.

Sangat mudah sekali bukan? Itulah sedikit ulasan tentang cara memasak dan resep ikan bakar khas padang yang enak. Bagikan resep ini ke teman atau keluarga anda. Agar mereka juga dapat memasak ikan bakar khas padang. Selamat berkreasi di dapur anda.

Incoming search terms:

  • resep ikan nila bakar spesial
  • resep ikan populer
/* */