Inilah Klasifikasi dan Harga Ikan Tuna Sirip Kuning Terlengkap

Sunday, August 20th, 2017 - IKAN, JENIS IKAN
Ikan Tuna Sirip Kuning

Sumber: google.com

Ikan Tuna – Harga ikan tuna sirip kuning per kg di pasaran memiliki jumlah yang lumayan tinggi jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas habis tentang klasifikasi ikan tuna sirip kuning, lengkap dengan ciri-cirinya, dan harga daging ikan tuna sirip kuning per kg.

Ikan tuna sirip kuning atau nama latinnya Thunnus Albacares adalah spesies ikan tuna yang dapat anda temui di perairan samuadra tropis serta subtropics pada seluruh dunia. Sebutan lain dari ikan tuna sirip kuning ialah yellowfin tuna.

Harga Jual Ikan Tuna Segar Di Dunia Terbaru

Nama spesies ikan tuna sirip kuning biasa disebut albacares atau yang berarti daging putih. Ikan tuna jenis ini banyak diperjualbelikan di Hawai. Di sana, ikan ini lebih dikenal dengan sebutan bigeye tuna.

Ciri-ciri Ikan Tuna Sirip Kuning

Ikan tuna sirip kuning merupakan ikan tuna yang tergolong berukuran cukup besar besar. Berat ikan tuna sirip kuning dapat mencapai 180 kg per ekor. Jika dibandingkan dengan ikan tuna sirip biru, berat ikan ini masih selisih jauh. Ikan tuna sirip biru dapat berkembang hingga mencapai bobot 450 kg per ekor.

Berikut adalah ciri-ciri utama ikan tuna sirip kuning:

  1. Memiliki sirip punggung dan sirip perut lebih panjang dari jenis ikan tuna lainnya
  2. Sirip Punggung dan perut berwarna kuning cerah
  3. Memiliki warna utama tubuh biru metalik yang gelap
  4. Bagian perut berwarna perak, dan
  5. Memiliki kurang lebih sebanyak 20 garis vertical pada perutnya
  6. Ketika dewasa, sirip ikan tuna jenis ini dapat mencapai ekornya. Hal ini membuat ikan tuna sirip kuning terlihat mirip dengan sebuah pedang.

Salah satu sumber kemakmuran dari masyarakat Indonesia adalah kekayaan lautnya. Selain jenis ikan laut yang banyak, harga ikan laut di Indonesia tergolong mempunyai nilai yang sangat tinggi.

Ikan tuna sirip kuning ini merupakan salah satu dari ikan laut yang memilki harga mahal. Bahkan ikan tuna sirip kuning ini masuk di dalam daftar ikan termahal di Indonesia. Karena itulah ikan tuna sirip kuning termasuk golongan ikan konsumsi faforit di dunia.

Harga ikan tuna sirip kuning yang segar di pasar ekspor dunia dapat mencapai 1,2 juta rupiah per kilogramnya. Hingga tak sedikit kapal ikan asing rela melanggar hukum dengan memasuki daerah perairan Indonesia untuk memburu ikan tuna sirip kuning ini.

Di Indonesia, habitat ikan tuna sirip kuning banyak ditemui di daerah Pulau Doi (Perbatasan Samudra Pasifik) di Kabupaten Halmahera Utara, Propinsi Maluku Utara. Di sana ikan tuna sirip kuning telah menjadi sumber pendapatan para penduduk daerah lokal.

Ikan tuna sirip kuning dapat dikatakan mahal jika ikan tuna mempunyai berat mulai 3 hingga 102 kg, ungkapan dari Ongen Tambariki (Staf Dinas Perikanan Setempat). Bila kita kalkulasi, ketika ikan tuna mempunyai bobot 102 kg, kemudian dihargai 1,2 juta rupiah per kg, maka harga ikan tuna sirip kuning total di pasar ekspor sebesar 122,4 juta rupiah.

Bahkan jika ikan tuna sirip kuning yang mempunyai ukuran setinggi orang dewasa dapat dihargai senilai dengan mobil Alphard. Sangat mahal sekali.

Ikan Tuna Sirip Kuning atau Yellowfin Tuna

Sumber: duniaikan.com

Manfaat dari Ikan Tuna Sirip Kuning

Ikan tuna sirip kuning yang mempunyai ciri khas warna kuning di siripnya, merupakan ikan laut yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Kandungan gizi yang terkandung dalam ikan ini sangat banyak sekali.
Contohnya seperti kandungan asam lemak esensial. Tubuh manusia membutuhkan kandungan ini. Tetapi tubuh manusia tidak dapat memproduksi hal ini sendiri.

Salah satu solusinya adalah mengkonsumsi ikan tuna sirip kuning ini. Karena ikan tuna ini mempunyai asam lemak esensial yang nantinya akan dimanfaatkan oleh tubuh manusia sebagai pengaktifan hormon serta membantu mengatasi masalah organ lainnnya.

Selain bermanfaat untuk itu, manfaat ikan tuna sirip kuning yang lain masih banyak. Berikut ulasannya:

Khasiat Ikan Tuna Sirip Kuning untuk Kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Jika kita mengkonsumsi ikan tuna sirip kuning, selain menjaga kelembaban indera peraba kita, ternyata ikan tuna sirip kuning juga mampu membuang racun di dalam tubuh, menghidrasi sel-sel, serta meningkatkan sirkulasi aliran darah. Sehingga kulit kita akan terlihat lebih cerah dan segar.

