Dunia Ikan

Daftar Harga Ikan Tenggiri Terbaru Juni 2018

Harga Ikan Tenggiri

Harga Ikan Tenggiri

Harga Ikan Tenggiri – Ikan merupakan salah satu jenis ikan laut yang diminati oleh banyak kalangan masyarakat, karena rasa dari daging ikan laut ini sangat enak dan gurih. Selain dikonsumsi. Ikan laut yang memiliki nama latin Scomberomorus ini tidak hanya dapat dimasak langsung untuk dijadikan sebagai salah satu hidangan bersama keluarga, tetapi dijadikan sebagai bahan campuran dalam pembuatan aneka jenis makanan, beberapa jenis makanan khas Palembang yang sudah sangat terkenal yaitu kerupuk dan pempek Palembang.

Ikan tenggiri termasuk jenis ikan komunal atau disebut juga sebagai ikan pelagis, karena pada kehidupan ikan ini lebih sering menghabiskan masa hidupnya dengan bergerombol. Hal ini bertujuan agar ikan tenggiri ini bisa terhindar dari para predator yang akan memangsanya. Hampir semua orang di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan konsumsi air laut yang satu ini, karena ikan tenggiri termasuk salah satu jenis ikan air laut  yang sudah menjadi primadona di Indonesia.

Jenis-Jenis Ikan Tenggiri di Indonesia

Di Indonesia ikan tenggiri sendiri terdiri dari beberapa jenis. Untuk mengenali jenis-jenis ikan tenggiri bisa anda simak ulasannya dibawah berikut ini.

  1. Ikan Tenggiri Banci/Wahoo (Acanthocybium solandri)

Ikan tenggiri banci memiliki ciri fisik yang bisa dikenal dari moncongnya yang cukup panjang, bahkan ukurannya kurang lebih hampir sama dengan panjang kepalanya. Di bagian punggung ikan tenggiri Banci atau Wahoo ini terdapat duri yang jumlahnya antara 23 sampai dengan 27 buah duri, kemudian dibagian sisi tubuhnya memiliki corak vertikal berwarna gelap. Ukuran tubuh ikan tenggiri yang hidup di laut lepas bisa mencapai 250 cm.

  1. Ikan Tenggiri Papan/Indo–Pacific King Mackerel (Scomberomorus guttatus)

Ciri fisik dari ikan tenggiri papan ini yaitu dapat dilihat dari corak berbentuk bulat-bulat yang berwarna kehitaman antara 3 sampai dengan 4 deretan yang terletak di bagian sisi tubuhnya. Ukuran ikan tenggiri yang satu ini yang hidup di laut lepas tidak terlalu besar, yaitu berkisar antara 60 cm sampai dengan 80 cm.

  1. Ikan Tenggiri Batang/Narrowbar Spanish Mackerel (Scomberomorus commerson)

Tenggiri Batang merupakan jenis ikan tenggiri yang paling umum dan banyak ditemukan dipasaran, ikan tenggiri yang satu ini yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam pembuatan makanan olahahan seperti kerupuk, pempek dan aneka makanan lainnya. Pada tubuh ikan tenggiri batang ini mempuyai postur tubuh yang cukup kekar, ciri khas ikan tenggiri batang bisa dilihat dari sisi tubuhnya yang terdapat garis vertikal yang berwarna gelap. Sedangkan ukuran tubuh dari ikan ini yaitu berkisar antara 240 cm sampa dengan 250 cm.

Harga setiap jenis ikan tenggiri dipasaran dan di tiap-tiap daerah bisa berbeda-beda, namun yang jelas harga ikan tenggiri lumayan mahal. Hal ini dikarenakan, rasa daging ikan tenggiri sangatlah enak dan diminati oleh banyak kalangan dan tidak mudahnya untuk bisa mendapatkan ikan ini dilautan.

Harga Ikan Tenggiri di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern

Harga ikan tenggiri dipasaran bisa dikatakan fluktuatif, karena ikan tenggiri termasuk jenis ikan musiman. Pada saat musim panen, harga ikan tenggiri dipasar tradisional berkisar antara Rp. 60.000 sampai dengan Rp. 75.000 per kilogramnya. Sedangkan dipasar modern atau di supermarket dijual dengan kisaran harga antara Rp. 70.000 sampai dengan Rp. 80.000 per kilogram. Namun harganya akan mengalami kenaikan ketika sudah bukan musim panen, kenaikan bisa mencapai antara Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 20.000 per kilogram dari harga normalnya.

Perbedaan harga ikan tenggiri di pasar tradisional dan pasar modern dipengaruhi oleh kualias dan sistem pengurusan ikan. Hal ini dikarenakan, di pasar tradisional biasanya para pedagang tidak begitu memperhatikan tata cara dalam penyimpanan ikan tenggiri dengan baik dan hanya dipajang dengan mengandalkan suhu ruangan. Sedangkan di supermarket biasnaya ikan tenggiri yang dijual akan diselimuti dengan es, sehingga kualitas dan kesegaran ikan selalu terjaga sejak ikan datang sampai ikan dibeli oleh konsumen.

