Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Dunia Ikan

Daftar Harga Rajungan Per kilo Terbaru Agustus 2018

Harga Ranjungan

Harga Ranjungan

Harga Rajungan – Kepiting Rajungan atau dalam bahasa latin yang dikenal dengan nama Portunus pelagicus merupakan salah satu jenis kepiting yang banyak ditemukan diperairan Indonesia. Harga rajungan hampir sama dengan harga kepiting per kilonya. Para nelayan biasanya menangkap kepiting rajungan ini banyak ditangkap di daerah Lampung, daerah Medan, daerah Kalimantan Barat, Pengembangan (pantai selatan Bali), Gilimanuk (pantai utara, Bali), Muncar (pantai Selatan, Jawa Timur) dan juga Pasuruan (pantai bagian utara, Jawa Timur).

Kepiting rajungan ini memang diminati oleh banyak masyarakat, baik masyarakat lokal maupun mancanegara. Maka dari itu, bukan tanpa alasan kenapa harga kepiting rajungan dipasaran dijual dengan harga yang lumayan mahal. Jenis kepiting rajungan ini banyak ditemukan oleh para nelayan di daerah yang memiliki letak geografis yang sama dengan kepiting bakau. Sudah sejak tahun 1973, di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan beberapa negara tetagga lainnya, kepiting ranjugan termasuk ke dalam hasil laut yang sangat penting di sektor perikanan.

Populasi dari kepiting rajungan sendiri di alam bebas sendiri saat ini sudah terancam punah, ini diakibatkan dari rusaknya habitat asli dan juga eksploitas laut yang disebabkan oleh sebagian para nelayan di beberapa daerah, sehingga menyebabkan berkurangnya popular rajungan di alam bebas. Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh karena penangkapan yang terlalu berlebihan dan dilakukan secara terus menerus untuk memenuhi permintaan ekspor ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia dan juga beberapa negara di kawasan Eropa.

Permintaan pasar baik pasar lokal maupun luar negeri terhadap kepiting rajungan ini harus segera diatas dengan melakukan pembudidayaan terhadap kepiting ini, sehingga populasi dari kepiting ini bisa tetap tersedia dan keberadaan kepiting ranjungan di alam bebas dapat tetap terjaga.

Selain memiliki rasa daging yang sangat lezat, ternyata daging kepiting rajungan kaya akan protein dan juga kandungan gizi serta nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebelum kami mengulas tentang harga kepiting rajungan, kami akan membahas mengenai kandungan gizi dan nutrisi di dalam kepiting beserta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Kandungan Dan Manfaat Kepiting Rajungan Untuk Kesehatan

Bagi anda para penggemar daging kepiting rajungan, sudah pasti anda tahu jika daging kepiting yang satu ini mempuyai rasa yang sangat lezat dan kaya kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Pada bagian tubuh kepiting rajungan sendiri terbagi menjadi tiga bagian yang dapat dimanfaatkan dagingnya, yaitu daging super yang ada pada bagian bawah, daging reguler yang ada di bagian sekat rongga dalam bentuk serpihan dan juga daging merah yang ada di bagian capit dan juga kaki kepiting.

Kandungan gizi yang dapat ditemukan dalam daging rajungan, terdiri dari :

  • Protein : Di dalam daging kepiting rajungan mempunyai kadar protein yang sangat tinggi, namun kadarnya akan berkurang setelah melalui proses perebusan atau pengukusan. Jumlah protein yang terkandung dalam daging kepiting ranjungan mencapai 66,63% pada bagian dagingnya.
  • Karbohidrat : Di dalam daging kepiting rajungan juga mengandung karbohidrat yang cukuo tingi, karbohidrat sendiri merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia. Jumlah karbohidra dalam daging kepiting rajungan mencapai 26,62%.
  • Lemak : Lemak adalah kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, jumlah lemak dalam daging kepiting rajungan sebanyak 0,84%. Kadar lemak tersebut masih bisa mengalami penurunan apabula sudah melalui proses perebusan atau pengukusan.
  • Asam Amino : Kandungan gizi penting lainnya yang terkadung di dalam daging kepiting ranjugan yaitu terdapat 9 jenis asam amino essensial dalam dagingnya, yaitu terdiri dari metionin, tirosin, lisis, isoleusin, treonin, arginin, fenilalanin, valin dan juga leusin.

