Dunia Ikan

Daftar Harga Ikan Kakap Putih Terbaru Juni 2018

Harga Ikan Kakap Putih

Harga Ikan Kakap Putih

Harga Ikan Kakap Putih – Masih mengulas informasi mengenai harga ikan kakap. Setelah sebelumnya kami menguas tentang ikan kakap merah, namun jenis ikan kakap yang akan kami bahas yaitu ikan kakap putih. Ikan kakap putih atau dalam bahasa latinnya dikenal dengan nama Lates Calcelifer ini merupakan jenis ikan kakap yang dinilai memiliki harga jual yang cukup tinggi dan cukup laris dipasaran. Dalam pasar ikan tingkat internasional ikan kakap putih disebut juga dengan seabass, white seabass, giant seaperch, atau barramundi.

Permintaan pasar terhadap ikan ini sangat tinggi, karena ikan kakap putih memiliki daging yang cukup tebal dan berwarna putih bersih, memiliki sedikit tulang dan rasanya sangat lezat. Maka dari itu, tak heran jika ikan kakap putih ini sangat disukai oleh masyarakat di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Selain itu, harga ikan kakap putih dipasaran pun cukup tinggi, bahkan harganya lebih tinggi dibandingkan dengan harga kakap merah.

Ikan Kakap Putih

Ikan Kakap Putih

Disebut dengan kakap putih karena warna tubuh ikan ini dominan berwarna putih keperakan, terutama pada bagian perutnya. Pada ikan kakap putih memiliki postur tubuh yang memanjang dan sedikit pipih, panjang tubuh ikan kakap sendiri bisa mencapai 170 cm dan memiliki berat tubuh mencapai 50 kg. Ukuran tubuh ikan kakap ini juga dapat ikut mempengaruhi harga ikan kakap putih dipasaran, karena cukup sulit untuk bisa mendapatkan hasil tangkapan ikan kakap berukuran super besar.

Kakap putih termasuk jenis ikan kakap yang sangat senang hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, karena ikan kakap jenis ini termasuk dalam keluarga Latidae dari ordo Perciformes. Ikan kakap putih tersebar luas di kawasan perairan Hindia-Pasifik Barat, mulai dari kawasan Asia Tenggara hingga ke Papua Nugini dan juga Australia Utara.

Di Thailand, ikan kakap putih dikenal dengan nama Pia Kapong dan di Australia dikenal dengan nama Barramundi. Sedangkan oleh para komunitas ilmiah internasional jenis ikan kakap putih ini disebut juga dengan Asian Sea Bass (Ikan Kakap Laut Asia) atau juga disebut dengan Australian Sea Bass (Ikan Kakap Laut Australia). Selain itu, ikan kakap putih juga termasuk salah satu komoditas budidaya hasil laut unggulan yang ada di Indonesia.

Ikan kakap putih memiliki bentuk tubuh yang memanjang dan bermulut besar, tetapi pada bibitnya sedikit mencong dan pada bagian rahang atasnya memanjang hingga ke bagian belakang matanya. Pada bagian tepi bawah di bagian tulang pipinya terdapat gerigi dengan bentuk duri yang sangat tajam pada bagian sudutnya. Kemudian di bagian tutup insang atau operculum ikan kakap jenis ini terdapat duri kecil dan juga penutup gerigi yang terletak di bagian pangkal gurat sisinya.

Pada sisi tubuhnya memiliki tipe sisik Ctenoid yang ukurannya cukup besar dan berwarna putih keperakan, warna perak pada tubuh ikan kakap ini ada yang berwarna kehitaman dan ada juga yang berwarna terang. Hal ini tergantung dari lingkungan yang menjadi tepat hidupnya. Jika kita lihat secara melintang, ikan kakap putih ini betuk tubuhnya tampak sedikit gepeng, lalu pada raut kepalanya tampak cekung. Pada bagian sirip tunggal pada punggung dan juga perutnya memiliki banyak duri, sedangkan pada sirip pasang yang terletak di dada dan juga panggulnya tidak memiliki duri.

Selanjutnya, di bagian sirip ekornya memiliki ukuran yang pendek dan bentuknya bulat. Ikan kakap putih umumnya memiliki berat sekitar 60 kg, sedangkan untuk ukuran panjang tubuhnya rata-rata sekitar 6-12 meter. Bahkan pernah juga ditemukan ikan kakap putih yang memiliki panjang tubuh mencapai 18 meter, meski sangat jarang sekali para nelayan mendapatkan ikan kakap sebesar itu. Selain itu, ukuran genom dari ikan kakap ini sekitar 700 mb, yang pernah dipublikasikan dalam Animal Genetics oleh James Cook University pada tahun 2015.

