Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Dunia Ikan

Daftar Harga Ikan Nila Per Kilo September 2018

Harga Ikan Nila

Harga Ikan Nila

Daftar Harga Ikan Nila Hari Terbaru – Ikan Nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi air tawar yang populer dibudidayakan di Indonesia. Sebenarnya ikan nila sendiri sudah ada dan dibudidayakan sejak puluhan tahun lalu, namun ikan nila bukanlah termasuk ikan yang berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari daerah-daerah yang berada di kawasan Afrika. Budidaya ikan nila tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan bahkan oleh para pemula, sehingga harga ikan nila dipasaran tidaklah terlalu mahal dibandingkan dengan jenis ikan konsumsi lainnya.

Ciri-ciri umum dari ikan nila ini memili warna hitam keabuan, dengan ada beberapa bagian pita dengan berwarna gelap melintang  atau belang yang semakin mengabur pada tubuh ikan nila dewasa. Kemudian di bagian ekornya memiliki ciri bergaris-garis tegak sebanyak 7 sampai dengan 12 buah. Di bagian tenggorokan, sirip dada, sirip perut dan juga pada bagian sirip punggungnya berwarna merah atau kemerahan dan terkadang ada yang berwarna kekuningan.

Pada ikan nila yang masih kecil memang sulit untuk dibedakan, karena perbedaan alat kelaminnya masih belum nampak dengan jelas. Setelah bobotnya mencapai 50 gram, maka perbedaan dari alat kelamin nila jantan dan betina sudah bisa dilihat dengan jelas. Untuk membedakan ikan nila jantan dan betina bisa dilihat pada bagian lubang genitalnya dan juga ciri dari kelamin sekundernya.

Pada ikan nila jantan, di bagian samping dari lubang anusnya bisa kita lihat ada lubang genital yang berupa tonjolan kecil dan meruncing yang berfungsi sebagai saluran pengeluaran dari air kencing dan juga sperma. Pada bagian tubuh ikan nila jantan memiliki warna yang lebih gelap, dengan adanya tulang rahang yang melebar ke belakang sehingga dapat memberikan kesan kukuh, sedangkan pada ikan nila betinanya memiliki perut yang lebih besar dan bulat.

Ikan nila yang masih kecil belum tampak perbedaan alat kelaminnya. Setelah berat badannya mencapai 50 gram, dapat diketahui perbedaan antara jantan dan betina. Perbedaan antara ikan jantan dan betina dapat dilihat pada lubang genitalnya dan juga ciri-ciri kelamin sekundernya. Pada ikan jantan, di samping lubang anus terdapat lubang genital yang berupa tonjolan kecil meruncing sebagai saluran pengeluaran kencing dan sperma. Tubuh ikan jantan juga berwarna lebih gelap, dengan tulang rahang melebar ke belakang yang memberi kesan kukuh, sedangkan yang betina biasanya pada bagian perutnya besar.

Kebiasaan Dan Penyebaran Ikan Nila

Ikan nila sendiri termasuk jenis ikan pemakan segala atau Omnivora, karena ikan nila ini sering memakan plankton dan aneka tumbuhan yang berasal dari berbagai tumbuhan, sehingga ikan nila ini sering dijadikan sebagai gulma air. Ikan nila sangat mudah berkembang biak, bahkan bisa dilakukan secara alami tanpa harus dikembang biakan melalui prose pemijahan.

Bentuk dari telur ikan nila ini memiliki bentuk bulat dan berwarna kekuningan dengan  memiliki ukuran diameter sekitar 2.8 mm. Dalam sekali pemijahan, ikan nila betina mampu menghasilkan telur sebanyak 300-1.500 butir telur, namun tergantung dari ukuran tubuh sang betinanya. Selain itu, ikan nila betina memiliki kebiasaan yang sangat unik setelah melakukan pemijahan, indunya akan memasukan telur-telur yang telah dibuahi ke dalam mulutnya atau disebut dengan mouth breeder (proses pengeram telur di dalam mulut).

Mudahnya proses pemeliharaan dan pengembang biakan ikan nila ini, maka banyak masyarakat yang juga tertarik untuk memelihara ikan nila untuk dikembangbiakan. Karena mudahnya dalam pengembangbiakan dan sangat mudahnya untuk mendapatkan ikan nila dipasaran, maka harga ikan nila dipasaran tidaklah terlalu mahal dan sangat terjangkau oleh semua kalagan masyarakat. Selain dapat dijual dalam kondisi hidup atau segar, ikan nila juga sering dijual dalam kondisi filet.

