39 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah dan Terlengkap

Saturday, July 29th, 2017 - IKAN, IKAN HIAS, JENIS IKAN
Ikan Air Tawar

Sumber: duniaikan.com

Ikan Hias Air Tawar – Seperti yang kita tahu, negara kita ini banyak sekali ikan hias yang beragam jenis dan motifnya. Ada jenis ikan hias air laut dan ada juga ikan hias air tawar. Tetapi pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas tentang jenis ikan hiar air tawar yang terindah dan mudah dipelihara. Harga ikan hias air tawar ini sendiri kebanyakan tergolong murah meriah.

Banyak dari para pecinta ikan hias yang sedang berlomba-lomba untuk buduidaya ikan hias. Entah itu untuk dijual atau hanya sekedar hobbi untuk menghiasi akuarium mereka. Maka tak heran banyak spesies ikan hias air tawar yang ditemui di Indonesia.

Daftar Jenis Ikan Hias yang Mudah Dipelihara

Sewaktu kecil saja saya pernah membeli ikan hisa air tawar. Ikan mas koki dan ikan cupang. Ikan ini termasuk ikan yang mudah perawatannya. Tetapi karena saya tidak berniat seratus persen untuk memelihara (karena masih anak-anak, hanya tahu rasa senang), ikan ini akhirnya tidak terurus dan berakhir dengan kematian. Dan yang parahnya lagi, saya tetap saja membeli ikan hias lagi. Begitu saya sudah beranjak dewasa ternyata selain dua jenis ikan tadi masih banyak jenis ikan hias air tawar lainnya.

Ikan hias air tawar kebanyakan memiliki kemampuan bertahan hidup yang baik. Hal ini cocok bagi anda yang menyukai ikan hias air tawar dan sering bepergian ke luar kota. Serta ikan hias air tawar lebih mudah perawatannya.

Baiklah, berikut adalah jenis-jenis ikan hias air tawar yang terindah dan mudah dipelihara di akuarium rumah anda.

1. Ikan Gurame Padang

Ikan Gurame Padang

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang pertama adalah ikan gurame padang. Ikan ini memilki bentuk dan warna yang cantik. Selain itu, ikan ini juga memiliki ketahahan tubuh yang relatif kuat. Seperti namanya ikan ini konon berasal dari padang.

2. Ikan Cardinal Tetra

Ikan Cardinal Tetra

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang kedua adalah ikan cardinal tetra. Ikan ini memiliki ciri tubuh yang ramping dan sisik yang berlinang seperti cahaya. Ikan ini biasanya suka dengan hidup begerombol dengan ikan yang sejenis mereka.

3. Ikan Arapaima

Ikan Arapaima

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang kertiga adalah ikan arapaima. Jenis ikan ini banyak ditemukan di temat wisata. Panjang dari ikan ini bisa mencapai 1 meter.

4. Ikan Spatula

Ikan Spatula

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang kelima adalah ikan spatula. Ikan ini memiliki sebutan ikan buaya. Oleh karena itu, ikan ini juga masuk ke dalam ikan yang bertipe obligator (penjelajah daerah rawa).

5. Ikan Palmas

Ikan Palmas

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang kelima adalah ikan palmas. Ikan palmas memiliki bentuk yang mirip dengan ikan lele. Hanya saja ikan ini memiliki punggung yang mirip dengan stegosaurus (seperti gergaji).

6. Ikan Parrot

Ikan Parrot

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang keenam adalah ikan parrot. Seperti namanya (parrot=kakaktua), ikan ini memiliki moncong yang seperti burung kakaktua. Himbauan saya adalah anda tidak mencampurkan ikan jenis ini dengan ikan hias jenis lain. Kenapa? Karena ikan ini memiliki respon yang agresif. Anda tidak ingin kan kalau ikan kesayangan Anda betengkar kemudian berakhir dengan kematian?

7. Ikan Swordtail

Ikan Swordtail

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang ketujuh adalah ikan swordtail. Ikan ini berasal dari spesies molli. Jenis ikan hias sword tail merupakan ikan yang memiliki ekor dengan sirip bawah lebih panjang serta berbentuk runcing. Ikan ini juga memiliki tubuh yang kecil. Sama seperti jenis molli yang lainnya.

