Jenis dan Harga Ikan Arwana Termahal dan Terlengkap

Sunday, May 28th, 2017 - IKAN HIAS

Review Ikan Arwana – Ikan Arwana Asia yang nama latinnya Scleropages Formosus atau biasa disebut juga Siluk Merah adalah jenis ikan air tawar yang mempunyai tubuh yang memanjang, warna tubuh yang keperak-perakan dengan sirip dubur yang berada jauh di belakang tubuhnya. Macam-macam jenis Ikan Arwana cukup banyak. Harga Ikan Arwana pun bervariasi, ada yang bernilai hingga puluhan juta rupiah.

Foto Spesifikasi Tubuh Ikan Arwana Lengkap

Foto Spesifikasi Tubuh Ikan Arwana Lengkap

Jenis ikan hias ini juga mempunyai julukan Ikan Naga. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang menghubungkan dengan kisah naga yang berasal dari Mitologi Tionghoa. Jenis arwana asia ini adalah spesies asli dari sungai-sungai yang ada di Asia Tenggara, terutama di negara Indonesia kita ini.

Ikan Arwana mempunyai empat varietes warna di tubuhnya. Berikut lokasi penemuan varietes warna berasal:

1. Warna Hijau, ditemukan di negara Birma, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.
2. Warna Emas serta Ekor Merah, ditemukan di negara Indonesia.
3. Warna Merah, ditemukan di negara Indonesia
4. Warna Emas, ditemukan di negara Malaysia.

Ciri-ciri Ikan Arwana secara Umum

Ikan Arwana selain memiliki tubuh yang ramping serta panjang seperti pisau, Ikan Arwana juga memiliki ciri-ciri umum yang unik. Berikut adalah ciri-ciri umum Ikan Arwana Asia:

  • Memiliki dua buah kumis atau sungut yang ada di bawah bibirnya. Kumis ini bermanfaat untuk sensor getar Ikan Arwana dalam mengetahui dimana posisi mangsa berada.
  • Ketika berenang sisik ikan akan terlihat berkilau. Hal tersebut menambah keindahan dari ikan ini tersendiri.

Pada tahun 2004 Ikan Arwana Asia telah ditetapkan sebagai spesies yang langka. Hal ini terbukti dengan terdaftarnya nama ikan ini pada IUCN (International Union for Conservation of Nature) atau Uni Internasional untuk Konservasi Alam sebagai ikan yang berstatus akan terancam punah. Menurunnya spesies ikan arwana ini dikarenakan banyaknya perdagangan ikan arwana untuk di jadikan ikan hias. Ikan ini banyak diperdagangkan di daerah Asia. Malahan ada sebuah kelompok yang dijuluki pengikut Feng Shui ini, berani membayar mahal untuk membeli ikan ini.

Meskipun harga ikan arwana tegolong mahal, tetapi ikan ini masih banyak peminatnya. Harga tiap jenis ikan pun juga bervariasi. Untuk mengetahui lebih jelas dari jenis-jenis ikan arwana, berikut adalah daftar dari jenis-jenis Ikan Arwana.

1. Jenis Ikan Arwana Super Red (Scleropages legendrei Pouyad, Sudarto & Teugels, 2003)

Foto Jenis Ikan Arwana Super Red

Foto Jenis Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana Merah atau Super Red banyak berasal dari Provinsi Kalimantan Barat. Contohnya Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Dua tempat ini terkenal sebagai habitat jenis arwana Super Red (Chili dan Blood Red).

Ciri-ciri Ikan Arwana Super Red yaitu:

  • Ketika masih muda, sirip, bibir, dan sungut ikan akan berwarna merah penuh
  • Ketika mulai dewasa, warna merah ikan akan merambat hampir di seluruh bagian badannya. Terutama pada bagian tutup insang dan juga sisik ikan. Sehingga ikan akan terlihat merah merona.

Ikan Arwana Merah terbagi menjadi 4 varietes, yaitu Merah Emas (Golden Red), Merah Darah (Blood Red), Merah Orange (Orange Red), serta Merah Cabai (Chili Red). Dalam perkembangannya Ikan Arwana yang bervarietes Merah Darah dan Merah Cabai dijuluki sebagai First Grade Red (Merah Grade Pertama) dan sisanya ada pada grade di bawahnya.

2. Jenis Ikan Arwana Cross Black Golden 

Foto Jenis Ikan Arwana Cross Black Golden

Foto Jenis Ikan Arwana Cross Black Golden

Ikan Arwana Cross Black Golden (CBG) adalah varietas Ikan Arwana Golden. Ikan ini banyak dijumpai di negara Malaysia. Kita dapat menemukannya di Johor, Perak, Bukit Merah, Danau serta Trengganu. Dari semua tempat di mana mereka ditemukan, maka kebanyakan warga setempat mempunyai nama tersendiri untuk ikan ini, seperti Malaysia Gold, Golden Pahang, atau Bukit Merah Blue. Ketika ikan sudah dewasa, warna ikan yang berupa emas penuh hingga melampaui punggungnya. Inilah mengapa ikan ini mendapat julukan Ikan Arwana Cross Black Golden.