Manfaat Daging Kepiting Rajungan Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat mengkonsumsi daging kepiting rajungan untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Anak-anak juga memang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan laut, karena di dalam makanan laut mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*
  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi daging kepiting rajungan juga dipercaya sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit. Hal ini dikarenakan, di dalam daging kepiting mengandung mineral penting selenium, protein dan juga asam lemak omega 3 yang dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai infeksi virus dan bakteri.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam lemak omega 3 memang memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat menjaga kesehatan organ jantung dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel dan juga menangkal serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan serangan jantung.

  1. Mencegah Kanker

Di dalam daging rajungan juga mengandung protein, zinc dan juga asam lemak omega 3 yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri yang dapat menyerang tubuh. Dengan adanya mineral selenium ini sangat baik untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat rajungan berikutnya yaitu dipercara mampu melancarkan peredaran darah menuju ke seluruh tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam daging rajungan mengandung zat besi yang sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah yang diperlukan oleh seluruh tubuh.

  1. Baik Untuk Diet

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, daging kepiting ranjugan juga sangat baik untuk dimasukan ke dalam menu diet harian anda. Hal ini dikarenakan, kadar lemak yang terkandung di dalam rajungan sangat rendah sehingga dengan rutin mengkonsumsi daging rajungan sangat baik untuk menurunkan berat badan.

  1. Mencega Penyakit Prostat

Mengkonsumsi daging rajungan juga sangat baik untuk mencegah penyakit pada prostat, karena di dalam daging rajungan ini mengandung mineral penting yang dapat menghambat proses pembesaran prostat di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kepiting rajungan selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah peyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal ini dikarenakan, di dalam daging rajungan juga mengandung mineral penting seperti kalsium, fosfor dan juga mineral Copper yang dapat berfungsi untuk membantu proses pembentukan dan memperkuat tulang.

  1. Mencegah Dan Mengatasi Anemia

Daging kepiting rajungan  juga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang menderita anemia, karena di dalam daging rajungan mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi dapat berfungsi untuk merangsang pembentukan sel darah merah, sehingga tubuh bisa mendapatkan suplai sel darah merah dalam jumlah cukup.

  1. Membentuk Otot

Manfaat daging rajungan berikutnya dipercaya sangat efektif untuk membantu proses pembentukan otot, karena di dalam daging ranjugan mengandung protein dan juga karbohidrat dalam jumlah tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk otot.

Setelah anda mengetahui beragam manfaat dari kepiting rajugan ini, anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsinya. Namun jika anda memang memiliki alergi terhadap makanan laut, maka anda bisa menggantinya dengan jenis makanan lain.

Baca Juga:

Bagi anda yang berencana membeli kepiting rajungan, anda bisa lihat terlebih dahulu daftar harga lengkapnya dibawah berikut ini.

Daftar Harga Kepiting Rajungan Di Berbagai Daerah Di Indonesia

Kepiting Rajungan Harga/Kg
Rajungan Per Kg Rp 120.000
Rajungan di di Jakarta Rp 130.000
Rajungan di di Supermarket Rp 170.000
Rajungan di Luar Negeri Rp 400.000

Note:

  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Itulah tadi informasi yang dapat kami bagikan kepada anda semua mengenai manfaat dan harga kepiting rajungan terbaru, semoga informasi yang kami bagikan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih dan sampai jumpa.

Daftar Harga Rajungan Per kilo Terbaru Agustus 2018 | Dolpin | 4.5
/* */