  1. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Sebuah racun yang mengendap di pencernaan kita (khususnya limpa, ginjal, dan hati), ternyata mampu kita buang dengan cara mengkonsumsi ikan tuna sirip kuning ini. Hal ini dapat kita maksimalkan jika kita mengkonsumsi ikan tuna sirip kuning secara rutin.

  1. Meredakan Batuk Kronis

Batuk yang satu ini merupakan batuk yang parah. Karena batuk kronis terjadi karena adanya pembengkakan pada tenggorokan. Biasanya hal ini dibarengi juga dengan keluarnya riak (lender kental).
Gejala yang dialami penderita batuk kronis biasanya ditandai dengan suara yang serak dan mengalami kesakitan ketika menelan makanan. Oleh sebab itu, salah satu solusi untuk menanggulangi maslah ini adalah dengan mengkonsumsi ikan tuna sirip kuning ini.

  1. Mengobati Rabun Jauh

Penderita miopia atau yang biasa dikenal dengan rabun jauh ini biasanya akan mengalami kesulitan melihat obyek dalam jarak yang sedikit jauh. Karena jika mereka ingin melihat obyek dengan jelas, maka mereka harus sedikit lebih mendekatkan obyek dengan mata mereka.

Penyakit ini biasanya sudah dialami oleh anak-anak dalam usia Sekolah Dasar. Mereka kesulitan melihat huruf yang ada di papan tulis.

Jika ini diteruskan, mereka akan sering menggososk mata, sering mengedipkan mata, dan mereka megeluh pusing. Hal ini dialami karena mata mereka bekerja secara ekstra.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Bila kita mengkonsumsi ikan tuna siri kuning secara rutin, secara tidak langsung kita telah meningkatkan system imun dalam tubuh. Dimana system imun ini sangat penting untuk manusia.

Sistem imun adalah sistem yang ada dalam tubuh dan terdiri dari beberapa sel dan produk zat-zat. Dengan bebrapa sel dan zat yang dihasilkan, sistem ini akan bekerja melawan benda asing dalam tubuh manusia seperti, kuman penyakit ataupun racun.

  1. Meringankan Penyakit Aterosklerosis

Pengapuran pembuluh darah atau aterosklerosis merupakan sebuah kondisi dimana pembuluh darah arteri mengalami penyempitan dan pengerasan karena pengendapan dari zat-zat lemak dan kolesterol. Penyakit ini memiliki beberapa gejala awalnya.

Penyakit aterosklerosis dimulai dari tungkai terlebih dahulu. Kemudian merambah perlahan ke bagian tubuh lainnya. Para penderita mengalami gejala awal seperti nyeri otot, hilangnya rambut kaki, serta kaki terasa mati rasa.

  1. Membantu Diet Sehat

Penghasil kalor terbesar dalam tubuh manusia biasanya diperoleh dari lemak makanan yang dimakan. Karena ini nantinya akan digunakan sebagai pembangun sel, pelarut vitamin serta zat-zat tertentu.
Jika kita kelebihan lemak, maka tubuh kita akan menjadi gendut atau berat badan berlebih. Ikan tuna sirip kuning ini merupakan ikan yang rendah lemak. Oleh karena itu, ikan ini bagus untuk membantu program diet anda.

  1. Mengatasi Masalah Sembelit

Jenis ikan tuna sirip kuning adalah ikan yang mudah dicerna oleh tubuh anda. Hal ini baik untuk pencernaan anda. Perut anda tidak akan mengalami sembelit karena memakan ikan jenis ini. Buang air besar anda akan rutin dan sehat.

  1. Meningkatkan Selera Makan Anak

Bila buah hati anda mengalami kondisi yang susah makan, maka ikan ini menjadi salah satu solusinya. Karena ikan tuna sirip kuning mempunyai rasa yang lezat, mengandung banyak gizi serta vitamin yang baik untuk tumbuh kembang sang buah hati anda.

Harga Ikan Tuna Sirip Kuning

Setelah mengetahui beberapa manfaat ikan tuna sirip kuning di atas, sekarang kita lihat berapa harga ikan tuna sirip kuning ini. Harga ikan tuna biasanya ditentukan oleh grade (kategori/kelas). Dimana ada tiga grade, yaitu A, B, dan C. Sedangkan grade ini sendiri dipengaruhi oleh tekstur daging ikan tuna.

Berikut daftar ikan tuna sirip kuning berdasarkan gradenya:

Grade Berat Ukuran Harga/Kg
A 30-70 Kg 100-170 Cm Rp.110.000,-
B 30-70 Kg 100-170 Cm Rp.100.000,-
C 30-70 Kg 100-170 Cm Rp. 90.000,-

Catatan: Harga di atas merupakan harga kualitas ekspor dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Setelah anda mengetahui semua ulasan tentang klasifikasi dan harga ikan tuna sirip kuning di dunia, apakah anda masih ragu untuk mengkonsumsi ikan ini? Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat banyak bagi kita semua. Jangan lupa kunjungi juga artikel yag lain dari website ini. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • harga ikan tuna
  • harga ikan tuna per kilo
  • tuna sirip kuning
  • harga ikan tuna per kg
  • harga ikan tuna ciri habitat
  • harga ikan tuna sirip biru per kg
  • harga ikan tuna sirip kuning per kg
  • harga ikan tuna 2017
  • unggul mana tuna sirip kuning atau tuna sirip Biru ?
  • gambar ikan cakalang e
/* */