Ikan Arwana jenis ini sangatlah langka. Hal ini membuat harga ikan jenis ini paling tinggi dengan jenis arwana lainnya. Ikan jenis ini terdiri dari beberapa kelas berdasarkan jenis warna dasar dari ikan itu sendiri, seperti warna dasar emas (Gold-Based), warna dasar ungu (Purple-Based), warna dasar perak (Silver-Based), dan warna dasar biru (Blue-Based). Jenis Ikan Arwana Gold dengan warna dasar emas dapat lebih cepat mencapai warna maksimal ketika masih dalam usia muda ketimbang ikan dengan warna dasar lain.

3. Jenis Ikan Arwana Red Tail Golden (Scleropages aureus Pouyad, Sudarto & Teugels, 2003)

Foto Jenis Ikan Arwana Red Tail Golden

Foto Jenis Ikan Arwana Red Tail Golden

Ikan Arwana Red Tail Golden (RTG) adalah arwana yang masih tergolong dalam varietas arwana golden red. Ikan RTG ini juga diberi julukan dengan Indonesia Golden Arwana (Arwana Golden Indonesia). Ikan RTG banyak ditemukan pada daerah Pekan Baru, Sumater. Ikan ini mempunyai warna emas yang rata-rata hanya mencapai baris sisik ke empat dan ini terhitung dari bawah perut ikan. Jika ada yang mencapai baris ke lima maka harga ikan semakin mahal.

Warna dasar Ikan Arwana varietas ini ada tiga, bisa berwarna emas, biru, dan hijau. Warna kulit RTG muda terlihat lebih kusam bila dibandingkan dengan varietas CBG yang masih muda pula. RTG ini dapat tumbuh dengan cepat, lebih agresif serta ikan ini tahan penyakit. Ikan Arwana ini mirip dengan Ikan Arwana Golden Red yang ada di Negara kita. Jumlah ikan ini juga lebih banyak ketimbang jenis CBG. Meskipun demikian, ikan ini tetap dalam daftar ikan yang dilindungi.

Perbedaan ikan ini dapat dilihat ketika ikan sudah lumayan besar atau ukuran di atas 20 cm. Pada ikan CBG seluruh tubuhnya ditutupi oleh warna emas hingga ke punggung, sedangkan pada punggung tubuh ikan RTG bukanlah warna keemasan, tetapi warna kelabu atau hitam.

4. Jenis Ikan Arwana Hijau (Scleropages formosus Schlegel & Müller, 1844)

Foto Jenis Ikan Arwana Hijau

Foto Jenis Ikan Arwana Hijau

Ikan Arwana Hijau (Green Arwana/Golden Pino) biasa ditemukan di Negara Indonesia, Kamboja, Thailand, Myanmar, serta Malaysia. Secara umum ikan jenis ini memiliki ciri-ciri yaitu, mulut serta kepala ikan lebih bulat dan besar dari Ikan Arwana jenis lain dan pada ekor ikan terdapat pola garis-garis dengan warna kelabu kehijauan.

5. Jenis Ikan Arwana Banjar

Foto Jenis Ikan Arwana Banjar

Foto Jenis Ikan Arwana Banjar

Ikan Arwana Banjar adalah Ikan Arwana yang masih varietas Ikan Arwana Merah kelas 2 tetapi tidak termasuk murni Ikan Arwana Merah. Ciri-ciri ikan jenis ini yaitu, bentuk mulut tidak begitu lancip, ukuran kepala yang agak bulat, memiliki ekor berwarna kuning atau orange, sirip berwarna orange pucat, serta di tubuh ataupun pipi ikan tidak terdapat warna merah. Jika kita perhatikan sekilas saja, ikan jenis ini mirip dengan Ikan Arwana Merah yang masih muda. Sehingga banyak dari kosumen terkecoh oleh ikan jenis ini.

6. Jenis Ikan Arwana Irian/Papua/Jardini (Saville-Kent, 1892)

Foto Jenis Ikan Arwana Irian/Papua/Jardini

Foto Jenis Ikan Arwana Irian/Papua/Jardini

Ikan Arwana Irian adalah ikan yang bagian tengah sisiknya mempunyai warna dasar hitam kecoklatan serta bintik-bintik warna kuning keemasan dari bagian pipi hingga sirip dan ekor ikan. Meskipun jenis Ikan Arwana ini banyak terdapat di Pulau Irian atau Papua, tetapi sesungguhnya ikan ini berasal dari Australia. Ikan ini memiliki dua jenis varietas yaitu, warna dasar lebih terang (Scleropqges Leichharti) dan warna dasar lebih gelap (Scleropqges Jardini).

