Dunia Ikan

Daftar Harga Ikan Kakap Merah Terbaru Juli 2018

Harga Ikan Kakap Merah

Harga Ikan Kakap Merah

Harga Ikan Kakap Merah – Ikan Kakap Merah atau yang dikenal dengan nama latin Lutjanus campechanus merupakan jenis ikan konsumsi yang termasuk spesies ikan laut. Ikan kakap merah sendiri tergolong ke dalam jenis ikan air asin yang di nilai memiliki harga cukup mahal dipasaran. Jenis ikan kakap yang satu ini masuk ke dalam kelompok hewan endemic yang berasal dari kepulauan Riau, karena masyarakatnya banyak yang berprofesi sebagai pembudidaya ikan, salah satunya yaitu ikan kakap merah ini.

Habitat asli dari ikan kakap merah ini banyak ditemukan di kawasan perairan yang kondisinya dipenuhi dengan bebatuan dan juga beragam jenis tumbuhan laut serta terumbu karang. Ikan kakap ini sangat disukai oleh masyarakat, karena rasa dagingnya yang sangat enak dan kaya akan gizi penting yang sangat baik untuk kesehatan.

Ikan Kakap Merah

Ikan Kakap Merah

Ciri khas dari ikan ini memiliki badan yang lebar dan memanjang, lalu di bagian kepalanya berbentuk gepeng dan sedikit cembung serta pada beberapa bagian sirip punggungnya terdiri dari beberapa ruas. Kemudian pada bagian bawah yang berfungsi sebagai penutup insangnya terdapat sejenis gerigi yang memiliki kontur kasar, lalu pada bagian gigi-giginya tersusu dengan rapi di dalam rahang dan pada bagian taringnya terletak di bagian rahang atas yang berada paling luar.

Ikan kakap merah juga termasuk ke dalam salah satu jenis hewan karnivora, ikan kakap sering mencari mangsa ikan-ikan berukura kecil dan juga berbagai jenis binatang invertebrata yang banyak ditemukan di dalam dasar laut. Ukuran dari tubuh ikan kakap merah sendiri mempunyai ukuran panjang tubuh mencapai 45-50 cm. Dinamakan kakap merah karena pada sisik tubuhnya berwarna kemerah-merahan, sedangkan di bagian tengah tubuhnya ada sedikit warna putih dan ada corak kemerahan. Kemudian pada bagian punggungnya yang berada di atas tulang rusuknya juga terdapat corak garis berwarna kuning kemerahan.

Ikan kakap merah sendiri sangat senang berada di kawasan laut yang beriklim tropis dan juga subtropis, ikan ini kebanyakan hidup di lingkungan yang terdapat banyak tumbuhan laut dan terumbu karang serta daerah pasang surut di sekitar muara. Bahkan beberapa spesies ikan kakap merah lebih senang berada di daerah perairan air tawar. Selain itu, kebiasaan hidup dari ikan kakap ini lebih senang bergerombol namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Untuk ikan kakap yang sudah dewasa biasanya lebih senang berada di perairan yang memiliki kedalaman sekitar 40-50 meter dengan kondisi lingkungan yang memiliki substrat sedikit terumbu karang dan juga memiliki saliitas antara 30-33 ppt serta bersuhu sekitar 5-32 derajat celcius.

Ikan kakap merah sendiri memang termasuk jenis ikan konsumsi yang cukup diminati oleh banyak masyarakat di Indonesia. Meskipun harga ikan kakap merah dipasaran lumayan mahal, tetapi rasa daging ikan kakap sangat enak dan gurih sehingga membuat ikan ini menjadi salah satu jenis ikan konsumsi yang selalu diminati dari dulu hingga saat ini. Bahkan masyarakat dulu sangat mempercayai jika ikan kakap merah memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat banyak dan sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk mendukung tumbuh kembang anak pada masa pertumbuhan.

Perlu anda ketahui jika harga ikan kakap merah yang dijual di pasar tradisional dan supermarket jelas jauh berbeda, karena ikan kakap merah yang dijual di supermarket kualitasnya lebih terjamin sehingga membuat harganya lebih mahal. Selain itu, saat ini ikan kakap tidak hanya dijual dalam bentuk segar di pasar-pasar tradisional, tetapi juga dijual dalam bentuk ikan beku yang biasanya banyak dijual di supermarket dan juga toko online.