8. Ikan Flying Fox

Ikan Flying Fox

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang kedelapan adalah ikan flying fox. Ikan ini memiliki gerak yang sangat lincah sekali. Ikan ini juga sangat cantik dan mudah dipelihara. Oleh karena itu, ikan ini masih tergolong ikan yang mudah dipelihara.

9. Ikan Red Zebra

Ikan Red Zebra

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang kesembilan adalah ikan red zebra. Ikan ini memiliki ciri yaitu bentuk tubuhnya yang mirip dengan tubuh belang merah jambu kombinasi putih. Motif garis pada tubuh ikan ini sangat halus sekali.

10. Ikan Belida

Ikan Belida

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang kesepuluh adalah ikan belida. Ikan ini memiliki sebutan lain yaitu ikan pipih atau ikan lopis. Makanan ikan ini ialah udang serta ikan yang memiliki ukuran yang lebih kecil dari mereka. Hal ini akan menjadi mangsa empuk olehnya. Maka dari itu ikan ini masuk dalam golongan ikan predator.

11. Ikan Platy

Ikan Platy

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang kesebelas adalah ikan platy. Ikan ini mudah sekali bertelur . Jika Anda ingin memlihara ikan yang cepat berkembang biak, ikan platy adalah jawabannya.

12. Ikan Niasa

Ikan Niasa

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang kedua belas adalah ikan niasa. Ikan ini masih tergolong dalam varietas ikan nila. Hanya saja ikan niasa ini berasal dari Lautan Malawi, Afrika. Ikan ini memiliki variasi warna yang cantik yaitu warna biru dan kuning. Dua warna ini adalah warna favorit dari jenis ikan ini.

13. Ikan Sepat Hias

Ikan Sepat Hias

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar selanjutnya yaitu ikan sepat hias. Ciri yang sangat menonjol dari ikan ini adalah terdapatnya bintik-bintik dan garis ditubuhnya. Corak dari ikan ini adalah warna hitam.

14. Ikan Redfin

Ikan Redfin

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang keempat belas yaitu ikan redfin. Ikan ini biasa memakan makanan seperti cacing sutra, lumut, dan cacing darah. Makanan dari ikan ini sangat mudah sekali kita temukan. Jadi kemungkinan banyak ikan ini tidak akan kekurangan stok makanan.

Ikan sepat hias ini berasal dari Vietnam. Ikan ini termsuk ikan yang popular. Hal ini dikarenakan warna ikan ini yang khas dan cantik.

15. Ikan Catfish

Ikan Catfish

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara yang kelima belas adalah ikan catfish. Ikan yang paling pupuler dari jenis ikan catfish adalah jenis ikan catfish red tail. Ikan ini dapat tumbuh hingga panjangnya mencapai 1 meter. Maka dari itu, jika Anda mempunyai ikan ini atau akan membeli ikan ini, usahakan untuk membeli akuarium yang besar pula.

16. Ikan Botia

Ikan Botia

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar selanjutnya adalah ikan Botia. Ikan ini dapat Anda pelihara dalam satu akuarium atau kolam yang berisi ikan hias jenis lain. Ikan ini juga tidak kalah cantik dengan ikan lainnya. Saran saya sediakan juga arus buatan di dalam kolam atau akuarium Anda. Karena ikan ini menyukai pada arus air.

17. Ikan Rainbow

Ikan Rainbow

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang ketujuh belas adalah ikan rainbow. Ikan ini memiliki bermacam variasi warnanya. Ikan ini dapat beradapatsi dilingkungan baru dan mereka juga dapat hidup di alam liar. Warna yang indah dari ikan ini membuat banyak para pecinta ikan yang memanfaatkan ikan ini untuk menghiasi akuarium atau kolam rumahnya.

18. Ikan Black Tetra

Ikan Black Tetra

Sumber: duniaikan.com

Ikan ini memiliki bentuk yang mirip dengan ikan piranha. Ikan ini mempunyai gerak yang sangat lincah. Jadi usahakan menggunakan akuarium yang agak besar untuk memelihara ikan ini. Dan juga jangan terlalu asal mencapur ikan ini dengan jenis ikan hias lainnya. Usahakan mencampur dengan ikan yang sebanding dengan jenis ikan ini. Seperti ikan yang mempunyai kelincahan yang sama.

