Dunia Ikan

Daftar Harga Ikan Mas Berbagai Jenis Juni 2018

Harga Ikan Mas

Harga Ikan Mas

Daftar Harga Ikan Mas – Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang cukup populer di Indonesia, jenis ikan mas sendiri sangat beragam, ada ikan mas konsumsi dan ada juga jenis ikan mas hias yang biasa dipelihara di akuarium sebagai penghias rumah.

Ikan mas konsumsi merupakan jenis ikan mas yang dibudidayakan untuk diambil dagingnya dalam memenuhi kebutuhan gizi yang didapatkan dari hewani. Sedangkan jenis ikan mas hias lebih sering dimanfaatkan sebagai ikan peliharaan yang biasa di pelihara di dalam akuarium atau kolam taman depan rumahg yang berfungsi sebagai penghias rumah.

Harga ikan mas sendiri cukup bervariasi tergantung dari jenis ikan mas itu sendiri, namun ikan mas hias jauh lebih mahal dan biasanya dijual satuan dibandingkan dengan jenis ikan mas konsumsi yang umumnya dijual per kilogram. Sebelum kami mengulas topik utama dari artikel ini mengenai harga ikan mas, kami akan sedikit menguias tentang beragam jenis ikan mas yang ada di Indonesia untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi teman-teman yang ingin mengenal ikan mas ini lebih jauh.

Jenis-Jenis Ikan Mas Konsumsi

Bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai ikan mas konsumsi, ada beberapan jenis ikan mas konsumsi yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

  1. Ikan Mas Punten
Ikan Mas Punten

Ikan Mas Punten

Sesuai dengan namanya, alasan kenapa jenis ikan mas ini dinamakan ikan mas punten yaitu karena jenis ikan mas yang satu ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat yang berada di daerah Punten, Malang, Jawa Timur. Ciri morfologi dari ikan mas Punten sendiri bentuk tubuh yang pendek, bentuk punggung tinggu dan warna tubuhnya berwarna hitam kekuningan.

  1. Ikan Mas Sinyonya atau Putri Yogya
Sinyonya atau Putri Yogya

Sinyonya atau Putri Yogya

Jenis ikan mas konsumsi lainnya yaitu ikan mas Sinyonya atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Putri Yogya. Alasan kenapa ikan mas ini dinamakan ikan mas Putri Yogya, karena ikan mas ini sangat mudah sekali bertelur dan berkembang biak. Sebenarnya jenis ikan ini tidak hanya sebagai ikan mas konsumsi, tetapi tidak sedikit masyarakat yang memelihara ikan mas ini untuk dijadikan sebagai ikan hias.

Ciri morfologi dari ikan mas Sinyonya ini memiliki tubuh yang bentuknya memanjang dan pada punggungnya lebih rendah dari ikan mas punten. Dari hasil penelitian, perbandingan dari ukuran panjang dan tinggi pada tubuh ikan ini yaitu 3,66:1. Sementara dilihat dari warnanya, ikan mas ini memiliki warna sisik kuning muda seperti warna kulit buah jeruk sitrus.

  1. Ikan Mas Taiwan

Ikan Mas Taiwan

Ikan Mas Taiwan memiliki ciri morfologi dari bentuk badan ikannya yang sedikit memanjang, kemudian di bagian punggung badan ikan ini berbentuk seperti busur yang agak membulat. Sementara dilihat dari warna sisiknya, ikan ini memiliki warna hijau kekuningan. Diduga jenis ikan masi ini berasal dari Taiwan, namun kini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia sebagai ikan mas konsumsi.

  1. Ikan Mas Merah
Ikan Mas Merah

Ikan Mas Merah

Sesuai dengan namamya, ikan mas yang satu ini memiliki sisik berwarna merah keemasan. Bentuk dari badan ikan ini relatif lebih memanjang, dibandingkan dengan ras ikan mas Sinyoya, bentuk punggunga lebih rendah dan tidak lancip dan bola matanya agak menonjol keluar. Ikan mas Merah juga tidak hanya dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi, tetapi juga jenis ikan hias karena memiliki warna yang cantik.

  1. Ikan Mas Majalaya

Ikan Mas Majalaya

Bagi warga kota Bandung dan sekitarnya, pasti anda semua sudah sering mendengar nama ikan mas Majalaya. Alasan kenapa dinamakan ikan mas Majalaya, karena ikan mas ini pertama kali dikembangkan di daerah Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jenis ikan mas ini pun termasuk ikan mas hias dan konsumsi, namun masyarakat lebih sering memanfaatkan ikan mas ini sebagai ikan mas konsumsi karena memiliki tekstur daging yang baik dan tebal serta rasa dagingnya lebih enak.

  1. Ikan Mas Lokal

Ikan Mas Lokal

Selain ikan mas Majalaya, ikan mas yang dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional yang dijual untuk dikonsumsi yaitu ikan mas lokal. Banyak para petani ikan mas yang membudidayakan jenis ikan mas ini, karena pertumbuhan dari ikan mas ini lebih cepat dan paling mudah, bahkan harga ikan mas lokal ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis ikan mas Majalaya .