7. Jenis Ikan Arwana Araipama Gigas

Foto Jenis Ikan Arwana Araipama Gigas

Foto Jenis Ikan Arwana Araipama Gigas

Ikan Arwana Araipama Gigas adalah jenis ikan air tawar yang paling besar di dunia. Ketika dewasa ikan ini bisa mencapai panjang lebih dari 3 meter, dengan berat hingga 200 kg. Ikan ini tergolong ikan Obligate Air Breather, artinya ikan ini bernapas dengan mengambil udara secara langsung dari atmosfir. Ikan yang berusia dewasa dalam 18-20 menit sekali akan naik ke permukaan, sedangkan ikan yang masih muda akan muncul ke permukaan dalam 5 menit sekali.

Ikan Arwana Araipama Gigas ini berhabitat asli di Amazon dan Sungai Essequito. Seperti ikan arwana pada umumnya, ikan jenis ini juga masuk di daftar satwa langka. Ikan ini dilindungi oleh IUCN, CITES, serta Undang-undang di Guyana. Di habitat aslinya, ikan ini digunakan sebagai sumber pakan oleh warga setempat.

Hal yang unik dari ikan ini yaitu selain lidahnya memiliki panjang kira-kira 15 cm, warga setempat juga menggunakan lidah ikan ini sebagai amplas untuk menghaluskan kayu dan ketika air sungai atau tempat tinggal ikan mongering, ikan ini akan membuat gulungan dari dirinya hingga membentuk bola, kemudian akan membenamkan diri hingga air sungai terisi lagi.

8. Jenis Ikan Arwana Silver/Brazil

Foto Jenis Ikan Arwana Silver/Brazil

Foto Jenis Ikan Arwana Silver/Brazil

Ikan Arwana Silver atau Ikan Arwana Brazil adalah jenis ikan arwana yang mempunyai badan serta sirip yang panjang mulai bagian tengah badan hingga ujung ekornya. Hal ini membuat ikan ini terlihat anggun ketika berenang. Panjang ikan ini bisa mencapai 50 – 60 cm. Ikan Arwana Silver sekarang sudah banyak dipelihara di Indonesia. Di mana awal mula ikan ini berasal dari daerah Amerika Selatan.
Harga Ikan jenis ini jika dibandingkan dengan jenis Jardini jauh lebih murah. Tetapi bila Ikan Arwana Silver telah tumbuh besar akan sangat indah dipandang. Malahan sekarang ada varietas baru dari ikan ini yaitu dengan warna platinum silver.

9. Jenis Ikan Arwana Afrika (Cuvier, 1829)

Foto Jenis Ikan Arwana Afrika

Foto Jenis Ikan Arwana Afrika

Ikan Arwana Afrika adalah jenis dari Ikan Arwana yang banyak ditemui di Benua Afrika bagian timur seperti di Gambia, Kamerun, serta Senegal. Ikan Arwana Afrika memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan Ikan Arwana Silver. Hanya ada sedikit perbedaan yang mencolok, yaitu kepala Ikan Arwana Silver lebih besar ukurannya ketimbang ukuran kepala Ikan Arwana Afrika.

Daftar Harga Ikan Arwana Terbaru

Banyak orang di sekitar kita percaya bahwa jika kita memelihara Ikan Arwana, maka orang yang memelihara ikan ini akan sering mendapatkan hoki. Maka tidak heran jika harga ikan ini ada yang mencapai puluhan juta rupiah. Berikut adalah daftar harga Ikan Arwana:

Jenis Ikan Arwana Harga
Super Red Rp. 6.800.000,-
Golden (Cross Black Golden) Rp. 20.000.000,-
Golden Red (Red Tail Golden) Rp. 4.200.000,-
Banjar Merah Rp. 1.800.000,-
Arwana Irian (Jardini) Rp. 3.500.000,-
Arwana Silver Rp. 2.000.000,-
Araipama Gigas Rp. 750.000 – Rp. 10.000.000,-
Arwana Hijau (Green Arwana/Golden Pino) Rp. 4.200.000,-
Ikan Arwana Afrika Rp 2.000.000 – Rp. 4.000.000,-

Catatan: Harga di setiap daerah bisa bermacam-macam besarnya. Harga  di atas hanya sebagai patokan saja.

Itulah sekilas artikel tentang jenis dan harga Ikan Arwana yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika anda mempunyai saran atau kritikan, silahkan memberi komentar pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • ikan arwana
  • jenis arwana
  • jenis ikan arwana
  • harga ikan hias air tawar 2017
  • jenis jenis ikan arwana
  • arwana
  • jenis dan harga ikan arwana
  • macam macam arwana
  • harga ikan arwana
  • harga ikan hias
Jenis dan Harga Ikan Arwana Termahal dan Terlengkap | Denny | 4.5