19. Ikan Mickey Mouse

Ikan Mickey Mouse

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang selanjutnya adalah ikan mickey mouse. Ikan ini masuk dalam jenis ikan platy. Ikan ini memiliki ciri yaitu terdapatnya bintik hitan pada pantat ikan ini. Bentuk ini menyerupai bentuk dari kepala film kartun mickey mouse. Selain keunikan itu, ikan ini juga mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan baru.

20. Ikan Molly

Ikan Molly

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar selanjutnya adalah ikan molly. Ikan ini memiliki warna yang beragam. Cantik sekali. Ikan ini dapat Anda campur dengan ikan hias jenis lain. Terutam ikan hias yang memilii sifat omnofora.

21. Ikan Blackghost

Ikan Blackghost

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar selanjutnya adalah ikan blackghost. Ikan ini memiliki variasi warna yang khas pada ekornya. Sebutan lain dari ikan ini yaitu ikan setan hitam dan ikan bulu ayam (tubuh ikan ini memiliki bulu berdiri serta membentuk sudut 90 derajat). Sebutan lainnya dari ikan ini yaitu ikan penari balet. Kenapa penari balet? Karena ikan ini berenang seperti lumba-lumba yang bergerak jungkar balik memanfaatkan kelenturan tubuhnya.

22. Ikan Corydoas

Ikan Corydoas

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang kedua puluh dua yaitu ikan corydoas. Ciri ikan corydoas adalah ketika makan dia akan mencari makanan yang terdapat pada dasar air.

23. Ikan Sapu-sapu

Ikan Sapu-sapu

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang kedua puluh tiga yaitu ikan sapu-sapu. Ikan ini memiliki corak tubuh yang mirip dengan zebra cross. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan ini. Varietas dari ikan ini yang paling terkenal atau populer adalah ikan sapu-sapu zebra pleco.

24. Ikan Sumatra

Ikan Sumatra

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang kedua puluh empat adalah ikan sumatra. Seperti namanya, ikan ini banyak di temui di daerah Sumatra. Karena itulah ikan ini diberi nama ikan sumatra. Ikan ini peka terhadap lingkungan mereka yang baru. Jika Anda ingin mencampur dengan ikan hias jenis lain saya sarankan untuk mencampur dengan ikan jenis platis. Atau Anda dapat mencampur dengan ikan hias lain yang mempunyai jenis warna yang indah. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati ketika merawat ikan yang satu ini .

25. Ikan Manfish

Ikan Manfish

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang selanjutnya adalah ikan Manfish. Ikan yang satu ini merupakan ikan yang bahaya. Bahaya di sini maksud saya adalah jangan sekali-kali kita membuat ikan ini kelaparan. Karena jika Anda telat memberi ikan ini makan, maka ikan hias yang lain akan jadi bahan makanan oleh ikan ini. Apalagi ikan jenis lain mempunyai tubuh yang panjang. Pasti ikan ini akan selalu mengejar dan kemudian menggigitnya.

26. Ikan Congo Tetra

Ikan Congo Tetra

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang selanjutnya adalah ikan congo tetra. Ikan ini memiliki daya tahan hidup yang kuat. Anda dapat mencampur ikan ini dengan ikan hias lainnya. Ikan ini biasanya berada dalam satu akuarium dengan ikan black plantom, rainbow, black tetra, Platy, dan guppy.

27. Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang selanjutnya adalah ikan neon tetra. Ikan ini masih satu spesies dengan ikan di atas. Ikan ini memiliki tubuh yang kecil dan sangat mudah untuk diberdayakan.

28. Ikan Koi

Ikan Koi

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar selanjutnya adalah ikan koi. Ikan jenis ini banyak sekali ditemui di sekitar kita. Maka tak heran jika ikan ini banyak sekali pengemarnya. Jenis ikan ini yang popular adalah yang memiliki bintik-bintik di punggungnya.

