Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Dunia Ikan

Daftar Harga Ikan Tongkol Per Kilo Agustus 2018

Harga Ikan Tongkol

Harga Ikan Tongkol

Daftar Harga Ikan Tongkol Per Kilo Terbaru – Tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki nama latin Euthynnus affinis, ikan laut ini termasuk dalam suku Scombridae. Ketika menjelajah diperairan dangkal yang berada dekat dengan pesisir pantai di kawasan Indo-Pasifik Barat, ikan tongkol ini merupakan salah satu ikan tangkapan yang sangat penting bagi sumber pencarian para nelayan di kawasan tersebut.

Sebelum menguias topik utama mengenai harga ikan tongkol, kami akan sedikit mengulas beberapa hal penting yang perlu anda ketahui untuk lebih mengenal ikan tongkol. Dengan adanya informasi ini mungkin bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua dalam mengenal jenis ikan tongkol. Apalagi bagi anda yang berprofesi sebagai penjual ikan, sehingga anda akan mengetahui update terbaru mengenai perubahan harga ikan tongkol dipasaran setiap bulannya.

Jenis ikan laut yang memiliki ukuran sedang dan memiliki panjang maksimum mencapai 100 cm, namun pada umumnya hanya memiliki panjang sekitar 60 cm. Bagian punggung dari ikan tongkol berwarna biru gelap metalik dan mempunyai coretan miring yang cukup rumit mulai dari bagian pertengahan sirip punggung pertama hingga ke bagian belakang, kemudian di bagian sisi badan dan juga perutnya berwarna putih keperekan serta ada bercak-bercak yang khas dengan warna gelap pada bagian sirip dada dan juga sirip perutnya.

Ikan tongkol dikenal bersifat epipelagis dan neritik. ikan ini sering menjelajahi perairan terbuka dengan suhu antara 18 – 29 derajat celcius. Sama hal nya dengan ikan tuna, ikan tongkol juga sangat suka hidup bergerombol dan suka bercampur dengan berbagai jenis ikan yang memiliki ukuran tubuh sama. Misalnya saja dengan jenis ikan Thunnus albacares yang berukuran kecil. Auxis sp, Katsuwonus pelamis dan berbagai jenis ikan lainnya yang dalam satu kelompok bisa mencapai lebih dari 100 sampai dengan 5.000 ekor ikan tongkol.

Ikan tongkol tidak pernag memilih-milih mangsanya untuk dijadikan sebagai makanannya, beberapa jenis hewan laut yang sering dijadikan mangsa dari ikan tongkol diantaranya seperti udah, sotong dan kerabat dari cumi-cumi, serta berbagai jenis ikan kecil lainnya. Pada gilirannya, ikan tongkol ini akan menjadi mangsa dari setuhuk dan cucut.

Pada saat tiba musim pemijahan, ikan tongkol akan sering hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Ikan tongkol biasanya banyak ditemukan di pesisir Afrika Timur yang berlangsung kurang lebih selama 7 bulan mulai dari bulan Januari hingg bula Juli, sedangkan di Filipina musim pemijahan akan berlangsung hanya sekitar 2 bulan saja yaitu mulai dari bulan Maret sampai bulan Juli, sedangkan di Indonesia musim pijah ini akan berlangsung selama 3 bulan mulai dari bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober. Kemudian pada bulan Oktober sampai dengan bulan Juli musim berpijah ikan tongkol ini akan berlangsung di Kepulauan Seychelles.

Ikan tongkol ini merupakan ikan tangkapan yang banyak dicari oleh para nelayan dari berbagai negara yang terletak di kawasan sebarannya. Beberapa negara yang memiliki hasil tangkapan ikan tongkol terbanyak yaitu seperti Malaysia, Filipina dan Pakistan. Sedangkan di Indonesia, beberapa pelabuhan yang sering dijadikan sebagai tempat pendaratan ikan tongkol terbanyak yaitu di Padang, Manado, Cilacap, Tegal, dan juga Sumenep.

Penangkapan ikan tongkol ini biasanya akan bercampur dengan jenis ikan lainnya, para nelayan biasanya sering menggunakan alat tangkap seperti jaring insang dan juga pancing tonda sebagai alat tangkap ikan tradisional yang sering dipergunakan oleh para nelayan. Namun terkadang para nelayan menggunakan alat tangkap ikan berupa pukat pantai atau lebih dikenal dengan pancing rawal.

Ikan tongkol mulai diperjual belikan dalam bentuk ikan segar, ikan beku dan juga ikan tongkol kalengan serta dalam berbagai jenis olahan daging ikan tongkol seperti dikeringkan, diasap, diasinkan dan juga dipindang. Namun jika ingin mendapatkan daging ikan tongkol yang berkualias baik, maka bisa membeli ikan tongkol dalam bentuk ikan segar. Harga ikan tentunya akan berbeda-beda pada setiap, namun harga ikan tongkol segar jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli produk olahannya.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*

Banyak masyarakat umum yang mengira jika ikan tongkol sama dengan jenis ikan cikalang. Padahal kedua jenis ikan tersebut jelas berbeda, karena bentuk dan rasa daging ikan tongkol dan cikalang jauh berbeda, begitupun dengan harganya yang sangat jauh berbeda. Harga Ikan tongkol jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga ikan cikalang, karena rasa dari daging ikan tongkol lebih enak dan gurih.

