Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Dunia Ikan

Daftar Harga Ikan Patin Per Kg Terbaru Agustus 2018

Harga Ikan Patin

Harga Ikan Patin

Harga Ikan Patin – Siapa yang tidak tahu ikan patin, pastinya anda semua mengetahuinya. Namun tahukah anda, ternyata ikan patin ini termasuk jenis ikan konsumsi air tawar yang disukai oleh banyak kalangan masyarakat di Indonesia. Sebenarnya ikan patin ini bukanlah ikan asli dari Indonesia, melainkan aslinya berasal dari Thailand. Di habitat aslinya, ikan patin ini bisa tumbuh dengan cepat dan berukuran sangat besar mencapai berat puluhan hingga ratusan kilogram per ekornya. Sungguh luar biasa, bukan?

Di habitat aslinya, pernah ditemukan ikan patin yang memiliki berat mencapai 200 kilogram dengan panjang mencapai 200 cm. ikan besar ini termasuk ke dalam jenis ikan patin sungai melekong. Masuknya ikan patin ini ke Indonesia yaitu sekitar pada tahun 1990-an dan kemudian para pembudidaya ikan berhasil membudidayakan ikan ini, sehingga sampai saat ini ikan patin juga cukup banyak dan mudah ditemukan di Indonesia.

Ikan patin sendiri termasuk jenis ikan pemakan segala atau dikenal dengan jenis hewan Omnivora. Ikan patin juga termasuk jenis ikan yang sangat mudah dipelihara dan dibudidayakan, bahkan pertumbuhan ikan patin sangat cepat sehingga membuat harga ikan patin dipasaran tidak terlalu mahal. Dalam kurun waktu 4 bulan di mulai sejak pendederan, para petani ikan patin sudah bisa memanen ikannya.

Dikarenakan memiliki harga yang murah membuat banyak orang ingin membeli ikan patin ini, karena disamping harganya yang sangat terjangkau ternyata daging ikan patin sangat enak, lembut dan berwarna putih bersih. Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi murahnya harga ikan patin dipasaran yaitu karena saking mudahnya membudidayakan ikan ini, sehingga banyak bermunculan para pembudidaya ikan patin di Indonesia.

Sama hal nya dengan ikan gabus dan ikan lele, ikan patin juga tidak hanya dijual dalam bentuk utuh dan segar, ada pula yang menjual ikan patin dengan berbagai olahan seperti Ikan Patin Sale, Ikan Patin Fillet dan Keripik Kulit Ikan Patin. Selain itu, ikan patin juga ada yang dijadikan sebagai ikan hias yaitu ikan patin albino. Harga ikan patin albino adalah yang paling mahal, karena ikan patin yang satu dijual bukan untuk dikonsumsi melainkan untuk dipelihara sebagai ikan hias di kolam.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap jenis ikan patin dan olahannya bisa anda simak informasinya dibawah berikut ini.

Jenis Dan Olahan Ikan Patin Beserta Harganya

Berikut ini merupakan jenis dan aneka olahan ikan patin yang dapat anda temukan dipasaran, yaitu :

  1. Ikan Patin Asap

Ikan patin Asap adalah salah satu jenis olahan ikan patin yang cukup diminati oleh masyarakat, karena dengan cara di olah seperti ini dapat membuat daging ikan patin lebih tahan lama tanpa perlu menggunakan pengawet, jenis ikan patin ini diproses dengan cara pengasapan namun dengan menggunakan asap yang berasal dari pembakaran sabut kepala.

Harga ikan patin asap memang lebih mahal dibandingkan dengan ikan segar pada ika segar atau utuh yang masih hidup tidak dilakukan pengolahan terlebih dahulu setelah dipanen. Ikan patin asap dipasaran dijual dengan harga sekitar Rp. 12.000 per 100 gram. Sedangkan untuk harga ikan patin asap per kilogram dipasaran dijual dengan harga sekitar Rp. 100.000.