Ikan kakap sendiri termasuk jenis ikan demersal yang senang berada di dasar laut atau sungai, dimana jenis ikan kakap ini banyak ditemukan di kawasan pesisir pantai, muara sungai baik dalam perairan dengan kondisi air bersih maupun keruh. Ikan kakap tidak suka melakukan migrasi secara besar-besaran antar sistem sungai, apabila sekiranya dapat mempengaruhi proses terbentuknya perbedaan pada genetis antar ikan ini pada tiap masing-masing sungai yang ada di Australia Utara.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*

Penyebaran Ikan Kakap Putih

Ikan kakap putih termasuk ke dalam jenis organisme laut yang dapat hidup di perairan air tawar, ikan ini dapat ditemukan di berbagai perairan yang memiliki substrat lumpit atau pasir. Wilayah penyebaran dari ikan laut ini sangatlah luas, wilayah penyebarannya sendiri mulai dari lautan yang teduh dan juga di Samudera Hindia yang meliputi perairan di sekitar kawasan Laut Merah, Australia, Filipina, Vietnam, Cina, India, Thailand, Indonesia dan juga Papua Nugini.

Lokasi distribusi dari ikan kakap putih ini terletak hampir diseluruh wilayah pesisir pantai yang ada di Indonesia, Papua Nugini, Australia bagian barat dan utara, Teluk Persia, China, Taiwan Selatan dan juga Jepang Selatan. Selain itu, ikan kakap putih juga banyak ditemukan di perairan sungai dan disepanjang pantai yang berawal dari Teluk Exmouth hingga ke Wilayah perbatasan bagian Utara.

Ikan kakap putih juga termasuk jenis ikan euryhaline, yaitu suatu organisme yang mudah sekali beradaptasi dengan kadar salinitas dan juga termasuk ke dalam jenis ikan ampidromus yang hidup di air tawar yaitu jenis organisme asli yang berasal dari laut dan dapat bermigrasi dari perairan laut menuju ke perairan air tawar dengan tujuan hanya untuk mencari makan untuk menunjang pertumbuhannya. Selain itu, ikan kakap putih juga terkenal sebagai ikan predator yang sering memangsa ikan-ikan berukuran kecil, cumi-cumi kecil, udang dan juga hewan organisme air lainnya.

Harga Ikan Kakap Putih Terbaru Hari Ini

Jenis Ikan Kakap Harga
Ikan Kakap Putih per kg Rp 82.000
Ikan Kakap Putih 100 gr Rp 12.000

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa harga ikan kakap putih lebih mahal dibandingkan dengan kakap merah. Hal ini dikarenkaan, jenis ikan kakap putih lebih sulit untuk didapatkan karena sering berada di perairan laut dalam dan termasuk jenis ikan pelagis. Harga ikan kakap putih di supermarket biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 80.000 per kilogram, sedangkan di pasar ikan tradisional dijual dengan harga sekitar Rp. 70.000 per kilogram. harga ikan kakap putih di Indonesia juga dapat dipengaruhi oleh permitaan pasar ekspor terhadap ikan ini yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Baca Juga:

Selain itu, ikan kakap juga dijual dalam bentuk fillet untuk mempermudah konsumen dalam mengolah ikan ini. Hanya saja, ikan kakap putih fillet harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan ikan kakap putih utuh. Harga ikan kakap putih fillet di supermarket dijual dengan harga sekitar Rp. 90.000 per kilogram, sedangkan di toko online dijual dengan harga sekitar Rp. 100.000 per kilogram.

Daftar Harga Ikan Kakap Putih Di Indonesia Terbaru Per Kilo

Daerah Harga Ikan Kakap Putih
Jakarta Rp 82.000
Surabaya Rp 66.000
Bogor Rp 82.000
Bekasi Rp 82.000
Serang Rp 80.000
Medan Rp 62.000
Denpasar Rp 92.000
Malang Rp 82.000
Balikpapan Rp 72.000
Makasar Rp 66.000
Pekanbaru Rp 72.000
Aceh Rp 66.000
Padang Rp 66.000
Palembang Rp 66.000
Cirebon Rp 75.000
Bandung Rp 82.000
Semarang Rp 72.000
Purwokerto Rp 72.000
Yogyakarta Rp 72.000

Itulah informasi terbaru mengenai harga ikan kakap putih terbaru yang dapat kami bagikan, harga ikan kakap yang kami informasikan diatas sewaktu-waktu bisa berubah dan mungkin akan berbeda-beda di tiap-tiap daerah di Indonesia. Selain itu, perubahan harga ikan kakap juga tergantung dari cuaca dan musim ikan kakap.

Daftar Harga Ikan Kakap Putih Terbaru Juni 2018 | Dolpin | 4.5
/* */