Jika dilihat dari bentuk dan warnanya, kedua jenis ikan ini memang hampir mirip. Ikan tongkol memiliki ciri khas pada bagian kepala hingga ujung ekornya yang berwarna silver, kemudian di bagian atas tubuhnya bewarna hitam. Berbeda dengan jenis ikan Cikalang yang hanya memiliki corak garis-garis berwarna hitam.

tongkol memiliki ciri khas warna silver dari kepala hingga ujung ekor, dan diatas tubuhnya berwarna hitam. Sedangkan untuk ikan cakalang memiliki corak garis-garis hitam.

Ada banyak sekali berbagai jenis olahan ikan tongkol, hal ini bertujuan untuk menambah variasi dan meningkatkan harga ikan tongkol agar lebih mahal. Para nelayan biasanya akan menjual ikan tongkol segar haso tangkapannya ke pasar ikan atau pengepul ikan dengan harga sekitar Rp. 20.000 per kilogram, berbeda dengan harga ikan tongkol untuk dijual langsung ke konsumen yang biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 30.000 per kilogram.

Harga ikan tongkol segar sendiri bisa berbeda-beda di tiap-tiap daerah. Untuk harga ikan tongkol yang sudah diolah akan jauh lebih mahal, karena penjual ikan tongkol olahan harus membersihkan dan memasaknya terlebih dahulu. Maka jika anda tidak ingin repot-repot mengolahnya, saya sarankan agar anda membeli ikan tongkol olahan saja.

Baca Juga :

Untuk mengetahui informasi seputar harga ikan tongkol terbaru dan terlengkap, maka anda bisa lihat pada daftar harga yang telah kami cantumkan dibawah berikut ini.

Daftar Harga Ikan Tongkol Per Kilogram Terbaru

Lokasi/Provinsi Harga/kilo
Harga Ikan Tongkol di Aceh Rp.26.000
Harga Ikan Tongkol di Padang Rp.25.000
Harga Ikan Tongkol di Palembang Rp.25.000
Harga Ikan Tongkol di Jakarta Rp.30.000
Harga Ikan Tongkol di Bekasi Rp.29.000
Harga Ikan Tongkol di Surabaya Rp.25.000
Harga Ikan Tongkol di Medan Rp.28.000
Harga Ikan Tongkol di Denpasar Rp.35.000
Harga Ikan Tongkol di Malang Rp.30.000
Harga Ikan Tongkol di Balikpapan Rp.28.000
Harga Ikan Tongkol di Makasar Rp.26.000
Harga Ikan Tongkol di Pekanbaru Rp.27.000
Harga Ikan Tongkol di Serang Rp.28.000
Harga Ikan Tongkol di Bogor Rp.30.000
Harga Ikan Tongkol di Cirebon Rp.29.000
Harga Ikan Tongkol di Bandung Rp.30.000
Harga Ikan Tongkol di Semarang Rp.27.000
Harga Ikan Tongkol di Purwokerto Rp.26.000
Harga Ikan Tongkol di Yogyakarta Rp.25.000

Bagaimana, apakah anda berminat untuk membeli ikan tongkol?

Itulah informasi yang dapat kami bagikan kepada anda semua mengenai harga ikan tongkol terbaru di tiap-tiap daerah di Indonesia. Namun perlu untuk anda semua ketahui bahwa harga ikan tongkol selalu berubah-ubah setiap bulannya dan tidak pernah stabil, ini dikarenakan banyak para nelaya yang sering mengalami kegagalan dalam menangkap ikan tongkol yang dapat dipengaruhi oleh faktor cuaca dan musim ikan tongkol.

Jika anda ingin mendapatkan harga murah, saya sarankan untuk membelinya langsung kepada nelayan atau pengepul jika anda berniat untuk menjualnya lagi ke konsumen baik secara langsung maupun secara online.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda semua  yang sedang mencari dan membutuhkan informasi mengenai harga tongkol terbaru. Kami akan selalu melakukan update setiap bulannya untuk mengikuti perkembangan terbaru harga ikan tongkol dipasaran.

Terima kasih dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • ikan tongkol harga 2018
  • bus semarang menuju pasar ikan peluit gerogol tongkol jakarta
  • daftar harga ikan laut tegal dan sekitarnya
  • giveizh
  • harga ikan laut tegal 2018
  • Harga ikan tongkol segar per kg?
Daftar Harga Ikan Tongkol Per Kilo Agustus 2018 | Dolpin | 4.5
/* */