Harga Ikan Cupang Berbagai Macam Jenis Terbaru 2017

Wednesday, October 19th, 2016 - IKAN, IKAN HIAS
Harga Ikan Cupang

Harga Ikan Cupang

Ikan Cupang Berbagai Macam Jenis, Ikan Cupang atau dikenal dengan sebutan ikan cupang ini adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sudah cukup populer di Indonesia. Ikan hias yang satu ini memang terkenal dengan bentuk tubuh dan warna yang cantik, sehingga banyak para pecinta ikan hias yang memelihara ikan cupang di akuarium mereka. Selain memiliki bentuk dan warna yang cantik, ikan cupang juga termasuk ikan hias air tawar yang mudah di pelihara dan salah satu jenis ikan cupang yang paling populer yaitu jenis Betta sp.

ikan cupang banyak ditemukan di daerah yang ber-iklim tropis seperti di kawasan Asia Tenggara yang meliputi Vietnam, Thailand, Malaysia dan juga Indonesia. Ikan hias ini memiliki sifat dan karakter yang sangat unik dan juga cenderung lebih agresif saat mempertahankan diri dan juga kawasannya.

Review dan Harga Ikan Cupang yang dicari Pecinta Ikan

Menurut dari kalangan para pecinta ikan hias air tawar, jenis ikan cupang sendiri terbagi menjadi 3 kelompok yaitu jenis ikan cupang hias, aduan dan juga cupang liar. Nah, untuk mengenal lebih jauh dari ketiga jenis ikan cupang ini bisa anda simak ulasannya berikut ini.

  1. Jenis Ikan Cupang Aduan
Jenis Ikan Cupang Aduan

Jenis Ikan Cupang Aduan

Ikan cupang aduan dapat dibedakan dengan ciri-ciri seperti :

  • Memiliki postur tubuh yang ramping
  • Jika kita lihat secara teliti terdapat cekungan dibagian ujung tubuhnya hingga ke bagian samping perutnya
  • Memiliki sisik berukuran kecil dan tebal
  • Bentuk dahi mirip dengan ikan arwana
  • Memiliki ring bibir yang tebal
  • Bentuk dari jari-jari sirip ekornya lebih halus dan rapat
  • Memiliki karakter dengan pembawaan yang lebih santai namun tetap waspada terhadap lingkungan sekitar
  • Kelompok dari ikan cupang ini hampir semuanya memiliki perilaku yang agresif dan kejam, mereka sering mernyerang musuhnya tanpa kenal ampun dan bahkan hingga mati.
  1. Jenis Ikan Cupang Hias
Jenis Ikan Cupang Hias

Jenis Ikan Cupang Hias

Ikan cupang hias ini merupakan jenis ikan cupang yang paling banyak dipelihara oleh para pecinta ikas hias air tawar, karena ikan cupang hias memiliki bentuk sirip dan warna yang sangat indah. Ciri-ciri seperti ini tidak ditemukan pada jenis ikan cupang aduan maupun cupang liar. Saking banyaknya para peminar dari ikan cupang hias ini, maka saat ini banyak sekali para pecinta ikan hias yang membudidayakannya dengan cara melakukan persilangan antara jenis ikan cupang yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan hasil keturunan yang lebih indah dan bervariasi.

  1. Jenis Ikan Cupang Liar
Jenis Ikan Cupang Liar

Jenis Ikan Cupang Liar

Secara fisik, ikan cupang liar dan aduan memang tidak memiliki perbedaan yang jauh. Tetapi hanya dibedakan dari segi habitatnya saja, bahkan ikan cupang liar juga dapat dijadikan sebagai cupang aduan yang cukup agresif dan tangguh.

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya yang telah kami simpulkan diatas bahwa ikan cupang dikelompokan menjadi 3 jenis yaitu cupang aduan, cupang hias dan juga cupang liar. Umumnya jenis ikan cupang yang paling banyak dicari yaitu cupang hias, harganya juga cukup bervariasi mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal.

Berikut ini beberapa jenis ikan cupang hias yang paling populer di Indonesia yaitu :

  • Jenis Ikan Cupang Halfmoon (Bulan Sepotong)
  • Jenis Ikan Cupang Crown Tail (Serit)
  • Jenis Ikan Cupang Plakat (Aduan/Petarung)
  • Jenis Ikan Cupang Double Tail (Cagak)

Jenis – Jenis Ikan Cupang dan Harganya

Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya mengenai jenis-jenis dan harga ikan cupang bisa anda simak dibawah berikut ini.

