Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Dunia Ikan

Daftar Harga Ikan Mujair Per Kg Terbaru Agustus 2018

Harga Ikan Mujair

Harga Ikan Mujair

Harga Ikan Mujair – Ikan mujair adalah salah satu jenis ikan konsumsi air tawar yang mudah didapatkan dipasaran. Penyebaran alami dari ikan mujair ini hidup diperairan Afrika dan juga perairan Indonesia. Di Indonesia, ikan mujair pertama kali ditemukan sekitar Sungai Serang pantai selatan yang berada daerah Blitar, Jawa Timur sekitar pada tahun 1939. Sejak itu, ikan mujair terus dibudidayakan dan terus berkembang hingga sekarang.

Ikan mujair atau dalam bahas ilmiah disebut dengan Oreochromis mossambicus dan dalam bahas inggris diberi nama Mozambique tilapia ini memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, panjang maksimum dari ikan ini bisa mencapai 40 cm. Bentuk tubuh dari ikan mujair ini pipih dan memiliki warna di bagian punggungnya hitam keabuan, kecoklatan dan ada juga yang kekuningan. Pada bagian sirip punggungnya terdiri dari 15-17 duri yang tajam dan juga terdapat duri yang lunak dengan jumlah sekitar 10-13 buah. Kemudian dibagian sirip duburnya terdiri dari 3 duri dan 9 sampai dengan 12 jari.

Daftar Harga Ikan Mujair Per Kg

Pada ikan mujair ini termasuk jenis ikan yang memiliki toleransi cukup besar terhadap kadar garam, sehingga ikan ini dapat hidup dan tumbuh sehat dilingkungan air payau. Pertumbuhan dari ikan ini cukup cepat namun setelah dewasa kecepatan pada pertumbuhannya ini akan berangsur-angsur menurun.

Ikan mujair termasuk jenis ikan yang akan mulai berkembang biak pada umur sekitar 3 bulan, dan seterusnya akan mujair akan berbiak secara rutin setiap 1 ½ bulan sekali. Pada setiap kali ikan ini bertelur, puluhan telur ikan mujair yang sudah dibuahi akan mulai dieramidi dalam mulut sang betinanya. Proses pengeraman telur-telur ikan mujair ini akan dierami dalam jangka waktu sekitar satu minggu sampai telur-telurnya menetas, meskipun telur-telurnya sudah menetas semuanya, induk mujair akan tetap mengumpulkan anak-anaknya di dalam mulut untuk menjaga anak-anaknya dari para pemangsa.

Proses dari perkembang biakan ikan mujair dapat melakukan pemijahan sendiri, sehingga hanya dalam beberapa bulan jumlah dari ikan mujair yang dipelihara akan mengalami peningkatan dengan pesat. Terlebih lagi ikan mujair ini cukup mudah untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan sekitar dan juga kondisi ketersediaan sumber makanan yang rendah sekalipun. Hal ini dikarenakan, ikan mujair termasuk jenis ikan pemakan segala.

Banyak orang yang mengira jika ikan mujair sama dengan ikan nila, padahal anggapan tersebut tidaklah benar karena ikan mujair dan ikan nila adalah dua jenis ikan yang berbeda. Jika dilihat secara sekilas, ikan mujair ini memang memiliki ciri yang hampir mirip dengan ikan nila dan bahkan bisa dikatakan tidak ada bedanya. Namun iklan mujair rata-rata memiliki warna hitam keperak-perakan, sedangkan warna dari ikan nila ada yang berwarna silver polos dan ada juga yang berwarna merah. Selain itu, ciri khas lain dari ika mujair yaitu memiliki ukuran sirip dan tubuh yang lebih panjang serta memiliki bibir yang lebih monyong ke depan.

Harga ikan mujair dipasaran lebih murah dibandingkan dengan ikan nila, karena rasa daging nila jauh lebih enak dan gurih dibandingkan dengan ikan mujair serta mengandung lebih banyak protein. Meski demikian, hal ini tidak lantas membuat peminat ikan mujair berkurang. Hingga saat ini para pembudidaya ikan mujair di Indonesia sangalah banyak dan banyak yang mencapai kesuksesan, sehingga menjadikan harga ikan mujair dipasaran per kilogram tetap terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Tetapi harga ika mujair dipasaran sering mengalami perubahan setiap bulanya, perubahan harga bisa terjadi dengan dipengaruhi dari hasil panen, permintaan pasar baik dalam negeri maupun luar negeri. Harga rata-rata dari ikan mujair segar di tiap-tiap daerah di Indonesia dibanderol dengan harga sekiar Rp. 30.000 ribu per kilogram. Ikan mujair tidak hanya dijual dalam bentuk ikan segar utuh, tetapi juga dijual dalam bentuk olahan seperti ikan mujair fillet. Tujuan dari penjualan ikan mujair fillet yaitu untuk memudahkan para konsumen untuk mengolah ikan mujair dan juga untuk meningkatkan harga jual dari ika mujair dipasaran.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*