Harga ikan tenggiri yang mahal sering kali membuat para produsen berlomba-lomba untuk menciptakan produk olahan dari ikan tenggiri. Hal ini bertujuan untuk menambah nilai jual dari ikan  agar lebih mahal. Ada banyak sekali olahan dari ikan tenggiri yang dijual dipasaran, mulai dari ikan tenggiri fillet, ikan tenggiri asap, ikan tenggiri giling, abon ikan tenggiri dan aneka olahan ikan tenggiri lainnya.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*

Bagi anda yang sedang berencana membuat aneka olahan yang terbuat dari ikan tenggiri, mungkin anda sangat membutuhkan informasi terbaru mengenai harga ika tenggiri dipasaran. Untuk info selengkapnya bisa anda simak ulasanya dibawah berikut ini.

Harga Ikan Tenggiri Per Kilogram Dari Berbagai Olahan

  1. Harga Ikan Tenggiri Giling

Ika tenggiri giling termasuk olahan yang dapat memberikan kemudahan kepada para konsumen dalam mengolahnya untuk dijadikan dalam pembuatan aneka olahan dari ikan tenggiri. Seperti misalnya pembuatan basu tahu, baso ikan, siomay, kerupuk ikan, pempek dan aneka olahan makanan lainnya yang mengguankan daging ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Harga ikan tenggiri giling berkisar antara Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 120.000 per kilogram.

  1. Ikan Tenggiri Fillet

Ika tenggiri fillet merupakan produk olahan dari ikan tenggiri yang hanya diambil dagingnya saja, sehingga jika anda tidak ingin repot dalam mengolah ikan tenggiri dari awal hingga akhir, sebaiknya anda membeli ikan tenggiri fillet. Hanya saja, harga ikan tenggiri yang dijual dalam bentuk fillet jauh lebih mahal dibandingkan dengan ikan tenggiri utuh yang masih segar. Hal ini dikarenakan, untuk bisa mendapatkan 1 kilogram ikan tenggiri fillet diperlukan sekitar 1,5 kilogram ikan tenggiri utuh. Harga ikan tenggiri fillet dijual dipasaran dengan harga sekitar Rp. 120.000 per kilogram

  1. Harga Ikan Tenggiri Carrefour

Jika anda tidak sempat untuk membeli ikan tenggiri langsung ke pasar ikan yang berada disekitar pantai, maka anda juga bisa membeli ikan tenggiri ini supermarket ternama Carrefour yang ada di Indonesia. Harga ikan tenggiri yang dijual disupermarket jelas lebih mahal dibandingkan dengan dipasar tradisional. Hal ini dikarenakan, kualitas ikan yang dijual di supermarket jauh lebih bagus kualitasnya dan lebih terjamin. Harga ikan tenggiri segar utuh di Carrefour saat ini umumnya dijual dengan harga sekitar Rp. 100.000 per kilogram, sedangkan harga ikan tenggiri fillet dijual dengan harga sekitar Rp. 120.000.

Sedangkan untuk harga ikan tenggiri di tiap-tiap daerah bisa berbeda-beda, karena tidak semua perairan di Indonesia terdapat populasi ikan tenggiri. Selain itu, ikan tenggiri sendiri sampai saat ini belum bisa dibudidayakan, sehingga mempengaruhi mahalnya harga ikan tenggiri di Indonesia.

Jenis Olahan dan Tempat Jual Ikan Tenggiri

Jenis Olahan dan Tempat Jual Ikan Tenggiri Harga Per Kg
Ikan Tenggiri Muara Angke Rp, 80.000
Ikan Tenggir Di Pasaran Rp, 90.000
Kerupuk Ikan Tenggiri Rp, 60.000
Ikan Tenggiri Giling Rp, 130.000
Ikan Tenggiri Fillet Rp, 110.000
Ikan Tenggiri Carrefour Rp, 120.000

Note:

  •  Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Daftar Harga Ikan Tenggiri Di Berbagai Daerah Di Indonesia

Wilayah di Indonesia Harga Per Kg
Wilayah Jakarta Rp. 90.000
Wilayah Bandung Rp. 92.000
Wilayah Semarang Rp. 80.000
Wilayah Purwokerto Rp. 85.000
Wilayah Yogyakarta Rp. 82.000
Wilayah Surabaya Rp. 81.000
Wilayah Medan Rp. 76.000
Wilayah Balikpapan Rp. 78.000
Wilayah Makasar Rp. 76.500
Wilayah Pekanbaru Rp. 74.000
Wilayah Aceh Rp. 72.00
Wilayah Padang Rp. 74.000
Wilayah Palembang Rp. 70.000
Wilayah Bekasi Rp. 87.000
Wilayah Serang Rp. 88.000
Wilayah Bogor Rp. 92.000
Wilayah Cirebon Rp. 89.000
Wilayah Denpasar Rp. 95.000
Wilayah Malang Rp. 85.000

Note:

  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Bagi anda yang ingin tahu informasi terbaru mengenai harga ikan tenggiri di tiap-tiap daerah di Indonesia, anda bisa lihat update terbarunya dibawah berikut ini :

Demikian informasi mengenai harga ikan tenggiri terbaru di berbagai daerah di Indonesia, semoga informasi ini dapat memberikan referensi bagi anda semua dan sampai jumpa.

Daftar Harga Ikan Tenggiri Terbaru Juni 2018 | Dolpin | 4.5
/* */