  1. Jenis Ikan Cupang Halfmoon (Bulan Sepotong)
Jenis Ikan Cupang Halfmoon (Bulan Sepotong)

Jenis Ikan Cupang Halfmoon (Bulan Sepotong)

Ikan cupang jenis Halfmoon atau juga dikenal dengan sebutan cupang bulan sepotong ini merupakan ikan cupang yang memiliki harga paling mahal di dunia. Sesuai dengan namanya, ikan cupang yang satu ini memiliki memiliki bentuk sirip dan juga ekor yang membentuk setengah lingkaran mirip dengan bulan sepotong. Ikan cupang Halfmoon ini banyak dipelihara karena memiliki nilai keindahan yang begitu mempesona, warna tubuhnya pun cukup beragam mulai dari berwarna merah, kuning, biru dan perpaduan warna menarik lainnya. Harga ikan cupang Halfmoon pun cukup bervariasi mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 500.000 per ekornya sesuai dengan keindahan dan warnanya, harga tersebut akan semakin mahal apabila telah memenangkan lombo kontes.

  1. Jenis Ikan Cupang Crown Tail (Serit)
Jenis Ikan Cupang Crown Tail (Serit)

Jenis Ikan Cupang Crown Tail (Serit)

Untuk Jenis Ikan Cupang Crown Tail atau dikenal juga denga sebutan ikan cupang serit ini merupakan jenis ikan cupang asli dari Indonesia, karena jenis ikan cupang ini pertama kali dikembangkan oleh para pecinta ikan hias dari Slipi, Jakarta. Ikan cupang serit kini telah dikenal dunia karena keindahan bentuk dan warnanya yang bervariasi. Alasan diberi nama Ikan Cupang Crown Tail karena pada saat sedang menghadap ke atas, serit-serit ekornya tersebut akan membentuk seperti sebuah mahkota raja atau ratu.

Ikan cupang serit juga terdiri dari 2 tipe yaitu tipe serit tunggal dan juga serit ganda. Keindahan dari Jenis Ikan Cupang Crown Tail (Serit) ini telah diakui dunia dan sering memenangkan lomba atau kontes kelas internasional di International Betta Congress (IBC). Untuk harganya sendiri, ikan cupang serit harganya cukup bervariasi mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 500.000, namun jika telah sering memenangkan kontes harganya bisa menyentuh hingga jutaan rupiah.

  1. Jenis Ikan Cupang Plakat (Aduan/Petarung)
Ikan Cupang Plakat (Aduan/Petarung)

Ikan Cupang Plakat (Aduan/Petarung)

Plakat merupakan kata atau istilah yang berasal dari Thailand, kata Plakat ini artinya Petarung atau Laga. Karakyter dari ikan cupang ini sesuai dengan namanya, karena memiliki sifat yang cenderung sangat agresif yang sangat suka menyerang ikan lain atau sesama jenis. Di Thailand sendiri terdapat sebuah tradisi unik yaitu tradisi adu cupang yang sudah melegenda dan sampai saat ini tradisi tersebut masih sering dijalankan. Bentuk dari sirip dan juga ekor ikan cupang Plakat ini memiliki bentuk dan ukuran yang lebih pendek, namun pada bagian siripnya terlihat sangat kokoh dan kuat. Gerakan dari jenis ikan cupang aduan ini pun sedikit lebih agresif dan tampak sangar.

Harga ikan cupang Plakat atau aduan ini lebih murah dibandingkan dengan ikan cupang hias, karena pecinta ikan cupang aduan tidak sebanyak dan sepopuler dengan pecinta cupang hias yaitu sekitar Rp. 5.000 – Rp. 300.000 sesuai dengan ketangguhan dari ikan tersebut.

  1. Jenis Ikan Cupang Double Tail (Cagak)
Jenis Ikan Cupang Double Tail (Cagak)

Jenis Ikan Cupang Double Tail (Cagak)

Jenis ikan cupang yang terakhir yaitu Jenis Ikan Cupang Double Tail atau dikenal juga dengan sebutan ikan cupang Cagak. Sesuai dengan namanya, selain memiliki keindahan bentuk dan warnanya ikan cupang ini juga memiliki keunikan dari bentuk ekornya yang terbelah dua atau nyagak. Jenis ikan cupang ini tergolong cukup sulit untuk di kembangbiakkan, sehingga keberadaan dari jenis ikan cupang ini cukup sulit dan kalaupun ada pasti harganya cukup mahal.

Jenis Ikan Cupang Double Tail (Cagak) dijual dengan kisaran harga ikan cupang antara Rp. 50.000 hingga Rp. 500.000 per ekor. Sayangnya, jenis ikan cupang ini masih sangat jarang kita temuka di pasaran.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memelihara salah satu jenis ikan cupang diatas?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis-jenis dan harga ikan cupang, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.

Terima kasih telah berkunjung ke blog Duniaikan.com, Sampai Jumpa 😀

Incoming search terms:

  • jenis ikan cupang
  • ikan cupang hias
  • harga ikan cupang
  • cupang hias
  • harga ikan cupang halfmoon
  • harga ikan cupang 2017
  • harga ikan cupang hias
  • kontes cupang 2017
  • jenis ikan cupang hias
  • harga cupang hias
/* */