Informasi Harga Ikan Mujair Terbaru Di Indonesia

Bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai harga ikan mujair dipasaran, ikan mujair dijual dalam beberapa pilihan, yaitu :

  1. Harga Bibit Ikan Mujair Per Kilogram

Bagi para pemula yang ingin membudidayakan ikan mujair, hal pertama yang dibutuhkan yaitu bibit ikan mujair. Harga bibit ikan mujair disetiap daerah selalu berbeda-beda dab tidak pernah stabil, karena musim dan cuaca sekarang ini sudah tidak menentuk dan sering berubah-ubah. Maka para pembudidaya ikan mujair sering mencari bibit ikan mujair berukuran minimal 3-5 cm, karena ukuran tersebut memiliki daya tahan yang cukup stabil dan lebih tahan terhadap serangan penyakit serta dapat dengan mudah mengontrol pertumbuhannya. Berikut ini daftar harga bibit ikan mujair dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya yaitu :

Daftar Harga Bibit Ikan Mujair Terbaru

Ukuran Harga/Ekor
Bibit Ikan Mujair 3-5 cm Rp 300
Bibit Ikan Mujair 5-7 cm Rp 500
Bibit Ikan Mujair 7-10 cm Rp 800
  1. Harga Ikan Mujair Segar

Ikan mujair segar utuh atau hidup di setiap daerah bisa berbeda-beda, karena pada pembudidaya ikan mujair tidak selalu mendapatkan hasil panen sesuai dengan harapan. Selain itu, permintaan pasar yang terus mengalami peningkatan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi harga jual dari ikan mujair segar atau hidup di tiap-tiap daerah. Untuk mengetahui harga ikan mujair segar atau hidup terbaru di tiap daerah bisa anda lihat dibawah berikut ini.

  1. Harga Ikan Mujair Fillet

Harga ikan mujair fillet memang dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan ikan mujair segar atau hidup, karena untuk bisa mendapatkan 1 kilogram ika mujair fillet membutuhkan sekitar 1.5 kg ikan mujair utuh. Itulah salah satu alasan harga ikan mujair fillet lebih mahal, namun meski harganya mahal banyak konsumen yang memilih membeli ikan fillet karena dianggap lebih praktis dan efisien dalam memasaknya.

Harga ikan mujair fillet di pasar tradisional dan sipermarket di tiap-tiap kota bisa berbeda-beda, karena dipengaruhi dari hasil panen, kualitas dan juga penambahan kemasan pada ikan mujair fillet ini. Untuk mengetahui informasi harga ikan mujair fillet terbaru bisa anda lihat dibawah berikut ini.

Daftar Harga Ikan Mujair Di Pasaran Terbaru

Kota di Indonesia Harga Per Kg
Kota Jakarta Rp 32.000
Kota Bekasi Rp 31.000
Kota Surabaya Rp 27.000
Kota Kota Semarang Rp 26.000
Kota Purwokerto Rp 25.000
Kota Yogyakarta Rp 28.000
Malang Rp 26.000
Kota Denpasar Rp 35.000
Kota Medan Rp 30.000
Kota Balikpapan Rp 28.000
Kota Makasar Rp 31.000
Kota Pekanbaru Rp 32.000
Kota Aceh Rp 29.00
Kota Padang Rp 30.000
Palembang Rp 31.000
Kota Serang Rp 31.500
Kota Bogor Rp 30.000
Kota Cirebon Rp 31.000
Kota Bandung Rp 28.000

Note:

  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Ikan mujair saat ini tidak hanya dijual dipasar-pasar tradisional dan supermarket saja, tetapi juga mulai dijual secara online dengan harga yang cukup bervariasi. Namun jika anda ingin membeli ikan mujair segar yang masih hidup baik untuk jual kembali atau dikembang biakan, sebaiknya anda langsung membelinya dari para pembudidaya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini mengenai harga ikan mujair terbaru di Indonesia, semoga informasi yang kami bahas diatas dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • harga ikan mujaer terbaru area jawa timur
  • harga ikan mujair per kg
  • harga jual ikan mujair
  • hargq ikan mujahir ukuran 12 cm
  • ikan mujir perkilo isi
Daftar Harga Ikan Mujair Per Kg Terbaru Agustus 2018 | Dolpin | 4.5
/* */