29. Ikan Komet

ikan komet

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang selanjutnya adalah ikan komet. Ikan ini masih masuk kedalam ikan mas koki. Ikan ini sangat familiar di mata para pecinta ikan hias. Banyak juga para penjual ikan yang mengoleksi ikan ini. Jadi tak heran jika ikan ini menjadi ikan yang favorit.

30. Ikan Kumpai

Ikan Kumpai

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang selanjutnya adalah ikan kumpai. Ikan ini memiliki ciri khas yaitu sirip yang panjang. Dengan sirip yang panjang itu membuat ikan ini semakin cantik.

31. Ikan Wakin

Ikan Wakin

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang ketiga puluh dua yaitu ikan wakin. Ikan ini merupakan ikan yang terkenal dengan kecantikannya. Hingga tak heran lagi jika ikan ini banyak menghiasi akuarium di sekitar kita.

32. Ikan Oscar

Ikan Oscar

Sumber: duniaikan.com

Ikan yang ketiga puluh tiga adalah ikan oscar. Ikan ini merupakan ikan yang memiliki harga yang lumayan mahal. Ikan ini juga begitu terkenal di Indonesia.

33. Ikan Discus

Ikan Discus

Sumber: duniaikan.com

Ikan air tawar yang ketiga puluh empat adalah ikan discus. Ikan yang memiliki harga yang lumayan mahal ini sepadan dengan bentuk tubuh dan warna cantikannya.

34. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang satu ini sangat pupuler sekali. Ya, ikan mas koki. Ikan ini memiliki ciri yang menonjol yaitu kebanyakan varietas dari ikan ini memiliki ekor yang bercabang atau ekor ganda. Ikan ini termasuk kategori ikan mas atau goldfish.

35. Ikan Arwana

Ikan Arwana

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang ketiga puluh enam adalah ikan arwana. Yang membuat unik ikan ini adalah bentuknya yang panjang yang bisa mencapai 1 meter lebih.

36. Ikan Louhan

Ikan Louhan

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang ketiga puluh tujuh adalah ikan louhan. Ikan yang satu ini memiliki ciri yaitu terdapatnya benjolan pada kepalanya. Bentuk ikan ini mirip sekali dengan ikan mujair tetapi ikan ini memiliki sisik yang berwarna warni. Harga ikan ini bias mencapai puluhan juta rupiah.

37. Ikan Guppy

Ikan Guppy

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang ketiga puluh delapan adalah ikan guppy. Ikan ini memiliki tubuh yang kecil dan juga mudah dipelihara. Banyak yang berkata ikan ini berasal dari luar negeri. Tetapi pada kenyataannya ikan ini banyak ditemui di negara kita.

Ikan guppy termasuk ikan yang pupuler. Harga ikan ini terbilang murah serta perawatannya yang tidak terlalu ribet membuat ikan ini menjadi primadona para pecinta ikan hias.

38. Ikan Cupang

ikan cupang

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang ketiga puluh sembilan adalah ikan cupang. Ikan cupang merupakan ikan yang sangat banyak ditemui di berbagai belahan dunia. Ikan yang biasa hidup di sungai ini mempunyai ekor yang sangat cantik. Tak heran jika ikan ini banyak menjadi serbuan para pecinta ikan hias. Hingga sekaran ikan ini sering diperjualbelikan ke antar negara.

39. Ikan Barbir

Ikan Barbir

Sumber: duniaikan.com

Ikan hias air tawar yang terakhir adalah ikan barbir. Ikan ini kalau di Jawa biasa dikenal dengan sebutan ikan wader. Ikan hias ini tidak kalah cantik dengan ikan hias yang lainnya.

Beragam Jenis Ikan Hias Akuarium Terindah

39 jenis ikan hias air tawar sudah saya jelaskan seperti dia atas. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mencari referensi untuk mengisi akuarium atau kolam anda di rumah. Sekian dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • ikan hias air tawar terindah
  • harga ikan louhan juli 2017
  • ikan air tawar terindah
  • ikan hias air tawar yang mudah dipelihara
  • ikan hias terindah
  • nama ikan hias ekor bercabang
/* */