Rasa dagingnya yang gurih membuat banyak orang yang suka mengkonsumsi ikan nila, hanya saja duri dari ikan nila ini sangat tajam-tajam sehingga kita harus hati-hati saat mengkonsumsinya. Ikan nila terdiri dari dua jenis yaitu ikan nila merah dan ikan nila hitam. Dari kedua jenis ikan nila tersebut nila merah memang yang paling banyak dicari, karena ikan nila merah tidak hanya dapat dijadikan sebagai ikan konsumsi tetapi juga dapat dijadikan ikan peliharaan yang cantik untuk dipelihara di kolam ikan halaman rumah.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*

Harga ikan nila merah per kilogram dipasaran lebih mahal dibandingkan dengan harga ikan nila hitam. keunggulan lain dari nila merah ini yaitu memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dan mampu mencapai bobot yang lebih besar. Maka dari itu, para petani ikan lebih suka membudidayakan ikan nila merah dibandingkan dengan ikan nila hitam, tetapi meski demikian jenis ikan nila hitam juga banyak dibudidayakan dan tidak akan sulit untuk mendapatkannya di pasar-pasar.

Saat ini sudah banyak sekali aneka olahan makanan dari ikan nila, beberapa diantaranya yaitu ikan asin nila, ikan nila giling, ikan nila asap, ikan nila filate dan juga ikan nila kaleng. Harga olahan ikan nila tentunya jauh lebih mahal dibandingkan dengan ikan nila segar, namun jika anda tidak ingin repot-repot untuk membersihkan dan mengolah ikan nila dari awal sebaiknya anda membeli ikan nila filet. Ikan nila dengan kualitas terbaik memilki harga jual yang tinggi, bahkan ikan nila yang memiliki kualitas bagus biasanya akan dipasarkan di supermarket, toko online dan juga diekspor ke luar negeri.

Baca Juga : 

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Di Dalam Ikan Nila

Ikan nila dan mujair mengandung sumber protein hewani yang sangat baik untuk tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi ikan nila sangat baik untuk memenuhi asupan protein hewani bagi tubuh. Di dalam ikan nila mengandung asam lemak omega 6 yang sangat tinggi, sedangkan kandugan asam lemak omega 3 pada ikan nila ini sangat rendah. Kandungan nutrisi ini memang tidak baik bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan yang terkait dengan peredaran darah.

Bagi anda yang tertarik ingin membeli ikan nila baik untuk dikonsumsi atau dipelihara untuk dikembang biakan, maka kami telah siapkan informasi mengenai harga ikan nila secara lengkap yang dapat anda lihat dibawah berikut ini.

Daftar Harga Ikan Nila Per Kg Terbaru

Lokasi/Provinsi Harga
Harga Ikan Nila di Aceh Rp.24.000.
Harga Ikan Nila di Lampung Rp.25.000.
Harga Ikan Nila di Banten Rp.26.000
Harga Ikan Nila di Riau Rp.29.000
Harga Ikan Nila di Sumatera Utara Rp.28.000
Harga Ikan Nila di Sumatera Selatan Rp.27.000
Harga Ikan Nila di Kalimantan Barat Rp.30.000
Harga Ikan Nila di Kalimantan Timur Rp.31.000
Harga Ikan Nila di Sulawesi Utara Rp.32.000
Harga Ikan Nila di Jakarta Rp.27.000.
Harga Ikan Nila di Jawa Barat Rp.24.00.
Harga Ikan Nila di Jawa Tengah Rp.25.000.
Harga Ikan Nila di Jawa Timur Rp.24.000.
Harga Ikan Nila di Yogyakarta Rp.25.000.
Harga Ikan Nila di Bali Rp.28.000.

Berikut ini adalah informasi terbaru yang kami dapatkan dari sumber terpercaya terkait harga ikan nila terbaru hari ini, informasi harga ini bisa anda jadikan sebagai bahan perbandingan saat membelinya.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk membeli ikan nila?

Harga ikan nila per kilogram yang kami bagikan diatas kemungkinan bisa terjadi perubahan sewaktu-waktu dan juga bisa berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Selain itu, harga ikan nila juga biasa ditentukan dari kualitas dan jenis ikan nila.

Demikianlah informasi yang dapat kami bahas pada kesempatan kali ini mengenai harga ikan nila dipasaran, semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat untuk membantu mempermudah anda dalam mencari atau membeli ikan nila dipasaran.

Incoming search terms:

  • harga ikan nila
  • harga nila per kilo
  • harga ikan nila per kilo
  • harga ikan nila hidup
  • harga ikan nila per kg 2018
  • harga ikan tawar per kg
  • harga ikan nila per kg
  • harga ikan nila merah hari ini
  • harga ikan nila di jakarta
  • nilai jual ikan nila 2018
Daftar Harga Ikan Nila Per Kilo September 2018 | Dolpin | 4.5
/* */