  1. Ikan Patin Fillet

Jenis olahan ikan patin berikutnya yaitu ikan pati fillet, tujuan dari pengolahan ini untuk mempermudah kita dalam memasak ikan patin tanpa harus repot-repot lagi untuk membersihkan kotoran dan juga duri-duri yang ada di dalam tubuh ikan patin. Maka dari itu pantas saja jika harga ikan patin fillet jauh lebih mahal, karena untuk mendapatkan 1 kg ikan pati fillet dibutuhkan sekitar 1,5 ikan patin segar. Daging ikan fillet dipasaran dijual dengan harga sekitar Rp. 60.000 per kilogramnya. Ikan patin dalam bentuk fillet ini biasanya dijual ke rumah makan dan restoran.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*
  1. Keripik Kulit Ikan Patin

Untuk olahan ikan patin yang satu ini hanya memanfaatkan sisa kulit dari proses fillet, karena ikan patin fillet hanya mengambil daging ikannya saja tanpa kulit, kepala dan juga duri. Namun pada penjual ikan patin fillet tidak lantas membuang kulit ikan patin ini, karena kulit ikan patin bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kerupuk atau keripik kulit. Keripik kulit ikan pati ini cukup laris manis dipasaran, karena rasa dari kerupuk dan keripik kulit yang terbuat dari kulit ikan patin ini sangat enak, renyah dan gurih.

Harga olahan ikan patin ini cukup mahal dipasaran, karena proses pembuatan dari kerupuk kulit ikan patin ini yang cukup rumit dan membutuhkan proses pengeringan yang cukup lama. Untuk membuat 1 kg kerupuk kulit ikan patin kering mentah membutuhkan sekitar 3 kg kulit ikan patin basah. Sedangkan untuk harga keripik kulit ikan patin sendiri dipasaran dijual dengan harga sekitar Rp. 85.000 per kilogram.

  1. Ikan Patin Albino

Ikan Patin Albino merupakan jenis ikan patin yang cukup populer dikalangan para pecinta ikan hias. Hal ini dikarenkan, ikan patin albino sendiri bukan dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi melainkan ikan hias. Keunikan dari ikan patin albino ini yaitu dari warna kulit tubuhnya yang berwarna putih bersih dan terang, kemudian pada matanya berwarna merah terang yang sangat indah.

Maka dari itu, harga ikan patin albino ini lumayan mahal dan banyak dicari oleh para pecinta ikan hias. Selain itu, untuk mendapatkan ikan patin albino ini sangatlah sulit karena ikan ini keberadaannya 1:10.000 ikan patin. Untuk harga ikan patin albino per ekor dengan berat 1 kg dijual dengan harga sekitar Rp. 500.000.

  1. Ikan Patin Segar

Ikan patin segar dan hidup dapat dengan mudah didapatkan dipasaran, bahkan harganya pun jauh lebih murah dibandingkan dengan ikan patin yang sudah diolah dengan berbagai olahan. Ikan patin segar dijual dengan harga sekitar Rp. 30.000 sampai dengan Rp. 35.000 per kilogram. Meskipun harganya murah, ikan patin segar jauh lebih kaya akan gizi dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sebenarnya harga ikan patin di tiap-tiap daerah dijual dengan harga yang berbeda-beda dan sering berubah setiap bulannya. Untuk mengetaui informasi lebih lanjut mengenai harga ikan patin di tiap-tiap kota bisa anda lihat dibawah berikut ini.

Daftar Harga Ikan Patin Terbaru

Ikan Patin Satuan Harga
Ikan Patin Asap Per Kg Rp. 100.000
Ikan Patin Fillet Per Kg Rp. 60.000
Keripik Kulit Ikan Patin Per Kg Rp. 85.000
Ikan Patin Albino Per Kg Rp. 500.000
Ikan Patin Segar Per Kg Rp. 35.000

Note:

  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Itulah tadi pembahasan mengenai daftar harga ikan patin per kilogram beserta olahannya yang dapat kami sampaikan kepada anda semua. Kami ingatkan lagi bahwa harga ikan patin di tiap – kota akan berbeda-beda dan akan terjadu perubahan setiap bulannya. Bagi anda yang membutuhkan harga ikan patin terbaru, kami akan selalu melakukan update dengan harga terbaru setiap bulannya untuk membantu anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • harga ikan patin hias
Daftar Harga Ikan Patin Per Kg Terbaru Agustus 2018 | Dolpin | 4.5
/* */