Baca juga : 

Jenis Ikan Mas Hias yang Populer Dipelihara

Berikut ini beberapa jenis ikan mas hias yang paling populer dan banyak dipelihara di Indonesia, diantaranya yaitu :

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*
  1. Ikan Mas Kumpay
Ikan Mas Kumpay

Jenis Ikan Mas Kumpay

Bagi anda yang senang memelihara ikan mas sebagai peliharaan di rumah, baik di dalam akuarium atau kolam ikan di halaman rumah. Ikas mas Kumpay ini sangat cocok untuk anda pelihara, karena jenis ikan as ini memiliki bentuk sirip yang panjang dan berumbai. Sementara pada warna sisiknya cukup bervariasi yaitu antara warna kuning dan dihiasi dengan corak bintik hitam dibagian punggungnya, sehingga ikan Mas Kumpay ini terlihat cantik dan menarik untuk dilihat ketika berada di dalam akuarium.

  1. Ikan Mas Kaca
Ikan Mas Kaca

Ikan Mas Kaca

Jenis ikan mas hias lainnya yang serinhg dipelihara oleh banyak orang yaitu ikan mas Kaca. Alasan kenapa ikan mas ini dinamakan ikan mas kaca yaitu dilihat dari tubuhnya yang hanya memiliki sedikit sisik, bahkan di bagian tubuh yang tidak ada sisilknya dapat terlihat cukup jelas hingga ke bagian tulang di dalam tubuhnya. Pada bagian sepanjang gurat sisi tubuhnya dan disekitar pangkal siripnya, kita bisa menemukan sisik yang berwarna putih mengkilap dan sisik tersebut berukuran cukup besar dan tidak seragam.

  1. Ikan Mas Fancy
Ikan Mas Fancy

Jenis Ikan Mas Fancy

Jenis ikan mas yang sering dijadikan sebagai ikan hias yaitu ikan mas Fancy, pada tubuh ikan mas ini memiliki sisik dengan warna yang bervariasi antara warna kuning dan merah. Pada bagian tubuhnya terdapat corak totol-totol yang berwarna hitam, karena itulah kenapa ikan mas ini disebut dengan ikan mas Fancy.

  1. Ikan Mas Koki
Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Bagi para pecinta ikan mas hias, anda semua pasti sudah sangat mengenal jenis ikan hias yang satu ini. Ya, ikan mas Koki. Jenis ikan mas ini memang sangat populer di Indonesia, ikan ini memiliki warna, bentuk tubuh, sirip dan ekor yang sangat indah serta bervariasi. Bentuk tubuhnya membulat dan pendek, kemudian di bagian sirip dan ekornya berumbai sangat indah. Maka tak heran jika ikan mas koki ini cukup diminati di Indonesia sebagai jenis ikan hias.

  1. Ikan Mas Koi
Ikan Mas Koi

Jenis Ikan Mas Koi

Untuk jenis ikan mas hias yang paling populer di Indonesia dan bahkan diseluruh dunia yaitu ikan Koi, bahkan ikan mas Koi ini termasuk ke dalam jenis ikan hias termahal di dunia, sehingga pantas saja jika ikan mas ini memiliki julukan rajanya ikan hias. Ciri khas dari ikan mas Koi ini yaitu memiliki variasi sisik yang beragam mulai dari merah, kuning, hitam dan variasi warna lain dari warna-warna tersebut.

Harga Ikan Mas Di Pasaran

Kebutuhan masyarakat terhadap ikan mas dipasaran terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan, harga ikan mas dipasaran cukup terjangkau dan angka kebutuhan akan asupan nutrisi hewani dari ikan mas sangat tinggi. Daging ikan mas sangat tebal dan lembut, sehingga banyak masyarakat yang suka mengkonsumsi ikan mas.

Bagi anda yang berniat membeli ikan mas, baik untuk dipelihara ataupun dikonsumsi. Sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu informasi terkait harga ikan mas terbaru dibawah berikut ini.

Daftar Harga Ikan Mas Terbaru Sesuai Wilayah/Daerah

Daerah Peternakan Ikan Harga
Harga Ikan Mas Padang Rp30.000
Harga Ikan Mas Bandung Rp25.000
Harga Ikan Mas Jatiluhur Rp30.000
Harga Ikan Mas Malaysia Rp40.000
Harga Ikan Mas Cirata Rp25.000
Harga Ikna Mas Subang Rp30.000

 

Lokasi Penjual Ikan Harga Ikan Mas/Kg
Aceh Rp38.000
Bogor Rp35.000
Cirebon Rp35.000
Sukabumi Rp32.000
Bandung Rp32.000
Tasikmalaya Rp32.000
Garut Rp32.000
Sumedang Rp35.000
Semarang Rp30.000
Purwokerto Rp35.000
Yogyakarta Rp40.000
Surabaya Rp40.000
Malang Rp40.000
Denpasar Rp40.000
Medan Rp38.000
Balikpapan Rp40.000
Makasar Rp40.000
Padang Rp40.000
Palembang Rp40.000
Jakarta Rp40.000
Muara Angke Rp30.000
Tanggerang Rp40.000
Karawang Rp35.000
Cikarang Rp30.000
Bekasi Rp30.000
Serang Rp40.000

Note : untuk harga ikan bisa berubah sesuai waktu dan ketentuan peternak ikan, kami hanya memberikan acuan dari berbagai sumber yang ada.

Itulah tadi informasi mengenai Harga Ikan Mas terbaru tahun ini, semoga bermafaat dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • harga bibit ikan mas mei 2018
  • harga ikan mas
  • harga ikan mas dan satuan
  • harga ikan mas kaca
  • harga ikan mas kumpay
  • ikan mas koki harga per kg
Daftar Harga Ikan Mas Berbagai Jenis Juni 2018 | Dolpin | 4.5
/* */