Meskipun harga ikan kakap dipasaran lumayan mahal, tetap saja ikan ini menjadi buruan banyak orang baik di pasar tradisional maupun di supermarket dan bahkan penjualan ikan kakap merah secara online pun cukup laris. Bukan tanpa alasan, karena ikan kakap merah memiliki rasa yang sangat lezat, bahkan masyarakat di Jepang sering mengkonsumsi daging ikan kakap merah dalam keadaan mentah. Hal ini dikarenakan, kandungan protein yang terkandung di dalam daging ikan kakap merah yang masih mentah jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ikan kakap yang sudah di masak.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*

Di Jepang, daging ikan kakap sendiri sering dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan makanan khas Jepang yaitu Shusi dan beberapa jenis makanan mentah khas Jepang lainnya. Di Jepang, harga ikan kakap merah dijual dengan harga sekitar Rp. 150.000 per kilogram. Berbeda dengan harga kakap merah di Indonesia yang dijual dengan harga sekitar Rp. 60.000 per kilogram. Namun harga tersebut sering kali berubah, salah satu penyebabnya dipangaruhi oleh kondisi cuaca dan musim ikan kakap.

Selain ikan kakap merah segar dan beku, harga ikan kakap olahan memang yang paling mahal. Hal ini dikarenakan, ikan kakap olahan tidak memerlukan pengolahan lebih lanjut sehingga di nilai lebih praktis dan efisien waktu. Ikan kakap fillet sendiri biasanya sangat diminati oleh para pengusaha restoran dan juga supermarket, namun harga ikan kakap merah fillet jauh lebih mahal dibandingkan dengan ikan kakap merah segar yang banyak dijual di pasar-pasar tradisional.

Hal ini dikarenakan, untuk menghasilkan 1 kilogram ikan kakap filet diperlukan sekitar lebih dari 1,5 kilogram ikan kakap merah utuh. Untuk harga ikan kakap merah fillet yang dijual di supermarket bisa mencapai Rp. 100,000 per kilogram, sedangkan untuk harga ikan kakap merah fillet yang dijual di pasar-pasar tradisional hanya sekitar Rp. 85.000 per kilogram. Gelembung ikan kakap merah adalah yang paling mahal, karena gelembung ikan kakap merah ini sangat berkhasiat untuk mendukung perkembangan otak dan juga meningkatkan kolagen. Sedangkan untuk harganya sendiri, ikan kakap merah gelembung bisa mencapai Rp. 120.000 per kilogram.

Daftar Harga Ikan Kakap Terbaru

Jenis Ikan Kakap Harga
Ikan Kakap Merah per kg Rp 65.000
Ikan Kakap Merah 100 gr Rp 8.000

Sebenarnya harga ikan kakap di Indonesia berbeda-beda di tiap-tiap kota dan daerah, ini juga tergantung dari kondisi cuaca dan juga musimnya. Hal ini dikarenakan, tidak semua kawasan perairan yang ada di Indonesia ada banyak ikan kakapnya. Alasan lain yang membuat ikan kakap merah sangat mahal yaitu disebabkan oleh karena sulitnya mencari ikan kakap merah ketika belum musimnya atau ketika kondisi cuaca sedang tidak bersahabat, sehingga dapat membuat para nelayan mengalami kesulitan untuk menangkap ikan kakap dan jika pun dapat jumlahnya tidak akan seberapa dibandingkan ketika musim ikan kakap tiba.

Baca Juga:

Di bawah ini adalah daftar harga ikan kakap merah di tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia, yaitu :

Lokasi Harga Ikan Kakap Merah
Jakarta Rp 66.000
Surabaya Rp 55.000
Bogor Rp 68.000
Bekasi Rp 66.000
Serang Rp 64.000
Medan Rp 50.000
Denpasar Rp 72.000
Malang Rp 66.000
Balikpapan Rp 62.000
Makasar Rp 56.000
Pekanbaru Rp 62.000
Aceh Rp 52.000
Padang Rp52.000
Palembang Rp 50.000
Cirebon Rp 62.000
Bandung Rp 66.000
Semarang Rp 62.000
Purwokerto Rp 62.000
Yogyakarta Rp 62.000

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini mengenai Daftar Harga Ikan Kakap Merah Di Indonesia namun kami tidak menjamin jika harga yang kami catumkan diatas akan sama dan tetap, karena bisa saja terjadi perubahan sewaktu-waktu tanpa anda duga sebelumnya. Seperti yang kami jelaskan diatas, bahwa harga ikan kakap dapat ditentukan tergantung dari kondisi cuaca dan musim.

Incoming search terms:

  • ikan kakap merah
Daftar Harga Ikan Kakap Merah Terbaru Juli 2018 | Dolpin | 4.5
/* */